Kerja Part Time: Pengertian, Jenis, Keuntungan serta Kelemahannya

Saat ini pekerjaan tidak lagi mengharuskan karyawan untuk bekerja full time ataupun permanen. Ada tipe pekerja yang memang tidak menginginkan bekerja full time dan memilih untuk bekerja part time karena berbagai alasan. Untuk kamu yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa tetapi ingin menambah penghasilan sendiri, tipe pekerjaan ini bisa cocok untuk kamu. Karena memberikan penghasilan yang cukup dan waktu bekerja pun dapat diatur, jadi kegiatan sekolah atau kuliah pun tidak terganggu. Bagi kamu yang tertarik dengan kerja part time simak artikel dibawah ini.

Tips for Finding a Part-Time Job as a Retiree | FlexJobs

Apa itu Part Time?

Kerja part time merupakan pekerjaan yang memiliki waktu fleksibel. Karena rata-rata pekerja full time akan menghabiskan sekitar 40 jam per minggu di kantor. Sedangkan, pekerja part time memiliki waktu yang lebih sedikit, yaitu biasanya per hari membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam, tergantung jenis pekerjaannya. Tipe pekerja ini tidak memiliki kontrak kerja seperti pegawai tetap di kantor. Dan kamu bisa membuat kesepakatan dengan orang yang memberikan pekerjaan. Contoh masalah upah yang dibayarkan dan juga fasilitas-fasilitas yang mungkin akan didapat. Disarankan untuk menanyakan hal itu secara jelas agar nantinya tidak terjadi masalah yang justru merugikan kamu.

POIN PENTING

  • Ada banyak pekerjaan paruh waktu untuk siswa di perguruan tinggi, mulai dari pekerjaan belajar di kampus hingga pekerjaan berbayar di bisnis lokal.
  • Pekerjaan paruh waktu terbaik untuk mahasiswa fleksibel dan terkait dengan bidang studi yang diinginkan siswa, memungkinkan mereka menghasilkan uang dan mendapatkan lebih banyak pengalaman di bidangnya.
  • Beberapa pekerjaan paruh waktu terbaik termasuk menjadi asisten administrasi, mengasuh anak, mengajar, atau bekerja sebagai instruktur kebugaran.

Bagaimana Kerja Part Time?

Karyawan paruh waktu biasanya termasuk pelajar, ibu dan ayah, pensiunan, dan pekerja lain yang tidak menginginkan atau membutuhkan komitmen waktu untuk posisi penuh waktu. Beberapa pekerja mungkin juga memegang dua atau lebih pekerjaan paruh waktu daripada bekerja penuh waktu di satu organisasi.

Posisi paruh waktu terkadang dapat menjadi pekerjaan penuh waktu, tergantung pada struktur perusahaan. Jika kamu mencari pekerjaan penuh waktu, terkadang mengambil posisi paruh waktu adalah cara yang baik untuk memulai bisnis kamu. Ini bisa menjadi cara untuk mendapatkan pengalaman yang diperlukan untuk pekerjaan penuh waktu, dan juga cara untuk menunjukkan kepada atasan komitmen kamu di tempat kerja.

Effective Work And Time Management - Bandung Training Center | Pusat  informasi pelatihan Bandung

Berapa jam kerja Part Time?

Apakah seorang karyawan paruh waktu atau penuh waktu akan bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Bagaimana mereka mendefinisikan karyawan, dan berapa jam yang dianggap penuh waktu, akan bervariasi.

Jika kamu membuat kebijakan perusahaan dan membutuhkan pedoman umum, pertimbangkan hal berikut:

  • Kurang dari 30 jam seminggu dianggap paruh waktu dalam banyak kasus.
  • Karyawan penuh waktu kamu biasa bekerja 40 jam seminggu.
  • Sebagai pemberi kerja, kamu akhirnya dapat memutuskan pekerjaan mana yang digolongkan sebagai paruh waktu.
  • Kamu harus mempertimbangkan jumlah jam dan hari kerja saat menghitung Faktor Bradford karyawan .

Jika kamu perlu menambah jumlah jam kerja seorang karyawan, pertimbangkan untuk menawarkan waktu sebagai Pengganti atau lembur.

Siapa yang akan mendapat manfaat dari jam Part Time?

Pekerjaan paruh waktu akan cocok untuk sejumlah orang yang berbeda. Pelajar, orang tua, pensiunan yang perlu mendukung pensiun mereka dan pekerja lepas yang perlu menghidupi diri mereka sendiri sementara mereka mengejar minat adalah contoh yang khas.

Mungkin ada orang lain yang tidak menginginkan, atau tidak mampu, komitmen yang dibutuhkan pekerjaan penuh waktu dari waktu mereka. Mereka mungkin lebih cocok untuk mengerjakan beberapa pekerjaan paruh waktu – untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman, misalnya.

Dalam ekonomi yang sedang berjuang, pekerjaan penuh waktu mungkin menjadi lebih jarang. Oleh karena itu, mungkin saja mereka harus mengambil pekerjaan paruh waktu karena pekerjaan penuh waktu tidak tersedia.

Dalam perekonomian ini, pemberi kerja dapat memilih untuk menawarkan pekerjaan paruh waktu daripada penuh waktu, karena mereka biasanya tidak diharuskan untuk menawarkan kesehatan dan tunjangan pribadi yang sama.

Tunjangan tempat kerja apa yang berhak didapat oleh karyawan paruh waktu?

Seperti disebutkan di atas, pekerjaan paruh waktu cenderung tidak memiliki manfaat yang sama dengan pekerjaan penuh waktu.

Pekerja paruh waktu berhak atas tunjangan tempat kerja berikut:

  • Tarif gaji yang sama, termasuk gaji sakit dan cuti orang tua
  • Kesempatan dan manfaat pensiun yang sama dengan karyawan penuh waktu
  • Hak hari libur yang sama dengan karyawan penuh waktu
  • Pelatihan dan peluang karir yang sama
  • Pertimbangan yang sama untuk promosi, transfer, atau redundansi
  • Kesempatan istirahat karir

Bagaimana manfaat lain berlaku akan bervariasi. Misalnya, karyawan paruh waktu mungkin tidak berhak atas upah lembur sampai mereka bekerja lebih dari jam kerja normal karyawan penuh waktu.

Dalam kasus lain, kamu (sebagai pemberi kerja) harus membuat “pembenaran obyektif” tentang mengapa tunjangan tidak berlaku. Kamu mungkin, misalnya, memutuskan untuk tidak memberikan asuransi kesehatan kepada karyawan paruh waktu karena biaya yang dikeluarkan tidak proporsional dengan tunjangan lainnya.

Kerja Part Time Terkini Sebulan 5 Angka untuk 2020

Manfaat tambahan yang berhak kamu dapatkan sebagai karyawan paruh waktu

Jika boot berada di sisi lain dan kamu memiliki pekerjaan paruh waktu, maka kamu akan berhak mendapatkan keuntungan berikut:

  • Tunjangan penghasilan (jika kamu memenuhi syarat misalnya sebagai orang tua tunggal) atau tunjangan pencari kerja jika kamu bekerja kurang dari 16 jam per minggu, dan jika pasangan kamu bekerja kurang dari 24 jam.
  • Kamu berhak atas kredit pensiun, dukungan pajak dewan, dan tunjangan perumahan terlepas dari apakah kamu paruh waktu atau penuh waktu.
  • Kamu mungkin berhak mendapatkan lebih banyak tunjangan khusus untuk perusahaan kamu, jadi periksa buku pegangan karyawan kamu atau tanyakan.

Jika kamu sedang mendirikan bisnis atau freelancing, maka perlu diingat bahwa total pendapatan kamu akan memengaruhi manfaat pemerintah yang bisa kamu dapatkan. Aset bisnis asli seperti kendaraan atau properti yang disediakan semata-mata untuk pekerjaan kamu, dan uang yang disimpan di rekening bank bisnis terpisah, tidak akan dihitung.

8 Time Management Tips to Maximize Your Productivity at the New Job |  Makesbridge

Apa yang harus dicari saat mempekerjakan karyawan paruh waktu

Jika kamu ingin mempekerjakan karyawan paruh waktu, kamu memerlukan seseorang yang bisa fleksibel dengan jam kerja mereka.

Selain itu, kamu juga harus mengingat komitmen lain yang mungkin dimiliki kandidat, seperti pekerjaan sampingan atau proyek yang sedang berlangsung. Jika kamu tidak adil, kamu mungkin mendapati mereka menyerahkan pemberitahuannya dalam waktu yang tidak lama lagi!

Mempekerjakan karyawan paruh waktu adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengalaman dan mendukung kebutuhan perusahaan kamu tanpa membebani anggaran atau kemampuan SDM kamu .

Karyawan paruh waktu juga dapat meningkatkan kelincahan bisnis kamu, membantu kamu menanggapi beban kerja yang lebih berat pada waktu sibuk atau memperpanjang jam operasional bisnis kamu dengan meliput akhir pekan dan malam hari.

Sebelum kamu mulai merekrut untuk peran paruh waktu, kamu harus memberikan pertimbangan khusus pada jumlah jam mereka akan bekerja, apa peran pekerjaan itu dan bagaimana kamu akan mengkompensasi beban kerja ketika perekrutan paruh waktu kamu tidak tersedia. tidak masuk.

How To Advertise A Part Time Job | workingmums.co.uk

Keuntungan Mempekerjakan Karyawan Paruh Waktu

Banyak pemberi kerja mempekerjakan karyawan paruh waktu untuk mengurangi biaya tenaga kerja. Mereka dapat menghemat banyak dengan tidak menawarkan manfaat kepada staf paruh waktu. Untuk pemilik usaha kecil yang mempekerjakan karyawan pertama, memulai dengan staf paruh waktu kurang berisiko dalam hal komitmen keuangan.

Perusahaan lain mempertimbangkan untuk mempekerjakan karyawan paruh waktu untuk memperluas kemampuan mereka dalam merekrut karyawan yang memenuhi syarat. Misalnya, orang tua yang tinggal di rumah mungkin memiliki kualifikasi yang tepat yang dibutuhkan perusahaan, tetapi individu tersebut hanya tersedia untuk bekerja di luar rumah dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore.

Keuntungan lain dari mempekerjakan karyawan paruh waktu adalah bahwa perusahaan memiliki kesempatan untuk mencoba seorang karyawan sebelum berkomitmen untuk mempekerjakan mereka penuh waktu. Ini membantu pemberi kerja menilai kecocokan budaya, kecocokan pekerjaan, keterampilan, dan kemampuan individu untuk belajar dan berkontribusi.

Selain itu, tidak semua pekerjaan membutuhkan jasa karyawan penuh waktu, dan menggabungkan pekerjaan mungkin tidak sesuai dengan keahlian karyawan.

Jenis Pekerjaan Part Time

Hampir semua pekerjaan memiliki jalur part time yang dibuka untuk memenuhi kebutuhan. Kamu bisa mencari sesuai dengan kemampuan atau mencoba hal-hal yang baru. Berikut beberapa pekerjaan part time yang bisa kamu dapatkan, yaitu:

Oops! We could not locate your form.

Personal Assistant

Pernah dengar istilah personal assistant? personal assistant ini bertugas untuk membantu seseorang terkait dengan urusan bisnis maupun personalnya. Contoh seorang artis atau publik figur tertentu, memerlukan personal assistant untuk membantunya mengatur jadwal, memesankan tiket pesawat, atau apa pun sesuai kebutuhan artis atau publik figur tersebut. Lowongan kerja part-time personal assistant ini biasanya diumumkan melalui jejaring pribadi artis atau publik figur tersebut, misalnya media sosial instagramnya. Coba ikuti media sosial para artis atau publik figur, siapa tahu mereka membuka kesempatan kerja part time personal assistant!

Tutor atau Guru Les

Ini salah satu kerja part time yang banyak diambil oleh mahasiswa. Untuk tutor di beberapa kampus ada yang menyediakan layanan untuk menjadi tutor bagi junior yang masih di semester awal. Jika kamu cukup menguasai materi-materi perkuliahan, boleh dicoba untuk menjadi tutor, sekaligus bisa berbagi ilmu dan pengalaman selama kuliah kepada junior. Biasanya, akan ada bayaran tersendiri atau berupa beasiswa dan potongan SKS. Lumayan bukan? Uang yang seharusnya buat SKS bisa jadi tambahan uang jajan untuk beli barang idaman. Kerja part time menjadi guru les pun bukan hal yang sulit, berikan saja les mata pelajaran untuk anak-anak SD, SMP, dan SMA, yang materinya kan sudah pernah kamu lalui. Tentunya akan lebih mudah untuk mengajarkannya. Atau jika memiliki kemampuan bahasa asing, memberikan les bahasa asing bisa memberikan kamu tambahan uang lebih loh. Bisa melalui lembaga les tertentu atau kamu sendiri yang membuka jasanya.

Desainer

Buat kamu yang kuliahnya jurusan desain atau suka dan bisa mendesain, bisa dimanfaatkan juga loh. Misalnya, buka jasa untuk desain CV temanmu atau desain logo, kartu nama, dan website jika temanmu mau buka bisnis tertentu. Untuk awal mula kerja part time ini, kamu bisa buat sendiri logo dan profil diri sendiri sebagai portofolio yang nantinya bisa ditunjukkan kepada orang-orang lain, supaya mereka semakin yakin untuk menggunakan jasa desain kamu.

Waiter atau Barista

Di tahun ini, keberadaan coffee shop sedang menjadi trend, yang ternyata memberikan juga peluang untuk kamu sebagai mahasiswa untuk kerja part time loh! Untuk kerja part time ini, kamu bisa menjadi barista di tempat tersebut. Tugasnya adalah membuatkan makanan dan minuman, menyajikannya, sampai membersihkan toko. Biasanya, kerja part time di coffee shop akan dibayar dengan hitungan per jam, tapi harinya bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah atau sekolah kamu. Untuk penikmat kopi, bisa nih kerja part time di coffee shop.

Penulis Lepas

Banyak bisnis yang membuka lowongan kerja part time penulis lepas, bisa untuk website kecantikan, website karier, sampai website untuk co-working space. Karena nyatanya, masyarakat milenial sekarang lebih memilih mencari informasi tentang suatu hal melalui genggaman tangannya, dan melalui apa yang mereka lihat dan baca.

Fotografer

Setiap momen spesial tentunya ingin diabadikan untuk kenang-kenangan di masa yang akan datang. Dan sekarang semakin banyak orang yang memiliki platform media sosial untuk menunjukkan momen-momen pentingnya. Seiring dengan hal ini, banyak orang yang mulai membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan momen apa pun. Kerja part time fotografer bisa loh, dijadikan pilihan untuk kamu karena sekarang hampir semua kegiatan memerlukan jasa foto. Contoh pembukaan restoran baru yang memerlukan jasa fotografer untuk memotret menu-menunya, acara seminar, ulang tahun, sampai pernikahan bisa menjadi acara yang baik bagi yang ingin kerja part time fotografer. Kamu bisa membuka jasa sendiri atau bergabung dengan komunitas ataupun agensi penyedia jasa fotografer untuk kerja part time fotografer.

Penerjemah

Menguasai bahasa asing bisa memberikan kamu banyak keuntungan. Ada banyak konten berbahasa asing yang ternyata dibutuhkan dan memerlukan perantara penerjemah untuk bisa dimengerti. Contohnya, materi kuliah dari bahasa Inggris yang sulit dimengerti. Kamu bisa memanfaatkan ini dan menawarkan kepada teman-temanmu, bahwa kamu membuka jasa untuk menerjemahkan materi kuliah mereka.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pemandu Wisata

Kamu tinggal di daerah wisata yang banyak didatangi turis?  Kerja part time sebagai pemandu wisata bisa juga menjadi opsi yang menyenangkan untuk kamu lakukan. Memperkenalkan keindahan serta kuliner di daerahmu dan menceritakan budaya akan menjadi kerja part time yang sangat menyenangkan bagi kamu yang senang jalan-jalan dan berinteraksi. Kamu bisa mem-posting jasa kamu melalui website pribadi atau  media sosial kamu dengan menjelaskan keindahan daerah tempat kamu tinggal. Selain bisa jalan-jalan terus serta dibayar, kamu juga bisa mengasah kemampuan berbahasa loh, dengan cara berinteraksi dan belajar bahasa jika ada turis asing yang memakai jasa kerja part time pemandu wisatamu.

Keuntungan Kerja Part Time

Kamu telah paham tentang apa itu bekerja part time. Sekarang kamu harus mengetahui apa keuntungan dari kerja part time. Berikut penjelasannya!

Mendapatkan Upah

Manfaat ini tentu sudah kamu pahami. Karena pada dasarnya kamu bekerja untuk mendapatkan uang. Upah yang kamu terima biasanya diberikan setelah pekerjaan selesai atau dibayarkan bulanan dengan nominal sejumlah akumulasi dari pekerjaan yang ada kerjakan.

Mempelajari Hal yang Baru

Dalam beberapa hal, mungkin kamu bekerja di bidang yang tidak kamu kuasai. Tapi setelah beberapa kali mencoba, akhirnya kamu bisa mengerjakannya dengan baik. Dengan pekerjaan yang beraneka ragam, maka kamu akan menjadi orang yang serba bisa.

Mengasah Keahlian Sebelum Mendapatkan Pekerjaan Tetap

Satu hal yang membuat banyak sarjana tidak diterima bekerja, yaitu kurangnya keahlian yang dimiliki. Ya, benar sekali! Boleh jadi kamu memiliki IPK yang tinggi, tapi pengalaman kerja kamu rendah, maka tidak ada perusahaan yang mau menerima kamu. Misalnya, kamu jurusan Jurnalistik, cobalah mencari kerja di bidang kepenulisan. Biarkan kamu berkreasi dan merasakan dunia kerja meski hanya part time. Dalam beberapa bulan kamu akan tahu seperti apa dunia kerja yang asli. Jadi, jika kamu berpengalaman, pekerjaan tetap akan lebih mudah didapatkan.

Membuat kamu Pandai Mengatur Waktu

Sadar atau tidak, dengan bekerja part time kamu akan lebih menghargai waktu. Kamu akan semakin mudah mengatur waktu dan membuang kemalasan, hingga kamu menjadi lebih produktif. Karena di zaman yang serba modern ini, malas hanya akan membuat kamu jadi lupa waktu dan tidak mendapatkan apa-apa.

Memperbanyak Jaringan dan Kenalan

Jika kamu bekerja secara profesional meski hanya pekerjaan part time, maka semakin banyak klien yang akan percaya kepada kamu. Jumlah pekerjaan akan meningkat, hingga bisa jadi upah yang kamu dapat jauh lebih banyak dari pekerja kantoran. Selain itu, kenalan kamu akan semakin bertambah banyak.

Kekurangan Kerja Part Time

Nah, selain keuntungan dari kerja part time ternyata pekerjaan ini memiiki kekurangannya juga loh. Berikut kekurangan kerja part time, yaitu:

Tidak Ada Perlindungan Terhadap Pekerja

Seorang memiliki tipe pekerjaan seperti ini tidak memiliki perlindungan yang baik terhadap penipuan. Artinya, jika ada klien yang tidak membayar dan kabur setelah pekerjaan selesai, maka kamu tidak bisa apa-apa. Apalagi jika mereka tidak mencantumkan alamat lengkap. Jadi jangan sampai apa yang kamu kerjakan tidak dihargai.

Disepelekan dan Dianggap Tidak Profesional

Banyak orang beranggapan jika seorang pekerja part time adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan unggul. Akhirnya banyak yang menyepelekan. Padahal bisa jadi kemampuan kamu berada di atas rata-rata dan jauh profesional dalam bekerja dibandingkan mereka yang berada di kantor dan bekerja dari pagi hingga malam.

Kadang Bayaran Tidak Sesuai

Meski memiliki kemampuan yang bisa dibilang bagus, namun seorang yang memiliki tipe pekerjaan seperti ini banyak tidak dihargai. Mereka biasanya dibayar tidak sesuai dengan upah standar. Padahal apa yang dikerjakan sama bagusnya dengan pekerja tetap, bahkan lebih dari itu.

Tidak Ada Jenjang Karier yang Jelas

Kamu bekerja tanpa memiliki kontrak dengan lembaga atau perusahaan apapun. Jadi jenjang karier pasti tidak ada.

Sebagai pekerja part time kamu memiliki waktu bekerja yang berbeda-beda. Untuk itu disebuah perusahaan dibutuhkan laporan absensi atau kehadiran semua karyawan full time maupun part time. JojoTimes dapat memantau kehadiran karyawan sebuah perusahaan di mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan. Karyawan dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini dapat memastikan bahwa karyawan benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya. Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan.