Strategi Pemasaran Digital Marketing Yang Dapat Dicoba

Strategi Pemasaran Digital Marketing Yang Dapat Dicoba — Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran Anda, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb). Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada Anda.

Digital marketers (pemasar digital) terbaik adalah yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya. Bergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, digital marketer dapat membuat kampanye yang lebih besar melalui media gratis ataupun berbayar yang dia miliki.

Misalnya, seorang content marketer (pembuat konten) biasanya dapat membuat serangkaian postingan blog yang berfungsi untuk mengajak. Social media marketer (pengelola sosial media) berfungsi membantu mempromosikan postingan blog melalui pos berbayar dan organik (tidak berbayar) di akun media sosial. Tugas email marketer adalah membuat email campaign untuk dikirimkan kepada calon customer agar tertarik dengan penawaran yang ditawarkan.

Pengertian Pemasaran Digital (Digial Marketing) Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, digital marketing memiliki pengertian tersendiri. Berikut diantaranya:

Chaffey (2002:14)

Digital marketing merupakan penerapan teknologi digital yang berbentuk online ke pasar seperti website, email, data base, TV dan berbagai media lainnya guna memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran.

Urban (2004:2)

Digital marketing merupakan penggunaan internet dan teknologi informasi dengan tujuan memperluas dan meningkatkan fungsi marketing yang mulanya tradisional menjadi modern. Pengertian ini berfokus pada seluruh marketing tradisional.

Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009:47)

Digital marketing merupakan kegiatan branding yang menggunakan berbagai media berbasis web, jejaring sosial dan lain sebagainya yang tidak hanya berisi tentang internet marketing.

Kleindl & Burrow (2005)

Digital marketing merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan dari suatu ide, pemikiran, konsep, harga, promosi serta distribusi guna pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dengan konsumennya.

Coviello, Milley And Marcolin (2001:26)

Digital marketing merupakan penggunaan internet dan teknologi interaktif lain dengan tujuan membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang sudah terindentifikasi.

Heidrick & Struggless (2009:1)

Digital marketing merupakan perkembangan dari digital marketing melalui telepon genggam, web dan perangkat lainnya yang menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh. Heidrick dan struggles juga mengatakan bahwa kenapa tidak semua marketer di seluruh asia mengalihkan penggunaan budget marketing dari tradisional menjadi modern ke arah teknlogi baru yang lebih interaktif.

Perkembangan Pemasaran Digital Di Indonesia

Strategi Pemasaran Digital Marketing Yang Dapat Dicoba — Seiring perkembangan teknologi digital yang sangat cepat maka digital marketing pun ikut berkembang dengan pesat. Dulu di era 90-an dan pada awal tahun 2000-an ada trend yang cukup berkembang yaitu blogging.

Dahulu ada salah satu tokoh terkenal bernama Anne Ahira yang sempat ramai dengan isu penipuan. Namun, nyatanya Anne Ahira mampu membangun sekolah internet marketing online yang bernama AsianBrain.com. Tidak hanya itu saja, bahkan di tahun 2007, Anne Ahira diundang pemerintah untuk mewakili Indonesia sebagai pembicara dalam forum APEC.

Kemudian sosial media dan chatting online terus berkembang dan muncul berbagai sosial media yang meramaikan jagat maya. Pada saat bersamaan, digital marketingpun ikut turut berkembang ketika penggunaan sosial media meluncurkan layanan iklan seperti twitter ads dan facebook ads. Dan pada saat ini disruptive teknologi pun berjalan. Kejayaan televisi dan radio yang awalnya menjadi pusat perhatian semakin tergeser dengan adanya kemajuan ini.

Sejak akhir tahun 2019, sosial media ads audience memiliki jumlah yang cukup tinggi. Kemudian disusul dengan facebook dan kemudian instagram. Namun, kondisi ini selalu memunculkan potensi dan tantangan dalam pertumbuhan digitak marketing yang mampu menjangkau jumlah audience yang tinggi.

Namun, disisi lain tinggi pula kompetisi dan persaingan digital marketing menjadikan audience semakin jenuh dengan iklan yang itu-itu saja. Untuk itu, konten dan strategi marketing harus lebih kreatif lagi yang mampu mensukseskan aktivitas digital marketing di Indonesia.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Strategi Pemasaran Digital

Strategi digital marketing merupakan strategi yang digunakan pelaku bisnis dalam memaksimalkan aktivitas digital marketingnya. Tentu setiap perusahaan memiliki strategi digital marketing yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan serta tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Berikut merupakan strategi digital marketing pada umumnya.

Digital Assets Develompment

Strategi pertama adalah menyiapkan identitas digital guna membangun website dan menyiapkan akun sosial media seperti facebook, instagram, youtube dsb.

Optimasi dan iklan

Guna meningkatkan kunjungan maka bisa dilakukan dengan optimasi SEO (Search Engine Optimization) dalam artikel, melakukan pemasangan iklan melalui google adsense dll.

Sosial media

Strategi dengan mengupayakan peningkatan interaksi dengan antar pengguna sosial media dengan cara menyiapkan dan mempublikasikan konten yang menarik. Tidak hanya itu saja, optimasi bisa juga dilakukan dengan cara beriklan di sosial media.

Email marketing

Email merupakan alat komunikasi digital yang dikenal cukup kuno. Namun nyatanya email masih memiliki potensi peningkatan sales dalam sebuah bisnis. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa semua pengguna smartphone tentu wajib memiliki akun email untuk bisa menggunakan berbagai fitur smartphone dengan maksimal. Kondisi ini menjadi potensi yang bagus jika dapat dimanfaatkan dengan baik.

Cara Memulai Pemasaran Digital

Strategi Pemasaran Digital Marketing Yang Dapat Dicoba — Setelah mengetahui berbagai konsep dasar dari digital marketing tentu pelaku bisnis tertarik untuk mencobanya. Lantas bagaimana cara memulai digita l marketing? Untuk memulai digital marketing ada beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu:

  • Pertama-tama siapkan alat yang akan digunakan untuk melakukan pemasaran seperti akun media sosial, identitas produk, review pelanggan, website dan berbagai hal lainnya. Langkah pertama ini menjadi aset pertama bagi pelaku bisnis sehingga perhatikanlah dengan baik.
  • Kedua, siapkan konten yang menari terkait produk yang ingin dijual. Pastikan buat konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten yang diunggah dapat berupa foto, video atau tulisan. Kemudian pastikan Anda menentukan target pemasaran dan sesuaikan dengan konten.
  • Ketiga persiapkan untuk mengunggah artikel, foto atau video kemudian lakukan evaluasi dari setiap unggahan di sosial media yang dimiliki. Dan lakukan evaluasi mana yang memberikan feedback bagus dan fokuslah dengan aset yang memberikan feedback baik bagi bisnis.
  • Keempat, bergabunglah dalam forum marketplace public dan usahakan profil bisnis sudah bagis karena akan berpengaruh pada citra brand bagi setiap pelanggan yang berkunjung ke profil bisnis.

Kelebihan Pemasaran Digital

Strategi Pemasaran Digital Marketing Yang Dapat Dicoba — Saat ini sudah banyak digital marketing yang sudah dipakai perusahaan-perusahaan. Hal ini tentu membuktikan bahwa digital marketing memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang diperoleh. Berikut merupakan kelebihan digital marketing dibandingkan dengan dengan pemasaran secara konvensional.

Penyebaran yang begitu cepat

Pemasaran dengan digital marketing dinilai sangat mudah dan cepat bahkan hanya dalam hitungan detik. Selain itu digital marketing juga lebih mudah diukur secara realtime.

Pengavaluasian yang begitu mudah

Dengan media online yang digunakan untuk pemasaran, maka hasil kegiatan pemasaran lebih mudah diketahui baik dari berapa banyak produk Anda dilihat, disukai, ditonton dan berapa persen penjualan yang telah dicapai dari setiap produk.

Jangkauan yang lebih luas

Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, digital marketing lebih mampu menjangkau luas ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah dan memanfaatkan internet.

Meminimalisir biaya operasional

Dengan digital marketing maka perusahaan bisa meminimalisir biaya operasional perusahaan khususnya dalam hal pemasaran. Bisa dibilang digital marketing menghemat 40% biaya pemasaran. Sehingga digital marketing dinilai sangat efektif.

Membangun brand

Digital marketing dinilai mampu membangun brand dengan baik. Memang tidak bisa dipungkiri, eksistensinya dalam dunia maya memudahkan orang lain menemukan brand Anda.

Berikut ini ulasan singkat tentang beberapa taktik pemasaran digital yang cukup umum dan media yang terlibat dalam masing-masing pemasaran.

Search Engine Optimization (SEO)

Ini adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapat “peringkat” lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan jumlah traffic organik (atau tidak berbayar) yang diterima situs web Anda. Media FF yang bermanfaat dari SEO meliputi:

  •         Website
  •         Blogs
  •         Infografis

Konten Marketing

Istilah ini menunjukkan pembuatan dan promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan brand awareness, pertumbuhan traffic, perolehan prospek, dan pelanggan. Media yang dapat digunakan untuk strategi konten pemasaran kamu termasuk:

  •         Postingan Blog
  •         Ebook dan Artikel
  •         Infografis
  •         Brosur Online

Sosial Media Marketing

Dalam prakteknya adalah mempromosikan merek dan konten Anda di media media sosial untuk meningkatkan brand awareness, mengendalikan traffic, dan menghasilkan prospek untuk bisnis Anda. Media yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial meliputi:

  •         Facebook
  •         Twitter
  •         LinkedIn
  •         Instagram
  •         Snapchat
  •         Pinterest
  •         Google+

Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah metode untuk mengarahkan traffic ke web Anda dengan membayar setiap klik. PPC yang umum digunakan adalah Google AdWords, yang memungkinkan Anda membayar, dan mendapatkan slot teratas pada pencarian Google dengan harga “per klik”. Media lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan PPC yaitu :

  •         Facebook Ads
  •         Tweet promosi Twitter
  •         Pesan Sponsor LinkedIn

Affiliate Marketing

Sebuah jenis iklan dimana Anda dapat mempromosikan penawaran atau layanan orang lain di situs web Anda. Ada beberapa aplikasi Affiliate Marketing yaitu:

  •         Hosting video ads dengan Youtube.
  •         Mengupload Link affiliate.

Native Ads

Native Ads mengacu pada iklan utama berisikan konten yang ditampilkan pada platform media bersama konten non-berbayar lainnya. Salah satu Postingan yang disponsori BuzzFeed contoh yang bisa Anda ikuti, tetapi banyak juga orang yang menganggap iklan di media sosial diragukan “keasliannya”- iklan Facebook dan iklan Instagram, misalnya.

Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran mengacu pada perangkat lunak yang berfungsi untuk mengotomatisasi operasi pemasaran dasar Anda. Banyak departemen pemasaran dapat mengotomatiskan tugas-tugas berulang yang seharusnya mereka lakukan secara manual, seperti:

  •         Susunan postingan sosial media
  •         Mengupdate daftar kontak
  •         Memimpin alur kerja
  •         Laporan campaign

Email Marketing

Beberapa perusahaan menggunakan email marketing sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan customer. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, potongan harga dan sebuah acara. Serta mengarahkan calon customer untuk mengunjungi website Anda. Ada beberapa tipe email yang bisa Anda gunakan untuk melakukan campaign email marketing, yaitu:

  •         Pengikut bulletin blog
  •         Menindaklanjuti email pengunjung website yang mengunduh sesuatu
  •         Email sapaan untuk customer
  •         Promosi liburan untuk program pendapatan member
  •         Tips atau email yang serupa untuk pengasuhan konsumen

innovation

Keunggulan Pemasaran Digital vs Konvensional

Strategi Pemasaran Digital Marketing Yang Dapat Dicoba — Tidak seperti iklan di koran, selebaran brosur dan semacamnya, strategi pemasaran menggunakan media digital khsusunya online dapat diukur secara tepat bahkan real-time.

Dengan menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentunya Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.

Abilitas pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan.

Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik.

Dengan alasain ini pula, metode offline marketing lawas bahkan sudah ditinggalkan sama sekali oleh perusahaan tertentu.

Langkah-langkah Pemasaran Digital 

Dalam aktivitas pemasaran digital terdapat istilah AIDA (AwarenessInterestDesire, dan Action), khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).
  1. Awareness (Kesadaran)
    Dalam ranah digital, pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online.
  2. Interest (Ketertarikan)
    Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline, konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem online, konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google, Yahoo,dll) dan jejaring sosial facebook, twitter, dll).
  3. Desire (Keinginan)
    Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
  4. Action (Tindakan)
    Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

Tujuan Utama Pemasaran Digital 

1.Target Pemasaran
Tujuan utama dari “digital marketing” adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.

2. Meningkatkan Brand Awareness
Sebenarnya meningkatkan brand awareness adalah bagian dari pemasaran konvensional maupun digital, dimana tujuannya untuk mengenalkan suatu produk atau merek kepada masyarakat. Semakin terkenal suatu merek/brand maka semakin mudah diterima oleh konsumen.

Beriklan di televisi, baliho, radio yang biasa disebut iklan konvensional pada dasarnya adalah upaya meningkatkan brand Awareness. Di era digital bisa menggunakan display adverstiser Google Ads, atau Facebook dan Instagram.

Hukum pemasaran adalah semakin dikenal baik sebuah produk dan merk oleh khalayak, maka akan lebih mudah diterima oleh konsumen

3. Membangun Database Market
Bagaimana jika kita punya database market konsumen yang tepat dan sesuai dengan produk atau jasa kita?

Sebagai contoh bisnis hijab, dengan digital marketing bisa mengumpulkan prospek konsumen dengan kriteria wanita usia 18-40, muslim, dan suka fashion. Database ini nantinya bisa anda manfaatkan untuk menawarkan melalui email atau iklan yang sangat efektif dan efisien dalam kegiatan marketing digital.

4. Analysis Digital
Setelah menentukan target, yaitu menganalisa untuk menerapkan sistem digital marketing yang paling efektif dan efisien. Menggunakan beberapa macam alat sebagai halaman analisa untuk mengukur sebuah iklan, prilaku user, dan termasuk penggunaan anggaran iklan, sehingga benar-benar sesuai target pemasaran. Seperti Google Analytisc, Search Console, Facebook Ads Manager, Instagram Insigt dll.

Kunci Sukses Pemasaran Digital

  • Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action)
  • Pasar adalah tempat komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial. melalui facebook, twitter, email, google+ dan lainnya.

Pemasaran digital yang juga biasa disebut dengan istilah digital marketing tentu merupakan bagian dari proses pemasaran yang sudah bukan menjadi suatu hal asing lagi sekarang ini. Istilah ini juga bisa dimaknai sebagai semua upaya yang dilakukan untuk menjalankan aktivitas pemasaran dengan menggunakan media internet dan perangkat elektronik.

Pemasaran ini biasanya dilakukan dengan menggunakan trik tertentu sehingga perusahaan nantinya bisa melakukan komunikasi dengan calon konsumen. Terlebih lagi dengan konsumen yang banyak menghabiskan waktunya untuk online. Pemasaran jenis ini di masa sekarang tampaknya sudah semakin banyak dilakukan. Terlebih lagi di masa kini penggunaan teknologi internet semakin menyebar dan dunia digital hampir menjadi konsumsi sehari-hari bagi masyarakat luas.

Manfaat Pemasaran Digital

Menjangkau pasar via online

Melakukan aktivitas pemasaran dengan memanfaatkan media digital sangatlah tepat. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah menjangkau pasar. Proses penjangkauan pasar bisa dilakukan hanya dengan via online sehingga aktivitas pemasaran bisa lebih efektif dan efisien. Menjangkau pasar bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tentunya juga lebih praktis.

Menemukan target sesuai perencanaan

Setiap bisnis atau usaha dijalankan dengan adanya tahap perencanaan di awal. Dalam perencanaan ini pasti terdapat pula penentuan target. Maka saat pemasaran dilakukan dengan menggunakan media digital maka proses penemuan target bisa dilakukan dengan lebih mudah. Maka pencapaian target nantinya bisa sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh perusahaan sejak awal.

Memiliki posisi strategis dalam persaingan

Di zaman sekarang tampaknya dunia digital sudah semakin menjamur penggunaannya. Bahkan hampir segala bidang dan aspek kehiduan manusia memanfaatkan peran dari media digital dan jaringan internet. Maka jika sebuah bisnis dijalankan dengan menggunakan strategi pemasaran digital tentunya posisi bisnis ini akan menjadi semakin strategis di tengah kompetisi dan persaingan bisnis.

Meningkatkan laba atau profit

Setiap aktivitas pemasaran pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis. Melalui pengembangan bisnis ini nantinya perusahaan bisa mendapatkan keuntungan. Yang dimaksud dengan keuntungan dalam hal ini adalah laba atau profit perusahaan. Untuk itu bisa dipilih pemanfaatan teknologi digital dalam menjalankan proses pemasaran produk di tengah masyarakat luas.

Memudahkan tindakan evaluasi

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan tentu harus dinilai atau dievaluasi. Proses evaluasi ini nantinya dapat memberikan informasi mengenai bagaimana pelaksanaan kegiatan yang telah berjalan. Demikian pula dengan kegiatan pemasaran yang telah dilakukan juga tentunya dapat dievaluasi. Apakah pemasaran sudah berhasil dan bisa menarik minat banyak audiens serta pelanggan.

Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan

Membuat website

Melakukan peningkatan pemanfaatan media digital untuk keperluan pemasaran bisa dilakukan salah satunya dengan membuat website. Dengan adanya website maka nantinya Anda bisa membangun merk sehingga penjualan akan semakin bertambah. Website memang menjadi suatu alat marketing yang sangat sesuai bila diterapkan di era digital seperti sekarang. Melalui website inilah nantinya audiens bisa menemukan produk keluaran perusahaan Anda.

Menambahkan produk di website

Website yang digunakan untuk memasarkan produk perusahaan sebaiknya selalu dibaharui. Umumnya penambahan produk dalam website dilakukan dengan mencantumkan konten tertentu. Penambahan konten ini sebaiknya dilakukan setiap hari setidaknya satu konten saja. Produk konten bisa dalam bentuk macam-macam misalnya saja dalam bentuk artikel yang dibuat dengan mengangkat topik mengenai produk yang sedang dijual.

Melakukan promosi

Aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media berteknologi digital sebaiknya tidak jauh dari hal promosi. Dengan adanya promosi produk maka nantinya proses pemasaran bisa semakin meningkatkan penjualan produk. Ada banyak tools yang sekiranya bisa digunakan untuk melakukan aktivitas promosi. Misalnya seperti Google Ads dan Youtube Ads atau Instagram Ads dan Facebook Ads.

Melakukan follow up

Menambah atau meningkatkan penjualan juga bisa dilakukan dengan cara melakukan follow up terhadap konsumen yang pernah order. Atau follow up juga bisa dilakukan pada konsumen yang penah chat pada Anda. Follow up bisa dilakukan misalnya dengan menyertakan produk yang sedang dipromosikan.

Menekan biaya

Dalam melakukan pemasaran digital sebaiknya hindari berbagai hal yang dapat menambah pengeluaran dan biaya. Misalnya melakukan endorse atau sejenisnya. Sebaliknya lakukan berbagai hal yang sifatnya dapat menekan biaya. Salah satu contohnya adalah dengan mencari partner yang dapat menambahkan konten di website Anda atau mungkin melakukan kolaborasi dengan website ternama.

Dukungan Pemasaran Digital pada Perusahaan

Mempermudah hubungan ke konsumen

Adanya dunia digital semakin memungkinkan perusahaan untuk bisa tetap terhubung dengan para konsumen. Hal ini dikaitkan dengan adanya kemudahan konsumen untuk bisa menghubungi perusahaan sewaktu-waktu atau kapan saja. Maka berbagai informasi mengenai penggunaan produk bsia didapatkan oleh konsumen dengan lebih mudah. Media digital sendiri dapat meningkatkan engagement konsumen sehingga hal ini bisa dikatakan cara pemasaran yang efektif.

Pemasaran digital melacak perilaku konsumen

Berbagai macam perilaku konsumen hadir di tengah perkembangan bisnis atau usaha. Namun setiap perilaku konsumen ini bisa dilacak dengan lebih mudah melalui teknologi digital. Oleh karena itu pemasaran dengan memanfaatkan media digital menjadi suatu hal yang paling banyak diminati oleh berbagai perusaahan di era sekarang ini.

Memperluas pangsa pasar

Pada dasarnya tujuan dari aktivitas marketing adalah untuk memperluas pangsa pasar. Tujuan utama ini tentu bisa dicapai jika pemasaran dilakukan dengan melihat apa yang sedang trend di kalangan masyarakat. Misalnya dengan menggunakan media digital yang bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet. Sebab di masa sekarang hampir semua orang melakukan akses internet untuk berbagai kepentingan.

Menekan biaya marketing melalui pemasaran digital

JIka sebelumnya pemasaran dilakukan dengan tindakan konvensional maka tentu biaya pemasaran menjadi lebih banyak. Bayangkan saja ada berapa banyak komisi yang harus diberikan pada sales atau marketer dan ditambah dengan biaya brosur dan sejenisnya. Namun di masa kini pemasaran dnegan memanfaatkan teknologi digital semakin menekan jumlah pengeluaran.

Meningkatkan kompetitif

Pada era digital ini setiap perusahan yang meningkatkan penggunaan produk digital untuk melakukan pemasaran dinilai lebih profesional dan unggul. Tentu tidak salah bila keunggulan kompetitif bagi perusahaan Anda akan meningkat pula dan dikenal oleh masyarakat luas. Citra perusahaan tentu juga akan semakin meningkat sehingga kepercayaan konsumen pada perusahaan tidak akan hilang.

Penerapan Pemasaran Digital

Pemasaran digital yang saat ini sudah semakin berkembang dengan baik tampaknya memang bisa menjadi solusi alternative terbaik bagi tiap perusahaan. Melalui segala media yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas pemasaran maka produk bisa diperkenalkan di masyarakat luas. Nantinya tujuan dari aktivitas pemasaran juga bisa diraih melalui dunia digital. Untuk itu sebaiknya penarapan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital ini ditingkatkan agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.

Fokuskan tenaga dan waktu berharga Anda pada hal yang benar-benar penting. Serahkan setiap proses pengajuan cash advance dan reimbursement pada JojoExpense dan biarkan prosesnya berjalan otomatis, tanpa kehilangan kendali dengan custom approval flow dan policy. Tidak ada lagi tenaga dan waktu berharga yang terbuang sia-sia. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.