Seberapa Pentingkah Onboarding dalam Perusahaan?

Onboarding merupakan proses yang sangat penting dalam menciptakan karyawan atau tenaga kerja yang berkualitas dalam perusahaan. Hal ini karena kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja terus meningkat.

Baik karena untuk memenuhi semakin banyak tuntuan produksi atau disebabkan oleh karyawan yang ada mengundurkan diri.

Hal ini juga bisa terjadi karena karyawan baru, belum tentu bisa beradaptasi cepat dengan lingkungan kerja di perusahaan. Tapi, ada juga karyawan lama yang mengalami kendala yang sama, mereka belum mampu beradaptasi dalam bekerja.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Nah, apakah kamu atau karyawan kamu pernah merasakan situasi yang seperti diatas? Yuk, ketahui seputar onboarding dalam perusahaan supaya bekerja lebih optimal!

Pengertian Onboarding dalam Perusahaan

Onboarding atau masa orientasi dalam di awal bekerja merupakan sebuah proses untuk penyesuaian karyawan baru dengan perusahaan tempat mereka bekerja.

Proses ini sudah meliputi jenis-jenis pekerjaan yang nantinya akan dihadapi. Seperti suasana kerja kantor, orang-orang yang setiap hari berinteraksi di dalamnya, dan banyak lagi hal lainnya.

Penerapan dari onboarding  ini bisa berbeda di masing-masing perusahaan. Ada yang menggunakan cara tersistem dan ada juga yang membiarkan karyawan baru mereka belajar sendiri dengan sendirinya.

Pada dasarnya, onboarding yang berkualitas akan membuat seorang karyawan baru mampu bekerja dengan sangat antusias dan cepat dalam beradaptasi dengan rekan-rekan kerjanya.

Karena, hal ini yang akan membuatnya merasa nyaman dan lebih bersemangat untuk bekerja, sehingga mendukung produktivitas perusahaan, kan?

Karyawan yang produktif bisa dilihat dari kesesuaian bidang yang diperlukan perusahaan dan kompeten dalam bekerja. Dengan demikian, pertumbuhan perusahaan akan terus naik dan mampu mencapai target yang telah ditetapkan.

Sepanjang sejarah perekrutan karyawan yang baru, diperlukan perhatian lebih bagi karyawan yang baru masuk. Tujuannya, supaya mereka merasa nyaman dan paham dengan pekerjaan yang mereka kerjakan.

Manfaat Melakukan Onboarding pada Karyawan

Ada beberapa hal positif yang dirasakan oleh karyawan setelah melakukan onboarding. Apa saja manfaat dari melakukan onboarding ini?

Membuat Karyawan paham akan Visi Misi Perusahaan

Biasanya saat melakukan onboarding inilah, karyawan mendapatkan penjelasan mengenai visi dan misi perusahaan tempat mereka bekerja.

Sehingga, setiap karyawan baru juga dapat memahami apa yang menjadi targetnya dalam membantu perkembangan perusahaan mencapai visi dan misinya tersebut.

Ice breaking dalam perusahaan

Saat dilakukan onboarding biasanya karyawan baru akan berkenalan dengan karyawan yang telah lebih lama bekerja.

Ini akan mencairkan suasana karena rasa kikuk sebelum berkenalan. Mungkin dengan perkenalan singkat akan tercipta keakraban saat bekerja di perusahaan atau kantor yang dapat menciptakan suasana nyaman saat bekerja.

Membantu Karyawan baru beradaptasi dengan lingkungan kerjanya

Secara sederhana, onboarding dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk penyesuaian karyawan baru dengan perusahaan tempat mereka bekerja.

Ini akan membuat karyawan baru merasa nyaman saat bekerja, dan betah bekerja. Dengan melakukan hal ini akan menolong kepercayaan diri karyawan bekerja.

Cara ini bisa dilakukan dengan cara touring berkeliling ke perusahaan dan memperkenalkan area yang ada dalam perusahaan.

Memperkenalkan Job Description

Memperkenalkan job description kepada karyawan baru bukan berarti dia diberikan beban yang menumpuk.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Untuk karyawan yang baru masuk, coba diperkenalkan dengan deskripsi kerja yang jelas dan ringan, karena jika dari awal dia merasa stress, itu dapat membuat karyawan berhenti bekerja.

Bagaimana Cara Melakukan Proses Onboarding yang Berkualitas?

Mau tahu bagaimana melakukan proses onboarding yang berkualitas supaya karyawan lebih senang  dan semangat? Yuk, lakukan beberapa cara dibawah ini!

Buat Proses yang Interaktif

Salah satu caranya yaitu dengan berkumpul secara formal di saat perkumpulan pagi (kalau ada) dan beri kesempatan karyawan lain bertanya hal-hal simple kepada karyawan baru ini.

Hal ini bisa menjadi ice breaking untuk permulaan agar karyawan baru tidak canggung ketika akan berbicara dengan rekan-rekannya nanti.

Company Tour

Kamu bisa meminta seorang karyawan yang berpengalaman untuk mengajak karyawan baru untuk berkeliling ruangan dan mengenalkan divisi-divisi yang ada.

Tujuannya yaitu untuk menunjukkan pada karyawan baru wajah-wajah yang akan bekerja sama dengannya di kemudian hari sehingga ia bisa mulai mengenal masing-masing dari mereka.

Langkah awal yang bisa dilakukan yaitu dengan memberi sapa, salam, dan berjabat tangan supaya lebih akrab dan cepat mengenal satu dengan yang lainnya.

Beri Penjelasan Singkat Mengenai Perusahaan

Pastinya setiap karyawan harus paham perusahaan seperti apa tempat ia bekerja, termasuk karyawan baru mengenai bergerak di bidang apa perusahaan tersebut, apa visi dan misinya, serta bagaimana kondisi lingkungan kerja yang akan ia hadapi.

Dari sini diharapkan karyawan baru ini bisa lebih mempersiapkan diri dan tidak kaget ketika ada pekerjaan yang ternyata di luar ekspektasinya.

Kamu juga bisa memberikan kesempatan untuk bertanya mengenai hal-hal apa saja yang kurang dipahaminya.

Ikut-sertakan dalam Perbincangan Ringan

Supaya bisa lebih dekat, kamu bisa ajak karyawan baru makan siang bersama-sama dan berbincang-bincang dengan karyawan lainnya.

Dengan begitu, karyawan tersebut bisa menjalin keakraban dengan senior-seniornya agar terbiasa dan saling mengenal lebih dalam satu dan lainnya.

Memberi Beban Kerja yang Tidak Terlalu Berat

Bagaimana kalau di hari pertama kamu mendapat pekerjaan yang menumpuk? Pasti sudah lemas duluan, kan? Nah, karena itu untuk membuat karyawan baru terbiasa dengan pekerjaannya, beri dia tugas tapi dengan bobot ringan yang bisa ia selesaikan dalam waktu cepat.

Kalau kamu memberikan beban kerja yang berat di awal-awal, hal ini bisa membuatnya merasa stress dan terbebani.

Dengan menyelesaikan pekerjaannya secara cepat, ini bisa menjadi awal yang baik untuk membangkitkan semangatnya bekerja di perusahaan kamu.

Kalau sama sekali tidak ada onboarding berkualitas yang dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan baru, maka bisa semakin berdampak buruk terhadap perusahaan.

Karyawan bisa semakin merasa kesulitan untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru dan tidak mengerti tujuan atau visi misi perusahaan tersebut.

Karena itu, sangat penting dilakukan onboarding di setiap perusahaan demi mencegah keluar masuk karyawan dan mengoptimalisasi pekerjaan karyawan di kantor.

Perusahaan kamu memiliki banyak karyawan baru setiap minggu atau bulannya? Kamu sebagai HR pasti banyak mengurusi keperluan karyawan ini, kan?

Supaya segala pengurusan karyawan, mulai dari data, gaji, pengajuan cuti, absensi, dan lainnya bisa lebih cepat, praktis, dan lengkap, yuk gunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic ini!

Aplikasi yang keren ini bisa sangat membantu kamu, terutama dalam memantau aktivitas karyawan dan lebih menghemat waktu untuk laporan kehadiran bulanan. Lebih produktif dan efisien bukan? Ayo coba dan gunakan aplikasi keren ini sekarang!