Model Penjualan Untuk Pemasaran Produk Yang Paling Optimal

model penjualan

Model penjualan tentu merupakan suatu hal yang sangat penting terutama dalam dunia bisnis. Penjualan pada dasarnya merupakan suatu aktivitas yang harus dilakukan oleh pebisnis. Sebab melalui penjualan inilah maka pebisnis dapat memperkenalkan produknya ke masyarakat luas untuk mendoronganya agar melakukan pembelian produk.

Tentunya cara melakukan penjualan bisa bermacam-macam. Jadi sebenarnya penjualan dalam dunia bisnis merupakan suatu aspek yang sangat penting dan haruslah dipenuhi. bahkan aspek penjualan ini selain diterapkan juga harus dievaluasi. Evaluasi sektor penjualan memang perlu dilakukan dengan tujuang agar ke depannya proses menjual produk ke pelanggan bisa dilakukan dengan lebih baik lagi.

Macam Model Penjualan

Personal preparation

Salah satu model yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda adalah model personal preparation. Model penjualan jenis ini lebih memusatkan fokus pada personaliti dari pihak sales person atau pihak penjual produk. Misalnya saja seperti kondisi mental penjual atau sales person dalam menawarkan produk terhadap para pelanggan.

Tentunya Anda sebagai penjual perlu memiliki mental yang bisa dibilang cukup kuat dalam menghadapi berbagai jenis pelanggan. Dengan adanya mental Anda tersebut maka diharapkan agar Anda bisa selalu membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dengan para pelanggan. Namun tentunya diperlukan suatu sikap terbaik dalam menghadapi berbagai jenispelanggan yang masing-masing berbeda.

Presentation based

Model yang kedua yaitu presentation based. Model ini lebih memusatkan fokus pada pendekatan yang dilakukan melalui adanya instrumen presentasi. Instrumen presentasi ini akan muncul saat penjual atau sales person mulai berkomunikas dengan pelanggan. Tampaknya model ini cukup banyak dijumpai. Bahkan tampaknya banyak pihak penjual atau sales person yang menggunakan metode ini dalam menawarkan produk dagangannya untuk menarik pelanggan.

Dalam komunikasi yang dibangun dengan pelanggan maka Anda bisa saja menanyakan keluhan atau hal apa yang sedang menjadi permasalahan bagi pelanggan. Dengan adanya masalah atau keluhan dari pelanggan maka Anda bsisa mencoba untuk menawarkan suatu solusi. Disini dibutuhkan kemampuan Anda di bidang problem solving. Selain itu dibutuhkan pula kemampuan berkomunikasi yang baik serta kemampuan consultative sales.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Applications

Selanjutnya terdapat pula model application dalam hal melakukan penjualan. Untuk model yang satu ini rupanya Anda sebagai pihak penjual atau ornag yang menawarkan dagangan dapat memberikan tanggapan di berbagai situasi penjualan yang terjadi. Tentunya Anda harus tahu dengan jelas mengenai berbagai cara yang bisa dilakukan dalam menanggapi beberapa kondisi. Anda juga harus tahu cara berjualan dengan baik misalnya dengan menjalin kemitraan.

Kemitraan tentunya bisa membantu Anda untuk memasarkan produk. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bisa menguasai sistem yang digunakan oleh suatu team selling dalam memasarkan dan menawarkan produk. Dengan adanya partner atau tim yang bisa salaing bekerja sama dengan Anda maka Anda nantinya bisa mengatasi situasi penjualan tertentu.

Value selling matrix

Model terakhir dalam hal penjualan adalah value selling matrix, bisa dibilang sebagai suatu model yang tampaknya paling progresif. Model ini bisa saja muncul dengan disesuaikan pada kondisi pasar. Misalnya saja saat muncul banyak perusahaan pesaing atau kompetitor di sekitar Anda sehingga terjadi persaingan harga jual produk. Dalam menyikapi hal ini maka Anda bisa melakukan hal yang berdasarkan apda model value selling matrix.

Tentunya penawaran produk akan berlangsung dengan baik. Selain itu model ini juga bisa diterapkan saat terjadi perubahan gaya hidup pada pasar. Gaya hidup bisa saja dalam bentuk tidak adanya wkatu bagi para pelanggan untuk mendengarkan presentasi dari pihak penjual atau sales person. Untuk mengatasinya maka Anda bsia menggunakan model value selling matrix ini.

Memilih Model Penjualan

Mengenal masing-masing model penjualan

berbagai macam model penjualan memang tersedia dan Andabisa memilihnya dengan leluasa. Anda bisa memilih model penjualan yang sekiranya tepat dan sesuai dengan keinginan Anda. pemilihan model ini tentunya bisa dilakukan jika Anda mengenal seluruh model atau jenis penjualan yang ada. Setidaknya Anda perlu tahu dengan jelas mengenai kelebihan dan kekurangan masing masing model atau jenis penjualan yang ada. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing model tersebut maka Anda bisa memilih satu jenismodel yang tepat untuk diterapkan. Model yang tepat akan membantu Anda dalam melakukan penjualan produk.

Mengerti kondisi pasar

Tidak hanya mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis penjualan saja tetapi Anda juga harus melihat kondisi pasar. Bagaimana kondisi pasar terkini perlu menjadi wacana bagi Anda sebelum melakukan aktivitas penjualan. Maka setelah Anda mengetahui kondisi pasar yang terbaru tentunya Anda bisa memilih jenis model dalam penjualan yang bisa digunakan. Dengan mengerti kondisi pasar maka diharapkan agarmodel penjualan yang diambil nantinya bisa menjadi langkah yang tepat untuk menawarkan produk Anda. Selain itu diharapkan agar pasar bisa menerima produk yang sedang Anda tawarkan tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memahami jenis pelanggan

Rupanya bukan hanya model saja yang terdiri dari berbagai macam jenis melainkan juga jenis pelanggan. Setiap pelanggan tentunya memiliki karakter yang masing-masing berbeda. Selain itu kebutuhan dan keinginan masing-masing pelanggan juga berbeda-beda. Maka sebaiknya Anda bisa memilih jenis penjualan yang paling tepat untuk menghadapi bermacam-macam jenis pelanggan. Dalam hal ini tentunya kemampuan Anda untuk bisa membaca pelanggan perlu digunakan sehingga And abisa memilih model penjualan yang tepat.

Pentingnya Model Penjualan

Model penjualan yang dipilih untuk diterapkan dalam menawarkan suatu produk memang sangat menentukan langkah selanjutnya. Memang pada dasarnya terdapat beberapa jenis model penjualan seperti yang telah dibahas sebelumnya. tentunya Anda bsia memilih beberapajenis model tersebut sehingga Anda bisa melakukan proses penjualan dengan baik. Setidaknya bisnis Anda bisa berjalan dengan disertai adanya upaya untuk mencapai visi perusahaan.

Oleh karena itu Anda bsia menjalankan bisnis Anda dengan mengambil teknik model penjualan yang terbaik dan sesuai. Sebab bagaimanapun juga penerapan model penjualan akan berpengaruh pada cara Anda dalam menawarkan produk. Strategi penjualan juga nantinya akan turut menentukan peluan tercapainya visi perusahaan.

Tentu saja model penjualan ini sama halnya dengan sistem payroll perusahaan. Dibutuhkan produk yang tepat dan berkualitas salah satunya yaitu JojoPayroll. Dengan produk ini maka pembayaran payroll karyawan dapat dilaksanakan secara otomatis setiap bulannya. Belum lagi adanya fitur integrasi dengan kehadiran dan perhitungan prorate upah lembur karyawan beserta tunjangannua.

  • Adapun hal ini didukung oleh fitur-fitur yang terdapat dalam JojoPayroll. Sebut saja yaitu fitur-fitur berikut di bawah ini.
  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Karena itu jangan ragu untuk menggunakan JojoPayroll. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk mendapatkan manfaatnya tersebut.