Pengertian dan Tanggung Jawab Manajer Personalia Adalah ?

manajer personalia adalah
manajer personalia adalah

Manajer Personalia adalah? Manajer personalia adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap perkerjaan administratif dalam suatu perusahaan. Kegiatan administratif yang dimaksudkan seperti rekrutmen, menganalisis  dan mengevaluasi pekerjaan, pengelolaan gaji, penyelesaian perselisihan dan juga kepatuhan hukum terkait tenaga kerja dan lainnya. Manager personalia adalah peran tradisional yang sebagian besar melakukan tugas yang berkaitan dengan fungsi administratif.

Fokus utama dari manager personalia yaitu berada pada pongelolaan karyawan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Pada zaman modern pengelolaan dilakukan oleh Managemen Sumber Daya Manusia. Manajemen HRD ini juga melakukan tugas dari manajer personalia. Bedanya ketika manajer HRD dapat masuk kedalam tim manaemen eksekutif dan perencanaan strategi jangka panjang. Namun manajer personalian tidak dapat melakukan hal tersebut.

Peran dari manajer personalia hampir sama dengan manajer staff. Ketika Manaemen HRD berfokus pada pengembangan organisasi. Manajer personalia lebih fokus pada kebutuhan bisnis dan melakukan perubahan kebijakan atau prosedur dengan sesuai.

Tanggung Jawab Manajer Personalia

Dalam perkerjaannya manajer personalia memiliki beberapa tanggung jawab penting dalam perusahaan atau organisasi. Seperti peran manaer lainnya, manajer personalian bertanggung jawab besar terhadap manajemen departemennya secara keseluruhan.  Manaemen departemen yang dimaksud yaitu baik dari segi manajerial dasar seperti pengorganisasian, perencanaan, pengendalaian dan juga pengarahan.

Selain dari segi manajerial dasar, hal lainnya yaitu berupa fungsi operasional. Fungsi operasional di dalamnya mencakup pelatihan, perekrutan dan hal lainnya yang juga termasuk peran penting. Manager personalia memiliki tanggung awab penting dalam menjembatani dan juga mengintegrasikan manajemen personalia dengan hubungan dalam organisasi.

Peran Manajer Personalia Adalah ?

Manajer personalian memiliki peran penting dalam suatu perusahaan atau organisasi. Berikut ini adalah peran yang dimiliki oleh manajer personalia sebagai berikut.

  • Membantu dalam perekrutan karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi. Hal yang bias adilakukan yaitu dengan melakukan pengumpulan informasi dari tenaga kerja yang dibutuhkan.
  • Membantu penangan masalah yang teradi antara karyawan kerja. Membatu dan juga ikut menasihati manajer lini terkait masalah personalia.
  • Memastikan penggajian karyawan dilakukan sesuai dengan standar yang ada.
  • Membantu menyusun kebijakan yang berkaitan dengan pekerja bersama dengan manajer puncak.
  • Bertindak sebagai konselor ketika terdapat permasalahan yang di alami pegawai kerja. Dan membantu untuk mencari jalan keluarnya.

Fungsi Manajer Personalia

Seperti halnya dengan managemen lainnya yang memikul tugas dan fungsi masing – masing. Manajer personalia juga memiliki fungsinya yaitu yang berfokus kepada manusia yang berkerja di perusahaan tersebut. Manajer personalia yang baik yaitu memberikan perhatian kepada masalah – masalah yang berkaitan dengan SDM.

Berkontribusi dengan baik terhadap pemecahan masalah manajemen yang ada.  Dan selain itu juga membantu penyelesaian masalah mengenai SDM yang ada. Berikut ini adalah fungsi kerja dari manajer personalia.

Sebagai Konselor Yang Baik

Sebagai manajer personalia yang tentunya berhubungan langsung dengan masalah sumber daya manusia yang ada. Fungsi manajer personalia menjadi konserlor sangatlah penting. Sebagi seorang manajer personalia harus mampu menjadi konselor yang dapat menampung masalah yang karyawan. Baik dalam hal karir, keluarga, keuangan, bahkan kehiduoan sosial yang dimiliki karyawan tersebut.

Konselor tidak hanya menjadi tempat penampungan masalah, namun juga seharusnya mampu memberikan nasihat atau jalan keluar dari masalah tersebut.

Memulai Suatu Kebijakan

Sadar atau tidak, memulai suatu kebijakan merupakan salah satu fungsi utama dari manajer personalia. Baik dari segi memulai atau membantu dalam penyusunan kebijakan, manajer personalia turut andil di dalamnya. Fungsi lainnya yaitu membantu manajemen senior untuk menyusun atau merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan manajer personalia. Kebijakan lain yang di bantu dalam menyusunnya yaitu masalah administrasi gai karyawan, mutasi karyawan, catatan dan penilaian keyawan dan juga kegiatan kesejahteraan.

manajer personalia adalah

Penasehat Dalam Perusahaan

Setiap manajer memiliki tanggung jawab besar dalam suatu perusahaan. Dan setiap manajer juga menghadapi banyak sekali masalah. Dalam menghadapi permasalahan personalia harus turun tangan langsung dalam menanganinya. Manajer personalia harus bisa memberikan nasehat terhadap SDA yang sedang berada dalam masalah. Manajer personalia harus akrab tau benar undang – undang dan hukum yang menaungi sumber daya manusia.

Integrasi Karyawan Dan Manajemen

Manajer personalia juga memiliki fungsi sebagai jembatan antara karyawan dengan manajemen. Dia harus mengupayakan hubungan yang baik terjalin dalam suatu organisasi atau perusahaan tersebut. Manajer personalia harus mengupayakan terjalinnya hubungan antara serikat kerja atau keryawan yang ada dengan kebijakan organisasi. Atau dalam kata lain manajemen personalia membantu memahamkan karyawan terkait kebiakan yang ada.

Dia berusaha membatu karyawan, serta mengkomunikasikan dan memberikan perhatian para karyawan kepada manajemen senior.

Menjadi Perwakilan

Fungsi kerja dari manajer personalia lainnya yaitu bertanggung jawab mewakili perusahaan untuk mengkomunikasikan kebijakan manajemen. Komunikasi mengenai kebijakan yang berlaku dalam perusahaan sangatlah penting. Peran pengkomunikasian kebijakan perusahaan ini dirasa sangat cocok dengan manaer personalia. Karena manajer personalia mengetahui operasional yang terjadi dalam perusahaan tersebut.

Sebagai Pengambil Keputusan

Pengambilan keputusan merupakan fungsi dari manajer personalia mengenai masalah sumber daya manusia yang ada. Selain itu tentu saja dia juga membantu penyusunan kebijakan dan program manajemen personalia.

manajer personalia adalah

Memimpin Karyawan

Karena sangat berhubungan erat dengan sumber daya manusia yang ada. Manajer personalia juga berfungsi untuk menjadi pemimpin dan membimbing karyawan. Dengan menjaga komunikasi maka akan memudahkan manajer personalia untuk memastikan karyawan baik-baik saja. Dia juga berfungsi memberikan motifasi sehingga karyawan semakin semangat dalam berkerja.

Memberikan Kesejahteraan

Secara umum manajemen personalia bertindak sebagai petugas kesejahteraan. Karena itu manajer personalia juga memastikan fasilitas  dan juga layanan yang diterima oleh para karyawan. Hal ini tentu saja dilakukan untuk memastikan kesejahteraan karyawan yang ada. Bentuk fasilitas yang dipastikan diantaranya yaitu transportasi karyawan, kantin dan juga rawat inap misalya.

Melakukan Kontrol Penelitian

Manaer personalia yang bersentuhan langsung dengan sumber daya manusia membuatnya memegang data dan laporan karyawan. Laporan atau data yang dimaksud salah satunya seperti absensi karyawan, perputaran tenaga kerja yang terjadi dan lain-lainnya. Dengan data atau laporan yang didapatkan tersebut dapat dianalisis. Untuk kemudian hasil analisis dapat dirumuskan dalam penyusunan kebiakan kepada manajemen senior.

Bagaimana? Apa dengan penjelasan mengenai per-sonalia di atas, kamu sudah bisa membedakan fungsi dan perannya dengan Human Resource Department dalam kinerjanya di sebuah perusahaan?

Nah, untuk mempermudah anda dalam mengembangkan sumber daya manusia yang ada di perusahaan, kamu bisa menggunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic lho! Aplikasi ini akan membantu anda dalam memantau kehadiran karyawan kapanpun serta di manapun. Sehingga, anda bisa meningkatkan kinerja tim hingga mencapai 100%. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi, jika ada karyawanmu yang diam – diam suka datang terlambat, atau bekerja secara remote tanpa tujuan yang jelas, semua akan terpantau menggunakan aplikasi ini. Yuk, segera dicoba demo gratisnya!