Daftar 12 Nama Tokoh Pahlawan Nasional di Indonesia

Kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilepaskan dari perjuangan para pahlawan nasional dalam mengusir penjajah dan berjuang penuh demi tercapainya kemerdekaan Indonesia. Atas jasa yang sudah diberikan para pejuang kemerdekaan tersebut, mari kita mengenang kembali 12 tokoh pahlawan nasional di Indonesia yang telah amat sangat berjasa terhadap bangsa dan negara Indonesia. Berikut Daftar 12 Tokoh Pahlawan Nasional di Indonesia

1. Jenderal Soedirman

Soedirman lahir di Bodas Karangjati pada tanggal 24 Januari 1916, ia tercatat sebagai Panglima Tentara dan Jenderal Republik Indonesia pertama. Jenderal Soedrman juga menjadi pahlawan termuda dalam sejarah, karena di usia 31 tahun, Jenderal Soedirman sudah bergabung dengan para pahlawan kemerdekaan yang lain untuk berjuang mengusir penjajah Jepang, Belanda dan sekutu. Sebagai panglima besar TNI, Jenderal Soedirman menjadi sosok pahlawan yang sangat dihormati di Indonesia.

2. Hasyim Asyari

Kyai Haji Mohammad Hasyim Asyarie lahir di Jombang Jawa Timur pada tanggal 14 Februari tahun 1871. Ia merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama (NU), sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia. Hasyim Asyari juga dikenal sebagai intelektual muslim yang mewarnai perjuangan kemerdekaan Indonesia, KH Hasyim Asyari juga mendirikan salah satu pesantren terbesar di Jawa pada abad ke 20 yang bernama Pesantren Tebu Ireng.

3. Pangeran Diponegoro

Pangeran Harya Dipanegara atau dikenal dengan nama Pangeran Diponegoro lahir di Ngayogyakarta pada 11 November 1785. Ia salah satu pahlawan nasional yang berperan besar dalam memimpin Perang Diponegero atau Perang Jawa yang terjadi pada tahun 1825 hingga 1830.

Perang ini berkobar di hampir seluruh daerah di Pulau Jawa dan merupakan salah satu perang terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah perjuangan melawan Belanda. Walaupun pada akhir perang dimenangkan Belanda, namun Pangeran Diponegoro sempat membuat Belanda mengalami kesulitan dan kerugian akibat gugurnya ribuan serdadu Belanda.

4. Ki Hadjar Dewantara

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang lebih dikenal dengan Ki Hadjar Dewantara merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang memiliki pergerakan besar bagi pendidikan di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir di Pakualaman pada 2 Mei 1889. Pada zaman penjajahan Belanda, Ki Hadjar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa. Disini merupakan tempat yang memberikan kesempatan bagi pribumi untuk bisa memperoleh pendidikan layaknya seperti orang-orang Belanda.

Perguruan Taman Siswa adalah salah satu hasil jerih payahnya dalam memberikan kesempatan pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia yang waktu itu hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Belanda dan kalangan elit saja.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

5. Bung Tomo

Sutomo alias Bung Tomo, adalah salah satu pahlawan nasional asal Surabaya. Bung Tomo dikenal dengan aksi heroiknya saat membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo dalam melawan kembali tentara Nederlandsch Indie Civil Administratie (NICA) Belanda dalam pertempuran 10 November.

Bung Tomo, yang juga merupakan seorang jurnalis asal Surabaya ini juga dikenal dengan semboyan “Merdeka atau Mati” dalam pertempuran berdarah di Surabaya tersebut. Pertempuran Surabaya kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

6. Sutan Sjahrir

Sutan Sjahrir merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang dikenal karena jasanya dalam mengorganisasi kemerdekaan Indonesia. Bersama dengan Bung Karno dan Bung Hatta, ketiganya disebut dengan triumvirat kemerdekaan republik. Pada awal berdirinya republik, Sjahrir juga sempat menjabat sebagai perdana menteri.

7. R.A. Kartini

Sebagai salah satu pahlawan nasional wanita yang sangat dihormati, Raden Adjeng Kartini telah berjasa dalam memperjuangkan kesetaraan hak kaum perempuan semasa hidupnya.

Latar belakang bangsawan tidak lantas membuatnya tunduk kepada para penguasa dan nilai-nilai mereka yang konservatif. Bahkan, R.A. Kartini dinilai telah memelopori bangkitnya perempuan pribumi dengan pemikirannya yang lebih moderat.

8. Kapitan Pattimura

Thomas Matulessy atau yang lebih dikenal dengan Pattimura lahir di Maluku pada 8 Juni 1783, ia dikenal dengan nama Kapten Pattimura. Kapten Pattimura adalah pahlawan bangsa yang berperan sebagai panglima perang dalam perlawanan rakyat Maluku dengan tentara VOC Belanda. Dengan wibawa dan kepemimpinannya, Pattimura berhasil menyatukan kerajaan Nusantara, tepatnya Ternate dan Tidore untuk menghadapi penjajah pada tahun 1817.

9. Tjoet Nyak Dien

Pahlawan nasional perempuan lainnya setelah R.A Kartini berasal dari Aceh. Pada masa Perang Aceh, Cut Nyak Dien ikut melakukan perlawanan dengan memimpin rakyat Aceh untuk menyerang Belanda. Kematian Ibrahim Lamnga yang merupakan suami pertamanya dalam perang tersebut telah mengobarkan tekad dan semangat Cut Nyak Dien untuk menghentikan penjajahan Belanda di Indonesia.

10. Sultan Hasanuddin

Dijuluki sebagai Ayam Jantan dari Timur, Sultan Hasanuddin adalah salah satu pahlawan kemerdekaan Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Setelah naik takhta menjadi sultan dari Kerajaan Gowa, ia berupaya menggabungkan kerajaan-kerajaan kecil Indonesia Timur dan memberikan perlawanan yang cukup sengit kepada pihak Kompeni Belanda.

11. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta atau yang biasa dikenal sebagai Bung Hatta adalah salah seorang pahlawan nasional yang berperan besar dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Semangat patriotisme Bung Hatta telah tumbuh sejak ia masih muda dengan partisipasinya sebagai aktivis, anggota dari organisasi pergerakan nasional hingga menjadi negarawan yang turut mendampingi Soekarno untuk memperjuangkan Indonesia dari penjajahan Belanda.

12. Soekarno

Berbicara tentang pahlawan kemerdekaan nasional Indonesia tidak bisa dilakukan tanpa sang proklamator kemerdekaan itu sendiri. Ir. Soekarno adalah presiden pertama Indonesia yang juga berperan sebagai pencetus dasar negara Pancasila yang kita gunakan hingga saat ini. Bersama dengan Mohammad Hatta, Soekarno merupakan tokoh penting yang telah menginspirasi masyarakat Indonesia dalam perjuangan mencapai gerbang kemerdekaan.

Itulah daftar tokoh pahlawan kemerdekaan Indonesia paling dikenang yang amat berjasa dalam memerdekakan. Semangat mereka dapat dijadikan contoh untuk semua anak muda agar tetap semangat dan pantang menyerah. Apalagi dengan berkembangnya Indonesia saat ini yang semakin baik. Mengenang jasa pahlawan akan semakin lengkap jika kita juga dapat meniru sift pantang menyerahnya dalam kehidupan kita.

Fokuskan tenaga dan waktu berharga Anda pada hal yang benar-benar penting. Serahkan setiap proses pengajuan cash advance dan reimbursement pada JojoExpense dan biarkan prosesnya berjalan otomatis, tanpa kehilangan kendali dengan custom approval flow dan policy.

Tidak ada lagi tenaga dan waktu berharga yang terbuang sia-sia. Anda tidak perlu lagi khawatir pada penipuan keuangan. JojoExpense dapat memperingatkan Anda mengenai percobaan penipuan dalam reimbursement dan cash advance, berkat Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging.

Tunggu apalagi, coba gratis JojoExpense sekarang dan rasakan kemudahan mengelola bisnis secara otomatis!