Pemerintah Adalah Poin Penting Dalam Pengaturan Negara

pemerintah adalah

Pemerintah adalah suatu kata yang tentu saja sudah sangat tak asing lagi di telinga semua orang. Istilah ini sendiri bisa diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki wewenang untuk mengatur komunitas yang ada pada suatu wilayah tertentu dan umumnya di wilayah negara.

Lembaga Utama Pemerintah Adalah Berikut Ini

Lembaga legislatif

Salah satu lembaga utama yang ada di Indonesia adalah lembaga legislatif. Lembaga ini memiliki wewenang untuk membuat dan merumuskan UU yang diberlakukan di Indonesia. Lembaga legislatif pada dasarnya meliputi beberapa pihak yaitu DPD dan DPR serta MPR. Tentunya masing-masing lembaga ini memiliki tugas yang berbeda.

Namun ketiganya tetap saja memiliki tugas yang berkaitan dengan perumusan dan pembuatan kebijakan termasuk UU. Bahkan ketiga lembaga inibisa saja memberikan usulan perubahan pasal UUD agar nantinya UU bisa diberlakukan secara lebih efektif dan maksimal. Oleh karena itu dalamhal membuat peraturan tertulis maka presiden bersama-sama dengan lembaga legislatif akan saling mengadakan persetujuan untuk membuat aturan yang terbaik untuk masyarakat.

Lembaga eksekutif

Selain lembaga legislatif rupanya adapula lembaga eksekutif yang juga merupakan bagian dari lembaga utama pemerintahan di Indonesia. Lembaga eksekutif ini bisa disebut pula sebagai lembaga yang menjalankan pemerintahan. Yang termasuk ke dalam lembaga eksekutif ini adalah presiden dan wakil presiden serta para menteri yang diangkat dan diberhentikan oleh presiden.

Lembaga eksekutif pada dasarnya merupakan suatu lembaga yang menjalankan segala kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh lembaga legislatif. Dengan kata lain lembaga eksekutif memiliki tugas untuk menjalankan dan melaksanakan serta menerapkan UU yang berlaku di negara. Bahkan setiap kebijakan dan aturan dalam UU harus dipertahankan pelaksanaannya.

Lembaga yudikatif

Yang terakhir adalah lembaga yudikatif. Lembaga yudikatif terdiri dari Mahkamah Agung atau MA dan Mahkamah Konstitusi atau MK serta Komisi Yudisialatau KY. Pada dasarnya lembaga yudikatif memiliki tugas dan peran sebagai pengawal bagi jalannya UU atau aturan yang berlaku di negara. Dengan kata lain lembaga yudikatif ini memiliki sangkut paut yang cukup tinggi dengan seluruh fungsi dan pelaksanaan dari suatu lembaga peradilan.

Namun baik MA maupun MK serta KY tentunya memiliki tugas khusus masing-masing yang harus dijalankan dengan baik. Sebab peran dari masing-masing pihak maupun MA dan MK serta KY cukup berbeda sekalipun tiga lembaga ini sama-sama berfungsi sebagai lembaga yudikatif.

Fungsi Pemerintah Adalah Sebagai Berikut

Fungsi pengaturan

Pada dasarnya peran pemerintah di suatu negara sangatlah penting. Bahkan lembaga yang memang memiliki kewenangan untuk mengatur daerahnya ini memiliki berbagai macam fungsi. Salah satunya adalah fungsi pengaturan atau yang juga biasa disebut dengan istilah regulating. Fungsi ini berkaitan dengan adanya pengaturan terhadap seluruh sektor yang ada di suatu wilayah negara.

Pengaturan tersebut dilakukan melalui adanya berbagai macam kebijakan. Misalnya saja seperti adanya UU dan perpu serta adanya segala jenis peraturan lainnya. Jadi melalui adanya berbagai macam peraturan tersebut maka diharapkan agar stabilitas negara tetap terjaga. Maka nantinya pertumbuhan negara akan semakin sesuai dengan apa yang diharapkan. Kehidupan seluruh warganya bahkan akan semakin baik dan cenderung sejahtera.

Fungsi pelayanan

Selain fungsi pengaturan rupanya terdapat pula fungsi pemerintah yang lainnya misalnya fungsi pelayanan. Justru sebenarnya fungsi pelayanan ini merupakan fungsi utama dari adanya suatu bentuk pemerintahan. Oleh karena itu setiap jajaran pemerintahan sudah seharusnya menjalankan seluruh tugasnya dengan baik agar dapat memberikan pelayanan yang tepat untuk masyarakat.

Jadi dalam hal ini pelayanan yang terbaik harus diberikan terutama dalam rangka memenuhi segala macam keperluan dan kebutuhan masyarakat di seluruh aspek kehidupan. Sebab setiap orang tentunya tidak akan dapat memenuhi kebutuhannya tanpa adnaya layanan bantuan dari pihak pemerintahan. Oleh karena itu fungsi pelayanan ini haruslah dijalankan secara maksimalagar dapat membuat seluruh warga bisa memperoleh kehidupan yang layak.

Fungsi pembangunan

Fungsi selanjutnya adalah fungsi pembangunan yang juga harus dijalankan dengan baik. Pada dasarnya pembangunan di suatu wilayah bisa berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup mayarakat. Demikian pula di wilayah negara yang tentunya juga memerlukan adanya pembangunan. Yang dimaksud dengan pembangunan dalam hal ini sebenarnya bukan hanya merupakan pembanguanan secara fisik saja. Tetapi secara lebih jauh pembangunan juga perlu dilakukan dalam diri setiap warga agar nantinya warga bisa memiliki karakter dan potensi yang baik dan semakin berkembang.

Dengan kata lain pembangunan kualitas kehidupan manusia juga sangatlah penting. Alangkah lebih baik lagi jika pembangunan manusia ini diiringi pula dengan adanya pembangunan berbagai sarana umum yang sekiranya dapat mempermudah seluruh warga dan membuat warga semakin maju.

Fungsi pemberdayaan

Yang terakhir adalah fungsi pemberdayaan yang tentunya tidak boleh diremehkan atau disepelekan begitu saja. Yang dimaksud dengan fungsi pemberdayaan dalam hal ini adalah tindakan mengeluarkan segala kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Dengan adanya tindakan ini maka nantinya setiap warga yang mungkin saja sedang berada dalam kondisi tidak berdaya bisa bangkit dan mengeluarkan segala kemampuan serta potensinya untuk menjadi lebih berdaya.

Pada dasarnya pemberdayaan ini dilakukan dengan tujuan untuk semakin meningkatkan kualitas para SDM yang ada di negara. Dengan adanya kualitas SDM yang semakin meningkat maka nantinya masyarakat tidak akan lagi terperangkap dalam suatu kondisi yang menyedihkan dan bahkan mengenaskan. Warga akan keluar dari comfort zona dan akan terus memaksimalkan potensinya agar bisa lepas dari kondisi yang kurang layak. 

Peran Pemerintah Menuju Indonesia Maju

Pemerintah adalah pihak yang dianggap sebagai pemimpin oleh sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu masyarakat seringkali merasa bergantung pada pemerintah dalam hal pemenuhan kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu pemerintahan yang baik tentunya bisa dipenuhi dengan orang-orang yang bertanggung jawab serta memiliki kemampuan untuk merumuskan dan menjalankan UU.

Segala peran yang dilakukannya dnegan baik tentu akan membawa Indonesia menjadi lebih baik. Kemajuan masyarakat dan pembangunan di Indonesia tentu bsia lebih mudah dicapai dengan adanya lembaga pemerintahan yang memang bersedia untuk menjalankan tugasnya untuk mencapai Indonesia maju dan sejahtera.

Tentunya saat memahami pemerintah adalah poin penting dalam pengaturan negara, tentunya perlu juga mendapati poin penting dalam pengaturan sebuah perusahaan. Salah satunya melalui penggunaan absensi yang tepat misalnya dengan menggunakan JojoTimes. Dimana dengan aplikasi absen tersebut, maka perusahaan dapat mengatur absensi karyawan dengan mudah dan efisien.

Hal ini berkat beberapa fitur yang bisa ditemukan di dalam JojoTimes, contohnya yaitu fitur-fitur berikut ini:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Jadi, jangan ragu lagi, cobalah fitur-fitur tersebut untuk semakin yakin memilih aplikasi absen dari Jojonomic ini. Segera daftar dan dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga.