Hal-Hal Penyebab Mood Swings Dan Langkah Mengatasinya

mood swings

Mood swings mungkin masih belum begitu banyak didengar oleh masyarakat publik. Namun istilah ini sebenarnya perlu untuk dipahami karena berhubungan dengan suasana hati seseorang. Istilah mood swings pada dasarnya memiliki makna yang sama dengan perubahan suasana hati. Memang biasanya perubahan suasana hati seringkali terjadi pada diri manusia.

Banyak hal yang bisa menyebabkannya sehingga terjadinya perubahan suasana hati ini tidak bisa ditebak dan bisa terjadi sewaktu-waktu. Dan lagi perubahan suasana hati ini berhubungan dengan emosi sehingga suasana hati akan berubah mengikuti emosi yang dirasakan. Demikian hal ini sebenarnya sangat berpengaruh pada seluruh kegiatan manusia. Oleh karena itu sebaiknya suasana hati selalu dicegah agar tidak sampai menjadi negatif.

Gejala Mood Swings

Rasa senang dan sedih tidak terkontrol

Umumnya mood swings bisa dilihat dari perasaan yang dialami oleh seseorang. Perasaannya bisa berubah dengan cepat dan tidak terkontrol. Hal ini bahkan sampai mengganggu akyibitas penderitanya dan membuat penderitanya tidak bisa tidur dengan mudah. Biasanya kondisi ini terjadi selama beberapa hari atau mungkin saja bahkan lebih.

Ingin melukai diri sendiri

Kondisi ini terjadi bila gejala mood swings sudah mulai memburuk atau parah. Bahkan gejala akan semakin bertambah parah jika penderita ingin memgakhiri hidupnya sendiri. Umumnya hal ini muncul secara bersamaan dengan adanya beberapa wujud dari gangguan mental. Maka jika hal ini terjadi tentunya tingkat mood swings sudah sangat parah.

Faktor Penyebab Mood Swings

Keadaan hormon

Kondisi hormon tentu saja dapat berpengaruh terhadap perubahan suasana hati. Terlebih lagi kondisi hormon pada wanita yang mungkin sednag mengalami haid atau menjelang haid. Biasanya wanita yang mengalami haid akan merasa bad mood sehingga suasana hati selalu tidak enak. Emosi cenderung menjadi labil dan dipenuhi dengan emosi yang bersifat negatif. Perubahan suasana hati yang terjadi karena berkaitan dengan kondisi hormon juga biasa terjadi pada golongan wanita menopause. Lebih tepatnya pada wanita dengan golongan usia lanjut.

Zat kimia otak tidak seimbang

Beberapa zat kimia yang terdapat dalam diri manusia juga bisa sjaa menjadi faktor penyebab timbulnya mood swings. Zat kimia tersebut antara lain seperti serotonin dan dopamin yang tentunya perlu diperhatikan karena dapat berpengaruh pada emosi seseorang. Kedua jenis zat terebut terdapat di dalam otak manusia sehingga bisa berpengaruh langsung pada pola pikir dan juga emosi seseorang. Oleh karena itu sebaiknya selalu berupaya untuk bisa menjaga kesehatan agar setiap zat yang ada pada diri Anda selalu seimbang.

Jenis penyakit tertentu

Beberapa jenis penyakit rupanya dapat menyebabkan timbulnya mood swings. Biasanya jenis penyakit yang menyebabkan timbulnya perubahan suasana pada hati manusia antara lain seperti penyakit tiroid atau penyakit hormon dan mungkin juga karena adanya kerusakan atau gangguan pada bagian otak.

Di samping itu penyakit yang menyerang ginjal dan jantung serta paru-paru juga bisa saja menyebabkan terjadinya perubahan suasana hati dalam waktu yang sangat cepat. Maka dari itu sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan agar tidak sampai mengalami perubahan emosi dengan tiba-tiba.

Mental yang terganggu

Mental yang sedang terganggu pada seseorang juga bisa saja menyebabkan orang tersebut dengan mudahnya mengalami perubahan suasana hati. Beberapa jenis gangguan mental yang bisa menyebabkan terjadinya kondisi ini antara lain gangguan bipolar dan juga skizofrenia dan lainnya. Kecanduan terhadap alkohol dan obat-obatan terlarang juga bisa saja menyebabkan timbulnya gangguan mental hingga berakhir pada mood swings.

Mengatasi Mood Swings

Gaya hidup sehat

Perubahan pada suasana hati yang terjadi dalam kurin waktu cepat memang bisa saja meresahkan bagi orang yang mengalaminya. Maka sudah seharusnya hal ini bisa diatasi bahkan mengatasinya sebaiknya sesegera mungkin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat ini antara lain meliputi istirahat cukup serta rutin berolahraga. Tidak lupa pula mengonsumsi makanan bergizi serta selalu berpikiran positif.

Catat peristiwa

Mengatasi mood swings juga bisa dilakukan dengan mencatat segala peristiwa yang mungkin menyebabkan Anda mengalami perubahan suasana hati. Jadi Anda bisa menyiapkan buku atai memo dan menuliskan setiap peristiwa yang berpengaruh pada mood.

Pencatatan peristiwa ini bisa menyerupai pencatatan di diary. Catatlah setiap peristiwa yang membuat suasana hati berubah secara detail. Maka ke depannya Anda bisa segera memgambil sikap terbaik dalam memghadapi peristiwa yang sama sehingga mood tidak akan berubah seperti sebelumnya. 

Melakukan konsultasi

Jika memang suasana hati yang mudah berubah sudah tidak bisa lago dikontrol maka sepertinya Anda perlu melakukan konsultasi. Umumnya konsultasi dilakukan pada seorang psikolog. Dengan berkonsultasi maka psikolog akan membantu Anda untuk menemukan apakah penyebab dari timbulnya mood swings dalam diri. Tidak hanya itu saja tetapi psikolog juga akan selalu menemai pasiennya sehingga proses kontrol terhadap pasien bisa dilakukan secara lebih mudah.

Menjalani pengobatan

Konsultasi pada psikolog merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi adanya mood swings yang bisa berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Namun jika setelah berkonsultasi dengan psikolog dan ternyata belum ada jalan keluar untuk mengatasi gangguan mood maka berarti penderita mood swings juga perlu memeriksakan diri ke psikiater.

Di psikiater tentu nantinya akan diberikan beberapa jenis obat yang sekiranya bisa digunakan untuk mengatasi perubahan suasana hati secara cepat. Namun tentunya pengobatan yang diberikan oleh dokter harus dijalani secara rutin. Bahkan jika ada terapi yang harus dijalani maka sebaiknya terapi dilakukan secara tepat.

Gangguan Mental Mood Swings

Mood swings mungkin secara sekilas tidak dapat diketahui oleh orang lain. Kondisi ini mungkin saja tidak dapat terbaca oleh orang lain dengan mudah dan cepat. Terlebih lagi jika gejala yang dialami tidaklah begitu parah. Namun siapapun yang mengalaminya perlu untuk menyadarinya dan hal ini bisa dilakukan dengan melihat gejala yang dialami. Jika memang gejala dari mood swings terjadi maka penderitanya haruslah segera mengambil tindakan untuk bisa mengobatinya agar bisa sembuh kembali.

Tentu saja sama adanya perubahan yang baik diperlukan juga dalam perusahaan. Dibutuhkan wujud pengaturan yang efektif serta efisien pada aneka macam aspek, misalnya yaitu absensi. Sebaiknya pilih aplikasi absen melalui penggunaan JojoTimes. Sistem yang satu ini membantu absensi karyawan yang lebih mudah kapan saja dan dimana saja. Selain itu juga mudah untuk dilakukan pengawasan. Hal ini berkat beberapa fitur pada JojoTimes, misalnya yaitu fitur berikut ini.

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Maka dari itu jangan ragu, yuk gunakan aplikasi absen dari Jojonomic ini. Dapatkan demo gratis 14 hari sekarang juga.