Negotiation Skills Serta Beberapa Langkahnya

negotiation skills

Dalam menjual barang kita perlu yang namanya negotiation skills. Bisa disebut juga kemampuan bernegosisasi. Setiap orang yang berjualan pasti harus memiliki skill ini untuk menjual barang-barang yang ia jual. Tidak hanya para pedagang atau penjual saja tetapi negotiation skills ini biasa diterapkan di perusahaan-perusahaan dalam menawarkan produk atau proyek yang mereka garap pada perusahaan lainnya. Dengan negotiation skills ini Anda dapat menarik pelanggan untuk membeli produk yang dijualkan. Tentu saja dalam melakukan negosiasi tersebut ada teknik-teknik penjualan di dalamnya. Contohnya teknik kesempatan, teknik kesabaran, teknik menyiapkan alternative, dan masih banyak lagi. Yang mana semuanya itu harus dimiliki bagi Anda yang menjualkan produk kepada konsumen.

Pengertian Negotiation Skills

Negotiation skills memiliki arti kemampuan yang harus dimiliki para produsen untuk melancarkan kegiatan negosiasi kepada konsumen. Hal ini dikemas dengan teknik-teknik untuk negosiasi tersebut supaya dapat memikat hati para konsumen. Dengan adanya negotiation skills ini maka mendapatkan keuntungan dan kesempatan bagi semua pihak yang bersangkutan jauh lebih mudah. Baik dari sisi produsen maupun konsumen. Terutama untuk mendapatkan hasil yang disepakati oleh keduanya yaitu dari pihak konsumen maupun dari pihak produsen. Negotiation skills ini bertujuan untuk mengakhiri atau memecahkan masalah dari dua pihak tersebut misalnya saja dari segi harga atau sisi lain yang harus didiskusikan oleh dua pihak.

Manfaat Negotiation skills

  1. Dengan adanya hal ini maka dapat menjalin hubungan yang baik Andara produsen dan konsumen.
  2. Kemampuan melakukan nego juga dapat membuat kedua pihak dapat saling mengerti satu sama lain. Hal ini mempermudah untuk memperoleh kesepakatan yang diterima dan juga dampaknya apa saja bagi kedua pihak tersebut. Sehingga membantu supaya bisa dijelaskan antara satu dengan yang lainnya.
  3. Tercapai kesepakatan yang di sepakati keduanya. Yang pasti menguntungkan bagi kedua pihak dari negosiasi tersebut. Juga memberikan dampak positif berupa interaksi Andara pihak yang bersangkutan hingga menjalin adanya kerja sama yang baik untuk lebih luas lagi.

Persiapan yang harus Disiapkan untuk Negotiation skills

Persiapan yang harus dilakukan umumnya termasuk pengetahuan tentang produk yang akan dinegosiasi. Ilmu yang diketahui harus banyak supaya jika ada pertanyaan yang ditanyakan dengan mudah dijawab. Hal itu juga akan menarik para konsumen untuk mengambil produk yang Anda negosiasikan. Pikirkan target yang harus Anda capai mungkin misalnya saja harga. Antara harga dan produk yang ditawarkan harus seimbang. Dengan bantuan penjelasan atau ilmu yang Anda dapat memberi nilai plus bagi produk yang akan ditawarkan. Ilmu yang Anda dapat bisa melalui membaca atau juga mengambil melalui internet atau juga mendengar. Begitupun dengan teknik yang harus dimiliki para produsen.

Teknik Negotiation Skills Bersabar

Dalam bernegosiasi pasti harus juga memiliki rasa sabar yang tinggi. Mungkin jika dalam bernegosiasi salah satu pihak bersikeras untuk menetapkan kesepakatan dalam satu pihak, atau juga salah satu beragumen tinggi maka bisa jadi kesepakatan akan gagal. Karena itu diperlukan kesabaran yang tinggi agar tidak terbawa emosi yang dapat memperburuk kegiatan negosiasi. Apalagi jika berpotensi malah memicu pertengaran yang dapat mengurangi jalinan kerja sama yang mungkin dapat dijalin oleh kedua nya.

Teknik Negotiation Skills membangun Relaksi

Membangun relaksi atau membangun hubungan yang baik dapat menguntungkan kedua pihak tersebut. Dapat terjalin kerja sama dalam jangka panjang. Dengan menjalin relasi yang baik dengan banyak rekan membuat apa yang kita kerjakan atau produk yang diproduksi dapat terjual dengan cepat. Dengan banyak membangun relasi dapat juga memperoleh keuntungan misalnya saja mendapatkan produk yang kita negosiasikan dengan harga yang hemat.

Teknik Negotiation Skills Komunikasi

Dalam nego sangat perlu adanya komunikasi yang baik agar apa yang akan disampaikan dapat tersampaikan dengan baik dan tidak ada kesalah pahaman antara keduanya. Dalam teknik komunikasi untuk menyampaikan negosiasi harus pintar atau pandai dalam berkata-kata agar kegiatan negosiasi pada konsumen dapat berhasil. Sehingga dalam hal ini memang komunikasi adalah kunci yang cukup penting.

Teknik Negotiation Skills Kesempatan

Kesempatan dalam negotiation skills juga diperlukan. Dengan adanya kesempatan tersebut Anda dapat mendapatkan keuntungan. Walaupun itu dari kesempatan yang kecil jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan juga. Mungkin dengan negosiasi yang ditawarkan dari penawar dengan harga yang cukup tinggi dari yang Anda targetkan dapat saja tercapai. Atau bisa saja dengan menggunakan kesempatan maka negosiasi berjalan lebih lancar.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Teknik Negotiation Skills Mencapai Kesepakatan

Tentu dalam kegiatan negosiasi atau melakukan negotiation skills harus mencapai kesepakatan yang disepakati oleh dua pihak yang bersangkutan. Kesepakatan tersebut mungkin karena ketertarikan yang berasal dari salah satu pihak. Dengan apa yang ditawarkan bisa saja membuat orang yang menegosiasi dapat tertarik dengan apa yang disampaikan, mereka bisa memberikan harga yang lumayan jika produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang mereka cari ditambah dengan informasi-informasi tepat tentang produk tersebut. Sehingga tentu saja hal ini dipandang sebagai salah satu langkah yang cukup penting.

Teknik Negotiation Skills Alternatif

Dalam mempersiapkan kegiatan negosiasi harus dipikirkan juga alternatif jika apa yang mereka tawarkan atau yang mereka utarakan kurang berhasil atau kurang menarik perhatian. Jika hal ini tampaknya terjadi maka sebaiknya Anda harus mengeluarkan alternative. Alternatif ini dibutuhkan saat produk yang ditawarkan terlihat kurang menarik. Bisa dibilang teknik alternatif ini adalah plan B yang dilakukan saat tidak tercapai sebuah negosiasi pada proses yang dilakukan itu sendiri.

Jadi dalam negotiation skills terdapat teknik-teknik yang harus dimiliki bagi orang yang menawarkan produk. Cukup banyak teknik yang harus dimiliki yang dapat memberikan dampak yang baik. Dengan teknik-teknik tersebut maka secara tidak langsung dapat memberi keuntungan dan dapat dengan cepat menarik hati sasaran dari proses negosiasi yang ada. Semuanya itu bertujuan pada kesempatan yang ada pada akhir negosiasi. Begitu juga dengan target yang ditetapkan saat tercapai negosiasi antara yang satu dengan yang lain. Sehingga pada akhirnya kedua pihak saling menerima keuntungan tanpa ada potensi mengalami kerugian.

Tentu saja hal ini sama pentingnya dengan menggunakan sistem keuangan perusahaan yang paling efektif dan efisien. Salah satunya dengan memilih menggunakan JojoExpense. Dimana produk ini dapat membantu untuk mengatur keuangan perusahaan lebih mudah. Termasuk memonitor pemasukan dan pengeluaran perusahaan secara maksimal.

Adapun keuntungan tersebut berkat adanya beberapa fitur andalan pada produk JojoExpense. Misalnya saja fitur monitor uang panjar kerja yang dapat memastikan tidak adanya resiko kecurangan. Selain itu juga ada fitur pengaturan budget baik untuk cash advance ataupun untuk reimbursement. Karena itu segera coba gratis JojoExpense selama 14 hari lamanya di perusahaan Anda untuk membuktikan langsung kehebatannya. Yuk, tunggu apalagi?