Pencemaran Lingkungan : Pengertian dan Jenis-jenisnya

pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi masyarakat modern. Apa arti pencemaran lingkungan? Simak penjelasannya dan pahami jenis-jenis pencemaran lingkungan. Tidak hanya ekosistem manusia yang memburuk, pencemaran lingkungan juga mempengaruhi kesehatan organisme lain. Kesejahteraan hewan dan tumbuhan juga terancam oleh pencemaran lingkungan.

Pengertian pencemaran lingkungan

pencemaran lingkungan

Dikutip dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 16. Pada tanggal 4 April 1982, peraturan dasar tentang pengelolaan lingkungan menjelaskan pengertian pencemaran. Pencemaran lingkungan mengacu pada fakta bahwa organisme, zat, energi, atau komponen lain masuk atau terkandung di lingkungan karena aktivitas manusia atau proses alam, atau perubahan tatanan lingkungan.

Oleh karena itu, kualitas lingkungan akan turun pada tingkat tertentu yang akan menyebabkan lingkungan menjadi semakin berkurang atau tidak dapat beroperasi sesuai dengan fungsinya. National Geographic mengartikan polusi sebagai masuknya zat berbahaya ke lingkungan.

Zat berbahaya ini disebut polutan. Polutan dapat merusak kualitas lingkungan manusia, termasuk udara, air, dan tanah. Mengutip dari Encyclopedia Britannica, pencemaran disebut juga pencemaran lingkungan, yang mengacu pada penambahan zat apapun (padat, cair atau gas) atau segala bentuk energi (seperti panas, suara atau radioaktivitas) ke lingkungan.

Jenis Pencemaran Lingkungan

pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan bukanlah hal baru di lingkungan. Banyak kasus telah terjadi dan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi makhluk hidup khususnya manusia. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 (UU) tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup mengatur bahwa pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya biologis, material, energi dan / atau komponen lain ke dalam lingkungan oleh aktivitas manusia atau proses alam, sehingga kualitasnya dapat ditingkatkan.

Dan diturunkan menjadi Pada tingkat tertentu, ini akan menyebabkan lingkungan gagal beroperasi seperti yang diharapkan. Pencemaran yang dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) biasanya disebabkan oleh aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Misalnya di bidang industri. Selain menghasilkan produk yang diperlukan, itu juga menghasilkan limbah. Sampah adalah suatu benda atau zat yang mengandung berbagai zat berbahaya bagi organisme. Pencemaran dibedakan menjadi tiga macam, yaitu: pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan penjelasannya sebagai berikut:

Polusi udara

Pencemaran udara adalah salah satu jenis pencemaran lingkungan
Pencemaran udara yang disebabkan oleh asap pabrik Pencemaran udara disebabkan oleh bertambahnya jumlah gas dan zat berbahaya di udara, sehingga kualitas udara yang kita hirup semakin buruk.

Oleh karena itu, selain oksigen murni, sejumlah kecil gas akan terus menumpuk di udara, seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, atau nitrogen oksida. Bagi masyarakat yang tinggal di kota besar, polusi udara mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari.

Pemandangan yang umum adalah langit cerah, tetapi berwarna abu-abu karena awan asap tebal. Meski secara umum dianggap lumrah, polusi udara sebenarnya sangat berbahaya bagi manusia dalam segala aspek, termasuk kesehatan. Polusi udara meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti:

  • Sakit mata.
  • Sulit bernafas.
  • Kanker paru-paru.

Polusi tanah

Pencemaran tanah merupakan salah satu contoh pencemaran lingkungan
Pencemaran tanah oleh sampah plastik Pencemaran tanah adalah pembuangan racun pada sampah, limbah dan limbah industri lainnya tanpa pengolahan yang tepat. Akibatnya tanah pun tercemar.

Pencemaran tanah terjadi ketika seseorang membuang sampah di taman atau hutan, membuka tambang minyak dan mengubah lahan menjadi tempat pembuangan limbah. Di antara semua bahan yang dibuang ke tanah, limbah dari bahan organik merupakan bagian terbesar. Berikut ini adalah bahan sumber pencemaran tanah yang paling umum.

  • Kertas dan karton: 26% dari total sampah.
  • Limbah makanan: 15%.
  • Rumput sisa: 13%.

Sementara itu, sampah plastik merupakan sumber non-organik terbesar, menyumbang 13% dari total sampah, diikuti oleh karet dan tekstil sebesar 9,5%, dan logam sebesar 9%. Sisanya adalah kayu, yang menyumbang 6,2% dari total limbah, dan kaca dan bahan lainnya menyumbang 4,4%, hingga 3%. Oleh karena itu, kita tahu bahwa sebenarnya banyak sumber pencemaran tanah.

Polusi air

Pencemaran air merupakan salah satu contoh pencemaran lingkungan yang mengacu pada pencemaran yang terjadi ketika residu atau limbah yang mengandung bahan kimia berbahaya, sampah dan benda lain masuk ke laut (baik itu laut, sungai, danau atau badan air lainnya).

Air yang tercemar biasanya terlihat keruh dan berbau. Kalau begitu, kita pasti bisa menghindari situasi ini dengan mudah. Namun air yang tercemar masih sangat bersih tanpa bau yang khas, namun hal tersebut tidak jarang.
Ini membuat kami lebih berhati-hati.

Sebab, konsumsi benda-benda tertentu dari limbah dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan dalam jangka waktu yang lama. Faktanya, diperkirakan sekitar 4.000 anak meninggal setiap hari karena meminum air yang terkontaminasi. Jika Anda memakan ikan yang hidup di selokan, Anda juga akan sakit.

Polusi suara adalah Pencemaran Lingkungan

Polusi suara adalah salah satu contoh pencemaran lingkungan
Bunyi klakson kendaraan dapat menyebabkan polusi suara
Kebisingan dapat menyebabkan polusi suara, yang melebihi ambang batas yang dapat ditoleransi oleh manusia. Pengukuran kebisingan dihitung dalam desibel. Contoh polusi suara meliputi:

  • Klakson mobil terlalu keras.
  • Suara lokasi konstruksi.
  • Kebisingan pesawat di bandara.
  • Suara dari speaker salah.
  • Kebisingan mesin pabrik.

Meski sering dianggap remeh, namun jika tidak dikendalikan, polusi suara dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti:

  • Tuna rungu.
  • hipertensi.
  • tekanan.
  • Gangguan bicara.

Polusi cahaya

Pencemaran cahaya merupakan salah satu contoh pencemaran lingkungan
Polusi cahaya membuat asap di langit sulit menghilang Pencemaran cahaya disebabkan oleh cahaya yang dipancarkan oleh teknologi modern (seperti lampu), yang mengubah persepsi makhluk hidup siang dan malam, sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem. Contoh efek polusi cahaya pada alam meliputi:

  • Burung-burung yang berkicau pada jam-jam ini tidak biasa karena mereka terpesona oleh cahaya terang di malam hari.
  • Karena jadwal siang dan malam, hewan kesulitan mendapatkan makanan.
  • Sulit bagi para ilmuwan untuk melihat pergerakan bintang dan langit pada malam hari.
  • Hancurkan cara tanaman tumbuh.
  • Asap di langit menjadi semakin sulit untuk dihilangkan.

Sebagai manusia, kita tidak membutuhkan terlalu banyak cahaya. Tentunya lighting tetap dibutuhkan. Namun, ada beberapa batasan yang perlu diikuti. Saat matahari masih bisa menerangi, harap matikan lampunya. Hal ini karena penggunaan listrik dan bahan bakar untuk penerangan di malam hari dengan lampu mengkonsumsi banyak bahan bakar, yang dapat menimbulkan polutan lainnya.

Kesimpulan

pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah masalah umum kita. Oleh karena itu, kita perlu mengambil berbagai langkah untuk mencegah keseriusannya. Kita bisa mulai dengan hal yang paling sederhana, seperti membuang sampah di tempat yang sama, mengurangi sampah plastik, dan mematikan lampu di siang hari, dan kita karyawan tidak menggunakan kertas sebagai laporan gaji kita.

Karena sebenarnya dengan adanya software JojoPayroll, laporan gaji kita bisa didapat secara elektronik. Hanya melalui sekumpulan aplikasi, Anda dapat mengatur perusahaan dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas karyawan dan pengembangan perusahaan.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas konvensional dan sambutlah penggunaan metode manajemen yang efisien. Hanya seperangkat alat yang saling terintegrasi dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kenyamanan.

Biarkan kebutuhan manajemen Anda pada proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!