Pancasila Sebagai Ideologi Negara : Definisi dan Fungsinya di Indonesia

Pancasila adalah landasan dan landasan ideologis bangsa Indonesia. Oleh karena itu, setiap masyarakat Indonesia wajib menjadikan Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan sebagai landasan kehidupan sehari-hari bagi dirinya dan orang lain. Hal ini tentunya karena Pancasila sebagai landasan negara menjadikan negara sebagai kesatuan yang luar biasa.

Nama Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, terdiri dari dua kata, yaitu panca artinya lima, dan sila artinya prinsip atau prinsip. Setiap warga negara Indonesia wajib memahami arti dan fungsi dari setiap sila Pancasila yang menjadi tumpuan negara.

Jika Anda tidak mengerti maknanya, maka Pancasila boleh saja dianggap sebagai semboyan. Demikian 9 fungsi Pancasila, landasan bernegara yang wajib Anda ketahui, dan fungsinya telah dilaporkan dari berbagai sumber. Mari kita periksa:

Dasar Negara Republik Indonesia

Fungsi Pancasila sebagai landasan pertama negara akan menjadi landasan. Definisi dasar di sini adalah falsafah dasar atau falsafah nasional. Oleh karena itu, dalam hal ini Pancasila digunakan sebagai dasar pengaturan penyelenggaraan negara. Dengan kata lain, Pancasila digunakan sebagai dasar pengaturan penyelenggaraan perangkat negara berdasarkan bunyi dan muatan yang diuraikan dalam Pembukaan UUD 1945.

Melalui proses musyawarah berbagai kelompok masyarakat, Pancasila hadir sebagai ideologi bangsa Indonesia. Pancasila dikenal sebagai ideologi yang terbuka dan dapat beradaptasi dengan berbagai waktu tanpa harus mengubah nilai-nilai dasarnya. Lantas, apa sebenarnya makna Pancasila sebagai ideologi terbuka?

A. Aco Agus mengungkapkan bahwa ideologi Pancasra tidak sama dengan “Relevansi Pancasra sebagai Ideologi Terbuka di Era Reformasi” dalam “Majalah Perkantoran” (Volume 2, Edisi 2, 2016). Kaku, tidak tertutup, tetapi reformatif , dinamis dan terbuka.

Dengan kata lain, Pancasila bisa eksis di segala usia dan bisa mengatur kondisi dinamika sosial yang terus berubah. Namun keterbukaan pemikiran Pancasra tidak berarti mengubah nilai yang terkandung di dalamnya.

Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan Kepribadian Bangsa

Pancasila adalah landasan negara ketiga, yakni kepribadian bangsa Indonesia. Fungsi tersebut dapat diwujudkan dengan berbagai bentuk sikap mental atau perilaku atau tingkah laku masa lalu dan perilaku sikap mental tersebut. Kepribadian yang diharapkan merupakan ciri khas masyarakat Indonesia. Artinya sikap dan perilaku mental dengan ciri khasnya masing-masing, sehingga dapat dibedakan dengan negara lain di dunia. Itulah yang disebut individualitas bangsa Indonesia.

Pandangan Kehidupan Bangsa Indonesia

Pancasila adalah landasan kedua negara, yakni pandangan hidup masyarakat Indonesia. Dalam hal ini Pancasila berperan sebagai pedoman hidup sehari-hari, dan ini juga merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Artinya mereka bersatu dalam satu negara yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan Semua sumber hukum

Fungsi Pancasila sebagai fondasi kelima negara akan menjadi sumber dari segala hukum. Pancasila adalah sumber hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sumber hukum Indonesia yang dimaksud adalah persepsi hidup, kesadaran hukum dan cita-cita hukum serta cita-cita moral, termasuk suasana psikologis dan watak bangsa Indonesia. Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita kemerdekaan individu, kemerdekaan nasional atau nasional, kemanusiaan, keadilan sosial dan perdamaian nasional yang merupakan hak dan kewajiban warga negara. Cita-cita hukum atau politik berkaitan dengan sifat, bentuk dan tujuan negara Indonesia. Terakhir, cita-cita moral adalah hukum yang mengatur kehidupan orang-orang yang berhubungan dengan agama dan masyarakat.

Semangat kebangsaan Indonesia

Jiwa kebangsaan Indonesia juga merupakan salah satu fungsi Pancasila sebagai landasan negara keempat. Pancasila dijelaskan berdasarkan teori Von Savigny yang artinya setiap negara memiliki jiwanya masing-masing, inilah yang disebut “Volkgeist”, yaitu jiwa bangsa atau jiwa rakyat. Pancasila yang merupakan jiwa bangsa ini lahir bersamaan dengan eksistensi atau pembentukan bangsa Indonesia yaitu pada masa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Hal ini sejalan dengan karya Profesor A. G. Pringgodigdo yang berjudul “Pancasila”. Dalam artikel tersebut ia juga menyebutkan bahwa Pancasila sendiri sudah ada sejak eksistensi bangsa Indonesia dan berkembang di era bangsa. Padahal istilah Pancasila baru dikenal pada tanggal 1 Juni 1945.

Filosofi hidup pemersatu bangsa

Fungsi ketujuh Pancasila adalah menyatukan falsafah hidup berbangsa. Indonesia adalah negara dengan budaya dan ras yang berbeda. Pancasila di sini merupakan sarana atau alat yang sangat ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia, sehingga tidak ada akar penyebab masyarakat majemuk dan multikultural. Pancasila adalah falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia yang mengandung nilai dan norma luhur yang dianggap sebagai pilihan yang paling benar, adil, arif, dan tepat bagi bangsa Indonesia untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

Perjanjian Nasional Indonesia

Kemudian ada kesepakatan luhur bangsa Indonesia yang merupakan salah satu fungsi Pancasila sebagai tumpuan negara. Kesepakatan luhur di sini terkait dengan deklarasi bersama para pendiri bangsa Indonesia atas komitmen kemerdekaan bangsa Indonesia. Negara Republik Indonesia memutuskan menjadi negara merdeka pada 17 Agustus 1945. Pada tanggal 18 Agustus 1945, Komisi Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengesahkan Pembukaan dan Teks UUD 1945. PPKI saat itu merupakan wakil dari seluruh rakyat Indonesia yang menyetujui perjanjian tertulis yang luhur (UUD 1945) untuk mempertahankan Pancasila sebagai landasan abadi negara.

Pemikiran Nasional Indonesia

Fungsi terakhir atau kesembilan Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa mengandung nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila yang merupakan cita-cita normatif dalam proses penyelenggaraan pemerintahan negara. Dalam arti yang lebih luas, konsep Pancasila sebagai ideologi bangsa dapat diartikan sebagai visi atau arah penyelenggaraan negara dan kehidupan berbangsa di Indonesia. Dengan terwujudnya kehidupan ketuhanan maka nilai-nilai kemanusiaan dan kesadaran persatuan telah menjunjung tinggi nilai keadilan, termasuk keadilan sosial.

Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan cita-cita bangsa Indonesia

Fungsi kedelapan Pancasila adalah cita-cita dan cita-cita bangsa Indonesia. Pembukaan UUD 1945 dengan jelas menunjukkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Pasalnya, Pembukaan UUD 1945 merupakan wadah untuk menuangkan semangat deklarasi, yakni ruh Pancasila yang tertuang di dalamnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Pancasila adalah cita-cita dan cita-cita bangsa Indonesia. Cita-cita luhur inilah yang akan diwujudkan Indonesia sebagai negara atau bangsa.

Kesimpulan Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Demikian 9 fungsi Pancasila yang menjadi fondasi negara yang harus Anda pahami sebagai warga negara Indonesia. Semoga dengan memahami hal tersebut kalian semakin mencintai Indonesia dan menjadikan Pancasila sebagai landasan negara Indonesia.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah. JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu. Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri. Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!