Niche Market : Pengertian, Manfaat dan Tips Menjalankannya

Niche Market

Saat ingin memulai bisnis online pasti bingung mau memulai bisnis apa. Karena saat ini banyak sekali jenis perusahaan online yang menjual berbagai macam produk dengan berbagai bentuk niche market masing-masing. Bisnis online saat ini sangat berbeda dengan situasi dahulu sekitar 5 tahun yang lalu.

Pasar saat ini hampir didominasi oleh mesin pencari. Selain itu dipadukan dengan hadirnya iklan, baik itu dari Google Ads maupun iklan Facebook. Semua ini akan membuat Anda merasa lebih baik memulai usaha terlebih dahulu, terutama bagi para pengusaha dengan anggaran terbatas.

Sekarang, perusahaan kecil tampaknya tidak memiliki peluang untuk bersaing dengan perusahaan besar, dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, menarik pembeli menjadi lebih sulit. Akan tetapi, semua ini tidak akan membuat Anda takut untuk berbisnis online, begitulah keadaannya sekarang.

Bukan berarti harus menyerah sebelum berperang, ada cara memulai bisnis online untuk menghasilkan pendapatan, yaitu dengan memasuki ceruk pasar/niche market yang tidak dikuasai oleh pasar dan periklanan. Jadi, apa ceruk pasar itu?

Pengertian Niche Market

Niche Market

Niche Market adalah pasar yang sangat terfokus pada jenis atau jasa tertentu. Contoh, salah satu produsen printer ternama HP memproduksi produk printer multifungsi untuk pebisnis rumahan, freelancer, atau usaha kecil dan menengah.

Produk ini hanya dirancang untuk memenuhi standar pasar ini. Mudah digunakan, murah, hemat listrik dan tidak bisa mencetak dalam jumlah banyak. Beberapa jenis hanya dapat dicetak dalam warna hitam. Meski fungsinya terbatas, ternyata target pasar yang mereka bidik sebenarnya hanya membutuhkan fungsi-fungsi tersebut.

Internet memungkinkan Anda memasuki pasar dengan minat tertentu di berbagai wilayah di dunia. Koleksi pasar kecil ini dapat membawa pasar potensial yang sangat besar ke bisnis Anda. Bagaimana Anda memulai pemasaran ke pasar khusus? Anda dapat memulai dengan melakukan perubahan berikut pada bisnis Anda.

Manfaat Niche Market

Niche Market

Mungkin sebagian orang berpikir kenapa memilih ceruk pasar? Pasar massal memiliki banyak konsumen dan kemungkinan besar akan menghasilkan lebih banyak keuntungan bila memfokuskan pada niche market tertentu saja. Oleh karena itu, berikut kami berikan alasan Anda memilih ceruk pasar:

Persaingan bisnis tidak terlalu ketat

Setelah menentukan ceruk pasar, dipastikan persaingan juga akan menurun. Karena tidak banyak orang yang memilih target pasar Anda. Namun, Anda harus segera menyadari bahwa ini tidak akan berlangsung lama. Seiring berjalannya waktu, akan selalu ada pebisnis atau pemasar yang memasuki pasar sasaran Anda.

Lebih memperhatikan berbisnis dengan Niche Market

Manfaat lain dari mengidentifikasi ceruk pasar adalah Anda dapat lebih fokus pada bisnis Anda. Pasalnya, target pasar dan konsumen yang akan Anda hadapi sudah jelas. Dengan cara ini, Anda hanya perlu mengembangkan kembali produk dan memenuhi kebutuhan konsumen sepenuhnya.

Mudah dikenali oleh orang

Perusahaan yang bergerak di segmen pasar tertentu akan lebih mudah dikenali oleh banyak orang. Mengapa demikian? Karena jumlah pesaing Anda kecil. Jika ada banyak pesaing, itu berbeda. Dalam hal ini, orang mungkin dengan mudah mengenali produk Anda dan memberi tahu orang-orang di sekitarnya. Secara tidak langsung, nama perusahaan Anda akan tersebar luas melalui saran pelanggan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Cara Menentukan Niche Market

Niche Market

Setelah memahami alasan mengapa Anda harus memilih ceruk pasar, sekarang saatnya mengidentifikasi ceruk pasar untuk bisnis online Anda. Untuk itu, silahkan ikuti pembahasan di bawah ini:

Tentukan apa yang Anda suka dari Niche Market anda

Ada dua cara menjalankan bisnis online. Metode pertama adalah menemukan pasar bisnis Anda dan kemudian menjual produknya. Metode kedua adalah memiliki produk terlebih dahulu dan kemudian menemukan target pasarnya.

Semuanya baik-baik saja, tidak ada yang salah. Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa memulai bisnis sesuai dengan kesukaan Anda. Bisnis yang dimulai dengan sesuatu yang Anda sukai akan semakin nyaman saat Anda menjalankannya.

Lakukan riset pasar

Setelah mendapatkan mass market dari hobi Anda, sekarang saatnya melakukan riset pasar untuk memastikan bahwa Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis tersebut. Orang-orang dengan kebutuhan khusus biasanya membentuk grup atau komunitas online atau offline. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas dan lakukan penelitian mendalam tentang kebutuhan mereka.

Lebih spesifik

Setelah mendapatkan hasil penelitian tentang kebutuhan konsumen, saatnya melakukan segmentasi pasar yang lebih spesifik. Selain itu, pastikan produk bisnis online yang ingin Anda jual memiliki calon konsumen. Tujuannya agar lebih mudah dalam menjual produk tersebut. Anda dapat memberikan layanan dan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Tips Memasarkan Produk dengan Niche Market yang Tepat

Niche Market

Mencari ceruk pasar potensial

Anda dapat mulai meneliti pasar ceruk potensial dari produk atau layanan yang Anda jual sekarang. Cara termudah adalah bergabung dengan forum, milis, atau grup Facebook yang dibangun berdasarkan minat yang sama. Misalnya komunitas gamer, komunitas freelancer, komunitas blogger, dll.

Pelajari bagaimana mereka berkomunikasi dan berinteraksi. Namun, tidak semua ceruk potensial memiliki komunitas Internet yang aktif. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan meneliti kata kunci melalui Twitter atau melakukan riset pasar untuk menemukan tingkat permintaan produk atau layanan di ceruk pasar.

Sediakan produk sesuai dengan kebutuhan pasar khusus Anda

Meskipun karakteristik pasar ceruk berbeda, penyebut umum yang menyatukan pasar ceruk selalu satu kata: keunikan. Biasanya, pasar khusus terdiri dari orang-orang yang memiliki persyaratan khusus untuk produk. Mereka tidak mencari laptop, mereka mencari laptop gaming, tidak mencari sepatu wanita, mereka mencari sepatu hak tinggi.

Seseorang bukan mencari kucing peliharaan, melainkan kucing Persia berumur 4 bulan dari Turki. Semua permintaan selalu spesifik dan selalu unik. Jangan menawarkan produk generik dan mudah ditemukan di ceruk pasar. Mereka adalah orang-orang yang berpengetahuan luas, dan mereka akan melayani kepentingan mereka sendiri.

Ubah cara komunikasi

Untuk memasuki ceruk pasar, Anda bisa mulai dengan mengubah cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan. Misalnya, jika saat ini Anda menjual sepatu, Anda harus mulai mendefinisikan produk lebih detail. Misalnya: “Toko ABC menjual semua jenis sepatu wanita” akan menjadi: “Toko ABC menjual semua jenis wedges.”

Dengan cara ini, pasar yang masuk ke toko online Anda cenderung menjadi pasar sasaran Anda. Atau, Anda dapat membuat perubahan kecil dengan menggunakan kata kunci khusus untuk toko online. SEO mengoptimalkan toko online dan produk Anda ke pasar khusus. Gunakan kata kunci panjang yang terperinci untuk mendeskripsikan produk Anda. Daripada “laptop murah”, pertimbangkan “laptop gaming dengan aksesori”.

Menjadi ahli di ceruk pasar Anda

Salah satu daya tarik pasar ceruk adalah mereka selalu bersemangat untuk mendapatkan informasi tentang keuntungan mereka. Buat blog dan berikan informasi yang mereka butuhkan. Menjadi sumber informasi utama. Pasar khusus menikmati pendapat para ahli yang berpengetahuan luas di bidangnya dan bersedia mengunjungi blog dan toko online Anda beberapa kali. Ingat, dalam dunia internet dan media sosial, pasar tidak berinteraksi dengan merek, tetapi orang-orang di belakang merek.

Jaga komunitas Anda

Pasar khusus hampir pasti akan membentuk komunitas mereka sendiri, bahkan jika tidak ada, mereka akan membentuknya karena kepentingan bersama ini. Mengurus masyarakat tidak hanya berorientasi profit. Komunitas adalah investasi jangka panjang. Komunitas akan banyak membantu Anda di masa depan. Mereka adalah duta merek Anda yang tulus dan selalu mendukung Anda. Jangan mengorbankan segalanya untuk keuntungan sementara.

niche market

Contoh Niche Market

Niche market atau dikenal sebagai ceruk pasar adalah bisnis pemasaran yang menargetkan produk khusus tertuju pada suatu target pemasaran. Niche market menjadi jembatan untuk pebisnis baru yang ingin menargetkan pemasaran dan fokus pada satu produk saja. Berikut ini adalah contoh niche market yang dapat menjadi inspirasi untuk anda.

Pariwisata

Saat ini pariwisata atau liburan menjadi hal penting terutama bagi orang perkotaan yang dalam keseharian disibukkan dengan pekerjaan siang sampai sore bahkan malam karen itu mereka merasa liburan atau trip perjalanan sangat dibutuhkan. melalui hal itu rasanya berbisnis untuk memenuhi kebutuhan ini sangat dibutuhkan dan dapat menjadi celah bagi anda untuk memulai bisnis. Bidang pariwisata atau liburan juga memiliki banyak sekali peluang yang memungkinkan untuk anda terjun kedalamnya.

 Ide lainnya yang mungkin bisa anda kembangkan dari dunia pariwisata adalah akomodasinya. Akomodasi atau perjalanan dalam melakukan liburan itu sendiri. Anda bisa membuat gagasan kreatif terkait perlajalanan pariwisata atau liburan, misalnya dengan liburan jangka panjang dan perjalanan jarak jauh. Jika zamna dahulu orang lebih menginginkan pperjalanan atau liburan singkat dan hemat, saat ini banyak sekali inovasi-inovasi baru yang justru menarik banyak minat konsumen karena merupakan hal baru. Berbagi peluang yang ada bisa anda manfaatkan dari bidang ini.

niche market

Hewan Peliharaan

Jika dulu orang-orang mengira bisnis ini terlalu sempit untuk dilakukan, berbeda dengan saat ini dimana orang-orang mulai membuka antusias terhadap hewan peliharaan. Bahkan saat ini orang-orang rela menghabiskan banyak uang untuk peliharaan mereka. Anda dapat menjadikan hal ini menjadi peluang untuk sebuah bisnis, misalnya menyediakan layanan tempat penitipan dan perawatan untuk hewan peliharaan.

Ide lain yang dapat anda lakukan yaotu menjual atau menyediakan makanan dan mainan, pelengkapan lucu dan mainan hewan peliharaan. Saat ini bagi pemilik hewan peliharaan ini bukan masalah. Dengan ide kreatif yang anda miliki dapat menjadikan peluang bisnis bagi anda yang sangat menguntungkan anda juga bisa lebih memfokuskan jenis dari hewan peliharaan yang anda maksud seperti kucing misalnya.

Perumahan

Niche market lainnya yang dapat menjadikan inspirasi untuk kalian adalah bisnis perumahan. Saat ini orang merasa rumah adalah tempat untuk kembali yang seharusnya penuh dengan rasa nyaman setelah anda berkerja seharian. Mereka menginginkan rumah yang sesuai dengan keinginan diri mereka, namun tak jarang mereka mendapatkan atau tinggal di rumah yang kurang sesuai dengan keinginan mereka.

Di kota besar dengan lahan yang terbatas tentu saja membutuhkan pilihan lain untuk mendapatkan rumah yang sesuai. Karena itu muncullah niche market yang bergerak dalam bidang perumahan atau organisasi perumahan ini. Melalui bisnis ini anda bisa bergerak dalam pembilan, memberikan inspirasi gaya rumah dan inspirasi kreasi tatanan rumah yang sekiranya dapat memebantu orang lain menyesuaikan rumah mereka untuk lebih nyaman.

niche market

Pusat kebugaran

Kalau secara tradisional olah raga dapat dilakukan dimana saja bahkan di tempat outdor. Seiring berkembangnya jaman banyak orang lebih memilih olah raga di pusat kebugaran meski mereka harus mengeluarkan uang lebih. Selain karena fasilitas yang lebih komplek dan lengkap, tapi juga layanan dalam pusat kebugaran atau gym yang tetap dapat berolah raga tanpa takut panas dan sebagainya.

Bisnis pada bidang ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ada pula peluang yang semakin besar yaitu kebugaran yang dapat dilakukan dirumah tanpa perlu keluar rumah. Hal ini berlaku bagi peran seorang istri rumah tangga yang dalam kesehariannya dalam mengurus rumah dan anak menyebabkannya tak bisa pergi keluar rumah namun tetap memerlukan adanya pelatih pribadi yang datang kerumah. Tentu saja ini menjadi peluang bisnis yang dapat anda manfaatkan.

Contoh lainnya yaitu menyediakan jasa pemandu fitnes yang mana selain memudahkan konsumen anda untuk tetap dapat berolah raga meski di rumah. Hal ini juga dapat berguna sekali bagi orang-orang yang memiliki kesibukan padat, sehingga tidak dapat meluangkan waktu sekedar untuk pergi ke tempat kebugaran.

niche market

Games

Games jika pada zaman dulu yang identik dengan anak laki-laki, seiring perkembangan zaman penikmat game tidak memandang gender bahkan usia. Saat ini baik pemuda, dewasa bahkan anak-anak aktif dalam memainkan game. Bahkan sekarang tak terbatas dengan gender sekalipun, baik laki-laki atau perempuan memainkan game sesuka mereka. Dengan perkembangan ini menjadikan adanya peluang bisnis yang bisa anda tekuni.

Ada banyak sekali jenis game yang beredar dipasaran atau publik saat ini, dan setiap game memiliki penikmat sendiri-sendiri. Dari banyaknya jenis game yang beredar semakin membuka peluang anda dalam memulai bisnis disini. Pada bisnis ini terdapat banyak sekali pelanggan yang banyak sekali untuk anda jadinya sebagai target marketing.

Pekerja Online

Jika dahulu kita hanya dapat berkerja secara manual dengan tatap muka. Saat ini sudah banyak sekali pekerjaan yang dapat dilakukan pada jarak jauh atau orang biasa menyebutnya dengan online. Kemudahan teknologi yang ada semakin mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan, misalnya dalam hal pekerjaan seperti sekarang ini yang sangat marak dengan perkerjaan online.

Tidak hanya itu, kemudian lain selain bekerja tanpa perlunya tatap muka secara langsung yaitu siapapun dalam mencoba binis ini. baik yang belum berpengalaman, sampai yang sudah berpengalaman. Dari yang punya kerjaan tetap atau yang tidak memeiliki kesibukan dirumah dapat mencobanya. Bekerja dalam bidang ini juga dapat menambah pengalaman dan meningkatkan kualitas kerja anda.

Target Konsumen Lokal

Yang dimaksud dengan konsumen lokal yaitu pada bidang ini niche market yang anda kelola menargetkan konsumen lokal sebagai target pemasaran anda. Produk yang sudah anda ciptakan anda tujukan pada konsumen lokal atau pada daerah tertentu menggunakan pendekatan-pendekatan yang sekiranya efektif untuk menarik minat konsumen daerah tersebut.

Masalah yang perlu anda hadapi disini salah satunya yaitu persaingan merek. Karena berupa produk lokal dan menargetkan konsumen pada wilayah tertentu tentu saja menyebabkan adanya persaingan. Namun dengan banyaknya jenis produk yang dapat anda pilih dan juga promosi produk dengan menggunakan budaya atau ide-ide lokal tentu saja hal ini dapat menarik banyak konsumen di wilayah tersebut.

Kesadaran Konsumen

Contoh niche market terakhir adalah kesadaran konsumen. Yang dimaksud dengan kesadaran konsumen adalah bisnis yang memiliki dampak besar terhadap kesadaran konsumen mengenai hal-hal yang ada di sekitarnya. Keinginan seseorang semakin lama semakin sadar akan pentingnya alam sekitar. Pada bidang ini bisnis anda dituntut untuk sesuai dengan pola pikir konsumen.

Misalnya dengan kesadaran konsumen akan bahayanya plastik terhadap lingkungan yang ada. Anda dapat mencoba membuat jalan keluar dengan membuat benda pengganti plastik yang tidak merusak lingkungan namun tetap higienis. Dengan target konsumen anda yang semakin sadar akan seluk beluk produk anda, bagaimana produk anda dibuat, diproduksi, dikemas dan dampak dari produk anda. Hal ini tentu saja bisa menjadi ide peluang bisnis yang dapat anda lakukan dalam merintis bisnis.

Berikut diatas adalah contoh-contoh dari niche marketing. Semoga dengan contoh-contoh yang sudah dijelaskan diatas dapat menjadi inspirasi dan tambah pengalaman untuk anda dalam memilah dan memulai bisnia yang ingin anda rintis. Semoga bermanfaat

Inilah gambaran tentang ceruk pasar dan bagaimana menentukannya. Intinya, ceruk pasar adalah pasar sasaran khusus yang berguna untuk menjalankan bisnis. Tertarik untuk menetapkan target pasar mulai sekarang? Sekarang Anda bisa mulai dulu. Bagi yang membutuhkan website bisnis online bisa langsung menghubungi jasa pembuatan website murah dari JojoExpense.

Di sini, Anda bisa langsung di bimbingan ahlinya. Dengan JojoExpense, Anda dapat langsung mengajukan pertanyaan tentang pemasaran. Jadi tunggu apa lagi? Silakan temukan kursus favorit Anda di JojoExpense sekarang!