Peluang Usaha Saat Pandemi yang Menguntungkan dan Menjanjikan

peluang usaha saat pandemi

Pandemi Covid 19 bukan hanya menjadi cambuk bagi negara-negara di seluruh dunia, melainkan juga menjadi penyebab merosotnya perekonomian di beberapa sektor industri. Bahkan akibat dari Pandemi ini tak sedikit pula karyawan yang terpaksa di rumahkan akibat menurunnya daya jual perusahaan. Namun hal ini justru dijadikan alasan para pembisnis untuk melihat peluang usaha saat pandemi yang cocok untuk meningkatkan perekonomian kembali.

Menjalankan usaha di era Covid 19 tentu tak sama seperti era-era sebelumnya. Dimana dibutuhkan kesiapan khusus dengan pemilihan jenis usaha yang harus disesuaikan dengan kondisi saat ini. Meski di beberapa wilayah masih diberlakukan aturan PSBB. Namun hal itu tidak menyurutkan niat para pelaku usaha untuk memulai mengembangkan usaha-usaha baru di tengah masa Pandemi.

Apa saja usaha baru yang cocok di masa Pandemi Covid 19? Berikut ide peluang usaha saat Pandemi yang cocok dijalankan:

#1. Usaha Pembuatan Masker Kain

Di masa Pandemi masker manjadi barang wajib yang harus dikenakan, baik saat berada di area publik ataupun di dalam ruangan yang melibatkan interaksi sesama manusia. Meningkatnya kebutuhan masker yang terus melambung, hal ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjian di era Pandemi Covid 19. Anda bisa membuka usaha pembuatan masker kain at home yang sesuai protokol kesehatan.

Selain menjanjikan, bisnis rumahan ini juga bisa Anda jalankan sendiri. Terutama untuk Anda yang memiliki keahlian di bidang menjahit. Anda tidak perlu membayar karyawan sehingga modal yang diperlukan pun juga tidak terlalu besar.

#2. Menjual Produk Hand Senitizer

Selain masker, produk kesehatan seperti hand senitizer juga menjadi barang langka saat pandemi. Meski saat ini sudah lebih mudah ditemui, namun tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis penjualan produk hand senitizer. Anda bisa memproduksi hand senitizer buatan sendiri sesuai komposisi yang telah ditetapkan. Bisnis ini cukup menjanjikan mengingat produk hand senitizer yang terus dibutuhkan.

#3. Usaha Food & Baverage

peluang usaha saat pandemi

Usaha food and baverage menjadi usaha yang tetap hidup meski di era Pandemi Covid 19. Meskipun di suatu negara mengalami penurunan ekomoni akibat krisis, namun kebutuhan masyarakat akan pasokan makanan dan minuman pun tidak bisa dihindarkan. Usaha ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin memulai bisnis baru di masa Pandemi.

Tak perlu langsung membuka usaha yang besar, Anda bisa memulainya dari usaha berjualan makanan yang paling banyak dibutuhkan, misalnya seperti makanan pagi atau sarapan, makanan ringan atau cemilan, minuman sehat, dan lain-lain.

#4. Membuka Toko Kebutuhan Bahan Pokok

Di masa Pandemi pun kebutuhan bahan pokok seperti beras, sayur, dan lain-lain tetap jadi yang utama. Dimana masyarakat tetap membutuhkan bahan-bahan tersebut untuk keberlangsungan hidupnya. Melihat potensi ini, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Dari segi modal pun juga relatif kecil, Anda bisa berjualan bahan sembako yang selalu dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

#5. Usaha Pembuatan APD Unik

peluang usaha saat pandemi

Di bidang kesehatan, APD atau alat pelindung diri menjadi barang wajib yang harus dikenakan oleh para tenaga kesehatan. Hal itu tentu saja bisa menjadi peluang usaha untuk Anda yang ingin merintis bisnis baru di masa Pandemi. Jika Anda merupakan seorang desainer pakaian, Anda bisa membuat APD unik yang berbeda dari APD standar yang digunakan oleh tenaga kesehatan.

APD yang unik tentu saja akan lebih menarik untuk digunakan. Anda bisa merancang pembuatan APD dengan motif yang beragam, jadi saat digunakan pun APD jauh lebih berkesan yang membuat para pasien jadi tidak takut untuk pergi ke dokter. Selain bermanfaat, bisnis ini juga bisa jadi pilihan usaha yang menguntungkan di masa Pandemi Covid 19.

#6. Affiliate Marketing Online

Jika Anda merupakan karyawan yang harus di rumahkan sementara akibat Pandemi Covid 19, menjalankan bisnis afiliasi atau affiliate marketing online sepertinya pas untuk dilakukan. Selain mudah dan menjanjikan, bisnis ini juga tidak mengharuskan Anda untuk menyetok barang di rumah. Anda bisa mendapatkan komisi dari hasil jualan yang Anda lakukan.

Lalu, barangnya didapat dari mana? Untuk barang Anda bisa dapatkan dari marchent atau perusahaan yang bekerjasama dengan Anda. Intinya, Anda tinggal mempromosikan sebuah barang atau jasa orang lain untuk dijual kepada konsumen.

#7.  Bisnis Di bidang Digital

Bisnis di bidang digital juga bisa menjadi pilihan usaha saat masa Pandemi. Jika Anda memiliki keahlian khusus seperti desain grafis, penerjemah bahasa, penulis konten, pembuat website, atau yang lainnya. Maka hal itu bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa membuka jasa di bidang digital sesuai keahlian yang dimiliBisnis Jasa Pengiriman

#8.  Layanan Jasa Pengiriman

Karena selalu disarankan untuk tetap di rumah selama pandemi, perusahaan pengiriman melihat pertumbuhan yang luar biasa selama periode ini. Permintaan untuk layanan pengiriman menjadi tinggi karena orang akan berbelanja dari rumah alih-alih keluar. Dan perusahaan pengiriman akan dipanggil oleh bisnis untuk mengirimkan barang.

Jadi, jika Anda ingin menjalankan bisnis yang tidak akan terpengaruh oleh pandemi, perusahaan pengiriman harus ada di daftar teratas Anda untuk dipertimbangkan. Bisnis ini akan terus berjalan baik di saat baik maupun buruk. Ini karena banyak bisnis membutuhkan jasa pengiriman hampir setiap saat.

#9.  Bimbingan Online

Selama pandemi, sekolah dan pusat pendidikan lainnya ditutup. Jadi, apa artinya ini? Banyak orang tua akan mencari tutor online untuk membantu lingkungan mereka.

Jika Anda seorang guru yang populer, Anda dapat memulai situs bimbingan online Anda sendiri dan memberi tahu siswa Anda dan orang tua mereka tentang peluang yang Anda tawarkan untuk membuat siswa Anda tetap terlibat selama penguncian.

Ada banyak situs bimbingan belajar online yang memungkinkan guru yang memenuhi syarat untuk mendaftar dan siswa yang terdaftar di bawah mereka.

Jadi jangan buang waktu Anda untuk makan, tidur, dan bermain game selama pandemi. Anda dapat menghasilkan uang dari hasrat Anda untuk mengajar saat di rumah.

#10.  Layanan Kebersihan

Kebersihan adalah prioritas utama selama pandemi. Dalam periode inilah perusahaan pembersih mengalami peningkatan penjualan dan pelanggan. Perusahaan pembersih profesional yang membersihkan kantor, rumah, rumah sakit, dan properti komersial sangat diminati selama pandemi.

Sebagian besar rumah akan lebih suka menyewa jasa perusahaan pembersih profesional untuk melakukan pembersihan daripada melakukannya sendiri. Dan ketika perusahaan pembersih melakukan pekerjaan pembersihan mendalam yang hebat, mereka akan dipertahankan oleh klien selama mereka terus melakukan pekerjaan mereka.

#11.  Layanan Pengantar Makanan

Ini adalah salah satu bisnis yang akan berkembang selama pandemi. Karena orang-orang terpaksa tinggal di dalam rumah dan beberapa terlalu malas untuk memasak sepanjang waktu, permintaan untuk menyiapkan makanan dan layanan pengiriman akan meningkat.

Ini juga fakta bahwa tidak semua orang suka memasak. Banyak yang menganggap memasak sebagai tantangan. Dan mereka lebih suka memanggil layanan perusahaan persiapan dan pengiriman makanan untuk menyelamatkan. Inilah mengapa bisnis ini akan berhasil saat terjadi pandemi.

#12.  Layanan Freelance

Saat berada di rumah selama pandemi, Anda dapat mendaftar dengan situs freelance seperti Upwork, Freelancer, dan Fiverr dan mulai bekerja dari rumah. Apakah Anda seorang desainer grafis yang baik, penulis konten , desainer web, atau bahkan ahli dalam sulih suara, maka Anda tidak boleh membuang waktu menunggu pandemi berakhir untuk kembali bekerja.

Ada banyak sekali pekerjaan yang tersedia di situs-situs yang disebutkan di atas. Yang harus Anda lakukan adalah mendaftar, membuat contoh karya Anda sebelumnya, memberi tanda air, dan membagikannya di profil Anda. Ketika Anda mendapatkan pesanan pertama Anda, lakukan pekerjaan yang sangat sempurna, dan kirimkan tepat waktu. Kemudian dorong pembeli untuk memberi Anda peringkat yang baik jika mereka puas dengan pekerjaan itu. Itu akan menjadi awal dari kisah sukses Anda.

#13.  Layanan Perusahaan Fitness

Karena banyak pusat kebugaran ditutup selama pandemi, keluarga akan mencari cara untuk membeli peralatan kebugaran favorit mereka dan mengirimkannya ke rumah sehingga mereka dapat melanjutkan latihan kebugaran dari kenyamanan rumah mereka.

Jadi, selama penguncian, perusahaan peralatan kebugaran menerima banyak panggilan untuk pesanan. Orang pasti ingin memesan matras Yoga, lompat tali, treadmill, dan peralatan fitnes lainnya sehingga bisa digunakan untuk berolahraga di rumah.

#14.  Layanan Perusahaan Fitness

Ketika Anda tidak bisa keluar untuk bersenang-senang dengan teman dan anggota keluarga dan Anda merasa bosan, apa yang Anda lakukan? Saya yakin Anda beralih ke Facebook, Instagram, Snapchat, atau situs jejaring sosial apa pun, bukan?

Situs jejaring sosial pasti akan mengalami banyak lalu lintas dan pelanggan baru di platform mereka.

Karena orang-orang tidak dapat melihat teman dan anggota keluarganya, mereka akan online untuk tetap berhubungan. Beberapa mungkin ingin mencoba platform baru untuk melihat apakah mereka menyukainya dan terhubung dengan teman baru.

Mengubah Peluang menjadi Keuntungan Peluang Usaha Saat Pandemi

Bisnis pertama yang ingin saya soroti adalah layanan kebersihan ritel. Sejauh ini, perusahaan mengalami booming klien tetapi dapat melihat peluang untuk memperluas penawarannya dalam hal layanan sanitasi. 

Ini segera mulai menawarkan layanan sanitasi rak dan toko serta sanitasi gerobak. Dan berharap untuk terus menawarkan layanan ini tidak hanya dalam beberapa bulan ke depan, tetapi juga di masa mendatang. Banyak bisnis hanya memikirkan ini sebagai hal sementara; namun, Anda sekarang dapat kembali ke pelanggan Anda dan menjelaskan bahwa ini sekarang adalah hal normal baru. Ini adalah ekspektasi standar baru bagi pelanggan Anda. Sungguh cara yang bagus untuk mengambil dorongan sementara dan mengomunikasikan serta menggunakannya sebagai kesempatan untuk menjadikannya dorongan permanen bagi bisnis.

Sekarang waktunya Peluang Usaha Saat Pandemi

Hal lain yang kami dengar berkali-kali dari pemilik bisnis, adalah bahwa mereka sekarang punya waktu untuk menyelesaikan proyek yang telah mereka tunda beberapa lama. Mungkin ini adalah perbaikan situs web, atau menyusun sistem dan proses Anda. Ketika segala sesuatunya melambat sementara, Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan dan menyempurnakan sistem Anda dan melakukan beberapa pelatihan secara internal di bidang-bidang yang perlu dilatih silang. Atau, bagi banyak orang di industri restoran, kali ini berarti kesempatan untuk mencoba penawaran produk baru seperti “makanan siap saji”. Cara kita berbisnis kemungkinan akan berubah di bulan-bulan mendatang, tetapi jika Anda mencari cara untuk tetap relevan dan bertemu pelanggan di mana mereka berada, Anda akan menjadi yang terdepan.

Contoh lain adalah perusahaan yang melakukan terapi okupasi untuk distrik sekolah. Nah, sekolah tutup. Sebagian besar sesi perusahaan diadakan di halaman sekolah, yang membuatnya sulit untuk memberikan terapi wicara dan hal-hal lain kepada kliennya. Jadi itu mengubah modelnya dan mulai menawarkan layanan jarak jauh kepada anak-anak yang bekerja dengannya, sehingga distrik sekolah masih dapat memberikan layanan ini kepada siswa mereka bahkan saat pembelajaran jarak jauh.

Memanfaatkan Remote Peluang Usaha saat Pandemi

Contoh lain adalah firma hukum yang mengambil kesempatan untuk membuka beberapa kantor satelit di negara bagiannya untuk membantu dalam bidang layanan hukumnya. Apa yang disadari adalah, sekarang lebih dari sebelumnya, orang jauh lebih bersedia – tidak hanya klien individu, tetapi juga pengadilan – untuk melakukan lebih banyak dan lebih banyak pertemuan berbasis video, yang memungkinkan mereka untuk menghemat biaya overhead dan memusatkan hukum mereka. staf, sehingga memungkinkan mereka untuk tetap melayani seluruh negara bagian.

Merekrut dan Mencari Peluang Usaha Saat Pandemi

Hal lain yang saya lihat banyak menjadi fokus pemilik bisnis selama ini: perekrutan. Apakah ada bakat di pasar yang akhirnya bisa Anda rekrut yang tidak pernah Anda bisa sebelumnya? Apakah ada pelanggan yang bisa Anda kejar sekarang yang tidak akan pernah terbuka, tetapi sekarang mungkin menerima telepon Anda? Sekarang saatnya.

Ingin Memulai Bisnis di Era Pandemi? Simak Dulu Strateginya Agar Bisnis Anda Tak Gulung Tikar

Meski banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan, namun memulai bisnis di era pandemi tentu tak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan strategi khusus agar bisnis yang Anda miliki tidak gulung tikat dan mampu berkembang kedepannya. Berikut beberapa strategi penjalankan bisnis saat Pandemi Covid 19:

Analisis peluang usaha yang ingin dijalankan

Penganalisisan peluang usaha saat pandemi memang penting untuk dilakukan. Anda harus jeli melihat kebutuhan masyarakat terutama saat Pandemi seperti ini. Jika di masa Pandemi orang lebih banyak melakukan aktivitasnya di rumah, maka Anda bisa mencoba bisnis-bisnis yang tidak mengharuskan konsumen datang atau berbelanja langsung. Misalnya saja berjualan makanan dengan sistem COD, jual barang-barang sembako secara online, dan lain-lain.

Buat target bisnis dengan jelas

Selain analisis peluang, Anda juga perlu membuat target bisnis dengan jelas. Tidak mungkinkan untuk menargerkan bisnis Anda ke semua orang. Anda harus memiliki target konsumen yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Misal Anda ingin membuat usaha pembuatan APD, tentu target yang harus disasar adalah tenaga medis baik itu dokter, perawat, bidan, apoteker, dan yang lainnya.

Manfaatkan keberadaan internet

Saat ini keberadaan internet bisa menjadi modal untuk memulai sekaligus mengembangkan bisnis secara mudah dan cepat. Internet bisa menjadi media promosi paling efektif untuk bisnis-bisnis baru. Dengan internet konsumen lebih mudah mengetahui produk yang Anda jual.

Memulai usaha di masa Pandemi tentu bukan urusan yang mudah. Namun hal itu bukan menjadi penghalang untuk memulai sesuatu yang baru yang menguntungkan. Bersama JojoExpence, Anda bisa memulai mengembangkan bisnis dengan solusi manajemen perusahaan yang lebih fleksibel. Memudahkan pengelolaan manajemen keuangan dengan pemantauan secara real-time dan akurat. Lebih hemat waktu terutama dalam pembuatan laporan pengeluaraan secara otomatis. Anda juga bisa membuat peraturan budget yang sesuai sehingga bisnis yang dimulai pun tidak akan carut marut.

Jojo Expense

Kini memulai bisnis di masa Pandemi menjadi solusi untuk Anda dalam meningkatkan pemasukan secara lebih baik. Dengan menggunakan JojoExpence, maka semua urusan bisa Anda kerjakan melalui satu aplikasi digital.