Newsletter Artinya: Pengertian, Manfaat dan Tips Membuatnya

Newsletter Artinya: Pengertian, Manfaat dan Tips Membuatnya

Tahukah Anda apa itu newsletter? Secara sederhana, newsletter artinya suatu email berupa pemberitahuan terbaru dari sebuah perusahaan kepada setiap pelanggan yang sudah mendaftarkan emailnya. Jika Anda sering mengecek email, tentu akan sering menemukan newsletter dari perusahaan yang pernah Anda berikan alamat email.

Melalui newsletter, perusahaan dapat menjalin hubungan dengan para pelanggannya secara berkala. Pemberitahuan promo dan update produk dapat disiarkan langsung lewat newsletter kepada email pelanggan. Dengan begitu perusahaan dapat melakukan promosi kepada pelanggan potensial secara efektif.

Nah, jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang newsletter, simak ulasan berikut ini!

Newsletter Artinya…

Berdasarkan istilah, newsletter artinya surat yang berisi berita. Newsletter sendiri mengacu pada sebuah email pemberitahuan dari perusahaan di mana email tersebut berisi update terbaru yang ditujukan kepada para pelanggan.

Dalam newsletter yang dikirim oleh perusahaan, pada umumnya, berisi artikel rekomendasi dari website perusahaan, fitur tambahan yang dapat digunakan pada aplikasi, promo terbaru yang bisa didapatkan oleh pelanggan dan hal lain yang dapat disampaikan melalui media ini.

Berdasarkan fakta di lapangan, newsletter termasuk salah satu strategi pemasaran melalui email yang sering digunakan oleh perusahaan.

Jika email promosi biasanya ditujukan kepada target pasar yang lebih luas dan bertujuan untuk menarik minat pembeli, newsletter sering kali dikirimkan hanya pada daftar orang tertentu.

Mereka adalah orang yang sudah mendaftarkan emailnya secara sukarela dan masuk ke dalam daftar subscriber, sehingga mereka bisa memperoleh informasi terbaru dari bisnis atau perusahaan tersebut.

Penggunaan media newsletter tidak semata-mata agar mereka melakukan pembelian atau konversi, namun juga bisa digunakan untuk melihat daftar orang yang telah terdaftar menjadi subscriber.

Manfaat Newsletter

Setelah tahu newsletter artinya apa, mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak Anda, apakah metode email marketing ini merupakan strategi yang jitu digunakan dalam bisnis?

Tak perlu khawatir, berikut akan dibahas manfaat newsletter bagi bisnis. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Manfaat pertama dari mengirimkan newsletter secara rutin kepada para pelanggan adalah agar dapat membangun hubungan yang baik. Secara tidak langsung, media ini juga akan menjaga hubungan baik yang terjalin antara perusahaan dengan pelanggan secara efektif.

newsletter artinya

Dengan adanya hubungan yang baik, maka bisa dipastikan tingkat loyalitas pelanggan akan meningkat dan berpengaruh pada peningkatan penjualan juga.

2. Mendapatkan dan “membimbing” lead

Selanjutnya, manfaat yang diberikan newsletter adalah memperoleh dan membimbing lead. Anda bisa mendapatkan lead terbaru pelanggan dan juga mengajak subscriber menginput informasi terkait email, alamat, nomor telepon dan lain sebagainya.

Sebagai umpan balik yang diberikan perusahaan, pelanggan bisa diberikan penawaran menarik atau apa pun itu sesuai pilihan mereka. Membimbing dalam mengembangkan lead sendiri berarti suatu proses pengembangan hubungan dengan pelanggan yang terdapat di dalam sales funnel.

3. Promosi Konten

Jika ingin strategi content marketing Anda berjalan lancar, atau blog dan website Anda kebanjiran pengunjung, maka newsletter dapat Anda jadikan jawaban. Dalam hal ini, newsletter artinya dapat membagikan konten pilihan dari blog Anda secara rutin. Salah satunya adalah yang selalu dibagikan konten Accurate Online.

newsletter artinya

Ketika Anda mendaftarkan email Anda, Accurate Online akan mengirimkan newsletter yang berisi artikel menarik dan bermanfaat serta sesuai untuk Anda.

Artikel tersebut tentu sudah dipertimbangkan agar mampu memenuhi kebutuhan Anda yang telah mendaftarkan email. Sehingga, semua pihak dapat menerima keuntungan.

Blog perusahaan Anda akan mendapatkan manfaat berupa peningkatan kunjungan dan para pengguna juga mendapatkan informasi yang bermanfaat secara rutin.

Tips Membuat Newsletter

Dalam mengupayakan kesuksesan email marketing, newsletter harus didesain secara apik.  Ada beberapa tips untuk membuat newsletter agar efektif sebagai strategi pemasaran Anda. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Buat Tampilan Responsif

Sebisa mungkin buat tampilan yang responsif pada email newsletter yang Anda buat. Dalam artian bahwa email Anda harus bisa menunjang tampilan pada berbagai device dan resolusi layar secara baik. Tak hanya itu, tampilan email juga harus dibuat secara apik dan rapi.

Tips ini sangat penting, mengingat banyak pengguna internet yang kini lebih sering mengakses internet melalui smartphone dan sebagian kecil lainnya memilih menggunakan dekstop atau tablet.

2. Ciptakan Visual yang Estetis

Sebuah penampilan tentu akan menjadi daya tarik pertama. Membuat tampilan yang bernilai estetis sudah tidak bisa ditawar lagi. Agar tampilan newsletter terlihat estetis, cobalah untuk menggunakan skema warna yang sesuai dengan brand bisnis Anda.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan ikon agar dapat mengurangi penggunaan teks yang membosankan di dalam newsletter. Penggunaan ikon yang tepat pada newsletter akan memberikan sentuhan unik dan menarik. Hal itu akan memperkuat image brand bisnis Anda di dalam newsletter.

3. Gunakan Kata-kata Simpel dan Unik

Dalam menyusun newsletter, cobalah untuk konsisten dalam menyusun kata yang sederhana, unik dan menarik. Hadirkan suasana yang berbeda pada email pembaca, dengan menggunakan kata-kata yang luwes dan menarik. Hindari penggunaan kata yang kaku, agar tidak terkesan serius dan membuat pembaca bosan atau ogah membaca newsletter Anda.

Jika Anda berhasil membuat kata yang unik, maka email newsletter tersebut akan berhasil memberikan kesan kepada penerima dan membuat mereka tertarik mengunjungi blog atau website Anda. Dan, hal baik lainnya adalah mereka bersedia menjadi pelanggan loyal terhadap produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Buat Konten yang Variatif

Konten yang bervariasi menjadi bagian penting dalam email newsletter. pilihan konten yang sama akan membuat pelanggan mengabaikan email yang masuk. Cobalah untuk memberikan berbagai jenis konten untuk email marketing Anda.

Dalam menjual produk atau jasa, hindari mempromosikan apa yang Anda jual secara terus menurus tanpa adanya variasi promosi. Sesekali cobalah memberikan konten yang berbeda. Misalnya, konten tips dan trik sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, inspirasi bisnis yang sukses atau cerita unik terkait perusahaan.

Pengiriman konten yang bervariasi akan menambah keingintahuan pelanggan terhadap newsletter yang Anda kirimkan. Sehingga strategi pemasaran yang Anda lakukan akan berjalan dengan baik.

Sekarang Anda sudah tahu newsletter artinya apa, apa manfaatnya dan bagaimana tips membuatnya. Saatnya Anda menerapkannya untuk perusahaan Anda!

Menyebarkan newsletter kepada pelanggan sama pentingnya dengan menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi yang didukung dengan fitur-fitur unggulan seperti mobile approval, budget controlling, cash advanced dan lainnya ini dapat mengelola anggaran perusahaan Anda dengan baik. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga akan mendapatkan pemahaman yang baik terkait pengeluaran perusahaan. Dengan begitu, Anda dapat mengelola pengeluaran perusahaan dengan tepat sasaran.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.