Pengertian Costumer Engagement Dalam Bisnis

pengertian costumer engagement

Sebelum kita belajar lebih jauh mengenai customer engagement akan lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu pengertian customer engagement atau yang biasa kita sebut sebagai keterlibatan pelanggan. Keterlibatan pelanggan atau pengertian costumer engagement dapat diartikan sebagai interaksi atau hubungan yang terjadi antara merek usaha anda dengan para pelanggan. Keterlibatan pelanggan ini dapat menyebabkan merek bisnis anda semakin terbangun dan terkuatkan lewat adanya interaksi ke duanya jika dilakukan secara berkelanjutan.

Dengan kata lain pengertian costumer engagement semakin baik keterlibatan pada bisnis anda. Maka akan semakin baik pula hubungan yang anda miliki dengan para pelanggan yang pada akhirnya akan berdampak baik untuk bisnis anda. Berikut ini adalah manfaat yang anda dapatkan ketika memiliki keterlibatan pelanggan yang baik.

Manfaat Costumer Engagement Dalam Bisnis

Setelah mengupayakan adanya hubungan keterlibatan yang baik anatara pelanggan dengan merek anda. Maka berbagai manfaat dari upaya tersebut akan memberi banyak keuntungan atau manfaat. Beikut ini adalah keuntungan atau manfaat yang anda dapatkan ketika memiliki keterlibatan pelanggan yang baik.

pengertian costumer engagement

Peningkatan Loyalitas Antara Pelanggan Dengan Anda

Peningkiatan loyalitas antara para pelanggan dengan merek anda akan terjadi dimana interaksi keduanya akan semakin kuat dan sehat. Yang perlu anda perhatikan adalah tidak hanya berhenti pada usaha peningkatan keterlibatan pelanggan saja. Namun anda juga harus memikirkan cara untuk membuatnya menjadi jangka panjang. Setelah anda menyusun strategi sedemikian rupa sehingga membuat bisnis anda memiliki keterlibatan pelanggan yang baik pada akhirnya pelanggan akan merasa lebih terhubunga dengan merek anda.

Setelah pelanggan merasa lebih dekat dan terhubung dengan merek anda. Maka kemungkinan besar pelanggan akan terus berlangganan pada merek anda akan semakin besar. Upaya lain yang dapat anda lakukan untuk mewujudkannya dapat dengan membangun komunikasi yang baik dengan para pelanggan. Dengan melakukan komunikasi yang baik dan mempertimbangkan masukan kebutuhan pelanggan akan semakina membuat mereka merasa dekat dengan merek anda.

Peningkatan Retensi dan Pengurangan Churn Rate

Banyak perusahaan yang berfokus pada pengembangan target pemasaran dan tidak memperhitungkan strategi untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Padahal dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan salah satu caranya yaitu meningkatkan keterlibatan pelanggan juga berdampak bagus bagi bisnis. Manfaat atau kelebihan selanjutnya yang anda dapatkan dari meningkatakan keterlibatan pelanggan yaitu adanya peningkatan retensi.

Penelitian – penelitian sebelumnya mengatakan bahwa kenaikan retensi pada akhirnya juga akan membawa dampak besar bagi laba atau pendapatan bisnis anda. Dengan anda mencoba untuk memperbesar konsumen dan mempertahankan mereka dengan membuat keterlibatan pelanggan yang baik maka akan membawa dampak baik pada bisnis anda.

pengertian costumer engagement

Peluang Cross-sell dan Up-sell Semakin Baik

Dengan anda membuat hubungan komunikasi yang baik dengan para pelanggan dengan membuat dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Anda akan dimudahkan untuk menganalisis pelanggan anda. Dari data yang anda dapatkan. Anda dapat menganalisis bagaimana pelanggan anda, apa yang mereka lebih sukai, dan bagaimana perilau – perilaku mereka. Dengan hasil analisis pengertian costumer engagement tersebut anda dapat memanfaatkannya untuk membuat atau memberikan kepada mereka rekomendasi cross-sell dan up-sell. Selain pelanggan anda akan merasa lebih dihargai lewat apa yang anda rekomendasikan kepada mereka, namun juga anda mendapatkan keuntungan disini.

Peningkatan Pelanggan

Setelah anda melakukan upaya untuk membuat dan meningkatkan keterlibatan pelanggan, ini tidak hanya memberikan dampak kepada pelanggan – pelanggan yang sudah berlangganan lama merek atau produk anda. Namun ini juga akan memberikanefek kepada para konsumen atau pelanggan yang baru atau mungkin baru pertama kali membeli merek atau produk anda. Mereka yang baru membeli produk anda memiliki peluang besar untuk menadi pelanggan tetap anda lewat komunikasi atau hubungan yang anda bangun lewat keterlibatan pelanggan.

Konsumen atau pelanggan membeli produk anda karena mereka merasa produk anda memenuhi kebutuhan mereka. Dengan anda memberikan komunikasi dan hubungan keterlibatan pelanggan yang baik bagi mereka, maka kemungkinan mereka untuk tetap menjadi pelanggan anda akan semakin besar. Ketika anda memberikan kemunikasi baik berupa konten yang sekiranya pelanggan butuhkan. Trend yang sedang terjadi dan yang lainnya yang sekiranya dapat menarik dan membuat pelanggan anda menjadi nyaman.

Memperpendek Siklus Pembelian

Ketika anda sudah membuat hubungan dengan pelanggan menjadi baik, dengan tetap melakukannya secara berkelanjutan, memberikan konten yang sesuai keinginan pelanggan. Maka secara tidak langsung hal tersebut anda mempengaruhi pemikiran pelanggan anda terhadap produk atau bisnis anda. Contoh kegiatan pengertian costumer engagement yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan hubungan dan komunikasi dengan pelanggan yaitu dengan memberikan layanan segmen audiens.

Anda dapat melakukan kesempatan yang ada tersebut sebaik mungkin sehingga pelanggan dapat menilai kelebihan anda dari para pesaing. Karena itu secara tidak langsung, nantinya akan berdampak besar kepada para pelanggan salah satunaya yaitu bagaimana mereka membuat keputusan dalam pembelian. Mereka akan teringat akan bisnis produk anda dan pada akhirnya akan memperpendek siklus pembelian dengan lebih tertarik dan tertuju pada prospek bisnis anda.

pengertian costumer engagement

Cara Pengukuran Costumer Engagement

Dari sekian banyak upaya yang anda lakukan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan pada bisnis anda. Dari mana anda dapat mengetahui tingkatan keterlibatan pelanggan yang sudah anda upayakan. Bagaimana cara mengukur keterlibatan pelanggan pada merek anda. Berikut ini adalah cara yang dapat anda gunakan untuk mengukur keterlibatan pelanggan pada merek anda.

Lama Penjelajahan Situs

Hal yang dapat anda gunakan untuk mengukur keterlibatan pelanggan dalam merek atau produk anda yang pertama yaitu dapat diketahui melalui lamanya pelanggan mengakses situs web anda. Semakin besar keterlibatan pelanggan dalam merek atau produk anda tidak diketahui dari berapa banyak pelanggan yang mengakses situs web anda. Namun lebih dari itu, yaitu berapa lama pelanggan menghabiskan waktu pada situs web anda.

Semakin besar keterlibatan pelanggan maka semakin lama dia mengakses situs web anda dikarenakan mereka mengunungi situs anda tidak hanya untuk melakukan kebutuhan mereka. Namun juga untuk lebih mengkesplorasi isi dari web anda.

pengertian costumer engagement

Interaksi Sosial Media

Selain mengetahui tingkat keterlibatan pelanggan anda melalui lamanya pelanggan mengunjungi situs anda. Cara lainnya untuk mengetahuinya yaitu lewat interaksi sosial media yang anda dapatkan dari para pelanggan. Tentu saja sosial media saat ini menadi media penting yang dapat digunakan untuk kepentingan bisnis terutama dalam hal penjualan. Dalam hal ini keterlibatan pelanggan dalam produk atau merek anda dirasa semakin baik ketika banyak pelanggan yang berinteraksi atau merespon anda lewat sosial media.

Lebih dari itu, ketika sosial media produk atau merek anda mendapatkan keterlibatan pelanggan yang baik akan semakin banyak respon pelanggan yang di dapatkan. Berbeda ketika respond pelanggan masih sedikit atau bahkan terbilang sepi. Respond atau interaksi yang terjadi dalam sosial media misalnya dapat berupa pertanyaan, saran atau hal yang pelanggan interaksikan kepada anda.

Sangat penting untuk memilih sistem keuangan terbaik bagi perusahaan dan bisnis. Salah satunya dengan memilih produk keuangan perusahaan yang tepat, yaitu JojoExpense di Jojonomics. Dengan penggunaan produk yang satu ini maka keuangan perusahaan bisa dimonitor lebih baik. Selain itu juga bisa membantu efisiensi keuangan dengan lebih cermat sehingga menghindari potensi kerugian di dalam perusahaan itu sendiri