Mock Up : Definisi, Kepentingan, dan Keuntungan Serta Anatominya

mock up

Mock Up atau yang lebih gampang disebut sebagai Model, memiliki banyak kaitan dengan dunia desain, terutama desain produk. Jadi, apa arti dari model itu sendiri dan bagaimana cara kerjanya? Jangan bingung, Jojonomic telah menyiapkan jawaban untuk semua pertanyaan tentang model di bawah ini. Mari kita lihat informasi lebih lanjut tentang modelnya!

Apa itu Mock Up?

Dalam proses desain dan pengembangan produk, model merupakan visualisasi dari sebuah konsep desain. Menurut Keenethics, model adalah citra medium-fidelity atau high-fidelity yang menggambarkan pilihan warna desain, tata letak, tipografi, ikon, navigasi visual, dan tampilan keseluruhan produk desain.

Keuntungan Mock Up

Mempermudah pemangku kepentingan

Menurut UXPin, model tersebut menggunakan gambar high-fidelity, yang merupakan rencana desain yang sudah menampilkan informasi detail dan menunjukkan dengan jelas bagaimana situs atau aplikasi akan dibuat. Oleh karena itu, model merupakan cara sederhana bagi para pemangku kepentingan untuk dengan mudah melihat dan memahami produk akhir yang akan dibuat. Sebelum memasuki proses selanjutnya, para pemangku kepentingan juga dapat memberikan komentar dan kritik tentang desain.

Berikan tampilan yang realistis

Melalui desain model, desainer UI dan UX dapat melihat bagaimana semua elemen desain bekerja serealistis mungkin untuk menyerupai produk akhir yang direncanakan. Masalah yang mungkin terjadi selama penggunaan produk dapat dilihat melalui desain prototipe. Sulit untuk mengetahui hal ini hanya melalui desain di atas kertas, seperti pilihan warna yang tidak konsisten dan kesulitan navigasi.

Mudah diperbaiki

Sebelum desain memasuki tahap pengkodean, desainer lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan atau cacat pada desain. Saat memasuki fase coding, perbaikannya akan lebih rumit. Jika pengembang web tahu bahwa desain yang mereka kodekan sepenuhnya final, mereka akan dapat membuat kode desain dengan bebas design

Hemat anggaran

Dengan memastikan tidak terjadi kesalahan saat desain selesai, jika melalui proses desain produk tanpa model, maka biaya produksi akan lebih murah daripada harus memperbaiki desain dan re-code dari awal. Uang yang dihemat karena perencanaan yang baik dapat digunakan di sektor produksi lainnya.

Mengapa mock up itu penting?

Perkiraan waktu pengembangan

Pemodelan merupakan langkah penting agar front-end developer tidak kesulitan memperkirakan berapa lama proses pengembangan produk. Bahkan jika itu adalah gambar statis, model dapat menjelaskan bagian yang akan dirancang untuk bergerak atau menggunakan animasi. Daripada langsung ke proses coding, lebih cepat menggunakan model dulu, sehingga developer bisa tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengubah desain model menjadi produk nyata.

Pengkodean HTML

Pengembang front-end membutuhkan model untuk menemukan warna, bentuk, font, dan elemen lain yang diperlukan dalam desain dan mengubahnya menjadi kode. Jika tidak ada model, sulit untuk diketahui dan proses desain akan lebih lama.

Bawa investor

Model adalah cara awal untuk membuat investor fokus pada desain produk. Tanpa desain prototype yang detail dan baik, investor tidak akan mengetahui potensi website atau aplikasi yang Anda rencanakan, tentunya tanpa investor dan dana yang cukup, proyek tersebut akan sulit untuk direalisasikan.

Kenyamanan pengguna

Situs web atau aplikasi Anda akan terlihat bagus. Selain itu, pengguna harus dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dan menavigasi dengan mudah. Tahap yang paling mudah untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan konsistensi desain serta fungsionalitas dan desain adalah model, sehingga model sangat penting.

Model anatomi (Mock Up Anatomi)

Saat membuat model desain UI/UX, anatomi model adalah beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan. Nah, ini adalah contoh model dan bagian-bagiannya:

  1. Tata letak konten
    Pertimbangkan cara menampilkan konten dalam desain model, seperti pertukaran antara mode F, mode Z, kartu, atau teks. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan ukuran setiap konten pada antarmuka dan berapa banyak konten yang ingin Anda tampilkan di layar sekaligus.
  2. Kontras
    Perbandingan antar muka situs atau aplikasi penting untuk menunjang kenyamanan pengguna. Tanpa kontras yang baik, pengguna akan kesulitan membaca teks yang ditampilkan. Anda dapat menggunakan alat perbandingan warna untuk menguji keterbacaan teks atau teks yang ditampilkan di situs web atau aplikasi.
  3. Warna
    Warna memengaruhi perasaan pengguna di situs web atau aplikasi Anda. Oleh karena itu, penting untuk benar-benar mempertimbangkan warna yang tepat dari produk yang Anda kembangkan sehingga dapat mewakili suasana yang ingin Anda ciptakan. Penentuan warna dalam proses pemodelan merupakan aspek penting untuk memastikan kenyamanan pengguna.
  4. Pengaturan huruf
    Melalui prototipe, Anda dapat dengan bebas mencoba berbagai font, berbagai ukuran, gaya, spasi, dll untuk mendapatkan tampilan yang paling sesuai.
  5. Spasi
    Ruang atau ruang kosong dalam desain model tidak berarti harus diisi. Ruang putih sebenarnya adalah elemen desain yang hebat. Desain harus memiliki ruang kosong untuk memudahkan pengguna membaca konten yang ditampilkan sehingga tidak bosan membaca konten pada antarmuka.
  6. Navigasi
    Pengguna harus dapat dengan mudah menelusuri situs atau aplikasi yang Anda kembangkan, sehingga desain navigasi sangat penting. Desain navigasi yang sederhana memungkinkan semua orang untuk memahami, mencampur warna, tipografi, dan spasi, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi lebih baik dengan semua elemen.

Kesimpulan

Model adalah media visual yang digunakan untuk melihat konsep desain. Selain itu, disediakan efek visual untuk membuat gambar yang dihasilkan terlihat seperti bentuk sebenarnya.

Model akan memberikan gambaran desain sebelum mengaplikasikan desain pada objek nyata, sehingga memudahkan desainer dalam bekerja. Karena perubahan dua dimensi dan tiga dimensi, prototipe juga akan membantu desain terlihat lebih realistis dan menarik.

Modelnya memiliki tampilan yang menarik dan nuansa modern, dan tentunya cocok digunakan saat presentasi atau termasuk dalam manual standar grafis (GSM manual).

Ini adalah sekilas dari mock up. Anda lebih mengerti, kan? Kalau masih penasaran dengan segala macam pembahasan terkait model atau desain, bisa langsung kunjungi situs resmi Jojonomic.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah. JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu. Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri. Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. “Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”