Pengertian Diagram Batang – Jenis, Fungsi dan Langkah Pembuatannya

Statistik adalah salah satu cabang dalam ilmu matematika. Statistik merupakan ilmu yang berisi tentang pengumpulan, pemrosesan, dan penyajian data. Untuk menampilkan data tersedia beberapa cara yang salah satunya adalah dengan menggunakan diagram batang. Pengertian Diagram batang menjadi salah satu teknik penyajian data yang sering sekali digunakan. Diagram ini sering digunakan untuk beberapa hal seperti menampilkan data penjualan produk, hasil panen, data pasien rumah sakit dan lain-lain.

Dalam diagram batang menampilkan diagram persegi panjang yang mewakili frekuensi nilai data tertentu. Semakin tinggi frekuensi maka semakin panjang persegi panjang yang diwakili dalam diagram batang tersebut. Selain itu, diagram batang juga digunakan untuk mewakili data tunggal atau kelompok yang berguna dalam menentukan tingkat fluktuasi data.

Dalam artikel ini akan dikupas tuntas mengenai pengertian diagram batang, jenis, fungsi, tujuan dan langkah pembuatannya. Untuk itu, mari simak penjelasan berikut.

Pengertian

Pengertian Diagram batang didefinisikan sebagai suatu visualisasi dan teknik penyajian baik dalam bentuk data, petunjuk maupun dalam bentuk informasi tertentu. Data, petunjuk dan informasi yang disajikan dalam bentuk diagram bertujuan agar hasil data dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

Diagram seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, diagram digunakan dalam berbagai bidang seperti statistika dan informatika. Dengan diagram, maka penyampaian informasi atau data dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, diagram juga digunakan untuk menyajikan suatu prosedur atau algoritme tertentu dalam pemrograman atau informatika.

Jadi, Pengertian Diagram batang adalah suatu diagram yang menampilkan batang-batang persegi atau balok yang digunakn untuk menampilkan suatu data. Diagram ini juga menggambarkan sebuah perubahan nilai-nilai objek atau data penelitian dalam periode tertentu.

Diagram batang digunakan untuk menyajikan data dalam kepentingan perbandingan, untuk membandingkan lebih dari satu kegiatan. Selain itu, diagram batang digunakan untuk menampilkan perubahan data peneliian dalam periode tertentu.

Diagram batang juga biasanya digunakan untuk mengetahui perkembangan nilai dari suatu data dalam jangka waktu tertentu dan dalam suatu jenis dengan beberapa kategori atau klasifikasi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dengan adanya diagram batang maka pembaca atau pengamat akan mudah memahami informasi terkait data yang ditampilkan dalam diagram tersebut.

Diagram batang memiliki bentuk batang yang vertikal maupun horizontal dengan lebar yang sama dan batang yang dipisahkan.

Jenis Diagram Batang

Diagram batang terdiri dari beberapa jenis yakni diagram batang vertikal, diagram batang horizontal, diagram batang majemuk, dan diagram batang bertingkat. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

Diagram Batang Vertikal

Diagram batang vertikal yaitu diagram batang yang menampilkan hasil kegiatan pengumpulan data secara vertikal. Dalam diagram batang vertikal, nama kategori diagram ditulis pada sumbu horizontal dan frekuensi datanya digambarkan secara vertikal. Berikut merupakan contoh gambar diagram vertikal:

Diagram Batang Horizontal

Diagram batang horizontal yaitu diagram batang yang menampilkan hasil kegiatan pengumpulan data secara horizontal. Dalam diagram batang horizontal, kategori dicantumkan pada sumbu vertikal dan frekuensi datanya digambarkan secara horizontal. Berikut merupakan contoh diagram batang horizontal:

Diagram Batang Majemuk

Diagram batang majemuk yaitu diagram batang yang menyajikan lebih dari satu kegaitan pengumpulan data. Dalam diagram batang majemuk, ada dua jenis data yang dimasukkan dalam satu kategori. Diagram batang akan digambarkan secara bersebelahan dan berbeda warna agar mudah untuk membandingkannya. Berikut merupakan contoh diagram batang majemuk:

Diagram Batang Bertingkat

Diagram batang bertingkat yaitu diagram batang yang menampilkan kegiatan dalam satu batang pada setiap datanya. Dalam diagram batang bertingkat, terdapat dua jenis data yang digambarkan dalam satu batang namun dengan warna yang berbeda sehingga dapat memuat dua jenis data dalam satu batang. Berikut merupakan contoh diagram batang bertingkat:

Fungsi

Diagram batang berfungsi untuk mempermudah pembaca dalam mencari atau melihat data dalam periode waktu tertentu. Hal ini dikarenakan dalam diagram batang akan mudah dalam mencatat sebuah data yang dimasukkan dalam waktu tertentu sehingga memudahkan dalam melihat data tertinggi dan data terendah.

Tujuan

Pembuatan diagram batang bukanlah tanpa tujuan, adapun tujuan dari diagram batang adalah untuk memudahkan pembaca dalam melihat data dengan cara yang mudah dan sederhana. Diagram batang juga bertujuan untuk menggambarkan kinerja objek penelitian selama periode waktu tertentu.

Langkah Membuat Diagram Batang

Untuk membuat diagram batang, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan data yang dibutuhkan untuk pembuatan diagram batang berupa table distribusi frekuensi untuk memudahkan dalam pembuatan diagram batang.
  2. Buat garis horizontal untuk menempatkan kategori dan buat garis vertikal untuk menempatkan nilai frekuensi. Pastikan semua jarak setiap kategori sama agar muda dalam membaca diagram.
  3. Tandai puncak frekuensi dalam masing-masing kategori sesuai dengan data yang dimiliki.
  4. Gambar diagram batang masing-masing kategori dengan batasan yang telah ditandai sebelumnya

Setelah mengetahui cara membuat diagram batang akan dijelaskan juga cara membuat diagram batang di Microsoft Excel, berikut caranya:

  1. Siapkan data yang dibutuhkan untuk membuat diagram batang berupa tabel distribusi frekuensi untuk memudahkan dalam pembuatan diagram.
  2. Blok seluruh tabel data tersebut
  3. Klik chart
  4. Pilih bentuk diagram batang yang sesuai

Cara Membaca Diagram Batang

Sebelum membaca diagram batang, pertama-tama amati berapa tinggi batang dalam diagram batang tersebut, kemudian lihatlah kuantitasnya. Selanjutnya, nilai besaran kuantitas akan ditunjukkan pada angka yang tertulis pada garis sumbu yang bersebrangan dengan garis sunggu yang menunjukkan kategori.

Pada gambar diagram batang akan terlihat bahwa jumlah kuantitas kategori tersebut terlihat berapa jumlah kuantitas pada kategori tersebut.

Kesimpulan

Diagram batang adalah suatu diagram yang menampilkan batang-batang persegi atau balok yang digunakn untuk menampilkan suatu data juga menggambarkan sebuah perubahan nilai-nilai objek atau data penelitian dalam periode tertentu.

Diagram terdiri dari berbagai jenis yakni diagram batang vertikal, horizontal, diagram batang majemuk, dan diagram batang bertingkat. Setiap jenis diagram batang memiliki tampilan yang berbeda-beda, namun tujuannya tetap sama yakni untuk memudahkan pembaca saat mengamati hasil data.

Diagram ialah sesuatu yang menjelaskan tentang alur kegiatan dalam program yang sedang dirancang. Hal ini sangat penting untuk Anda yang ingin membuat alur kerja yang terstruktur, dan ini sama pentingnya dengan pengawasan keuangan perusahaan Anda.

Salah satunya mengelola keuangan secara otomatis dan praktis dengan menggunakan JojoExpense. Melalui produk ini maka tentunya sistem reimburse dan penyediaan dana dapat berjalan lebih efektif. Selain itu mampu menghindarkan resiko terjadinya penipuan dalam keuangan perusahaan. Hal ini berkat beberapa fitur pada JojoExpense, meliputi sebagai berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Nah, jangan ragu lagi, yuk segera dapatkan coba gratis JojoExpense! Dapatkan sistem keuangan perusahaan yang jauh lebih baik dan lebih efektif!