Memahami Pengertian Globalisasi Serta Ciri-Ciri dan Cara Menghadapinya

pengertian globalisasi

Di masa sekarang ini semua dituntut untuk memahami pengertian globalisasi. Maklum saja, pada masa sekarang era globalisasi ini makin dekat dan makin nyata. Demikian juga di dalam dunia bisnis dan usaha. Supaya lebih jelasnya dan dapat mengejar ekspetasi yang muncul pada era globalisasi ini, ada baiknya melihat informasi yang diberikan di bawah ini. Berikut beberapa hal menarik terkait dengan pengertian globalisasi, menerapkan di dalam bisnis, dan bagaimana tios-tips penting untuk menghadapainya. Yuk, kita lihat lebih dekat.

Pengertian Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Sebenarnya globalisasi ini dapat terjadi pada seluruh aspek dan bidang, namun kerap kali efek terbesar yang dirasakan oleh masyarakat yaitu pada bidang ekonomi. Sehingga banyak yang ingin memahami lebih lanjut bagaimana pengertian globalisasi ini dalam bidang ekonomi tersebut.

Dikatakan bahwa globalisasi sendiri merupakan sebuah hal yang mengalami dan memiliki keterkaitan atau keterikatan dengan antar bangsa maupun dengan antar manusia. Dalam hal ini dapat meliputi bidang perdagangan, budaya, investasi, dan lain sebagainya.

Kata globalisasi ini sendiri berasal dari kata global, yang artinya menyeluruh atau mendunia atau universal. Sehingga tidak mengherankan jika aktivitas yang berkaitan dengan kata tersebut artinya melangsungkan kegiatan atau suatu hal yang bersifat mendunia. Dimana globalisasi ini sendiri juga didefinisikan pada suatu hal yang berujung pada kemakmuran dan terkait dengan banyak proses, mulai dari proses sosial, proses sejarah, dan sebagainya. Dimana dalam proses tersebut banyak batasan yang diabaikan, yaitu baik batasan geografi, batasan wilayah, maupun batasan suku dan bahasa.

Ciri-Ciri Pengertian Globalisasi

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya situasi dalam pengertian globalisasi yang telah dijelaskan sebelumnya.Hal tersebut juga membuat globalisasi sendiri memiliki ciri-ciri tersendiri yang mudah untuk diamati. Oleh karena itu sebaiknya lihat dulu apa saja yang memicu timbulnya konsep globalisasi pada bidang ekonomi saat ini. Beberapa ciri yang paling umum terjadi yaitu sebagai berikut:

Perubahan Konsep Ruang dan Waktu

Salah satu ciri yang mudah untuk dilihat dari adanya globalisasi yaitu perubahan konsep tentang ruang dan waktu. Jika dahulu semua terbatas pada satu waktu yang sama, maka pada globalisasi hal ini tidak lagi menjadi batasan. Konsep ruang dan waktu menjadi lebih luas dan lebih bebas tanpa ada hambatan.

Mekanisme Pasar Yang Berubah

Ciri berikutnya yaitu mekanisme pasar yang berubah. Tanpa adanya globalisasi maka pasar akan berfokus pada suplai lokal saja. Sementara dengan adanya globalisasi artinya suplai bisa diperoleh dari mana saja tanpa ada batasan wilayah. Contohnya kegiatan impor yang dulunya terbatas, maka dengan hal ini tidak ada lagi batasan wilayah. Semua berhak memasarkan dan mensuplai produknya dari dan kemanapun.

Peningkatan Interaksi Kultural

Kemudian ciri globalisasi yang mudah diamati adalah adanya peningkatan interaksi kultural. Hal ini sangat mungkin karena pada saat semua tidak memiliki batasan baik dari sisi negara, budaya dan bahasa, maka otomatis semua suku dan bangsa dapat saling bekerja sama. Terutama dalam hal ekonomi, dibutuhkan interaksi antar kultural yang dekat. Misalnya antara negara yang satu dan yang lain untuk menjalin kerjasama dan memastikan keberhasilan kerjasama tersebut. Sehingga disinilah intensitas interaksi antar kultur akan meningkat.

Timbul Masalah Universal

Walaupun sifatnya positif, namun globalisasi juga bisa membawa dampak dan masalah yang universal. Contohnya adalah berlebihan suplai dari negara luar sementara produk dalam negeri tidak kalah membludak. Selain itu tercipta kompetisi pasar yang menimbulkan inflasi pada negara tertentu yang tidak siap menyambut pengertian globalisasi tadi.

Tips Menghadapi Pengertian Globalisasi di Bidang Ekonomi

Setelah melihat beberapa penjelasan di atas tentang pengertian globalisasi serta faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebabnya, tentu yang tidak kalah penting untuk dipikirkan yaitu bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Karena memang globalisasi secara tidak langsung sudah tidak dapat dihindari. Namun yang dapat dilakukan hanya menghadapi hal tersebut dengan cerdik dan benar.

Ada beberapa tips menarik yang bisa dilakukan dalam menghadapi pengertian globalisasi di bidang ekonomi saat ini. Beberapa tips tersebut meliputi beberapa hal berikut ini.

Membekali Diri

Sangat penting masing-masing membekali diri dengan cukup di era globalisasi ini. Karena dengan persaingan yang makin tinggi dan ketat, otomatis setiap orang harus dapat bertahan dengan memberikan kemampuan yang terbaik. Tentunya hal ini hanya bisa diraih apabila membekali diri dengan pendidikan yang memadai, keahlian yang lebih unggul, dan lain sebagainya. Sehingga nantinya tidak kalah bersaing dengan yang lain pada era globalisasi sekarang ini.

Penerapan Kebijakan Terarah

Menghadapi globalisasi juga dapat dilakukan dengan penerapan kebijakan yang terarah. Tentunya dalam hal ini dibutuhkan peran serta pemerintah untuk membantu mewujudkan hal tersebut. Dimana dengan adanya kebijakan serta peraturan yang memadai, maka globalisasi tetap dapat dilakukan namun dengan batasan-batasan yang masih aman untuk pihak tertentu. Sehingga masalah yang ditimbulkan juga dapat diminimalkan.

Meningkatkan Inovasi

Tentu saja persaingan di dunia usaha dan ekonomi akibat globalisasi akan menjadi makin tajam dan berkembang. Oleh sebab itu ada baiknya jika berusaha untuk meningkatkan inovasi secara lebih tinggi dan maksimal. Cobalah mencari hal-hal baru yang bermanfaat dan dapat menjadi terobosan yang diterima oleh banyak orang. Sehingga dengan demikian dapat membantu bisnis untuk terus bertahan dan diterima oleh banyak orang meskipun era globalisasi telah tiba.

Memahami pentingnya pengertian globalisasi memang harus dilakukan. Terutama bagi para pelaku bisnis dan ekonomi yang ingin supaya bisnis dan usahanya tetap bertahan di era globalisasi sekarang ini. Tanpa persiapan dan langkah yang tepat, bisa jadi bisnis tidak dapat maju dan pada akhirnya terpaksa terhenti. Oleh karena itu pastikan supaya bisnis terus menghadapi era globalisasi yang terjadi dengan tangguh.

Sama halnya dengan perusahaan dalam melakukan pengaturan absensi karyawan. Pastinya dibutuhkan sistem yang tepat dan efektif supaya absensi perusahaan dapat dilakukan dengan baik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan sistem berupa JojoTimes. Dimana dengan produk ini banyak manfaat yang bisa diperoleh bagi perusahaan. Mulai dari sistem absen yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, berkat fitur geo tagging yang memudahkan untuk memberikan informasi keberadaan karyawan secara akurat. Selain itu sistem ini juga bisa membantu mencatatkan absensi karyawan yang dapat dikaitkan dengan payroll bulanan. Sehingga membantu pekerjaan perusahaan yang lebih mudah dalam hal kepegawaian.

Tentunya hal tersebut berkat beberapa fitur andalan yang dimiliki oleh JojoTimes. Mulai dari fitur pengenalan wajah biometris, pengelolaan kehadiran termasuk cuti dan ijin kerja, hingga tarif lembur yang dapat disesuaikan dengan tepat. Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada JojoTimes. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis di perusahaan Anda secepatnya. Rasakan dan buktikan sendiri seluruh manfaat tersebut untuk kebaikan bisnis dan perusahaan Anda.