10 Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes Tahun 2020

orang terkaya di Indonesia

Jika ditanya siapa saja deretan orang terkaya di Indonesia, tentu banyak yang merasa penasaran. Apalagi sebagian besar orang telah mengetahui siapa saja yang memiliki kekayaan melimpah di negara ini. Mulai dari artis, pengusaha, hingga pejabat kelas atas. Semuanya memiliki dana yang berlimpah-limpah dan bahkan mungkin tidak akan habis digunakan hingga keturunan yang kesekian. Jika ingin tahu lebih jelasnya, berikut ini beberapa daftar orang terkaya di Indonesia yang dikeluarkan versi majalah Forbes tahun ini.

Orang Terkaya di Indonesia Pertama, Robert Budi Hartono

Siapa yang tidak kenal dengan bos dari perusahaan rokok Djarum yang terbesar di Indonesia. Sebagai bagian dari direksi perusahaan tersebut, Robert Budi Hartono tercatat memiliki kekayaan hingga mencapai 13.6 milliar dollar AS. Hingga saat ini ia bertahan menduduki posisi sebagai orang terkaya di Indonesia selama bertahun-tahun lamanya. Bahkan tercatat bukan hanya pemilik Djarum Group, tetapi bank besar seperti BCA dan produk elektronik Polytron ternyata adalah miliknya juga. Pantas saja kekayaannya melimpah-limpah sekian lama.

Michael Hartono

Masih dari perusahaan Djarum, ada Michael Hartono yang merupakan kakak kandung dari Robert Budi Hartono. Saat ini hartanya tercatat mencapai 13 milliar dolar AS versi majalah Forbes tahun ini. Sehingga secara tidak langsung tidak jauh berbeda dengan sejumlah kekayaan yang dimiliki oleh saudaranya. Belum lagi pendapatannya yang diperoleh dari sektor usaha lainnya seperti usaha kelapa sawit dan beberapa kilang pengolahan yang dimilikinya. Dengan kekayaaan ini, Michael Hartono merupakan orang nomer dua terkaya di Indonesia selama bertahun-tahun yang masih bertahan hingga saat ini.

Sri Prakash Lohia

Berikutnya ada Sri Prakash Lohia yang rupanya berhasil menduduki posisi di peringkat ketiga. Bos dari perusahaan Indorama ini mencatatkan kekayaan senilai kurang lebih 4.3 milliar dolar AS. Nilai ini setara dengan kurang lebih 68.8 trilliun rupiah. Tentunya merupakan sejumlah uang yang sangat besar untuk dimiliki seseorang. Meskipun ia lahir di India, namun sejak tahun 1974 Sri Prakash Lohia telah menetap dan berbisnis di Indonesia. Saat ini bahkan Indorama mencatatkan keuntungan yang luar biasa meskipun hanya bergerak di bidang benang pintal.

Orang Terkaya di Indonesia Dato Sri Tahir

Bagi yang pernah mendengar tentang grup Mayapada, maka Dato Sri Tahir ini merupakan direksi yang memiliki kekayaan tercatat hingga 4.1 milliar dollar AS atau setara dengan 61 trilliun. Mayapada sendiri merupakan jaringan bank yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika pendapatannya cukup besar dan berhasil menempatkan Dato Sri Tahir sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Bahkan selain dalam perbankan, Mayapada sendiri juga bergerak di media cetak dan juga rumah sakit.

Prajogo Pangestu

Selanjutnya ada Prajogo Pangestu yang merupakan bos dari Barito Pacific. Saat ini kekayaan Prajogo Pangestu tercatat mencapai 3.5 milliar dollar AS. Barito Pacific sendiri merupakan perusahaan petrokimia. Sehingga tidak heran jika mampu memberikan omzet yang besar dan membuat pemiliknya masuk sebagai jajaran orang terkaya di Indonesia saat ini. Sebelumnya Prajogo Pangestu bergerak di bidang industri kayu melalui Djajanti Timber Group hingga sebelum tahun 1997.

Orang Terkaya di Indonesia Chairul Tanjung

Pasti banyak yang mengenal tokoh yang satu ini, bahkan biografinya dapat dengan mudah ditemukan di toko buku ternama di Indonesia. Chairul Tanjung mencatatkan kekayaan secara resmi di majalah Forbes sebesar 3.1 milliar dolar AS. Perusahaannya meliputi Para Group, Trans TV dan Bank Mega. Sehingga tidak heran jika kekayaannya berlipat-lipat hingga saat ini.

Martua Sitorus

Selanjutnya ada Martua Sitorus sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Saat ini tercatat kekayaannya senilai 1.8 milliar dollar AS. Pemilik perusahaan Wilmar Internasional ini merambah dunia bisnis sejak berpuluh tahun yang lalu. Dengan fokus bisnis pada perkebunan dan pengolahan minyak sawit mentah, Martua Sitorus juga memiliki 15 gedung apartemen serta pusat perbelanjaan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Mochtar Riyadi

Orang terkaya di Indonesia selanjutnya yaitu Mochtar Riyadi. Bos dari perusahaan Lippo Group ini memiliki banyak bidang usaha yang tersebar. Baik di sektor perbankan, sektor asuransi, hingga berbagai macam sektor lainnya. Saat ini tercatat kekayaan Mochtar Riyadi sebesar 1.7 milliar dollar AS dan diramalkan akan makin meningkat lagi mengingat sektor bisnisnya terus berkembang dari tahun ke tahun secara signifikan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Peter Sondakh

Berikut ada pula nama Peter Sondakh yang juga tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Menurut majalah Forbes, Peter Sondakh tercatat memiliki kekayaan mencapai nilai 1.6 milliar dollar AS. Atau hal ini setara dengan kekayaan senilai 25.6 trilliun rupiah. Bos dari perusahaan Rajawali Corporation Group ini membawahi banyak perusahaan seperti di bidang minyak kelapa dan ekspor kayu. Sehingga tidak mengherankan jika sumber pemasukannya cukup melimpah setiap tahunnya. Bukan hanya itu saja, tetapi Peter Sondakh juga tercatat sebagai pemilik jaringan hotel bintang lima seperti Hyatt dan Novotel, serta memiliki sebagian saham di perusahaan transportasi Taksi Ekspress.

Murdaya Poo

Terakhir ada Murdaya Poo yang tercatat juga sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Saat ini tercatat di majalah Forbes, kekayaan Murdaya Poo sebesar 1.2 milliar dollar AS. Bergerak di bidang kontraktor melalui perusahaan Central Cipta Murdaya Group, ternyata Murdaya Poo juga berbisnis di bidang kelistrikan dan ritel. Sehingga makin menambah jumlah kekayaan yang dimilikinya dari waktu ke waktu. Bahkan akhir-akhir ini Murdaya Poo juga telah menandatangani kontrak kerja sama dengan perusahaan olahraga Nike.

Ternyata ada beberapa nama yang muncul jika kita berbicara mengenai deretan orang terkaya di Indonesia. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika mencari informasi yang jelas mengenai siapa saja orang-orang tersebut. Bisa jadi inspirasi hidup mereka menjadi inspirasi pikiran kita juga. Atau bisa saja dengan mengenal mereka lebih dalam, maka mampu memberikan motivasi untuk melakukan usaha yang sama giatnya.

Tentu saja hal ini sama halnya dengan memilih sistem keuangan yang terbaik untuk perusahaan yang sedang dikelola. Salah satunya dengan jalan memutuskan untuk menggunakan JojoExpense. Melalui produk yang satu ini, tentunya sistem keuangan perusahaan dapat diatur dengan lebih baik dan juga otomatis. Misalnya melalui pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara rinci. Selain itu juga mengumpulkan catatan reimbursement secara otomatis pula.

Hal ini berkat beberapa fitur menarik yang terdapat di dalam JojoExpense. Beberapa fitur ini meliputi sebagai berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi tidak perlu ragu untuk menggunakan produk ini. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan sendiri manfaatnya.