Multiple Analysis Serta Cara Pengelolaannya

Multiple analysis (analisis kelipatan) pada dasarnya merupakan suatu teknik penilaian dalam menentukan nilai pasar yang saling berbeda untuk perusahaan yang sebanding. Teknik analisis kelipatan ini sebenarnya merupakan teknik penilaian yang bisa dianggap tertua namun masih saja seringkali digunakan untuk menilai dan menganalisis pasar. Mungkin dengan adanya kemudahan dan beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh teknik inilah maka banyak perusahaan yang masih saja menggunakan metode analisis kelipatan ini.

Pada teknik analisis kelipatan ini terkandung pula penilaian dari perusahaan yang berbeda walaupun sebanding. Teknik analisis ini juga masih saja dianggap sebagai metode terbaik untuk melihat pasar walaupun sekarang tampaknya metode ini sudah mulai tertutup dengan metode analisis lainnya seperti misalnya analisis arus kas atau mungkin metode berbasis pasar yang lainnya. Ada berbagai macam metode yang dapat digunakan untuk menilai atau menganalisis pasar dan multiple analysis ini merupakan salah satunya.

Langkah-langkah Melakukan Multiple Analysis

Berbagai langkah tentunya bisa dilakukan untuk menggunakan teknik analisis kelipatan dalam menganalisis pasar. Untuk melakukan metode ini maka langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah dengan melakukan identifikasi perusahaan. Atau Anda juga bisa melakukan identifikasi seluruh aset perusahaan yang sekiranya dapat dibandingkan satu sama lain. Jika langkah awal ini telah selesai dilakukan maka langkah selanjutnya adalah menentukan nilai untuk setiap perusahaan. Langkah ini bisa diikuti pula dengan adanya penilaian berganda. Dalam melakukan penilaian berganda ini Anda bisa melakukannya melalui proses standardisasi.

Jenis Kelipatan yang Digunakan

Berbagai jenis kelipatan dapat digunakan pada metode multiple analysis ini. Pada dasarnya kelipatan yang digunakan dalam melakukan analisis kelipatan digunakan kelipatan nilai perusahaan atau kelipatan ekuitas. Untuk lebih jelasnya bisa digambarkan bahwa kelipatan nilai perusahaan merupakan suatu penghargaan dari masyarakat atas kinerja sebuah perusahaan. Selain itu penghargaan ini juga diberikan atas prestasi yang telah diraih oleh sebuah perusahaan dalam melayani masyarakat. Tentu saja penghargaan dan penilaian masyarakat ini begitu penting bagi suatu perusahaan. Sebab dengan adanya penilaian yang baik dari masyarakat maka berarti sebuah perusahaan dapat menunjukkan adanya peningkatan pada perusahaan itu sendiri. Peningkatan pada suatu perusahaan tentu menunjukkan adanya peningkatan kesejahteraan pemiliknya.

Pada dasarnya nilai perusahaan ini tercermin dalam nilai pasar dari suatu ekuitas perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi harga ekuitas maka semakin tinggi nilai perusahaannya. Demikian pula sebaliknya jika nilai ekuitas semakin rendah maka nilai perusahaan juga semakin rendah pula. Sebenarnya tidak ada nilai perusahaan yang sama sebab setiap perusahaan tentu memiliki nilai tersendiri termasuk di mata masyarakat. Hal ini berlaku pula bagi para investor yang tentunya memiliki cara pandang berbeda dalam merespon segala informasi yang berkitan dengan kelangsungan suatu perusahaan. Penilaian pada kinerja dari setiap perusahaan tentu berbeda dan penilaian ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode. Tentunya setiap metode yang digunakan untuk menghitung nilai perusahaan berbeda dan memiliki fungsi khusus masing-masing.

Kelebihan Multiple Analysis

Pada dasarnya penggunaan metode multiple analysis atau analisis kelipatan ini memberikan keuntungan bagi penggunanya. Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh adalah metode multiple analysis ini terkesan sederhana. Kesederhanaan dari metode ini memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan yang menggunakannya dalam menemukan nilainya. Metode multiple analysis yang cenderung dinilai sederhana ini membuat perhitungan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan metode nilai kelipatan ini untuk melakukan penilaian pada sebuah perusahaan secara lebih cepat.

Selain itu perhitungan dengan menggunakan metode analisis kelipatan ini bisa dikatakan lebih fokus. Penggunaan multiple analysis ini bisa digunakan untuk mempertimbangkan posisi sebuah perusahaan pada periode waktu tertentu. Jadi dalam hal ini Anda bisa mengambil penilaian mengenai perusahaan Anda pada suatu waktu tertentu. Tentu saja penilaian ini akan membantu Anda untuk menganalisis perusahaan Anda. Selain itu Anda juga bisa mengerti lebih lanjut mengenai posisi perusahaan Anda pada periode waktu tertentu. Dengan demikian Anda bisa mempersiapkan perusahaan untuk bisa tetap berlangsung di kemudian hari dengan segala aset yang dimilikinya.

Kekurangan Multiple Analysis

Selain kelebihan tentunya segala hal juga memiliki kekurangan. Termasuk pula dalam hal ini adalah metode multiple analysis yang digunakan untuk menilai dan menganalisis suatu perusahaan. Teknik multiple analysis atau nilai kelipatan walaupun banyak digunakan di beberapa perusahaan namun tetap saja dinilai masih memiliki kekurangan. Teknik nilai kelipatan yang sudah digunakan oleh beberapa perusahaan sejak dulu ini tentunya sangat sederhana sehingga setiap permasalahan perusahaan yang kompleks bisa lebih disederhanakan hingga menjadi hanya satu nilai saja. Dalam hal ini berbagai faktor lain yang bersifat mempengaruhi nilai perusahaan seringkali diabaikan. Hal ini tentu merugikan sebab terkadang ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan pada perusahaan. Namun dengan menggunakan teknik nilai kelipatan ini maka faktor penyebab penurunan perusahaan tidak dapat dijelaskan secara lebih rinci.

Selain itu penggunaan metode analisis kelipatan ini juga akan menimbulkan kesulitan bagi Anda dalam melakukan perbandaingan perusahaan atau perbandingan aset perusahaan. Teknik nilai kelipatan yang bertujuan untuk mengetahui penilaian masyarakat pada sebuah perusahaan bisa saja menjadi penghambat bagi perusahaan terkait. Sebab teknik analisis kelipatan ini bersifat statis. Artinya teknik ini mengabaikan segala hal yang menjadi keperluan bagi perusahaan di masa depan. Dalam penilaian ini maka suatu perusahaan terkesan terlalu memusatkan fokus pada periode saat ini saja. Perkembangan perusahaan untuk masa selanjutnya tidaklah dipikirkan. Tentu saja hal ini akan menghambat suatu perusahaan untuk mengalami pertumbuuhan dan kemajuan di masa mendatang. Tentunya dalam hal ini metode ini dinilai tidaklah efektif. Sebab metode ini tidak dapat digunakan untuk melakukan penilaian secara keseluruhan.

Dari informasi di atas memang multiple analysis merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan dalam bisnis. Demikian pula sistem penggajian karyawan juga merupakan hal penting dalam perusahaan yang harus diatur sedemikian rupa. Untuk memastikan berjalannya hal tersebut, sebaiknya gunakan sistem yang memadai. Misalnya melalui penggunaan JojoPayroll. Dimana produk yang satu ini akan membantu memberikan aneka ragam manfaat mulai dari penggajian karyawan yang sistematis serta akurat, selain itu dapat pula membantu cetak slip gaji otomatis dan terhubung langsung dengan absensi karyawan setiap harinya. Sehingga besar potongan lebih detil dan tanpa kesalahan.

Tentunya seluruh manfaat tersebut berkat adanya berbagai macam fitur pada JojoPayroll, termasuk fitur Direct Bank Transfer, Report Customization, Loan Management, Maintenance Support, serta masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Oleh sebab itu tentu tidak perlu khawatir dan meragukan kemampuan produk tersebut. Segera saja dapatkan coba gratis di perusahaan Anda dan biarkan sistem penggajian karyawan berjalan otomatis serta lebih mudah dan lebih efisien. Selamat mencobanya!