Metode Penelitian Yang Umum Digunakan Pada Sebuah Analisa

metode penelitian

Metode penelitian tentu menjadi suatu bagian penting dalam pelaksanaan suatu tindakan untuk mencari kebenaran atau informasi tertentu. Penelitian sendiri pada dasarnya merupakan suatu jenis kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk menguji atau membuktikan sesuatu. Maka suatu kegiatan penelitian haruslah dilakukan dengan menggunakan metode tertentu.

Metode yang digunakan sudah tentu harus jelas dan tepat agar nantinya pengumpulan data bisa dilakukan dengan tepat pula. Selain itu metode penelitian juga turut menentukan proses analisis data. Maka nantinya tindakan penelitian yang dilakukan bisa memberikan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan oleh peneliti.

Tujuan Metode Penelitian

Memberi pengetahuan baru

Setiap penelitian pada dasarnya dilakukan untuk mengetahui secara lebih lanjut mengenai informasi berkaitan dengan suatu hal atau fenomena atau gejala tertentu. Maka ke depannya bisa dihasilkan suatu informasi atau pengetahuan yang baru tentunya berkaitan dengan fenomena yang sedang diteliti. Dengan adanya pengetahuan baru maka akan ada informasi baru yang bisa disampaikan pada orang lain.

Membuktikan kebenaran

Mungkin saja pada awalnya seseorang tertarik dengan adanya teori. Dari teori tersebut kemudian dibuatlah hipotesa yang selanjutnya ingin diuji kebenarannya. Untuk melakukan tindakan uji terhadap teori atau hipotesa ini maka perlu dilakukan sebuah penelitian. Maka diperlukan adanya metode penelitian yang tepat agar nantinya bisa dihasilkan kesimpulan yang menyatakan kebenaran.

Melakukan pengembangan

Kesimpulan menjadi hasil atau bagian akhir dari adanya tindakan penelitian. Melalui adanya kesimpulan dari penelitian maka bisa dilakukan sebuah pengembangan. Dalam hal ini pengembangan dilakukan dari kesimpulan mengenai fenomena atau gejala yang terjadi. Perkembangan selanjutnya bisa menjadi bahan referensi bagi orang lain sehingga memungkinkan bagi terjadinya tindakan penelitian yang baru.

Membentuk teori baru

Suatu teori yang sudah ada sebelumnya mungkin perlu diuji lagi kebenarannya. Apakah teori tersebut memang bisa diterapkan pada suatu fenomena ataukah tidak. Maka penelitian bisa menjadi satu-satunya cara yang paling memungkinkan untuk dilakukan demi melakukan pengujian terhadap teori yang sudah ada. Demikian hasil penelitian nantinya bisa membentuk teori yang baru.

Menerapkannya pada kehidupan

Sebuah metode atau cara atau teknik yang diterapkan di suatu tindakan penelitian sebenarnya juga bisa berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang diterapkan dalam melakukan tindakan penelitian juga dapat diterapkan pula dalam kehidupan sehari-hari. Maka kehiduoan Anda akan menjadi lebih sistematis dan tertata karena adanya penerapan dari metode tertentu.

Jenis Metode Penelitian

Kuantitatif

Salah satunjenid penelitian yang tentunya sudah banyak diketahui dan digunakan oleh kebanyakan peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode ini berhubungan dengan pengolahan data yang berupa angka atau numerik. Biasanya penelitian jenis ini melibatkan sangat banyak responden yang diharuskan mengisi kuesioner.

Sedangkan kuesioner sendiri merupakan salah satu jenis instrumen yang digunakan dalam melangsungkan tindakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif umumnya dilakukan dengan menggunakan ilmu statistik karena berhubungan dengan angka yang harus diolah. Oleh sebab itu metode ini sebaiknya dilakukan dengan tingkatbketelitian dan kecermatan yang cukup tinggi.

Kualitatif

Selain penelitian berjenis kuantitatif rupanya ada pula jenis penelitian yang menggunakan metode lainnya yaitu metode kualitatif. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam. Peneliti sebagai pewawancara dapat memilih orang yang akan menjadi nara sumber. Pada dasarnya penelitian kualitatif dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi secara lebih jelas.

Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk menggali makna yang dimiliki oleh sumber data atau nara sumber mengenai suatu fenomena tertentu. Jadi metode ini bisa menjadi pilihan tepat bagi peneliti yang ingin mengetahui secara lebih dalam mengenai suatu fenomena tertentu dan pemaknaan orang lain terhadap fenomena tersebut.

Kombinasi

Jenis metode penelitian yang selanjutnya adalah metode penelitian kombinasi. Disebut kombinasi karena metode ini menggabungkan kedua jenis metode yang telah dibahas sebelumnya yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif. Jadi survey atau kursioner dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran responden terhadap suatu fenomena. Selanjutnya dilakukan metode kualitatif dengan tujuan agar memperdalam informasi mengenai fenomena tersebut. Maka nantinya kesimpulan yang dihasilkan bukan hanya merupakan suatu gambaran sekilas saja. Tetapi juga diperoleh pendapat dan pemikiran yang dibangun oleh nara sunber terhadap fenomena tertentu.

Menentukan Metode Penelitian

Menentukan tujuan penelitian

Dalam menentukan metode penelitian maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan penelitian. Dengan menentukan tujuan dari penelitian maka segala persiapan untuk melakukan tindakan penelitian bisa dilakukan dengan lebih mudah. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu tujuan dari aktivitas penelitian yang akan dilakukan.

Menetapkan tahapan kerja

Suatu metode penelitian umumnya memiliki tahapan atau urutan yang bisa dibilang sistematis dan tertata serta rapi. Maka metode perlu diterapkan dalam pelaksanaan penelitian agar nantinya penelitian bisa dilakukan dengan urutan yang tepat. Oleh karena itu untuk memilih metode yang tepat maka sudah seharusnya Anda menentukan tahapan kerja terlebih dahulu. Gambaran mengenai tahapan kerja ini harus dimiliki sebelum berlanjut.

Mencari alat pengumpulan data

Berbagai alat untuk mengumpulkan data juga harus dipikirkan dan dipertimbangkan secara matang. Alat pengumpulan data ini misalnya saja berupa instrumen penelitian seperti kuesioner atau soal wawancara dan sejenisnya. Maka alat pengumpulan data ini bisa ditentukan sebelum dilaksanakan tindakan penelitian. Dengan mencari alat pengumpulan data maka nantinya bisa dipilih metode penelitian yang paling tepat.

Memberikan konsep pada pelaksanaan penelitian

Cara lainnya untuk dapat menentukan metode yang akan diterapkan pada sebuah penelitian adalah dengan memberikan konsep untuk penelitian yang akan dilaksanakan. Jika konsep telah terbentuk maka peneliti akan lebih mudah menentukan metode yang tepat untuk penelitian yang akan diselenggarakan. 

Pentingnya Metode Penelitian

Metode penelitian sudah tentu perlu digunakan dalam melakukan aktivitas atau tindakan penelitian. Sebab suatu metode yang dipilih bisa mempermudah pekerjaan peneliti mulai dari proses perolehan data hingga pembuatan kesimpulan. Tentunya kesimpulan yang diambil dari suatu penelitian bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Selain itu kesimpulan tersebut juga sebaiknya dapat memcahkan suatu permasalahan dan berguna bagi siapa saja yang membacanya.

Hal ini seperti juga saat memikirkan sistem pembayaran payroll yang paling tepat untuk perusahaan. Sebaiknya gunakan aplikasi yang telah terbukti memberikan banyak manfaat. Misalnya yaitu dengan menggunakan JojoPayroll yang dibesut oleh Jojonomic. Aplikasi ini membantu perusahaan dalam membayarkan payroll secara otomatis dan efisien. Tidak hanya itu saja namun juga sudah terintegrasi dengan sistem absen sehingga dapat menghitung payroll secara otomatis.

Hal tersebut berkat beberapa fitur yang tersemat di dalam aplikasi tersebut. Misalnya saja fitur perhitungan payroll otomatis dan cetak slip gaji otomatis. Selain itu ada pula fitur integrasi dengan sistem HRIS yang komprehensif. Sehingga tentu saja tidak perlu ragu jika ingin menggunakan aplikasi payroll keluaran Jojonomic tersebut. Ayo, tunggu apa lagi, segera dapatkan coba gratis 14 hari sekarang juga.