Modal Ventura, Investasi Terbaik Dengan Pengelolaan Bersama

Modal ventura sebenarnya merupakan suatu investasi yang dilakukan dalam bentuk pembiayaan atau dalam bentuk penyertaan modal hingga sudatu badan menjadi perusahaan swasta. Biasanya hal ini terjadi saat adanya proses perusahaan swasta yang memiliki rekan atau mitra bisnis selama beberapa waktu tertentu atau selama periode tertentu. Umumnya investasi modal ini diberikan dalam bentuk uang cash atau uang tunai. Kemudian modal ini nantinya akan ditukar dengan sejumlah saham yang ada di perusahaan mitra bisnis.

Memang seringkali investasi dalam bentuk ini disebut memiliki resiko yang cukup tinggi. Namun sebenarnya investasi pengembalian dalam hal ini juga bisa dicapai dengan cukup tinggi pula. Dana investasi yang diberikan oleh investor ini kemudian dikelola oleh dana ventura. Dalam hal ini investor sudah tentu tahu bahwa perusahaan yang dibiayainya ini memiliki resiko yang cukup tinggi dan bahkan terkadang tidak memenuhi persyaratan dari sebuah perusahaan yang sesuai dengan standar untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank. Jadi sebenarnya sebagian besar dana ventura ini berasal dari beberapa investor yang tergolong cukup mapan. Selain itu dana juga bisa saja berasal dari bank investasi dan juga dari lembaga keuangan yang biasanya melakukan penggalangan dana dengan tujuan khusus untuk hal investasi ini.

Karakteristik Modal Ventura

Bila ditelusuri lebih lanjut, modal ventura ini memiliki karakteristik yang unik serta berbeda dengan sistematisasi modal yang lain. Perbedaannya biasanya terlihat pada karakteristik berikut ini.

1. Pembiayaannya bersifat equity

Sebenarnya bentuk pembiayaan yang dibuat oleh sebuah perusahaan bermodal ventura mendapatkan dana dari investor. Jadi bentuk pembiayaan pada perusahaan ini berjalan dengan adanya partisipasi modal secara langsung di perusahaan mitra bisnis. Bentuk pembiayaan ini tentu dapat mendukung suatu badan usaha hingga akhirnya bisa menjadi suatu perusahaan swasta yang bisa beroperasional.

2. Berupa investasi jangka panjang

Sebuah perusahaan yang mendapatkan modal dari para investor ini sebenarnya tidak mengharapkan adanya laba dengan cara memperdagangkan saham mereka terutama dalam jangka waktu yang cukup pendek. Namun sebenarnya perusahaan ini mengharapkan adanya keuntungan modal setelah melewati jangka waktu tertentu. Jadi laba yang diharapkan bisa berlaku dalam jangka waktu yang lebih panjang.

3. Bersifat risk capital

Penanaman modal untuk perusaha dalam hal ini memang dikenal memiliki resiko yang cukup tinggi. Hal ini tidak lain disebabkan karena pembiayaan yang dilakukan tersebut tidaklah disertai dengan adanya jaminan misalnya seperti pinjaman bank. Namun resiko yang tergolong cukup tinggi ini nantinya bisa diimbangi dengan adanya harapan untuk mendapatkan pengembalian dana yang juga cukup besar.

4. Sifatnya sementara

Pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyertaan modal ini tentunya disertai pula dengan adanya beberapa prinsip. Diantaranya adalah beberapa prinsip yang bersifat sementara. Misalnya saja seperti adanya ketentuan mengenai periode untuk pananaman modal di perusahaan mitra bisnis. Bisa saja periode ini berlangsung maksimal selama 10 tahun.

5. Keuntungan dalam bentuk capital gain dan dividen

Keuntungan yang diharapkan oleh beberapa perusahaan dengan modaldari para investor antara lain berupa capital gain. Capital gain ini sendiri bisa juga disebut sebagai apresiasi terhadap nilai saham dari sebuah perusahaan. Keuntungan yang diperoleh rupanya tidak hanya dalam bentuk capital gain itu saja tetapi juga dalam bentuk dividen. Dividen ini nantinya akan dibagikan kepada para investor.

6. Rate of return tergolong tinggi

Memang perusahaan yang mendapatkan modal melalui para investor telah diketahui memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi. Namun hal ini juga bisa memberikan keuntungan tersendiri terutama bagi para investor. Keuntungan ini bahkan menjadi suatu terobosan baru terutama dalam mendapatkan dana pengembalian yang bisa dibilang cukup tinggi.

Manfaat Modal

Bagi usaha yang memutuskan untuk menggunakan modal ventura, tentu ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Misalnya yaitu manfaat-manfaat sebagai berikut.

1. Meningkatkan bisnis

Pembiayaan atau setiap dana yang diterima oleh perusahaan mitra bisnis tentu sangatlah berarti. Pembiayaan yang diterima oleh perusahaan mitra bisnis ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan aktivitas bisnis. Dengan adanya dana ini maka perusahaan bisa melakukan berbagai aktivitas yang sekiranya berguna bagi perusahaan. Bahkan aktivitas perusahaan bisa dilakukan secara optimal sehingga bisnis bisa semakin hari semakin meningkat.

2. Mengembangkan potensi bisnis

Potensi bisnis yang dimiliki oleh suatu perusahaan bisa saja dikembangkan dengan lebih baik. Namun hal ini tentu memerlukan adanya sokongan dana yang tidak sedikit. Maka dari itu diperlukan modal ventura bagi sebuah perusahaan untuk bisa mengembangkan produk atau bisnis. Dengan adanya sistem ini maka sebuah perusahaan bisa mengembangkan bisnisnya hingga menjadi lebih besar.

3. Pemasaran produk efisien

Dengan adanya dana dari investor maka proses pemasaran yang dilakukan dalam bisnis bisa berjalan dengan semakin efektif. Adanya bantuan dana dari modal yang ditanamkan oleh para investor akan membuat perusahaan mitra bisnis dapat meningkatkan efisiensi dari pemasaran produknya. Jadi hal ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan mitra bisnis.

4. Mendapat kepercayaan dari bank

Sebuah perusahaan bisa saja merasa kesulitan dalam mendapatkan pendanaan dari bank. Hal ini mungkin saja terjadi karena manajemen perusahaan masih belum berjalan secara efektif. Dengan adanya penanaman modal dari para investor maka kepercayaan bank pada perusahaan mitra bisnis ini akan semakin meningkat sehingga bank bisa berupah pandangan terhadap bank tersebut.

5. Peningkatan likuiditas

Dalam hal modal ventura maka perusahaan yang mendapatkan dana investasi tidak harus membayar atau mengembalikan dana tersebut dalam brntuk bunga atau cicilan hutang. Kondisi ini akan mengakibatkan modal yang diperoleh sebagai dana investasi ini semakin meningkatkan likuiditas perusahaan rintisan.

6. Membaiknya rentabilitas

Setiap dana dan bantuan yang diperoleh perusahaan akan membantu perusahaan untuk semakin meningkatkan fungsinya secara efektif. Selain itu segala dana serta bantuan tenaga profesional akan membuat perusahaan bisa beroperasional dengan baik. Setidaknya perusahaan yang mendapatkan bantuan dalam hal apa saja ini bisa berfungsi secara efektif dan efisien. Hal ini akan bersifat menguntungkan baik bagi perusahaan maupun bagi para investor.

Modal ventura bisa menjadi salah satu solusi dan alternatif apabila ingin membantu meningkatkan usaha dengan jalan pengumpulan modal yang lebih sistematis. Sama halnya menggunakan sistem payroll yang baik bagi perusahaan. Seperti contohnya melalui penggunaan JojoPayroll. Dengan produk tersebut tentunya sistem payroll perusahaan dapat berjalan secara otomatis, selain itu pemotongan pajak dan BPJS juga dapat diatur secara otomatis juga.

modal ventura

Tentunya manfaat tersebut dapat diperoleh berkat beberapa fitur andalan yang terdapat pada JojoPayroll. Misalnya saja fitur One-Click Generate Payroll Data, Progressive Tax Calculation, Adjustable Payday & Working Period, Adjustable Tax Configuration serta fitur-fitur menarik lainnya. Oleh sebab itu tentu tidak perlu diragukan lagi, segera saja jadwalkan coba gratis di perusahaan Anda. Dapatkan sistem payroll yang lebih baik hanya bersama JojoPayroll.