Berikut Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Cepat dan Mudah

modal usaha

Di zaman serba teknologi sekarang ini ide untuk membangun usaha mudah didapatkan, semua itu berkat makin terbukanya akses internet yang luas di Indonesia tinggal bagaimana merealisasikannya. Kendalanya mungkin tinggal masalah modal usaha saja.

Untuk itu bagaimana cara mendapatkan modal untuk usaha dengan mudah ?. Nah, dalam artikel berikut ini kita akan bahas lebih lengkap!.

Tips Mendapatkan modal usaha

Selain harus menyiapkan mental menghadapi berbagai tantangan bisnis, hal utama yang harus dipikirkan bila Anda berniat membuka usaha adalah kesiapan modal. Modal usaha adalah PR kedua setelah Anda memutuskan konsep usaha yang hendak Anda bangun, termasuk segmen pasar yang digarap. Setelah konsep usaha sudah jelas, Anda bisa mulai memikirkan kebutuhan modal usaha. Anda bisa memulai dari apa yang Anda miliki saat ini. 

Modal usaha tidak selalu dalam bentuk duit atau dana segar. Bila hendak memulai usaha kuliner, sebagai contoh, peralatan dapur yang ada di dapur sekarang  bisa menjadi modal utama Anda. Mobil atau rumah juga bisa menjadi modal usaha yang dapat Anda manfaatkan di awal-awal perintisan usaha. 

modal usaha

Sumber modal usaha yang bisa Anda dapatkan

1. Modal sendiri

Keuntungan memakai modal sendiri adalah Anda tidak terikat dengan pihak manapun dalam mengembangkan usaha. Keuntungan usaha juga bisa Anda nikmati sendiri tanpa harus menyetor ke pihak lain.

Dengan modal sendiri, Anda bebas mengembangkan bisnis sesuai keinginan tanpa harus melaporkan perkembangan ke pihak tertentu. Kekurangannya, modal sendiri biasanya terbatas. Selain itu, risiko juga Anda tanggung sepenuhnya sendiri.  Bila usaha Anda ternyata gagal, semua resiko Anda tanggung dan bisa berimbas pada keuangan pribadi. 

2. Modal kerabat

Memiliki banyak teman dapat memudahkan Anda mendapatkan pinjaman modal lunak alias tanpa bunga. Manfaatkan jaringan pertemanan Anda dan keluarga. Kelebihan meminjam dari kerabat adalah Anda bisa mendapatkan pinjaman modal tanpa bunga. Selain itu, pinjaman dari kerabat juga tidak berarti mereka terlibat dalam pengembangan usaha Anda. 

Kekurangannya, nilai pinjaman dari kerabat biasanya juga terbatas. Kecuali Anda memiliki kerabat berkocek tebal, jarang terjadi orang meminjamkan uang tanpa agunan dalam jumlah besar. Siasatnya, Anda bisa meminjam ke lebih dari satu teman atau keluarga. 

3.    Modal bersama

Bila modal sendiri kurang dan mendapatkan pinjaman lunak dari kerabat juga susah, Anda bisa menggandeng teman untuk berpatungan memodali usaha. Cara ini menjadikan kerabat atau  teman Anda sebagai pemegang saham. Anda harus memperhatikan pembagian hak dan kewajiban untuk menghindari potensi konflik. 

4.    Modal bank 

Ketika sedang membutuhkan modal tambahan untuk usaha, banyak orang memilih jalan mengajukan pinjaman ke bank. Selain karena cepat, plafon yang diberikan bank cukup besar. Tapi Anda pasti tahu, meminjam berarti utang. Anda memiliki kewajiban untuk membayar cicilannya setiap bulan sampai lunas. Bukan cuma cicilan pokoknya saja, juga termasuk bunganya. 

Jika terlambat maka bisa kena denda. Begitupun kalau menunggak, bahkan terjadi gagal bayar atau Anda tidak sanggup membayar hutang. Siap-siap, dikejar debt collector dan barang berharga bakal disita bank. Meminjam di bank memang solusi paling jitu buat Anda yang sedang memerlukan uang dalam jumlah besar. 

Cara ini bisa ditempuh bila usaha Anda sudah dalam tahap pengembangan minimal sudah berjalan lebih dari 1 tahun. Pasalnya, bank Cuma mau membiayai usaha yang sudah berjalan. Bila usaha Anda baru bersifat rintisan, Anda bisa menimbang memanfaatkan memakai kartu kredit atau pinjaman kredit tanpa agunan.

modal usaha

Cara mendapatkan modal bisnis tanpa hutang

1. Jual barang tidak terpakai

Barang bekas atau barang tidak terpakai kerap bikin Anda pusing. Selain harus dibersihkan dan dirapikan, barang-barang bekas ini juga memakan banyak tempat di rumah, seperti di kamar tidur, ruang keluarga, gudang, dan ruangan lainnya. Repot kan? 

Kalau masih menggunakan barang-barang ini sih tidak masalah. Yang jadi masalah adalah ketika sudah tidak dipakai lagi, dan barang-barang tersebut hanya menjadi tumpukan tidak berguna. Padahal bisa saja berbagai barang kamu justru dibutuhkan orang lain. Daripada dibiarkan menumpuk hingga berdebu, rusak karena usang, lebih baik barang bekas itu dijual. 

Syaratnya asal masih layak dipakai. Lumayan kan, selain mengurangi barang tidak terpakai, Anda juga bisa dapat uang untuk tambahan modal. Sekarang ini menjual barang bekas tidak lagi repot, karena ada situs jual beli online atau marketplace. Tinggal foto barang, unggah secara online, beri deskripsi dan harga. Sudah bisa jualan online.   

2. Gadai barang berharga

Solusi cepat mendapatkan modal tambahan tanpa perlu utang ke bank adalah gadai barang. Kalau Anda punya barang-barang berharga, jangan takut untuk menggadaikannya. Toh ini untuk membiayai kegiatan yang sifatnya produktif, bukan konsumtif. Jika mendapatkan keuntungan dari usaha atau bisnis Anda, barang berharga kan bisa ditebus kembali. 

Gadai barang, semisal BPKB motor atau mobil, emas perhiasan atau batangan, peralatan elektronik, bahkan sertifikat tanah atau rumah bila kebutuhan modalnya cukup besar. Tapi ingat, gadai barang di tempat gadai resmi ya, jangan sembarangan karena saat ini banyak sekali gadai ilegal. 

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Cari investor

Zaman sekarang bisa kok dapat kucuran dana tanpa harus mengajukan kredit ke bank. Caranya dengan mencari investor. Tentu saja kalau mau disuntik modal investor, usaha atau bisnis yang Anda jalankan mesti jelas arahnya ke mana. Punya visi misi, konsep menarik, dan prospek menjanjikan. 

Bahkan kalau perlu bisnis tersebut beda dari yang lain. Paling penting, mampu meyakinkan investor bahwa bisnis yang Anda rintis ini dapat memberi keuntungan maksimal. Dalam hal ini, Anda harus rajin pergi ke acara-acara di mana tempat investor berkumpul. Bisa juga dengan mengajak orang-orang terdekat atau kenalan Anda menjadi investor. Melakukan pendekatan personal agar mereka terkesan pada Anda dan bisnis yang Anda jalani. 

4. Berhemat, Investasi atau menabung

Apabila Anda tidak memiliki aset untuk dijual, atau barang bekas tidak bisa dijual, lalu investor susah didekati, jalan terakhir Anda harus hidup hemat. Kemudian uang penghematan tersebut, Anda sisihkan untuk ditabung atau diinvestasikan. Jika uang diendapkan di tabungan, bunganya kecil. Paling cuma sekitar 5-6 persen per tahun. Tapi kalau investasi, bisa dobel digit per tahunnya. 

Tergantung pilihan portofolio investasi Anda. Misalnya perhitungan kasar, bila Anda menabung setiap bulan Rp 1 juta selama 5 tahun (60 bulan). Suku bunga tabungan 6 persen per tahun atau 0,5 persen per bulan.  Maka uang yang sudah terkumpul sekitar Rp 60 juta (tabungan pokok) dan keuntungan dari bunga Rp 300.000 adalah Rp 60,3 juta.

Memang yang namanya menabung atau investasi, Anda harus sabar. Tidak bisa instan dalam memperoleh keuntungan. Harus jangka panjang agar hasilnya maksimal. 

modal usaha

Memulai usaha tanpa berhutang memang keinginan setiap orang, meskipun banyak yang bilang tidak mungkin. Asalkan dengan perhitungan yang matang serta tekad yang kuat, medapatkan modal tanpa berhutang mungkin saja. Namun jika terpaksa berhutang ke bank atau platform lain, sebaiknya tetap diperhitungkan dengan matang skema pembayarannya.

Selain itu cara yang lebih simpel adalah dengan bantuan software keuangan yaitu dengan dibantu oleh aplikasi pengeluaran digital dari JojoExpense.

Platform keuangan dari Jojonomic ini sangat membantu kinerja laporan pengeluaran Anda dibandingkan dengan cara manual. Sehingga Anda tidak perlu lagi menambah karyawan baru. JojoExpense sangat akurat dan fleksibel dalam membuat laporan keuangan.

modal usaha

JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis

Fitur Populer dari JojoExpense

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Silahkan klik link ini untuk Coba Gratis Sekarang