Mudah! Begini Cara Membuat Logo Dengan Photoshop Untuk Pemula

Logo merupakan suatu identitas atau brand suatu usaha. Tanpa adanya logo, maka produk yang dijual suatu usaha akan sulit diingat oleh pembeli. Bahkan tidak jarang ada saja seseorang yang membeli suatu produk karena tertarik dengan desain logonya yang menarik. Lalu, bagaimana cara membuat logo dengan photoshop?

Banyak perusahaan menekankan pentingnya sebuah logo untuk brand usaha mereka. Istilahnya, logo bisa menjadi Image Perusahaan. Itu sebabnya dalam membuat logo suatu usaha hendaknya memiliki konsep yang matang mulai dari warna, jenis font, hingga desain yang memiliki arti dari usaha itu sendiri. Namun sayangnya, membuat logo tidak semudah yang dibayangkan, perlu banyak menuangkan ide dan kreativitas untuk menciptakan logo yang menarik.

Namun jangan khawatir, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat logo dengan photoshop dengan mudah tanpa ribet, khususnya untuk pemula. Bagaimana? Berikut penjelasannya.

Tips Membuat Logo

Sebelum membuat logo, penting untuk mengetahui konsep brand yang dibuat. Jangan sampai logo yang sudah dibuat jauh dari konsep yang dimiliki perusahaan itu sendiri. Untuk itu, pentingnya memahami beberapa hal sebagai berikut:

Brand/Produk Yang Akan Dijual

Cara membuat logo dengan photoshop, sebaiknya perlu memahami dan mengenal jenis produk dan brand apa yang sedang dibangun. Sebagai contoh jika produk yang akan dipasarkan adalah produk camilan seperti keripik. Maka sebaiknya ikon yang dipilih untuk pembuatan logonya adalah ikon yang menarik dan sesuai dengan tema brand produk yang ditawarkan. Akan sangat tidak relevan jika produk yang ditawarkan makanan namun logonya seperti bentuk kendaraan atau hal lainnya yang tidak relevan.

Tentukan Target Pasar

Perlu diketahui sebelum membuat logo, maka pastikan kita mengetahui siapa target pasar kita sebenarnya. Apakah anak-anak, kalangan remaja atau kalangan umum? Dengan mengetahui target pasar, maka akan sangat mudah bagi kita untuk memilih jenis gambar, font dan warna dalam membuat logo. Perlu diingat bahwa sebisa mungkin jangan sampai membuat logo dengan menggunakan warna yang gelap dan kaku. Pastikan logo dibuat se-friendly mungkin seolah menggambarkan sifat anak-anak yang ceria dan bersahabat.

Memahami Dasar Pembuatan Logo

Sebelum membuat sebuah logo, pastikan kita mengetahui prinsip dalam membuat logo yang efektif, berikut diantaranya:

1.      Buatlah Logo Sesederhana Mungkin

Logo menjadi hal pertama yang diingat oleh konsumen. Untuk itu sebisa mungkin buatlah logo dengan desain dan dengan bentuk yang sederhana mungkin. Hal ini dikarenakan hal pertama yang dilihat konsumen sebelum produknya langsung adalah logo yang ditonjolkan. untuk itu, buatlah logo sesederhana mungkin agar mudah diingat oleh para konsumen.

2.      Logo Harus Mampu Bertahan Lama

Pastikan kita membuat logo yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Jangan sampai konsep logo dibuat berubah-ubah dan berganti-ganti setiap tahunnya atau setiap periode tertentu. Logo yang terus berubah membuat konsumen kebingungan dengan jenis logo perusahaan dan akan menyulitkan konsumen untuk mengingatnya.

3.      Logo Bisa Menjadi Serbaguna

Maksud dari kata serbaguna adalah logo yang bisa digunakan dan diplikasikan dalam produk apapun tanpa harus membuat banyak ikon yang ribet. Misalnya ada penjual dengan produk camilan yang terdiri dari berbagai jenis camilan baik itu camilan dari sayur-sayuran maupun buah-buahan. Agar tidak terlalu ribet maka bisa menggunakan satu jenis ikon agar mudah diingat oleh para konsumen.

Tidak Boleh Plagiat

Plagiat adalah hal yang sangat dilarang dalam pembuatan logo brand perusahaan. Hal ini akan sangat merugikan diri sendiri karena desain dan konsep logo yang menyerupai logo lainnya akan membuat perusahaan terjerat hukum dan dapat dicap buruk oleh konsumen karena melakukan plagiat dari brand lain.

Menggunakan Bantuan Software Khusus Desain

Untuk membuat logo, tidak seperti zaman dahulu yang membuat logo hanya dengan menggunakan alat tulis. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk membantu membuat desain logo. Selain itu, software tersebut juga memiliki banyak fitur khusus yang dapat digunakan untuk keperluan desain sehingga pembuatan logo menjadi lebih cepat dan efektif.

Cara Membuat Logo Dengan Photoshop

Cara membuat logo dengan photoshop, maka bisa ikuti cara-cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi photoshop
  2. Tekan tombol CTRL+N untuk membuat lembar kerja yang baru, kemudian sesuaikan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh lembar kerja baru ingin dibuat dengan ukuran 500×500 pixel.
  3. Jika ingin membuat logo berbentuk lingkaran maka bisa pilih Ellipse Tool.
  4. Setelah membuat lingkaran di lembar kerja tersebut maka kita bisa sesuaikan warna sesuai dengan yang diinginkan dengan mengklik kotak kecil disamping Layers Eliipse 1.
  5. Jika ingin mengganti warga background nya, maka bisa dipilih Magic Wand Tool dan seleksi area yang ingin dirubah warnanya.
  6. Untuk memberi warna pada area yang sudah diseleksi maka bisa pilih Paint Bucket Tool.
  7. Untuk memberikan efek garis di luar lingkaran maka bisa di pilih efek Stroke.
  8. Selanjutnya bisa dilanjut sisipkan ikon, gambar atau warna sesuai dengan brand yang digunakan.

Contoh Logo Terbaik

Logo dapat dikatakan terbaik jika logo tersebut dapat bertahan dalam jangka panjang. Logo yang mampu bertahan akan sangat mudah diingat konsumen. Hanya dengan bentuk logonya saja konsumen pasti akan brand dari logo tersebut. Hal ini tentu akan menguntungkan pelaku usaha karena brandnya dapat dikenal masyarakat luas.

Banyak contoh logo terbaik yang dapat dicontoh, dimana logo ini mampu bertahan dalam jangka panjang dan sudah dikenal banyak orang. Salah satu logo yang sangat terkenal di kalangan masyarakat adalah:

Logo Nike

Nike terkenal dengan konsepnya yang hanya centang saja. Logo ini dinilai sangat ikonik dan tidak tergantikan. Dibuat dengan konsep sederhana sangat melekat kuat dalam branding. Logo nike dibuat oleh Caroline Davidson pada tahun 1971. Kehadiran logo ini sangat efektif, mudah diingat dan bertahan sampai saat ini.

Logo Amazon

Sampai saat ini, toko online terbesar dan terlengkap di dunia, Amazon memiliki logo yang sangat sederhana tanpa memasukkan unsur toko dalam logonya. Hanya sedikit tanda panah melengkung di bagian bawah tulisan membuat logo ini mudah diingat oleh masyarakat. Jika dilihat dari logo Amazon, lambing panah seolah menghubungkan huruf A sampai dengan Z, yang artinya Amazon menjual segalanya dari A sampai dengan Z.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat logo dengan photoshop? Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis logo baik itu logo makanan, minuman dan berbagai jenis logo lainnya. Hanya saja sebelum membuat logo hendaknya pahami brand yang akan dijual.

Solusi Manajemen Operasional Perusahaan

Untuk mempermudah bisnis Anda dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan, diperlukan software untuk memudahkan Anda dalam mengelola kegiatan penjualan seperti Jojonomic.

Software Jojonomic adalah salah satu software akuntansi dengan fitur terlengkap di indonesia yang dapat membantu Anda dalam mengelola stok penjualan Anda bahkan Anda juga bisa mengkategorikan barang Anda sesuai kelompoknya.

Semakin banyak orang yang percaya terhadap produk atau brand Anda, maka akan semakin besar pula peluang omset Anda akan mengalami kenaikan. Setelah bisnis Anda berkembang, maka penting juga untuk memperhatikan kondisi keuangan atau arus kas yang ada di dalamnya.

Di era yang serba digital seperti saat ini, Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi atau software khusus untuk memudahkan Anda dalam mengelola pengeluaran perusahaan dengan cara yang lebih praktis. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan ialah Jojo Expense.

Menawarkan beragam fitur yang dapat memudahkan kinerja karyawan. Jojo Expense dapat membantu meningkatkan efisiensi kinerja karyawan hingga 76%. Lewat perangkat lunak yang satu ini, Anda bisa mengelola pengajuan reimbursement di mana pun dan kapan pun. Mengontrol anggaran perusahaan pun akan jauh lebih mudah dengan fitur Budget Controlling. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dibekali teknologi canggih Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging yang dapat menghindarkan Anda dari risiko terjadinya penipuan atau fraud keuangan. Menarik, bukan? Jadi tunggu apa lagi, yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!