Orientasi adalah: Pengertian,Tujuan, Manfaat, serta Permasalahnnya

orientasi adalah

Setiap perusahaan tentunya ingin mendapatkan karyawan yang kompeten dan cepat beradaptasi, sehingga perlu adanya Orientasi. Bagi manajemen perusahaan sangatlah penting, karena Orientasi adalah program perkenalan untuk karyawan baru.

Orientasi untuk karyawan baru perlu dilakukan agar karyawan tersebut dapat mengenali lingkungan kerja barunya. Program orientasi juga memungkinkan karyawan baru untuk bisa bekerja dengan efektif lebih cepat.

Nah, agar HRD Anda sukses menjalankan orientasi karyawan baru, berikut adalah manfaat, tujuan dan permasalahannya, semoga bermanfaat!

Apa saja Manfaat Orientasi ?

Definisi orientasi karyawan adalah proses memperkenalkan karyawan baru ke pekerjaan, rekan kerja, tanggung jawab, dan tempat kerja mereka. Orientasi dapat dilakukan sebelum memulai pekerjaan, atau pada awal masa kerja. Selain itu Orientasi karyawan adalah proses menyediakan informasi-informasi yang ideal dan perlu diketahui oleh karyawan baru.

Beberapa informasi penting yang wajib diketahui saat oriantasi misalnya sejarah perusahaan, visi misi, kebijakan perusahaan, kondisi sosial dan budaya perusahaan, serta manfaat apa yang akan didapat karyawan setelah bergabung dengan perusahaan. Termasuk informasi mengenai kesempatan meniti jenjang karir mereka. Itulah kenapa orientasi karyawan penting dilakukan perusahaan

orientasi adalah

Memudahkan Adaptasi Karyawan

Menjadi anggota baru dalam sebuah organisasi atau perusahaan adalah hal yang kurang mudah karena karyawan harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Bagi orang-orang tertentu bahkan lebih memilih menjadi pendiam atau menyendiri karena takut tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaan.

Untuk itu, orientasi karyawan sangat dibutuhkan bagi para karyawan baru. Mereka akan memiliki waktu untuk melakukan observasi terhadap lingkungan bekerja. Meskipun proses observasi tidak cukup 1-2 hari, namun kesempatan tersebut akan sangat berguna. Ketika karyawan mudah beradaptasi dengan lingkungan bekerja, mereka akan lebih cepat nyaman. Adaptasi lingkungan memang kunci dari baiknya sistem bekerja

Karyawan akan mampu Memahami Tugas dan Pekerjaan

Dalam orientasi karyawan tersebut, mereka juga akan mendapat informasi terkait tugas apa saja yang akan mereka kerjakan. Jika perlu, Anda sebagai HR sudah membuat list of task yang nantinya akan mereka pelajari. Hal ini sangat penting, apalagi jika karyawan belum memiliki pengalaman sama sekali dalam bidang tersebut.

Bahkan yang sudah memiliki pengalaman pun harus mengetahui tugas-tugas mereka dengan detail. Ketika karyawan baru sudah paham dengan pekerjaan mereka, mereka akan lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari bekerja. Mereka juga dapat mempersiapkan pengetahuan dan kemampuan mereka sebelum bekerja jika sudah memiliki list of task yang jelas.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manfaatnya lainnya dari Orientasi

  1. Mengurangi perasaan diasingkan, kecemasan, dan kebimbangan bagi karyawan baru.
  2. Dalam waktu yang relatif singkat karyawan baru tersebut bisa merasa menjadi bagian dari organisasi
  3. Orientasi karyawan baru berpengaruh cukup baik, sehingga karyawan baru yang sudah mengikuti orientasi, tingkat ketergantungannya kecil, tidak cepat memutuskan resign, serta mempercepat sosialisasi.
orientasi adalah

Apa saja Tujuan Orientasi ?

Dalam ruang lingkup perusahaan, tujuan orientasi adalah untuk membantu para karyawan baru dapat bekerja dengan baik. Sehingga diharapkan kedepannya dapat meningkatkan produktivitas kerjanya, dimana pada akhirnya akan mendukung pencapaian tujuan perusahaan,

  1. Agar Karyawan baru bisa beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan baru yang dimasuki.
  2. Karyawan mampu memahami organisasi dan budaya perusahaan seperti visi , misi, nilai inti, hingga kegiatan operasional perusahaan.
  3. Orientasi juga berguna untuk bekal karyawan sebelum ditempatkan di tempat kerja masing-masing.
  4. Membuat karyawan merasa diterima dan menjadi bagian dalam tim perusahaan.
  5. Menghindari terjadinya masalah yang mungkin terjadi saat karyawan baru menerima tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaannya.

3 Jenis Orientasi dan Persiapannya

  1. Orientasi Personal, adalah untuk mengukur kemampuan individu dalam mengemukakan identitas dirinya dan orang lain di sekitarnya.
  2. Orientasi Temporal, adalah kemampuan individu untuk mengetahui hubungan masa, waktu, hari, tanggal, bulan, musim baik sekarang, yang lampau, maupun yang akan datang.
  3. Orintasi spasial, yaitu kemampuan individu untuk mengetahui Batasan ruang atau lokasi yang ditempati serta hubungannya dengan ruang atau lokasi lain.

Proses penyesuaian diri atau orientasi yang dilaksanakan untuk karyawan baru hendaknya disesuaikan dengan budaya yang digunakan perusahaan. Untuk itu HRD akan memiliki formula khusus yang disusun dengan acuan tersebut, sehingga proses orientasi yang dilaksanakan bisa efektif dan tetap pada sasaran.

Keuntungan Orientasi adalah :

Penelitian dan survey atas pemberi kerja melaporkan bahwa sosialisasi dari karyawan baru dan komitmen awal mereka pada perusahaan secara positif dipengaruhi oleh orientasi. Untuk itu orientasi perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu banyak sekali keuntungannya jika mengadakan Orientasi untuk karyawan baru, salah satunya adalah agar karyawan tersebut dapat mengenali lingkungan kerja barunya. Selain itu program orientasi juga memungkinkan karyawan baru untuk bisa bekerja dengan efektif dan lebih cepat.

Sosialisasi akan meningkatkan kecocokan antara orang dan organisasi yang juga menguatkan pandangan positif kepada pekerjaan, rekan kerja, dan organisasi. Para pemberi kerja telah menemukan nilai dari orientasi bahwa tingkat retensi karyawan akan lebih tinggi jika karyawan baru menerima orientasi yang efektif.

orientasi adalah

Permasalahan yang sering terjadi dalam Orientasi adalah :

Meski pelatihan dalam orientasi juga berkontribusi pada kinerja organisasional secara keseluruhan, namun terkadang ada juga permasalahan yang melatar belakangi proses orientasi.

Masalah yang dihadapi karyawan baru selama masa orientasi yaitu :

  1. Dukungan Lingkungan, rekan kerja apakah akan mendukung atau menghambatnya, dapatkah rekan kerjanya membantunya untuk bersosialisasi.
  2. Perasaan cemas, bagi karyawan baru ketika memasuki unit-unit bidang kerja, apakah mereka diterima dengan baik ataukah tidak dalam unit kerja yang akan dimasuki. Apakah dia akan merasa aman secara fisik dan psikologis. Masalah itu segera diselesaikan lebih cepat untuk mencegah resign lebih awal.
  3. Terlalu berharap, jika harapan itu tidak sesuai kenyataan dapat menimbulkan kurangnya motivasi dalam bekerja. Untuk itu dalam orientasi perlu dijelaskan kepada mereka kenyataan yang terjadi di perusahaan.

Inti dari program ini adalah memberikan waktu dan ruang bagi karyawan baru agar dapat beradaptasi dengan lebih cepat, dan sesegera mungkin menunjukkan kinerja yang efektif.

Beberapa hal yang perlu dihindari selama proses Orientasi adalah sebagai berikut :

  1. Memberi informasi terlalu cepat, program orientasi yang terlalu banyak, serta penyampaian target kerja yang terlalu cepat dapat mengakibatkan karyawan baru tidak berkonsentrasi
  2. Tinjauan yang kurang lengkap mengenai dasar-dasar pekerjaan, terlalu cepat dan dangkal serta langsung ditempatkan pada pekerjaan
  3. Tugas karyawan baru yang tidak signifikan.
  4. Terlalu cepat menekankan aturan pada bidang pekerjaan

Administrasi dan Orientasi adalah target Perusahaan

Apabila karyawan telah mengetahui sistem administrasi yang dijalankan, mereka akan cepat menyesuaikan diri dengan budaya kerja. Pemahaman pada administrasi memungkinkan karyawan memetakan model kerja yang dilakukan di perusahaan.

Saat ini administrasi perusahaan banyak terbantu oleh keberadaan aplikasi layanan dan pengelolaan SDM. Sistem layanan seperti ini dapat menyediakan berbagai data yang diperlukan terkait informasi perusahaan, proses penggajian/payroll, sampai prosedur cuti dan prosedur keuangan lainnya.

Diharapkan nantinya, karyawan baru cukup mengakses informasi yang diperlukan agar bisa lebih memahami. Selanjutnya HRD bisa memberikan respon jika karyawan merasa ada yang kurang jelas dan perlu ditanyakan,

Tidak bisa dipungkiri, meskipun memiliki kesamaan dalam beberapa hal, orientasi tetap saja akan memiliki hal unik yang hanya bisa diterapkan pada perusahaan yang bersangkutan. Untuk itu Orientasi karyawan baru akan banyak terbantu dengan penggunaan software pengelolaan HR seperti aplikasi JojoTimes.

orientasi adalah

Aplikasi JojoTimes mampu menyediakan informasi yang cukup lengkap terkait serba-serbi perusahaan secara menyeluruh, serta membantu perusahaan dalam mengelola SDM yang dimilikinya.

Dengan menggunakan JojoTimes, perusahaan akan banyak menghemat waktu dan kerja terkait SDM akan semakin efektif.

Segera Daftar dan coba demo gratis dari JojoTimes sekarang!