Cara Optimalkan SEO untuk Menunjang Pemasaran Bisnis

Optimalkan SEO

Di era yang serba digital seperti saat ini, Search Engine Optimization atau yang kerap disebut dengan SEO menjadi salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan. Terutama bagi Anda, para pelaku usaha atau bisnis yang mulai menjamah pasar online dan memiliki situs web khusus untuk pemasaran atau sekadar sebagai company profile.

Lewat cara optimalkan SEO ini, situs web bisnis Anda dapat berada di peringkat nomor satu hasil pencarian keyword tertentu. Hal ini akan memberikan dampak baik bagi usaha atau bisnis Anda tersebut. Selain dapat meningkatkan trafik website juga memungkinkan terjadinya peningkatan penjualan produk yang Anda tawarkan. 

Tak hanya itu, SEO juga berguna sebagai komponen yang membantu meningkatkan brand awareness sebuah produk. Karena semakin tinggi trafik organik dalam sebuah website maka akan semakin banyak orang yang tahu dan mengenal produk dari brand Anda tersebut. Semakin tinggi score SEO yang dimiliki oleh sebuah website, maka akan semakin baik pula kualitas situs web tersebut di mata mesin pencari seperti Google, Bing dan lain sebagainya.

Artinya, semakin terpercayalah situs web tersebut dan semakin kredibel pula brand bisnis milik Anda di mata konsumen nantinya.

Nah, untuk optimalkan SEO sebuah website. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Beberapa di antaranya ialah jenis-jenis SEO, cara kerjanya hingga cara menerapkan SEO di dalam website Anda. Sudahkah Anda mengetahuinya? Jika belum, simak lengkap artikel Jojonomic berikut ini, ya.

Definisi SEO

Definisi SEO

Seperti kata peribahasa, tak kenal maka tak sayang. Untuk itu, sebelum membahas lebih jauh soal cara kerja SEO atau cara menerapkannya dalam sebuah website, Anda perlu mengenal SEO terlebih dahulu. Sebenarnya apa sih itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau jika dalam bahasa Indonesia berarti optimasi mesin pencari. Istilah ini digunakan untuk menyebut aktivitas optimasi sebuah website agar berada dalam halaman pertama pencarian. Tujuannya tentu saja menggaet lebih banyak trafik pengunjung dan mengkonversikannya dalam bentuk penjualan sebuah produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Selain meningkatkan trafik pengunjung secara drastis, optimasi SEO juga akan membantu Anda dalam menjangkau target market yang lebih spesifik. Tentu jika optimasi dilakukan dengan cara yang tepat, hal ini tidak akan sia-sia bagi Anda. 

Namun, untuk menerapkan SEO memang tak semudah membalikan telapak tangan. Perlu proses yang cukup panjang serta konsistensi dalam melakukannya. Anda tak bisa mendapatkan hasil dalam sekali coba, untuk itu perlu disiplin dan terus berusaha agar dapat meningkatkan ranking situs web bisnis Anda di mesin pencari seperti Google.

Jenis-jenis SEO

Mengoptimalkan SEO

Pada dasarnya, SEO terdiri dari dua jenis yang perlu Anda lakukan optimasi. Yakni SEO on Page dan SEO off Page. Keduanya harus dilakukan optimasi secara berimbang agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

1. SEO on Page

SEO on Page merupakan aktivitas optimasi yang dilakukan dari dalam website tersebut. Hal ini mencakup tampilan website yang user friendly dan responsif, permalink yang digunakan, konten atau artikel yang diunggah pada situs tersebut dan masih banyak lagi lainnya.

2. SEO off Page

Sedangkan SEO of Page merupakan kebalikannya. Yakni optimasi yang dilakukan dari luar situs web yang bersangkutan. Contoh dari optimasi SEO on Page adalah mencari relasi untuk menambahkan backlink website Anda ke situs web milik mereka. Selain itu, Anda juga bisa membagikan setiap konten yang diunggah dalam website tersebut ke sosial media.

Keduanya harus dijalankan secara beriringan karena memiliki peranan yang cukup penting bagi satu sama lain. 

Manfaat Optimalkan SEO Bagi Sebuah Bisnis

Manfaat SEO - Meningkatkan Trafik Website

Dalam prakteknya, optimasi SEO dapat memberikan Anda berbagai macam manfaat. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan brand awareness bisnis Anda

Brand awareness menjadi salah satu yang terpenting dalam operasional sebuah usaha atau bisnis. Semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda, maka semakin banyak pula yang mengetahui keberadaan brand bisnis Anda tersebut. Mereka pun perlahan juga akan mengingatnya ketika membutuhkan produk atau jasa yang Anda jual. Bahkan jika memang produk yang Anda tawarkan berkualitas, orang-orang tidak akan sungkan untuk merekomendasikannya ke kerabat mereka.

2. Meningkatkan penjualan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, optimasi SEO secara maksimal juga dapat membantu meningkatkan grafik penjualan produk yang Anda tawarkan. Terlebih jika website Anda sudah berada dalam ranking pertama dalam hasil pencarian keyword yang berkaitan.

Bahkan menurut data, trafik organik ini dapat memberikan hasil penjualan 10 kali lebih efektif dibandingkan trafik dari sosial media. 

3. Meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis

Dengan meng-optimalkan SEO, secara tidak langsung Anda juga telah berusaha dalam meningkatkan kredibilitas bisnis yang Anda rintis tersebut. Hal ini dikarenakan, semakin baik score SEO dari sebuah website bisnis pastilah semakin berkualitas dari segi isi konten hingga tampilan situs web-nya.

Mengetahui Cara Kerja SEO

Mengetahui cara kerja Search engine optimization

Setelah mengetahui definisi serta jenis-jenisnya, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sih cara SEO itu bekerja? Benarkah memang serumit itu?

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah setiap program dalam internet memiliki  algoritmanya tersendiri. Algoritma inilah yang nanti menentukan cara kerja dari program tersebut. Ini meliputi e-commerce, sosial media hingga mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo! dan lain-lain.

Karena Google menjadi salah satu mesin pencari paling banyak digunakan. Maka kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja SEO dan kaitannya dengan Google.

Google memiliki algoritmanya tersendiri yang berlaku dan selalu diperbarui dalam kurun waktu tertentu. Untuk itu dalam penerapan SEO on Page dan off Page, Anda diharuskan paham mengenai algoritma dari raksasa search engine tersebut dan terus mengikuti perkembangannya. Tujuannya, agar website Anda tidak bergeser posisinya dan tetap bertahan dalam pencarian di halaman pertama.

Cara Menerapkan SEO dalam Sebuah Website

Cara Mengoptimalkan SEO dalam Website

Ada begitu banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk optimalkan SEO dari dalam sebuah website. Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda coba sekarang juga.

1. Perhatikan permalink

Saat akan menerbitkan sebuah artikel atau konten tertentu dalam website. Anda dibebaskan untuk membuat link url yang nantinya akan mengarah pada konten tersebut. Nah, link yang baik dan SEO friendly merupakan link yang mengandung kata kunci atau keyword yang ditargetkan.

2. Konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas ini mencakup dari segi isi informasi yang disampaikan, kredibilitas hingga tata cara penulisan yang baik. Pastikan Anda membuat konten yang mudah dipahami oleh pengunjung website Anda dan cara penyampaiannya pun bisa disesuaikan dengan usia dari target market.

3. Gunakan meta tags

Meta tags merupakan informasi singkat yang ditampilkan oleh mesin pencari saat konten dari website kita muncul di hasil pencarian. Hal ini meliputi judul hingga deskripsi singkat mengenai isi dari artikel tersebut.

Untuk itu, penting membuat meta tags yang menarik agar dapat menggaet lebih banyak minat pembaca. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kaidah SEO dalam penulisan meta tags ini. Pastikan tetap mencantumkan keyword pada judul dan deskripsi singkat artikel yang Anda tulis.

4. Optimalkan SEO dengan perbanyak backlink

Backlink adalah istilah dalam optimasi SEO yang akan sering Anda temukan. Istilah ini merujuk pada link dari luar yang mengarah ke website Anda. Google menganggap backlink menjadi salah satu bentuk kredibilitas sebuah website. Artinya, semakin banyak website dari luar yang menggunakan link dari situs web Anda, maka Google melihat hal tersebut sebagai nilai plus bahwa web yang Anda kelola cukup berkualitas dan kredibel.

5. Perhatikan tampilan website

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tampilan website yang ramah terhadap pengguna serta responsif juga turut berkontribusi terhadap score SEO sebuah situs web. Google tidak akan merekomendasikan blog atau website yang kurang responsif dan tidak user friendly. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa semua tampilan dan fitur dalam website Anda cukup nyaman untuk dipandang mata dan bisa diakses dengan lancar lewat ponsel ataupun PC.

Kesimpulan

Meng-optimalkan SEO merupakan pekerjaan yang bertahap dan tidak akan bisa selesai dalam sekali percobaan. Anda harus terus melakukannya setiap saat dan rutin mengunggah konten-konten berkualitas dan melakukan optimasi secara berkala.

JojoExpense

Sama halnya saat Anda mengelola keuangan perusahaan. Dibutuhkan proses yang cukup kompleks demi mendapatkan laporan yang akurat dan sesuai. Sayangnya, perhitungan dengan cara manual kini sudah tak relevan lagi untuk digunakan. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan software manajemen keuangan seperti JojoExpense dalam operasional perusahaan Anda.

Kontrol pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien dan akurat. Hindari terjadinya penipuan keuangan yang terjadi dalam perusahaan, JojoExpense akan memberikan peringatan ketika terdapat percobaan fraud yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab. Seluruh fitur bisa Anda nikmati dengan sekali klik dan otomatis akan memberikan Anda informasi mengenai data-data yang dibutuhkan. Sehingga lebih menghemat waktu Anda dalam operasionalnya.