Panduan Kerja ke Kantor untuk Mencegah Penularan COVID-19

panduan kerja kekantor

Kondisi pandemi seperti sekarang ini, memang tidak mudah bagi kita semua untuk menjalankan aktifitas seperti biasanya. Banyak aturan protokol kesehatan Covid 19 yang sering diinformasikan kepada masyarakat untuk menghindari penyebaran yang lebih luas lagi. Panduan kerja ke kantor pun saat ini sudah sering kita baca di media online atau content video di TV. 

Hal tersebut perlu sekali menjadi perhatian kita semua, agar aman saat akan berangkat kerja ke kantor atau aktifitas lainnya. Nah, dalam artikel berikut ini kita akan bahas apa saja panduan protokol kesehatan saat akan berangkat kerja serta solusinya jika harus beraktifitas dan melakukan pekerjaan kantor di rumah atau work from home.

Apa saja Panduan Kerja Ke Kantor ?

Di tengah situasi pandemi virus Covid 19 ini, semua warga selalu diingatkan untuk benar-benar menerapkan protokol pencegahan Covid 19. Perhatikan sejumlah panduan yang diinformasikan dari sejumlah lembaga pemerintah  sebagai panduan menjalankan aktivitas sesuai prinsip new normal, dari berangkat kerja hingga pulang kerja dan tiba di rumah. 

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat perjalanan dari atau ke tempat kerja yang dikutip dari akun resmi BPOM : 

  1. Pastikan kondisi fisik Anda dalam kondisi sehat 
  2. Selalu menggunakan masker 
  3. Kurangi menyentuh fasilitas umum 
  4. Gunakan hand sanitizer 
  5. Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter 
  6. Usahakan membayar pakai non tunai 
  7. Selalu gunakan helm sendiri 
panduan kerja kerkantor

Perlu diperhatikan sesampainya di tempat kerja, bukan berarti sudah aman. Masih ada protokol kesehatan yang perlu ditaati, yaitu sebagai berikut : 

  1. Ketika tiba di kantor, segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.  
  2. Gunakan siku untuk menekan tombol lift dan membuka pintu 
  3. Dilarang berkerumun, jaga jarak
  4. Bersihkan meja/area kerja Anda
  5. Kurangi menyentuh fasilitas/peralatan bersama 
  6. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk 
  7. Biasakan tidak berjabat tangan 
  8. Tetap gunakan masker selama berada di kantor.
panduan kerja kekantor

Manfaat Panduan Kerja Ke Kantor saat pandemi

Menghadapi penyebaran pandemi COVID-19 yang semakin meluas dan entah kapan akan berlalu. Kondisi ini mengakibatkan semua aktivitas kita dibatasi oleh kebijakan-kebijakan dan protokol Kesehatan yang ketat, agar supaya pandemi ini tidak semakin parah. Sehingga kita bisa Kembali ke beraktivitas normal kembali. 

Namun bagaimana jadinya, kita harus tetap beraktivitas Ketika sedang terjadi pandemi Covid19 seperti ini? Seperti disebutkan sebelumnya, harus mematuhi kebijakan dan protokol Kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Salah satunya adalah selalu hindari melakukan kontak fisik secara langsung dan tidak menyentuh secara langsung fasilitas umum disekitar kita dalam aktivitas kita sehari-hari, terutama beraktivitas atau kerja di kantor.

Absensi bagi karyawan di Era New Normal

Meski masih dalam kondisi pandemi Covid 19, karena kebutuhan hidup kita berjalan terus, otomatis kita tetap harus bekerja dan menjalankan aktivitas. Baik itu bekerja dari rumah (WFH) atau kerja secara shifting di kantor (WFO). Tentunya tidak bisa dipungkiri kondisi ini akan memunculkan masalah baru bagi perusahaan. Terutama pada bagian HRD, perlu menerapkan metode baru bagaimana cara merekap, mendata dan memantau aktivitas karyawan yang sedang WFH maupun yang masih bekerja dari kantor.

Salah satu hal penting yang sering jadi kendala pihak perusahaan adalah masalah absen karyawan. Memang sangat bisa dipahami, ada beberapa kebijakan perusahaan yang harus disesuaikan dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Tentunya HRD akan berusaha keras mencari cara untuk tetap bisa merekap data absensi dan aktivitas kerja karyawan yang nantinya akan dijadikan penentu besaran gaji yang akan diterima oleh karyawan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Platform bisnis untuk permudah mengelola perusahaan

Sebenarnya masalah yang dialami bagian HRD tersebut dapat dipecahkan dengan memanfaatkan berbagai teknologi informasi yang sedang berkembang sekarang. Salah satunya dengan absensi online yang banyak dikembangkan sekarang ini, bukan dengan mesin fingerprint lagi, melainkan dengan aplikasi digital yang dengan mudah digunakan oleh penggunanya.

Sebelumnya pernah dipakai cara absen dengan memakai aplikasi WhatsApp, aplikasi foto selfie sampai dengan aplikasi berdasarkan GPS. Namun seiring berjalannya waktu ternyata cara tersebut dirasa tidak akurat dan sering disalahgunakan oleh karyawan. Karena dianggap tidak update dan realtime, apalagi dengan cara seperti itu sangat merepotkan pihak HRD. Karena proses pencatatan atau pendataan tidak simpel harus merekamnya secara manual agar bisa menyimpannya untuk keperluan data kehadiran karyawan. Hal itu tentu saja sangat merepotkan saat akan menghitung gaji karyawan.

Gunakan Software Absensi Karyawan

Jojonomic sebagai platform absensi online yang sudah berpengalaman dalam memberikan solusi yang inovatif akan kebutuhan IT, menghadirkan absensi online yang berbasis web dan mobile application, yaitu Jojotimes.  Aplikasi absensi online ini dikembangkan sebagai jawaban atas permasalahan dalam dokumentasi dan pencatatan kehadiran karyawan atau absen disaat pandemik di era New Normal.

Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu lagi harus antri absen di depan mesin absen, tidak perlu lagi menyentuh mesin fingerprint, karena memang sekarang ini sangat dihindari, tidak perlu datang ke kantor hanya untuk absen saja, kita juga tidak perlu setiap jamnya melakukan pelaporan aktivitas ke atasan kita secara manual, dll. Karena dengan aplikasi Absensi online, semua aktivitas mulai dari absen kehadiran sampai pelaporan aktivitas karyawan, semuanya dilakukan di smartphone masing-masing cukup dengan berfoto selfie, kita sudah bisa melakukan absensi. 

panduan kerja kekantor

Aplikasi yang berbasis web dan mobile ini tentunya sangat memudahkan bagi karyawan yang WFH maupun yang kerja di kantor, serta sangat membantu dan memudahkan bagian HRD untuk melakukan rekap, mendata, memantau aktivitas dan keberadaan karyawan selama jam kerja. Dari segi keamanan, tentunya aplikasi Jojotimes ini sangat aman dan bisa mengurangi resiko penyalahgunaan absen, karena sudah dilengkapi fitur GPS dan Face Recognition, yang memungkinkan HRD memantau lokasi dan apakah benar-benar karyawan itu sendiri yang absen. Sangat mudah, cepat dan akurat

panduan kerja ke kantor

Software meningkatkan produktivitas

Sebenarnya sangat mudah menemukan sistem absensi yang sesuai, apalagi di era perkembangan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat saat ini, yaitu dengan menggunakan absensi digital online yang berbasis web dan mobile application seperti Jojotimes.

Aplikasi absensi online ini menjadi solusi mudah dan praktis bagi pihak HRD dalam mengelola absensi karyawan sekaligus untuk menilai kinerja karyawan dan sistem penggajiannya. Suite aplikasi yang unik dan canggih untuk menjalankan seluruh bisnis & membantu tiap tim memberikan hasil kerja terbaik.

Gunakan Aplikasi Absensi JojoTimes

Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Dimana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan.

Fitur yang paling Populer

  1. Pengenalan wajah biometrik dengan geolocation yang akurat
  2. Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  3. Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  4. Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Coba Gratis Sekarang