Nabung Saham Jadi Pilihan Investasi Paling Menjanjikan

nabung saham

Nabung saham jadi pilihan masyarakat urban masa kini dalam menginvestasikan sebagian hartanya guna persiapan di hari tua. Sebenarnya, ada banyak cara canggih dalam merencanakan masa depan keuangan supaya tetap sejahtera hingga masa pensiun tiba. Berbagai pilihan produk keuangan pun telah banyak hadir untuk memberi segudang kemudahan dan keuntungan masing-masing agar perencanaan keuangan semakin tertata dengan hasil memuaskan.

Namun siapa sangka, jika menabung saham merupakan produk investasi paling menggiurkan di masa sekarang. Melalui investasi satu ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan besar dalam jangka panjang.

Apa itu nabung saham?

Pada dasarnya, nabung saham memiliki konsep yang nyaris sama dengan menabung di bank, di mana kamu meletakkan sejumlah aset berupa uang ke perusahaan yang ingin kamu beli sahamnya. Saham merupakan salah satu produk keuangan yang menjadi bukti kepemilikan seseorang terhadap suatu perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Dengan membeli saham yang dimaksud, berarti kamu sudah bisa disebut sebagai pemegang saham.

Umumnya, saham yang ditanam di suatu perusahaan bakal digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan itu sendiri. Ketika bisnis tersebut berhasil menghasilkan sejumlah keuntungan, maka kamu juga akan mendapat sebagian keuntungan tersebut sesuai persentase modal awal yang kamu tanam.

Adapun beberapa perusahaan yang menawarkan sahamnya ke publik merupakan jenis perusahaan Perseroan Terbatas (PT) dengan label Tbk (Terbuka).

nabung saham

Keuntungan nabung saham

Ada dua jenis keuntungan yang bisa didapatkan dalam menabung saham seperti di atas, yaitu berupa dividen dan capital gain.

  • Dividen

Dividen merupakan pembagian laba yang akan diberikan oleh perusahaan kepada tiap pemegang saham. Jadi, berapapun besaran saham yang kamu miliki, pasti akan mendapat bagian atas keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan tersebut. Tentu saja, pembagian ini bersifat proporsional sesuai dengan besaran saham yang ditanam.

Ada dua jenis dividen, yaitu tunai dan saham. Dividen tunai merupakan uang tunai yang akan dihitung berdasarkan jumlah satu lembar saham yang dimiliki, sedangkan dividen saham merupakan keuntungan yang dibagikan perusahaan dalam bentuk saham. Jadi jangan heran, jika jumlah saham yang kamu miliki nantinya akan bertambah dengan sendirinya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

  • Capital gain

Capital gain merupakan kondisi di mana harga jualnya lebih tinggi daripada harga belinya yang dipengaruhi oleh berbagai aktivitas atau sentimen perdagangan di bursa efek. Hal ini bisa diartikan, bahwa saham yang kamu beli sebenarnya bisa dijual dengan harga yang berkali-kali lipat dari harga beli di awal.

Tentu saja, keuntungan ini memungkinkan kamu mendapatkan uang dari jutaan rupiah hingga miliaran rupiah. Tergantung dari seberapa sukses perusahaan tersebut dan berapa lembar saham yang kamu beli.  

nabung saham

Cara paling tepat memulai nabung saham di Bursa Efek Indonesia

Tak bisa dipungkiri, ada banyak rumor negatif seputar nabung saham di Bursa Efek Indonesia. Mulai dari keharusan memiliki modal besar, risiko kerugian yang cukup tinggi, proses yang rumit, hingga harga saham yang sangat mahal.

Namun ketahuilah, sebenarnya menabung saham jauh dari kata mahal ataupun rumit. Bukan hanya itu, setiap orang bisa menjadi pemegang saham asalkan mengerti cara mendaftarnya dan memiliki teknologi pendukung, baik itu laptop atau smartphone yang terhubung dengan internet.

Cukup dengan modal uang sebesar Rp 100 ribu saja, semua orang sudah bisa menginvestasikan hartanya dalam bentuk saham lho. Lantas, bagaimana caranya nabung saham di Bursa Efek Indonesia bagi pemula?

Memilih perusahaan sekuritas yang tepat

Menabung saham harus diawali dengan pembukaan rekening melalui perusahaan-perusahaan sekuritas ataupun broker. Perusahaan sekuritas adalah suatu perusahaan anggota bursa efek yang memiliki lisensi dalam bidang jual beli saham. Perusahaan ini pula yang akan menjadi perantara investor dengan pasar modal.

Kamu tidak akan sulit menemukan perusahaan sekuritas semacam ini. Banyak bank besar yang juga bisa dipilih sebagai perusahaan sekuritas untuk dijadikan partner menabung saham, seperti misalnya Mandiri Sekuritas dan BNI Sekuritas. Adapun perusahaan sekuritas lain yang cukup ternama di Indonesia, sebut saja Mirae Asset Sekuritas atau Indo Premier Sekuritas.

Namun sebelum memilih perusahaan sekuritas selain bank, sebaiknya kamu memastikan dulu perusahaan tersebut terpercaya dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pembukaan rekening saham

Kamu tidak perlu susah payah mendatangi kantor BEI secara langsung untuk membuka rekening saham. Saat ini, pembukaan rekening sudah bisa dilakukan secara online dan real-time. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen penting ataupun pendukung lainnya, seperti KTP atau paspor, NPWP, fotokopi buku tabungan, fotokopi kartu keluarga, dan meterai 6 ribu.

Menentukan nominal tabungan

Saat ini, nabung saham sudah bisa dilakukan mulai dari nominal Rp 100 ribu yang selanjutnya bisa dilakukan top up dana ke rekening. Dana inilah yang akan digunakan untuk membeli saham di lantai bursa. Setelah mengisi rekening dengan sejumlah uang, kamu akan mendapatkan semacam ID sebagai akses masuk ke dalam aplikasi jual beli saham melalui laptop atau smartphone.

Mengunduh aplikasi sekuritas

Mengunduh aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening adalah langkah berikutnya yang harus dilakukan setelah berhasil mendapatkan akses. Umumnya, aplikasi ini selalu bisa digunakan pada laptop ataupun smartphone yang dimiliki.

Memilih saham

Tak ada aturan khusus mengenai saham yang ingin dipilih. Kamu bisa bebas memilih atau bertanya terlebih dulu secara langsung ke perusahaan sekuritas, sekiranya perusahaan mana yang paling menguntungkan.

Setelah menetapkan saham yang ingin dibeli, jangan lupa untuk menentukan jumlah pembeliannya, minimal 1 lot atau 100 lembar. Pastikan, kamu telah memperhatikan waktu pembelian saham karena aktivitas satu ini harus sesuai dengan aturan waktu yang ada.

Setor dana

Tahapan selanjutnya adalah menyetorkan dana dalam jumlah yang telah disepakati secara rutin di setiap bulannya. Dengan demikian, jumlah tabungan saham yang kamu miliki bisa terus bertambah, bahkan kamu bisa membeli saham dari perusahaan lainnya.

Meningkatkan strategi investasi

Supaya investasi berjalan dengan lancar dan lebih menguntungkan, kamu perlu mempelajari berbagai teknik strategis investasi lainnya. Mulai dari belajar cara membaca laporan keuangan perusahaan, cara memilih saham dengan fundamental terbaik, dan lain sebagainya.

Jika ilmu yang kamu miliki cukup, maka kamu bisa lebih percaya diri dan yakin dalam memilih perusahaan investasi yang tepat. Bahan untuk belajar bermain saham pun sudah banyak bertebaran di internet, bahkan ada juga sekolah ataupun kursus online yang secara khusus mengajarkan cara berinvestasi saham yang baik dan benar sekaligus menguntungkan.

Mengenali berbagai risiko investasi

Nabung saham merupakan salah satu jenis instrumen investasi jangka panjang. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh asal-asalan dalam memilih perusahaan tempat kamu hendak membeli saham. Pahamilah, setiap investasi yang berkaitan dengan uang bukan berarti tidak ada risiko.

Kamu juga perlu mengenali beberapa risiko saham, di antaranya:

  • Capital loss

Risiko saham yang juga dikenal sebagai kerugian modal ini merupakan kondisi di mana harga jual suatu saham lebih rendah jika dibandingkan dengan harga belinya.

  • Suspensi

Berikutnya adalah risiko adanya kondisi penghentian perdagangan sebuah saham karena berbagai faktor. Ketika suatu saham mengalami suspensi, maka investor tidak bisa melakukan transaksi terhadap saham yang dimaksud.

  • Likuidasi

Risiko berikutnya adalah kondisi di mana suatu perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh investor dinyatakan bangkrut oleh pengadilan atau bahkan dibubarkan.

Ketahuilah, semakin baik kamu memahami risiko yang ada, maka semakin besar pula kesempatan untuk meminimalisir risiko tersebut di masa mendatang.

JojoExpense hadir untuk memudahkan manajemen pengeluaran perusahaan

Mengingat berbagai keuntungan investasi dari nabung saham yang bisa kamu dapatkan, impian memiliki hari tua yang nyaman dan sejahtera bukan lagi impian belaka. Sebaiknya, jangan ditunda lagi untuk membuka rekening tabungan saham pertama kamu dan mulai rencanakan masa depan keuangan sekarang juga.

Perencanaan keuangan semacam ini juga bisa diterapkan dalam setiap aktivitas perusahaan atau bisnis yang kamu miliki. Meski sebagian orang masih merasa kesulitan bagaimana cara mengontrol keuangan bisnis yang baik dan benar, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, JojoExpense telah hadir untuk memudahkan berbagai pekerjaan kamu yang menyangkut soal manajemen pengeluaran perusahaan.

JojoExpense telah dirancang dengan teknologi terkini untuk mengumpulkan data-data keuangan secara otomatis. Itulah sebabnya, aplikasi ini diklaim mampu meningkatkan produktivitas sekaligus mencegah terjadinya risiko penipuan keuangan dalam lingkungan perusahaan. Dengan kata lain, kamu akan memegang kendali anggaran perusahaan secara penuh hanya dalam satu sentuhan dan jauh dari kata repot.

Tertarik dengan JojoExpense? Coba gunakan sekarang juga dan akses versi gratisnya selama 14 hari guna merasakan kecanggihan aplikasi persembahan Jojonomic ini.