Pengertian Iklim, Jenis, Ciri-ciri dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sehari-hari

Mungkin bagi kalangan anak-anak seringkali bertanya-tanya mengapa di Indonesia tidak mengalami musim salju? Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis. Lantas apa itu Pengertian Iklim? Apakah setiap daerah memiliki iklim yang berbeda-beda?

Untuk itu, pada artikel ini akan dijelaskan dengan tuntas pengertian iklim, ciri-ciri iklim, persebaran iklim dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari.

Pengertian

Iklim merupakan kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang dalam suatu tempat. Iklim diukur berdasarkan suhu, kelembapan, tekanan atmosfer, curah hujan dan arah angin. Namun, tidak hanya itu saja, perlu diketahui bahwa iklim dipengaruhi oleh garis lintang, medan, ketinggian dan perairan di dekatnya. Ilmu yang mempelajari tentang iklim suatu wilayah disebut sebagai klimatologi.

Pengertian Iklim juga dapat digunakan dalam menentukan aspek kehidupan seperti tanaman apa saja yang dapat tumbuh di tempat tersebut dan hewan apa yang dapat hidup di daerah tersebut? Dengan mengetahui iklim suatu daerah maka manusia dapat menentukan tanaman apa saj ayang dapat di tanam di lokasi tersebut. Misalnya seperti tanaman teh kopi, tanaman tersebut tidak cocok di daerah dataran rendah karena iklim yang tidak sesuai dengan pertumbuhan tanaman tersebut. Teh dan kopi akan tumbuh subur jika ditanam di dataran tinggi dengan udara yang sejuk.

Jenis, Ciri-ciri dan Persebaran Iklim di Bumi

Konon katanya, tidak ada tempat di bumi ini yang memiliki iklim sama persis dengan daerah lainnya. Namun, tidak menutup kemungkinan jika iklim suatu wilayah dengan wilayah lainnya yang cenderung sama. Hal ini terjadi karena posisi suatu daerah tersebut dengan matahari. Berdasarkan jumlah sinar matahari yang diterima permukaan bumi, maka iklim dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu:

Iklim Tropis

Iklim tropis biasanya ditemukan di daerah yang terletak di sekitar garis ekuator bumi yakni diantara garis 23,5 derajat lintang utara sampai dengan 23,5 lintang selatan.

Adapun Negara-negara yang beriklim tropis antara lain Negara Indonesia, Malaysia, India, Hongkong, Arab Saudi, Brazil, Kongo, Negara-negara di Asia Tenggara, Amerika Tengah dan lain-lain.

Iklim tropis dibagi lagi menjadi dua jenis yakni iklim hujan tropis dan iklim sabana tropis. Iklim hujan tropis memiliki kondisi yang hangat dan hujan sepanjang tahun sehingga daerah ini memiliki banyak hutan lebat. Sedangkan iklim sabana tropis memiliki kondisi yang kering sehingga jarang ditemukan hutan.

Iklim Subtropis

Iklim subtropis merupakan iklim yang terletak di daerah dengan garis 23,5 derajat lintang utara sampai 40 derajat lintang selatan. Negara-negara beriklim subtropis antara lain Negara Tiongkok, Nepal, Jepang, Korea, Afrika, Mesir, Turki, Iran dan lain-lain.

subtropis merupakan iklim yang mediterania dengan musim panas yang kering serta musim dingin yang basah namun tidak terlalu dingin. subtropis juga dikenal memiliki suhu udara yang hangat pada musim panas dan dingin dengan curah hujan yang ringan.

Iklim Sedang

Dengan beriklim sedang merupakan iklim yang letaknya diantara 40 derajat lintang utara dan 60 derajat lintang selatan. Negara-negara dengan iklim sedang antara lain Mongolia, Inggris, Denmark, Rumania, Ukrania, Perancis dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa iklim sedang dibagi lagi menjadi empat jenis iklim yaitu iklim laut pantai barat dengan kondisi yang lembab dan mendung pada musim dingin serta kering dan cerah pada musim panas. Kemudian adalah iklim stepa sejuk dan iklim gurun sejuk dengan kondisi yang panas dan kering pada musim panas dan pada musim dingin terdapat angin. Dan yang terakhir ada iklim benua lembab yang memiliki kondisi yang basah pada musim panas.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Iklim Dingin

Iklim dingin merupakan kondisi yang dapat ditemukan di daerah yang berada di atas garis 60 derajat lintang utara dan lintang selaatn. Negara-negara yang beriklim dingin yaitu Denmark, Swedia, Rusia, kanada, Alaska dan lain-lain.

Suhu udara pada iklim dingin sangatlah dingin sedangkan pada musim panas terasa sejuk dan hangat. Iklim dingin dibagi lagi menjadi tiga jenis iklim yaitu iklim taiga dengan kondisi yang sangat dingin di musim dingin, iklim tundra yang dingin sampai hanya rumput dan lumut yang dapat tumbuh dan yang terakhir iklim kutub dengan munculnya banyak es yang tebal.

Unsur Iklim

Iklim memiliki berbagai unsur sebagai berikut:

Suhu & Penyinaran Matahari

Unsur iklim yang pertama adalah suhu dan penyinaran matahari. Sedikit atau banyaknya sinar matahari yang diterima dalam suatu daerah dapat mempengaruhi iklim. Misalnya jika matahari terlalu lama menyinari suatu daerah maka semakin panas udara yang diterima daerah tersebut.

Angin

unsur iklim yang kedua. Angin merupakan gerakan udara yang disebabkan adanya perbedaan suhu yang mengakibatkan perubahan tekanan. Tekanan udara akan naik jika suhunya rendah dan akan turun jika suhunya tinggi.

Awan

Unsur selanjutnya adalah awan. Awan yang naik dapat mengubah udara menjadi dingin sehingga kelembaban udaranya bertambah, Dan pada ketinggian tertentu, udara akan jenuh dengan air sehingga membentuh sebuah awan.

Kelembaban Udara

Unsur keempat yaitu kelembaban udara, kelembaban udara yaitu banyak sedikitnya uap air saat di udara. Kelembaban udara dapat mempengaruhi pengendapan air di udara, Pengendapan air ini dapat berupa awan, kabut, embun atau bahkan dapat berupa hujan.

Curah Hujan

Dan unsur iklim yang terakhir adalah curah hujan, curah hujan merupakan peristiwa alam yang ditandai dengan jatuhnya titik-titik air ke permukaan bumi. Terjadinya hujan diawali dengan penyinaran matahari pada air laut, sungai, danau dan lain-lain yang menyebabkan terjadinya penguapan. Hasil penguapan ini berupa uap air yang terbawa oleh angin ke tempat yang lebih tinggi.

Pada tempat yang lebih tinggi di ketinggian tertentu terjadi proses pendinginan dan terjadilah titik-titik air yang semakin lama volumenya semakin besar dan menjadi peristiwa hujan.

Pengaruh Iklim Terhadap Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Iklim perubahannya dapat menyebabkan beberapa peristiwa lingkungan. Misalnya iklim laut di Indonesia menyebabkan tingginya penguapan. Kemudian daerah yang memiliki tingkat penguapan yang tinggi memiliki curah hujan yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, suhu udara yang tinggi dalam suatu daerah dapat mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi menimbulkan curah hujan yang tinggi pada daerah tersebut.

Kesuksesan tahap bisnis bergantung pada seberapa baik perusahaan memberikan pelatihan kerja yang baik bagi karyawan agar terampil dan mewujudkan tujuan perusahan. Dengan kata lain, tahap ini bergantung pada seluruh karyawan perusahaan. JojoPayroll hadir untuk memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengelola payroll secara digital. Dengan aplikasi JojoPayroll, Anda dapat menghitung payroll secara otomatis sesuai kebijakan perburuhan Indonesia. Anda juga dapat mengintegrasikan payroll dengan pajak pribadi, asuransi, tunjangan, dan reimbursement.

Tertarik mencoba? Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan fasilitas coba gratis sekarang juga!