13 Jenis Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu-Kamu yang Introvert

Introvert merupakan salah satu tipe kepribadian yang dipopulerkan oleh Carl Jung. Ia membagi beberapa tipe kepribadian menjadi 4 macam, salah satunya adalah introvert ini.

Seseorang dengan tipe kepribadian ini secara umum terlihat lebih senang menyendiri. Tidak seperti orang ekstrovert yang justru melakukan hal sebaliknya. Orang dengan tipe introvert akan merasa harus mengeluarkan banyak energi saat bersosialisasi.

Biasanya, seorang introvert ketika berada di tempat banyak orang dia merasa tidak nyaman dan cenderung meninggalkan lokasi itu. Mereka cepat merasa lelah jika di keramaian, dan butuh memulihkan tenaga dengan menyendiri.

  • Ratusan perusahaan menggunakan Jojonomic untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari dan meningkatkan kinerja karyawan.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dan di artikel berikut ini akan dibahas 13 jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu-kamu yang introvert loh… Simak yuk bareng-bareng artikel ini!

Ahli Ekonomi

Ahli ekonomi atau yang lebih kita kenal sebagai pakar identik dengan membicarakan hal-hal finansial. Bahkan gak jarang mereka ini menjadi pakar ekonomi pribadi seorang pengusaha. Seperti mengatur keuangan mereka, apa saja keperluan yang perlu dan ngga perlu.

Bukan cuma itu saja, pakar ekonomi juga bertugas meneliti, menyiapkan laporan dan memberikan solusi terhadap pelbagai masalah ekonomi. Baik dari proses produksi hingga distribusi suatu produk atau jasa. Selain itu, mereka juga setiap harinya memantau perkembangan ekonomi negara termasuk nilai mata uang.

Dengan gaji sebesar Rp 1,4 miliar, menjadi seorang pakar ekonomi menjadi pekerjaan yang diidam-idamkan oleh orang introvert. Akan tetapi nilai sebesar itu berlaku di luar negeri. Berbeda hal dengan kondisi di Indonesia. Mungkin senilai puluhan sampai ratusan juta rupiah per bulan.

Ahli Astronomi

Astronomi merupakan cabang ilmu alam yang meneliti benda langit (seperti bintang, planet, komet, dll). Serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik).

Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit seperti asal usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

Mengamati tata surya atau bintang tentunya sangat menyenangkan. Apalagi jika kamu bukan hanya mengamati saja, tetapi juga digaji besar. Di Amerika sendiri, ahli astronomi digaji sebesar Rp 1,36 miliar lho.

Ahli astronomi juga bertugas untuk mengobservasi, meneliti serta membuat laporan tentang ilmu perbintangan untuk bisa dipelajari kembali. Pekerjaan yang tidak membutuhkan energi bercakap-cakap terlalu banyak ini pas banget buat kamu si introvert.

Website Administrator

Kalau kamu berpikir siapa sih yang membuat website ternama, atau situs pemerintah, nah ini dia. Website administrator merupakan salah satu pekerjaan cukup diminati di negara maju lho. Pasalnya mereka akan digaji sebesar USD 85,240 atau setara dengan Rp 1,1 miliar.

Tentu jenis pekerjaan ini menjadi incaran introvert. Karena pekerjaannya meliputi tanggung jawab untuk mengelola, memaintance, mendesain, mengembangkan hingga memperbaiki pelbagai kerusakan yang terjadi di website tertentu.

Pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan keamanan data ini biasanya jarang digaji kecil. Di Indonesia sendiri mungkin bernilai ratusan juta rupiah jika memang kamu sudah jago banget.

Ahli Statistika

Statistik menjadi ilmu yang dipelajari saat kuliah. Meski demikian ada sekolah tinggi khususnya sendiri di Jakarta. Ngga heran untuk masuk ke sekolah ini cukup susah, karena setelah lulus kamu sudah bisa bekerja di Badan Pusat Statistik.

Kalau di Amerika sendiri, menjadi seorang ahli statistik akan digaji sebesar USD 80,110 atau setara dengan Rp 1,05 miliar. Wah gak cuma ngitungin angka-angka aja, tetapi kamu juga bakalan digaji dengan angka cukup fantastis.

Tugas ahli statistik disini berusaha mengembangkan atau menerapkan teori dan metode matematika untuk disimpulkan menjadi data numerik. Setelah itu baru bisa diinformasikan ke masyarakat. Walau beberapa penelitian membutuhkan koresponden, ahli statistika tidak banyak berinteraksi dengan orang lain.

Penulis

Ada yang bilang menjadi penulis tidak bisa menjadi kaya. Mungkin itu benar kalau kamu tidak memiliki keahlian spesifik di bidang tulisan tersebut. Nyatanya kalau tulisanmu bisa dipertanggung jawabkan kamu bisa meraih penghasilan cukup besar lho.

Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Kamu tinggal pilih menguasai bidang apa, esai, puisi, novel, lirik lagu, atau bahkan sajak sekalipun. Jika sudah profesional kamu bisa menulis pelbagai hal dan meraih puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Gak cuma itu saja, banyak lomba-lomba yang ditujukan untuk penulis-penulis di Indonesia dengan hadiah uang puluhan juta. Asal kamu jeli melihat peluang yang ada dan jangan takut ikut berkompetisi.

Peneliti Geologi

Pekerjaan ini mungkin masih asing di telinga kamu. Ya benar, peneliti geologi sendiri masih dikatakan pekerjaan baru. Tugasnya menguji dan menganalisa pelbagai kondisi geologis. Diantaranya minyak bumi, aneka tambang, seperti mineral, batu bara, gas bumi maupun belerang.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Meski tidak banyak melakukan interaksi, pekerjaan seperti ini dikatakan cukup berat lho. Kamu akan berurusan dengan aroma kurang sedap dari alam demi menganalisa dan menginformasikannya kepada khalayak.

Di Amerika sendiri gaji pekerjaan ini mencapai Rp 729 juta. Kalau di Indonesia sendiri masih belum ada data resmi berapa yang bakalan kamu dapat jika berprofesi di bidang ini.

Fotografer

Umumnya, introvert akan lebih perhatian pada detail dan punya cara pandang yang lebih tajam dibanding orang lain. Perspektif unik tersebut bisa menjadi bekal untuk menjadi seorang fotografer andal yang bisa menghasilkan foto keren dari angle berbeda. Sebagai fotografer, kamu bisa bekerja secara independen maupun untuk sebuah perusahaan.

Pilot

Sebagai pilot, biasanya saat bekerja kamu hanya butuh komunikasi yang jelas dengan co-pilot dan awak kabin, serta petugas Air Traffic Controller di menara pengawas pesawat. Selebihnya, you’re entirely in control.

Menjadi pilot berarti kesempatan untuk pergi ke banyak lokasi atau negara, bertemu dengan orang baru, sekaligus memiliki waktu untuk diri sendiri. Saat ini pun, pilot perempuan bukan lagi hal yang aneh, termasuk di Indonesia.

Paralegal

Untuk yang tertarik pada hukum, selain pengacara kamu pun bisa berkarier sebagai paralegal. Secara umum, paralegal adalah profesi yang tugasnya membantu pengacara dalam pekerjaannya di sebuah firma hukum atau departemen legal di sebuah perusahaan. Namun paralegal itu sendiri bukanlah pengacara.

Tugas seorang paralegal umumnya adalah menjalankan administratif, mengorganisasi berkas, melakukan riset hukum, dan menyiapkan dokumen. Meski pada umumnya paralegal bukan merupakan sarjana berlatar pendidikan tinggi hukum, namun bisa saja seorang sarjana hukum menjadi paralegal.

Teknisi laboratorium

Seorang teknisi lab umumnya bekerja di balik layar dengan cara menganalisa hasil tes di sebuah fasilitas kesehatan atau laboratorium. Sebagai pekerjaan yang butuh presisi dan hasil diagnosa yang tepat, dibutuhkan suasana kerja yang tenang, which is great for the introvert.

Penerjemah

Jika kamu menguasai bahasa asing, kamu bisa bekerja sebagai penerjemah yang jasanya dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen tertulis dari satu bahasa ke bahasa lain. Mayoritas penerjemah bekerja secara lepas dan bekerja untuk berbagai proyek untuk klien dari berbagai latar belakang.

Dengan semakin terbukanya kerjasama dengan negara lain dan kesempatan karier yang semakin global, diperkirakan jasa penerjemah akan semakin laris dicari.

Market Research Analyst

Profesi yang berkutat pada data ini membutuhkan kemampuan mencari dan menganalisa informasi tentang keadaan pasar untuk mecari tahu potensi penjualan sebuah produk atau jasa.

Kamu tetap harus menyiapkan dan mempresentasikan laporan tersebut di hadapan direksi, namun most of the time, ini adalah pekerjaan yang dilakukan secara independen di depan komputer.

Social Media Manager

Terlepas dari kata “social” yang menempel di profesi ini, namun sebetulnya mengurus social media adalah pekerjaan yang lebih banyak dilakukan seorang diri dari balik layar. Tugas utama seorang social media manager umumnya adalah membuat konten dan meng-handle segala kegiatan sebuah brand di platform online.

Umumnya social media manager akan bekerja dengan beberapa kolega dalam satu perusahaan, sementara ada juga beberapa social media manager yang bekerja dengan lebih fleksibel dan tidak harus ke kantor. Yang pasti, social media manager akan lebih banyak menghabiskan waktu dan berkomunikasi secara online dibanding tatap muka langsung.

JojoPayrolNah, kita sudah bahas nih jenis-jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert. Kalau begitu ada info penting lagi nih buat kamu yang bekerja sebagai HRD di perusahaan-perusahaan kamu. Ada loh software HR terbaik di Indonesia yang bisa membantu kinerja HRD di perusahaan kamu. Adalah aplikasi dari Jojonomic yang salah satunya adalah JojoPayroll. JojoPayroll adalah aplikasi software HR yang membantu penggajian online. JojoPayroll ini sudah terintegrasi dengan PPH21, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan. Jadinya para HRD sudah tidak perlu lagi menghitung manual dengan excel. Bila ingin mencoba demonya secara gratis bisa diklik link ini JojoPayroll.