Menjaga Inventaris Perusahaan Secara Optimal Dan Tersistem

menjaga inventaris perusahaan

Menjaga inventaris perusahaan mungkin saja terlihat sepele namun sebenarnya hal ini cukup sulit untuk dilakukan. Terlebih lagi bila stock yang dibutuhkan berjumlah sangat banyak. Umumnya sebuah perusahaan cenderung menyimpan banyak stock dengan tujuan agar tidak sampai mengalami kekurangan. Jadi barang yang dibutuhkan akan selalu tersedia sehingga memudahkan perusahaan untuk menjalankan proses operasional. Namun tentunya stock dalam jumlah besar menimbulkan sejumlah resiko. Mulai dari resiko kerusakan dan kadaluwarsa hingga resiko kehilangan dan juga pemborosan. Oleh karena itu dibutuhkan tindakan yang tepat dalam melakukan pengelolaan inventaris. Tentunya dalam hal pengelolaan inventaris ini Anda membutuhkan strategi yang tepat sehingga pengelolaan inventaris bisa dilakukan dengan baik. Pada akhirnya penggunaan berbagai inventaris perusahaan ini diharapkan bisa dilakukan dengan maksimal. Penggunaan inventaris yang maksimal di perusahaan tentunya membutuhkan peran dari penjagaan inventari dengan tepat.

Cara Menjaga Inventaris Perusahaan

Berikut ini beberapa cara penting untuk menjaga inventaris perusahaan, di antaranya yaitu melalui langkah-langkah di bawah ini.

Pilih penanggung jawab yang tepat

Untuk mendukung adanya penjagaan inventaris yang tepat dan maksimal maka sebuah perusahaan tentunya membutuhkan penanggung jawab yang tepat. Orang yang dipilih sebagai penanggung jawab sebaiknya memang benar-benar memahami berbagai hal mengenai inventaris. Selain itu ia juga harus bisa memberikan laporan inventaris yang lengkap mulai dari jumlah stock yang tersedia sampai dengan stock yang masuk dan keluar dari gudang.

Maksimalkan keamanan

Menjaga inventaris juga perlu dilakukan dengan adanya meningkatkan keamanan. Terlebih lagi jika perusahaan dan toko Anda memiliki ukuran yang sangat besar sehingga diperlukan banya stock untuk mendukung usaha atau bisnis Anda. Anda bisa melakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan keamanan mulai dari pemasangan CCTV hingga memasang password pada pintu gudang perusahaan Anda. Selain itu berikan akses keluar masuk gudang hanya pada penangggung jawab dan pengelola stock saja.

Berikan kode

Pemberian kode SKU dan juga kode barcode pada setiap barang pada dasarnya merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa seluruh stock barang telah tercatat dan tersimpan dengan baik. Dengan adanya pemberian kode ini maka stock yang tercatat bisa diketahui oleh perusahaan. Untuk memudahkan penggunaan kode maka Anda bisa menggunakan sistem komputasi atau aplikasi tertentu. Sedangkan penggunaan atau pemberian barcode bisa dilakukan dengan menggunakan sistem barcode yang terintegrasi.

Pantau stock

Persediaan stock barang sudah tentu perlu untuk selalu dipantau secara rutin atau berkala sehingga akan menjauhkan adanya penyusutan inventaris. Jika memang stock atau persediaan barnag Anda mulai mendekati batas minimum maka Anda perlu dengan segera melakukan pemesanan stock kembali. Sebaiknya pemesanan stock tidaklah terlalu banyak agar stock tidak sampai kebanyakan dan terbengkalai. Maka sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan forecasting dengan tujuan untuk membantu Anda dalam menentukan jumlah stock yang tepat.

Lakukan audit

Audit inventaris rupanya perlu dilakukan secara rutin atau berkala. Sebab melalui proses audit ini maka Anda bisa melakukan penghitungan dengan tepat terhadap inventaris Anda. Dalam hal ini Anda bisa melakukan perbandingan jumlah stock yang Anda miliki di gudang penyimpanan stock atau jumlah stock di toko dengan jumlah yang tercatat pada komputer Anda. Metode ini biasnaya disebut juga dengan metode stocktaking. Sebaiknya Anda memastikan bahwa tidak ada perbedaan antar jumlah stock yang sebenarnya dengan jumlah stock yang tercatat di komputer.  

Sistem otomatis

Langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk memastikan inentaris perusahaan Anda yaitu dengan mengotomatiskan manajemen inventaris perusahaan milik Anda. Sebab melakukan pengecekan stock secara manual sangatlah tidak efektif dan juga tidak efisien. Bahkan hal ini memerlukan sangat banyak waktu. Oleh karena itu sebaiknya gunakan software yang tepat untuk melakukan sistem manajemen inventaris.

Manfaat Melakukan Penjagaan

Tentu saja upaya menjaga inventaris perusahaan memiliki beberapa manfaat penting, misalnya saja yaitu manfaat berikut ini.

Menghindari penyusutan inventaris

Penyusutan inventaris merupakan perbedaan antara stock yang sebenarnya dengan stock yang tercatat. Dengan adanya penjagaan yang benar maka inventaris perusahaan akan terhindar dari penytusutan. Baik penyusutan yang disebabkan oleh pencurian ataupun karena adanya kesalahan dalam pencatatan.

Mempermudah tata letak

Peletakan stock barang harus dilakukan di tempat yeng tepat. Sebab setiap stock memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda serta waktu pemakaian yang berbeda pula. Dengan adanya pengelolaan inventaris yang benar maka Anda bisa mengenal seluruh stock Anda sehingga tata letak stock bisa dilakukan dengan tepat.

Membantu jadwal pesanan

Anda harus tahu dengan jelas berapa jumlah stock barang yang tersedia di gudang perusahaan Anda. Jadi Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai apa saja yang harus dipesan sekaligus wkatu yang tepat untuk memesan stock barang yang mulai menipis. Jadwal pesanan yang baik akan menghindarkan Anda dari kehabisan stock.

Mengukur kinerja pengelola

Manajemen inventaris Anda sebaiknya dilakukan dengan baik. Untuk itu Anda perlu mengetahui kinerja dari pengelola atau penanggung jawab inventaris sehingga Anda bisa melakukan perhitungan stock secara tepat. Adanya sistem pengelolaan inventaris yang baik tentunya akan menghasilkan data yang akurat mengenai stock inventaris perusahaan Anda.

Meningkatkan layanan konsumen

Penghitungan inventaris yang tepat akan turut berdampak pada pelayanan yang baik terutama untuk konsumen. Dengan adanya penghitungan stock yang tepat maka perusahaan akan terhindar dari kehabisan stock. Tentu saja konsumen akan menjadi semakin puas dan tetap percqaya kepada perusahaan Anda.

Pentingnya Menjaga Inventaris Perusahaan

Menjaga inventaris perusahaan sebenarnya merupakan sebuah tugas yang cukup rumit. Pengelolaan inventaris ini perlu dilakukan dengan cara atau sistem yang tepat. Sebab pengelolaan inventaris yang tidak tepat akan memberikan dampak yang cukup merugikan bagi perusahaan. Pengelolaan inventaris yang tidak baik lambat launa kan menghancurkan usaha atau bisnis Anda sehingga menimbulkan kerugian pada bisnis Anda. Namun jika inventaris perusahaan dijaga dengan benar dan dikelola dengan langkah yang tepat maka perusahaan akan terhindar dari kerugian. bahkan pada akhirnya pengelolaan inventaris yang tepat ini bisa memberikan profit yang maksimal dan optimal terhadap perusahaan Anda. Menjaga inventaris perusahaan ini bila dilakukan dengan tepat maka bisnis Anda bisa sukses dan menguntungkan.

Sistem inventaris yang tepat ini sama halnya dengan sistem absensi perusahaan yang efektif dan paling sesuai. Salah satunya dengan beralih menggunakan JojoTimes. Dimana produk ini merupakan produk andalan yang dijamin bisa membantu melakukan pengecekan absensi karyawan yang lebih baik dan terstruktur. Hal ini berkat adanya fitur menarik dari JojoTimes termasuk Accurate GPS Location Via Geotagging hingga Fake ID Detection. Oleh sebab itu jangan ragu untuk menggunakan produk ini. Segera dapatkan coba gratis dan biarkan sistem absensi perusahaan berjalan lebih optimal bersama JojoTimes.