Kenapa Kita Wajib Bayar Pajak Kendaraan Bermotor?

pajak

Ada berapa kendaraan bermotor di rumahmu? Berapa biaya yang kamu keluarkan untuk kendaraanmu? Maksud dari biaya disini bukan hanya biaya bensin untuk membuatnya jalan atau biaya perawatan ke bengkel ya. Melainkan pajak yang harus kamu bayar, atau yang disebut dengan pajak kendaraan bermotor.

Pemerintah telah menetapkan satu Undang-undang, yaitu UU Nomor 28 Tahun 2008 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dalam UU ini juga diatur tentang pajak kendaraan bermotor.

Secara singkat, kendaraan bermotor diartikan sebagai segala macam kendaraan beroda beserta gandengannya. Digunakan di semua jenis jalan raya, dan menggunakan motor untuk menggerakannya.

Sehingga pengertiannya tidak sebatas pada sepeda motor, melainkan semua kendaraan yang menggunakan mesin dan mengubah suatu bahan bakar untuk menggerakannya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sehingga pengertiannya tidak sebatas pada sepeda motor, melainkan semua kendaraan yang menggunakan mesin dan mengubah suatu bahan bakar untuk menggerakannya.

Pada artikel ini, kita akan coba bahas tentang apa itu pajak kendaraan bermotor. Mulai dari pengertiannya, besaran, hingga cara membayarnya. Semoga bisa membantumu yang masih bingung soal ini, jadi baca sampai selesai ya!

Merebak Covid-19, Bayar Pajak Kendaraan dari Rumah Saja, Begini Caranya

Pengertian Pajak Kendaraan Bermotor

Kita akan mulai dari pengertiannya. Secara singkat, ketika kamu mendengar kalimat barusan mungkin akan berpikir bahwa itu adalah pajak, yang harus dibayarkan pemilik kendaraan bermotor.

Itu tidak salah, dalam Pasal 1 UU Nomor 28 Tahun 2009 dituliskan, pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor.

Pajak ini masuk ke dalam kategori pajak daerah. Objeknya adalah kepemilikan atau penguasaan terhadap kendaraan bermotor. Namun, tidak semua yang bermotor atau bermesin masuk dalam kategori pajak ini ya. Ada pengecualiannya, yaitu:

  • Kereta api
  • Kendaraan yang digunakan semata untuk kebutuhan pertahanan dan keamanan negara

Adapun subjek dari pajak ini adalah orang pribadi atau badan yang memiliki dan/atau menguasai kendaraan bermotor. Pun dengan wajib pajaknya, yaitu orang pribadi atau badan yang memilikinya.

Dasar Pajak Kendaraan Bermotor

Kalau kamu bertanya apa aturan yang melandasi pajak ini, kamu bisa melihatnya di UU Nomor 28 Tahun 2009. Dalam Pasal 5 UU tersebut dituliskan, ada dua poin yang dijadikan acuan untuk pengenaan pajak ini, yaitu:

  • Nilai jual kendaraan bermotor
  • Bobot yang mencerminkan secara relatif tingkat kerusakan jalan dan/atau pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor.

Namun, untuk beberapa kendaraan bermotor yang tidak digunakan di jalan raya umum, seperti di air atau kendaraan berat, maka perhitungannya akan berbeda. Perhitungan pajaknya berpacu pada nilai jual kendaraan tersebut.

Sedangkan nilai jual kendaraan yang dimaksud dalam undang-undang adalah harga pasaran umum kendaraan tersebut. Waktunya adalah minggu pertama bulan Desember, di tahun pajak seblumnya.

Rasirosa - PENGESAHAN STNK ONLINE NASIONAL

Tarif Pajak Kendaraan Bermotor

Pembahasan selanjutnya, akan kita lanjut ke tarif pajak ini. Semuanya sudah diatur oleh undang-undang dan peraturan daerah masing-masing. Berikut akan kita bahas besaran dan cara perhitungan tarif pajak ini.

Pasal 6 UU tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah menuliskan, penetapan terhadap pajak kendaraan bermotor ditetapkan sebagai berikut:

  • Untuk kendaraan bermotor pertama pertama paling rendah sebesar 1% dan paling tinggi sebesar 2%.
  • Untuk kepemilikan kendaraan bermotor kedua dan seterusnya, tarif dapat ditetapkan secara progresif paling rendah 2% dan paling tinggi 10%.

Perihal kepemilikan, nantinya dapat dilihat dari nama pemilik dan alamat pemilik. Jika terdapat nama atau alamat kepemilikan yang sama, maka ketika kamu membeli kendaraan keduadan seterusnya, maka yang akan berlaku adalah tarif pajak progresif, bukan pajak kendaraan pertama.

Ketentuan diatas untuk tarif kendaraan bermotor pribadi, yang dijalankan di atas jalan umum ya. Akan beda lagi besarannya untuk kendaraan seperti alat berat. Besarannya adalah 0,1% di posisi paling rendah, dan tertingginya adalah 0,2%.

Sedangkan untuk tarif pajak kendaraan umum, ambulans, dan kendaraan sosial keamanan milik suatu lembaga, tarif terendahnya adalah 0,5% dari harga penjualan, dan tertingginya adalah 1%.

Namun semua itu tetap akan disesuaikan dengan peraturan daerah masing-masing. Karena besaran harga di masing-masing daerah dapat berpengaruh saat perhitungan pajak kendaraan bermotor yang harus dibayar oleh seorang wajib pajak.

√ Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online 2021 | Otomotifo

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Ada berbagai cara untuk memeriksa pajak mobil Kamu selama pandemi COVID-19 saat ini. Selain pengecekan langsung, Kamu juga bisa melakukan pengecekan online untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Hal ini harus Kamu lakukan agar tidak ketinggalan pajak kendaraan tahunan Kamu karena membayar pajak kendaraan adalah salah satu syarat untuk mengesahkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (“STNK”) Kamu. Ketahuilah bahwa jika pajak tidak dibayarkan hingga 2 tahun, identitas yang tercantum di STNK akan dihapus dan Kamu tidak dapat mengaktifkannya kembali.

Cek Langsung di Samsat Terdekat

Pertama-tama, Kamu dapat memeriksa status pajak kendaraan Kamu di Sistem Administrasi Satu Atap terdekat ( Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau “Samsat”). Dengan mengunjungi Samsat, Kamu bisa langsung melakukan pembayaran perpanjangan pajak kendaraan Kamu saat batas waktu sudah dekat.

Persyaratan yang harus Kamu bawa adalah Kartu Tanda Pengenal (“KTP”), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (“BPKB”), dan Surat Tanda Nomor Kendaraa n atau “STNK). Kamu perlu menunjukkan formulir asli beserta salinannya masing-masing untuk persyaratan administrasi.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor secara Online

Pemeriksaan Online di Situs Web

Jika Kamu tidak sempat ke kantor Samsat, Kamu juga bisa mengecek status pajak Kamu melalui situs resmi daerah. Sudah ada beberapa provinsi di Indonesia yang menyediakan layanan pemeriksaan pajak kendaraan online antara lain DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Tengah.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengakses situs web yang disediakan oleh pemerintah provinsi dan memasukkan nomor kendaraan dan nomor ID ( Nomor Induk Kependudukan atau “NIK”) Kamu. Setelah itu, Kamu akan menerima informasi tentang berapa biaya pajak kendaraan Kamu. Namun, jika provinsi Kamu tidak menyediakan situs pengecekan pajak kendaraan, Kamu tidak punya pilihan lain selain mengunjungi kantor Samsat terdekat.

Menggunakan SMS

Kamu juga dapat menggunakan pesan singkat atau SMS untuk memeriksa pajak kendaraan. Namun, untuk saat ini layanan SMS ini hanya tersedia untuk cek pajak lima tahun. Pemeriksaan pajak tahunan melalui SMS tidak mungkin dilakukan. Ini masih bisa menjadi alternatif bagi daerah yang belum menawarkan website untuk mengecek pajak kendaraan. Beberapa contoh cara melakukan pemeriksaan pajak adalah sebagai berikut.

Wilayah Jawa Barat

Di menu SMS, ketik spasi “poldajbr” [nomor STNK] kirim ke 39777

Contoh: poldajbr d3572hi , kemudian kirim ke 39777

Wilayah Jawa Timur

Di menu SMS ketik spasi “JATIM” [nomor STNK], kirim ke 7070

Contoh: JATIM L2234CD, kemudian kirim ke 7070

Wilayah DKI Jakarta

Pada menu SMS ketik “Info” space “Ranmor” space [nomor STNK], kemudian kirim ke 8893

Contoh: Ranmor Info B3378TGH , kemudian kirim ke 8893

Ini adalah layanan Data Layanan Tambahan Tidak Terstruktur (USSD) yang dapat Kamu gunakan langsung dari ponsel cerdas Kamu. Sama seperti SMS, cara ini bisa Kamu gunakan jika wilayah Kamu belum menyediakan website untuk pengecekan pajak kendaraan secara online. Caranya adalah dengan menekan * 368 * 1 #, lalu Kamu hanya perlu mengikuti petunjuknya.

Melalui Aplikasi

Merujuk pada peraturan perundang-undangan Republik Indonesia mengenai pembayaran online dan persetujuan Pajak Kendaraan Bermotor (“PKB”), Tim Penasehat Samsat Nasional baru saja meluncurkan aplikasi Samsat Online Nasional untuk membantu warga melakukan pengecekan. pajak kendaraan bermotor dengan mudah.

Aplikasi yang bisa Kamu unduh dari Playstore ini mencakup layanan Samsat Nasional Online di seluruh Indonesia. Kamu juga dapat membayar pajak kendaraan secara langsung melalui aplikasi ini, cukup dengan mengikuti petunjuknya.

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online, Simak Panduannya  Berikut Ini - Halaman 2 - Tribunnews.com

Melalui e-Samsat

Kemudahan pengecekan pajak kendaraan Kamu juga semakin mudah dengan adanya e-Samsat. Untuk menggunakan layanan ini, Kamu perlu mengakses situs e-samsat sesuai dengan provinsi asal kendaraan Kamu.

Tidak hanya itu, Kamu juga dapat memperbaharui STNK Kamu baik setiap tahun atau per lima tahun melalui e-Samsat ini. Jika Kamu perlu membayar denda pajak kendaraan, Kamu juga bisa melunasinya dari situs ini.

Akhirnya, DKI Kasih Diskon Pajak Kendaraan Bermotor sampai Akhir Tahun

Sumber untuk Mobil Bekas

Pilihan mobil bekas juga akan diiklankan di bagian iklan baris Kompas. Ada tempat di kemayoran, seperti showground dengan banyak dealer disana. Kamu bisa berjalan-jalan dan melihat-lihat mobil. Tempat yang bagus untuk memulai.

Hati-hati jika Kamu membeli mobil bekas langsung dari pemilik sebelumnya. Dapatkan fotokopi semua dokumen dan laporkan ke polisi untuk memastikan mobil tidak pernah dicuri. Jangan biarkan pemiliknya ikut dengan Kamu; jika dia adalah pemilik sah mobil tersebut, dia tidak akan tersinggung. Minta laporan kepada polisi yang menunjukkan bahwa Kamu telah memeriksa riwayat kepemilikan mobil. Kamu harus membayar biaya tidak resmi tetapi itu sangat berharga.

Memperbarui STNK dalam Mengecek Pajak Kendaraan Bermotor

Sekali lagi, agen Kamu, atau Biro Jasa , dapat membantu Kamu dengan pembaruan STNK tahunan kendaraan Kamu. Kamu tidak akan menerima pemberitahuan tentang kedaluwarsa dokumen ini, pengemudi Kamu akan membantu Kamu mengingat kapan kedaluwarsa. Berhati-hatilah untuk tidak membiarkan dokumen ini kedaluwarsa karena akan dikenakan denda yang berat jika Kamu ketahuan sedang mengendarai mobil Kamu dengan STNK yang sudah kadaluwarsa. Denda ini didasarkan pada merek dan tahun mobil Kamu, dengan mobil yang lebih baru dan lebih mahal mendapatkan denda yang lebih tinggi. Jumlah perpanjangan STNK tercantum di belakang dokumen STNK. Setelah menerima STNK baru Kamu, Kamu akan diberikan stiker yang kemudian dapat diterapkan pada pelat nomor lama Kamu.

Jika Kamu ingin memperbaharui sendiri STNK Kamu (bukan melalui Biro Jasa ), di Jakarta Kamu bisa pergi ke:

Direktur Lalu Lintas Bagian STNK

Polda Metro Jaya (SAMSAT)

Jl. Jenderal Sudirman

Jakarta Selatan

Bawa bersama Kamu:

  1. STNK asli Kamu
  2. BPKB asli Kamu
  3. Fotokopi BPKB
  4. Paspor asli (untuk pemilik asing)
  5. Kartu Polisi Asli
  6. ITAS / ITAP / KTP asli orang yang namanya tertera di STNK
  7. Fotokopi Surat Keterangan Domisili
  8. Jika Kamu membeli mobil secara kredit, Kamu memerlukan surat dari kreditor yang menjelaskan mobil yang dibeli melalui perjanjian kredit.
  9. Pembayaran yang dibutuhkan

Memperbarui STNK untuk sepeda motor:

  1. STNK asli Kamu
  2. Paspor asli (untuk pemilik asing)
  3. ITAS / ITAP / KTP asli orang yang namanya tertera di STNK.

Untuk yurisdiksi tertentu Kamu sekarang dapat membayar Pajak Kendaraan Bermotor Kamu secara online:

  • Jakarta
  • Jawa barat
  • Jawa Tengah

Asuransi mobil

Pastikan sebelum membeli mobil Kamu sudah bisa mendapatkan asuransi kendaraan bermotor di Indonesia. Kamu mungkin mengalami kesulitan mendapatkan perlindungan asuransi pada model lama. Beberapa perusahaan asuransi asing yang beroperasi di Indonesia mungkin menawarkan asuransi mobil, Kamu hanya perlu menelepon dan menanyakannya. Untuk informasi lebih lanjut tentang perusahaan asuransi kendaraan, lihat Asuransi di Indonesia .

Membeli Mobil jika Kamu belum memiliki NPWP

Pembelian mobil baru seharga Rp> 400 juta biasanya menimbulkan pertanyaan NPWP pada saat registrasi awal. Sebagai ekspatriat yang baru tiba, NPWP biasanya tertinggal jauh lebih banyak daripada dokumen lain yang dibutuhkan, jadi “biaya administrasi” dapat memperlancar cara mendapatkan mobil Kamu dan dokumentasi lengkap untuk kendaraan tersebut.

14.000 Kendaraan Bermotor di Bekasi Tunggak Pajak

Jenis Pajak Kendaraan Bermotor

Membahas pajak ini, kita juga perlu tahu, bahwa pajak untuk kendaraan bermotor tidak hanya satu jenis, lebih tepatnya ada dua. Perhitungannya bergantung pada masa pembayarannya. Berikut akan kita bahas!

Pajak Tahunan

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pertama adalah pajak tahunan. Sebagaimana namanya, pajak ini dibayarkan dalam periode satu tahun atau 12 bulan. Untuk jenis ini bisa kamu bayarkan di Kantor Samsat wilayah atau dengan cara online, dengan melengkapi beberapa persyaratan, seperti STNK dan KTP asli, serta uang untuk membayar pajak.

Pajak Lima Tahunan

Kedua adalah pajak lima tahunan. Ini juga menggambarkan periode pembayarannya, yaitu per lima tahun sekali. Pada waktu pembayaran pajak ini, kamu STNK dan pelat nomor kendaraanmu akan diganti.

Untuk pembayarannya harus dilakukan langsung di Kantor Samsat. Karena petugas akan turut memeriksa kondisi kendaraanmu sebelum memberikan izin dan STNK baru untukmu. Syarat yang harus dibawa tidak jauh berbeda, hanya saja ada tambahan BPKB dan formulir pemeriksaan kondisi kendaran.

Cara Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Seperti pajak-pajak jenis lainnya, pajak kendaraan bermotor ini juga dapat dibayarkan dengan beberapa cara, yaitu secara offline atau mendatangi Kantor Samsat langsung, dan secara online melalui laman website Samsat.

Berikut akan kita bahas satu persatu.

Pembayaran di Kantor Samsat

Kita akan bahas pembayaran secara offline terlebih dahulu. Metode ini akan kamu lakukan atau praktikan ketika kamu akan membayar pajak lima tahunan. Ada beberapa syarat atau dokumen yang perlu kamu bawa saat ingin membayarnya.

Kamu bisa melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Sebagaimana yang dituliskan di bagian sebelumnya, dokumen tersebut adalah STNK dan KTP asli, sejumlah uang, BPKB dan formulir kondisi kendaraan. Dua poin terakhir khusus untuk pembayaran pajak lima tahunan.

Kalau sudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Datangi atau kunjungi Kantor Samsat yang ada di daerahmu
  2. Ambil formulir di kantor Samsat, dan isi formulir tersebut
  3. Jika sudah diisi, serahkan formulir beserta dokumen-dokumen yang disyaratkan, untuk selanjutnya diperiksa oleh petugas
  4. Tunggu sampai kamu mendapat giliran atau panggilan
  5. Jika sudah, kamu bisa bayar
  6. Jangan lupa minta bukti pembayaran, dan simpan bukti tersebut

Pembayaran via Online

Berikutnya, kita akan bahas soal pembayaran yang bisa kamu lakukan via online. Namun, ini khusus untuk pembayaran pajak tahunan ya, bukan pajak lima tahunan. Pembayarannya bisa melalui ATM, e-Samsat, SMS atau aplikasi di ponselmu.

Jika kamu menggunakan ATM, maka berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi ATM terdekat dan termudah untuk kamu jangkau
  2. Lanjutkan dengan memilih menu “Bayar” kemudian ke “Menu lainnya”
  3. Pilih menu “Pajak” atau “Penerimaan Negara”
  4. Pilih menu “e-Samsat”
  5. Masukan Nomor Polisi (nopol)
  6. Lakukan pembayaran pajak
  7. Simpan bukti atau struk pembayaran

Selanjutnya akan kita bahas langkah-langkah bila kamu ingin membayarnya melalui e-Samsat, yaitu sebagai berikut:

  1. Akses portal e-Samsat sesuai tempat daerahmu
  2. Maukan kode dan komfirmasi nopol
  3. Bayar tagihannya melalui ATM
  4. Jangan lupa simpan bukti pembayarannya ya

Pembayaran pajak secara online akan memberikanmu beberapa keuntungan. Diantaranya adalah efisiensi waktu dan lebih mudah dilakukan.

Kalau kamu sudah membayar ini, nantinya uang pajak kamu akan masuk ke kas negara atau kas daerah. Nantinya, sekitar 10% akan digunakan untuk pembangunan daerah. Jadi, ketika kamu membayar pajak, maka kamu turut membangun daerah.

Oh ya, bayar pajak ini tidak hanya berlaku bagi perorangan ya, tapi juga bagi lembaga seperti perusahaan. Misalkan perusahaanmu memiliki kendaraan operasional, maka kamu harus tetap membayarkannya. Supaya tidak telat, kamu harus mencatat jadwalnya dan mengurus dengan baik keuangan perusahaanmu.

Jojo Expense

Salah satu yang bisa membantumu dalam mengelola dan mencatat arus keuangan perusahaan adalah aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Khususnya dalam hal cash advance dan reimbursement. Nantinya, pekerjaanmu akan lebih mudah dan efisiensi kerjamu bisa meningkat hingga 76%. Selamat mencoba!