Niche Market : Pengertian, Manfaat, dan Cara Identifikasi

Niche Market

Mendapatkan keuntungan yang banyak dari bisnis, pemasar dapat menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengidentifikasi ceruk pasar (Niche Market). Pada dasarnya strategi ini dijalankan oleh para pemasar, karena saat ini banyak industri atau perusahaan yang telah membuka usaha sendiri. Oleh karena itu, persaingan semakin ketat dan ceruk pasar menjadi pilihan penting. Lantas, apa pentingnya strategi pemasaran ini? Jangan khawatir, di sini Jojonomic akan menjelaskannya untuk Anda.

Apa itu ceruk pasar (Niche Market)?

Niche Market

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu. Laporan Balance SMB menyatakan bahwa ceruk pasar adalah bagian dari industri dengan target pasar dan konsumen yang lebih spesifik. Dari pasar sasaran, pedagang atau pemasar menjual produk atau jasa yang disediakan.

Di era yang semakin kompetitif dan meluas saat ini, sangat penting untuk mempertimbangkan pendekatan ini ketika Anda ingin membangun bisnis. Mengidentifikasi target pasar yang lebih spesifik dapat membantu Anda menghasilkan keuntungan lebih besar daripada yang harus Anda investasikan di pasar target yang lebih luas.

Karena pada akhirnya pemasar tidak dapat menjual produk atau jasanya kepada semua orang. Contoh sederhana dari ceruk pasar adalah industri pakaian. Di industri ini, Anda dapat menemukan pakaian anak-anak dan pakaian dewasa. Dari situ terlihat jelas ada pakaian untuk anak-anak dan orang dewasa. Kedua pasar memiliki spesifikasi yang berbeda, termasuk harga, jenis kelamin, usia, dll.

Keuntungan pasar ceruk

Niche Market
  1. Persaingan bisnis tidak terlalu ketat
    Ketika Anda mengidentifikasi ceruk pasar, persaingan pasti akan berkurang. Sebab, tidak banyak orang yang akan memilih target pasar seperti yang Anda yakini. Namun, Anda harus segera menyadari bahwa ini tidak akan bertahan lama. Seiring waktu, akan selalu ada pedagang atau pemasar yang akan terjun ke target pasar yang Anda tetapkan.
  1. Lebih fokus pada bisnis
    Manfaat lain dari mengidentifikasi ceruk pasar adalah Anda dapat lebih fokus pada bisnis Anda. Pasalnya, target pasar dan konsumen yang akan Anda hadapi sudah jelas. Dengan cara ini, Anda hanya perlu mengembangkan kembali produk Anda dan memenuhi kebutuhan konsumen semaksimal mungkin.
  1. Mudah dikenali
    Perusahaan yang bergerak pada ceruk pasar tertentu akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Mengapa demikian? Karena jumlah pesaing Anda sedikit. Jika ada banyak pesaing, situasinya berbeda. Dalam hal ini, orang dapat dengan mudah mengenali produk Anda dan memberi tahu orang-orang di sekitarnya. Secara tidak langsung, nama perusahaan Anda akan tersebar luas melalui saran tulus dari pelanggan.

Bagaimana mengidentifikasi ceruk pasar (Niche Market)?

Niche Market

Nah, setelah memahami arti dan manfaatnya, sekarang saatnya untuk pembahasan kita selanjutnya, yaitu bagaimana menentukan ceruk pasar.

Cari tahu minat Anda

Menurut laporan dari pengusaha, jika seorang pengusaha melakukan sesuatu yang tidak disukainya, ia tidak akan bersemangat menjalankan usahanya. Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui minat Anda untuk menjadi sebuah bidang usaha. Misalnya, Anda tertarik pada bidang fashion. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis pakaian jadi dan mencari ceruk pasar yang tepat.

Identifikasi kebutuhan pelanggan

Setelah memahami minat Anda pada bisnis, langkah selanjutnya dalam menentukan ceruk pasar adalah memahami kebutuhan dan masalah pelanggan. Bagaimana cara melakukannya? Anda dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu, lalu mencari tahu masalah apa saja yang dihadapi pelanggan. Dari sana, Anda dapat mengubah produk atau layanan Anda menjadi solusi yang dapat mengatasi masalah pelanggan.

Riset kompetitif Niche Market

Anda mungkin sudah mengetahui produk dan target pasar yang tepat. Namun, jangan lupa untuk mempelajari persaingan yang akan Anda hadapi. Metodenya sederhana. Anda hanya perlu mencari kata kunci dari produk atau layanan Anda melalui berbagai alat, seperti Google Trends, Google Keyword Planner, dll. Dapatkan gambaran kasar tentang peluang memasukinya. Apakah ada pesaing lain dalam target pasar yang sama dengan Anda? Jika ya, cari tahu ciri-ciri dan kelemahannya. Dari situ, Anda bisa mengembangkan produk Anda dengan baik.

Pengujian Niche Market

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan tes pasar terkait dengan ceruk pasar yang Anda tentukan. Apakah akan berkembang atau tidak berkembang sama sekali? Jika tidak, jangan mudah menyerah. Anda masih dapat menerapkan beberapa ide bisnis ke ceruk pasar yang tepat. Jadi, jelaskan secara singkat ceruk pasar dan cara menentukannya. Intinya, ceruk pasar adalah target pasar khusus yang berguna untuk menjalankan bisnis. Apakah Anda tertarik untuk membuat target pasar mulai sekarang?

Contoh ceruk pasar

Untuk menginspirasi Anda, berikut adalah beberapa contoh bisnis yang menargetkan ceruk pasar.

Beranda ceruk pasar-iCook

Industri katering sering muncul di masyarakat. Namun, banyak orang yang tidak menyangka bisa menjalankan bisnis katering makanan cepat saji seperti iCook. Perusahaan kuliner yang tidak biasa ini menjual berbagai menu ala Indonesia dan Oriental yang diantar ke alamat pembeli. Uniknya, masakan ini belum jadi tapi belum matang.

Meski belum dimasak, bahan yang dikirim sudah dipotong dan diukur. Oleh karena itu, konsumen hanya perlu memasak sesuai petunjuk yang menyertai makanan tersebut. Anda bisa menebak bahwa tujuan iCook sebenarnya adalah untuk melayani pelanggan yang tidak punya waktu untuk berbelanja dan menyiapkan bahan. Bahkan, homepage website tersebut bahkan menyebutkan bahwa layanan ini “cocok untuk ibu rumah tangga dan wanita profesional super sibuk yang tidak punya waktu untuk pergi ke pasar”.

Niche market-situs Left Hand Store Kiri

Mungkin Anda tidak tahu bahwa hampir semua alat yang Anda gunakan setiap hari dirancang untuk penggunaan tangan kanan. Faktanya, 10% dari populasi dunia adalah kidal. Melihat keadaan tersebut, Lefty’s Left Hand Store didirikan untuk melayani konsumen yang mayoritas kidal. Produk yang dijual di website toko online ini juga sangat beragam mulai dari peralatan berkebun hingga peralatan kantor. Produk anak-anak tidak akan terlupakan. Di Lefty’s Left Hand Store, Anda juga bisa membeli berbagai alat tulis untuk anak Anda.

Kesimpulan

Pasar ceruk dapat membantu Anda masuk ke industri yang sangat kompetitif sekaligus membedakan bisnis Anda dari masa lalu. Namun, apa sebenarnya ceruk pasar itu? Pada artikel ini, Anda akan belajar tentang ceruk pasar, empat cara untuk mendefinisikannya, dan manfaatnya bagi bisnis Anda. Selamat membaca!

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah. JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu. Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri. Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. “Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”