Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan – Tips dan Trick

Menyusun laporan keuangan perusahaan – Pengaturan keuangan tentu saja sangat penting bagi jalannya bisnis atau perusahaan. Karena itu dalam melakukan penyusunan laporan keuangan membutuhkan tips dan trik untuk menghasilkan laporan yang baik. Laporan yang baik yang nantinya dapat berguna banyak untuk perkembangan bisnis anda. Karena banyak sekali dengan penyusunan laporan yang kurang baik menghasilkan data yang tidak akurat yang pada akhirnya nilai kegunaannya menurun.

Menyusun laporan keuangan perusahaan

Mengetahui pentingnya penyusunan laporan keuangan yang baik. Atau paling tidak jika anda tidak mendapatkan laporan keuangan yang baik, anda mendapatkan laporan yang akurat atau sesuai. Berikut ini adalah tips dan trik menyusun laporan keuangan perusahaan yang baik.

Pastikan Sistem Akuntansi Benar

Tips dan trik pertama yang dapat anda gunakan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan yang baik yaitu memastika sistem akuntansi yang anda gunakan. Pastikan sistem akuntansi yang anda gunakan untuk membuat laporan keuangan sudah benar dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. salah satu sistem akuntasi yang dapat anda gunakan yaitu sistem akuntansi akrual. Sistem akuntansi akrual mampu mempermudah anda dalam mengetahui dan membuat laporan jumlah dana pengeluaran dan pendapatan.

Bedakan Data Biaya yang Ada

Untuk membuat laporan akuntansi yang akurat anda dapat melakukan dengan membedakan dana yang anda hitung. Misalnya seperti dana penjualan produk atau jasa anda, dana administrasi dan juga misalnya dana overhead. Pembedaan dana ini, ditujukan agar anda dapat dengan lebih mudah mengetahui persentase margin kotor. Persentase margin kotor atau yang sering kita pahami sebagai perbedaan dana awal dengan dan ayang dihasilkan atau didapatkan.

Dengan membedakan macam dana yang ada maka anda akan lebih mudah mengawasi jalannya bisnis anda. Karena itu, dengan pembedaan ini anda akan semakin mudah mengetahui jika ada masalah yang terjadi. Hal ini dapat diketahui dengan hasil perhitungan margin kotor yang tidak stabil.

Menyusun laporan keuangan perusahaan

Memahami Profitabilitas yang Baik

Pemahaman profitabilitas disini dimaksudkan untuk kita lebih memahami kemungkinan keuntungan yang didapatkan dari pekerjaan dan para klien atau pelanggan. Dalam suatu bisnis memahami profitabilitas sangatlah penting. Seringkali kita menemukan bisnis yang tidak menaruh fokus perhatian disini. Anda harus mempertimbangkan profitabilitas sehingga anda dapat mengetahui produk mana yang sekiranya kurang menguntungkan atau bahkan tidak menguntungkan.

Dengan anda mengetahui produk mana yang kurang dan tidak menguntungkan, anda dapat membuat keputusan lebih. Keputusan yang dapat anda ambil dapat berupa menaikkan harga produk tersebut atau bahkan berhenti memproduksi barang atau jasa tersebut.

Memiliki Akuntabilitas yang Baik

Tips dan trik untuk menyusun laporan keuangan perusahaan yang baik selanjutnya yaitu memiliki akuntabilitas yang baik. Dimana dalam setiap laporan keuangan terdapat masing – masing manager atau ketua yang memegang tanggung jawab terhadapnya. Hal ini nantinya akan memudahkan perusahaan saat membutuhkan tanggung jawab orang terkait laporan yang ada.

Dengan aturan yang secara umum yang baik untuk laporan keuangan. Yaitu dimana dalam setiap baris pada laporan keuangan memiliki satu orang yang bertanggung awab didalamnya. Dengan semakin banyak orang yang bertanggung jawab suatu data, maka hal tersebut dapat mengaburkan kinerja yang ada.

Menyusun laporan keuangan perusahaan

Jangka Waktu Pengumpulan Laporan Keuangan

Dalam proses penyusunan laporan keuangan, biasanya pada perusahaan memberikan jangka atau tenggat waktu pengumpulan lebih longgar. Padahal anda bisa berbuat lebih baik dari hal tersebut. Bahkan banyak dari perusahaan yang penyerahan laporan keuangan dilakukan beberapa bulan setelah tenggat waktu pengumpulan bulanan.

Namun tips dan trik menyusun laporan keuangan perusahaan yang baik salah satunya yaitu buatlah jangka waktu pengumpulan laporan sebaik mungkin. Anda bisa membuat jangka atau tenggat waktu pengumpulan laporan keuangan dalam 2 minggu dari pengumpulan bulanan. Pada dasarnya laporan keuangan sangat mempengaruhi keputasan managemen terkait tindakan yang harus dilakukan selanjutnya. Namun, karena tenggat waktu pengumpulan yang kurang disiplin menjadikan kurangnya fungsi laporan keuangan yang ada.

Kelengkapan Laporan Keuangan

Tips dan trik menyusun laporan keuangan perusahaan yang terakhir yaitu membuat laporan keuangan selengkap mungkin. Anda harus mengetahui hal – hal atau informasi penting yang harus ada dalam laporan keuangan terlebih dahulu. Untuk kemudian setelahnya anda dapat membuat skema penyusunan laporan keuangan sebaik mungkin. Dengan informasi selengkap dan sebaik mungkin dari waktu kewaktu. Atau dalam kata lain anda dapat membuat peningkatan kelengkapan laporan anda dari waktu ke waktu. Semakin lengkap laporan yang di buat, semakin baik pula laporan keuangan anda.

Setelah mengetahui dan memahami tips dan trik menyusun laporan keuangan perusahaan yang baik di atas. Anda lebih memahami hal – hal yang harus anda perhatikan dalam membuat laporan keuangan. Hal yang tak kalah penting lainnya yaitu jangan lupa untuk memastikan laporan tersebut akurat. Juga waktu penerimaan laporan keuangan juga perlu anda perhatikan sehingga nilai kegunaan laporan keuangan akan untuk memudahkan menejer mengambil keputusan.

Selain tips dan trik menyusun laporan keuangan yang baik. Ada hal lain yang juga perlu anda perhitungkan saat akan membuat laporan keuangan perusahaan. Terdapat hal mendasar yang dapat anda jadikan sebagai acuan sebelum anda menyusun laporan keuangan. Berikut ini adalah hal yang dapat membantu anda dalam menyiapkan laporan keuangan perusahaan.

Pendapatan

Dalam menyiapkan laporan keuangan anda pertama – tama mengetahui dan menyusun selengkap mungkin pendapatan yang didapatkan. Data pendapatan yang harus anda siapkan diantaranya hasil penjualan, keuntungan dari investasi dan lain-lain.

Beban

Anda harus mengetahui yang termasuk didalam kategori beban ini yaitu biaya total. Didalamnya termasuk biaya material atau bahan, biaya sewa, biaya pengiriman dan juga biaya keperluan atau perlengkapan kantor.

Hasil Bersih

Anda perlu mengetahui biaya bersih yang didapatkan. Cara yang digunakan yaitu dengan cara mengurangi biaya total yang digunakan dengan biaya yang didapatkan. Jika seumpama anda mendapatkan hasil yang justru bernilai negatif. Maka nilai tersebut disebut sebagai rugi bersih.

Penyusunan Laporan

Yang terakhir yaitu perhatikan cara penyusunan laporan anda. Adanya banyak sekali jenis laporan keuangan misalnya seperti laporan arus kas dan laporan keuangan mengenai pemegang saham.

Berikut diatas adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk mempersiapkan laporan keuangan yang baik. Artikel diatas menjelaskan tips dan trik yang digunakan untuk mengetahui dasar pembuatan laporan keuangan yang baik. Dan juga tips dan trik menyusun laporan keuangan yang baik pula.

Sekarang anda dapat mengetahui tips dan trik menyusun laporan keuangan yang baik. Anda juga mengetahui langkah dan hal mendasar dalam melakukan penyusunan yang dapat anda pakai untuk membuat laporan keuangan yang baik. Sehingga anda juga bisa mulai mencoba melakukannya.

Untuk mengatasi masalah-masalah atau aktivitas yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, anda dapat mencoba meminta bantuan kepada akuntan untuk menanganinya. Namun, untuk keperluan alur keuangan, anda dapat mengandalkan JojoExpense, sebuah aplikasi dari Jojonomic yang sudah terpercaya.