Pengertian Komunikasi Daring Hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Anda pasti sudah sangat akrab dengan teknologi gadget. Apalagi di masa yang cukup sulit untuk berkomunikasi langsung seperti sekarang, berkomunikasi melalui gadget menjadi pilihan yang paling dicari. Cara berkomunikasi inilah yang sering disebut-sebut dengan komunikasi daring.

Istilah komunikasi secara daring kini memang sudah semakin dikenal. Umumnya hanya diketahui sebagai cara yang menghubungkan setiap orang di media sosial. Tapi tahukah anda komunikasi daring ternyata tidak diartikan sebatas itu. Jadi apakah anda benar-benar memahami pengertian komunikasi daring? Sebagai pengguna harian, sebaiknya kenali lebih baik arti dibaliknya.

Untuk itu kali ini Jojonomic akan membantu anda lebih memahami pengertian komunikasi daring dengan menyeluruh. Tak hanya itu, daring juga memiliki jenis yang beragam. Kelebihan dan kekurangan yang unik dibandingkan media lainnya juga akan menjadi tambahan informasi bagi anda.

Pengertian Komunikasi Daring

Pengertian Komunikasi Daring

Pengertian komunikasi daring adalah cara berinteraksi antar individu menggunakan perangkat teknologi (gadget) yang terhubung melalui internet. Atau sebutan lainnya dilakukan secara online. Lalu bagaimana dengan arti ‘daring; itu sendiri?

Menurut KBBI, daring sebetulnya merupakan gabungan atau akronim dari dua kata tunggal yang lengkapnya berarti ‘dalam jaringan’. Jaringan dalam konteks ini diartikan sebagai seperangkat sistem yang menggunakan peralatan-peralatan elektronik komputer. Dan dari prosesnya menghasilan suatu media komunikasi yang berjalan tanpa medium fisik.

Lawan dari pengertian komunikasi daring yang perlu anda tahu dinamakan luring. Atau secara akronim dijelaskan sebagai luar jaringan. Tentunya teknik berkomunikasi ini tidak memanfaatkan sistem internet. Yaitu dilakukan secara tatap muka langsung.

Aplikasi HRIS No 1 di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Terlepas dari lawan pengertian, sederhananya, daring adalah medium yang memanfaatkan transmisi internet untuk berkomunikasi. Bentuk medianya bisa bermacam-macam. Dari email, berbagai aplikasi media sosial, aplikasi penyimpanan data elektronik, hingga berita online yang bersifat komunikasi satu arah.

Untuk keadaan pandemi yang menyulitkan setiap orang bertatap muka, pastinya anda sangat mengandalkan media video conference. Beberapa merk yang paling diminati antara lain Zoom dan Google Meet. Penggunaannya yang mudah dan fitur yang lengkap kini mengantarkan semua aktivitas pertemuan pada satu platform saja. 

Jenis Komunikasi Daring

Pengertian Komunikasi Daring

Setelah mengetahui pengertian komunikasi daring, ini saatnya untuk mengenal jenis-jenisnya. Di masyarakat umum, pembagian jenis ini belum banyak diketahui dan hanya dipahami oleh pengamat teknologi komunikasi. Dan barangkali anda adalah salah satu yang belum mengenal. Maka berikut ini adalah pembagiannya.

Daring Sinkron

Tipe ini adalah sistem berkomunikasi sekumpulan pengguna yang dilakukan secara real time atau pada waktu yang sama. Sehingga interaksi dilakukan langsung tanpa ada perbedaan waktu atau jeda. Beberapa cabang jenisnya antara lain :

  1. Sinkron Chat : Jenis ini sudah umum digunakan dalam bentuk pesan tulisan. Media yang memfasilitasi sistem chat disediakan dalam platfrom aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, dan lain sejenisnya;
  2. Sinkron Call : Media komunikasi seperti telepon ini bukan sistem yang akan menghabiskan tagihan nomor telepon. Melainkan anda harus meng-install aplikasi tertentu yang dapat melakukan hubungan panggilan. Salah satunya yang cukup populer dimiliki oleh fasilitas WhatsApp Call;
  3. Sinkron Video Call : Seperti namanya, jenis ini menggunakan media dengan output audiovisual. Sehingga video call menjadi media yang paling sering digunakan untuk pertemuan, seminar, atau rapat.
  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Daring Asinkron

Kebalikan dari daring sinkron, daring asinkron tidak memungkinkan komunikasi dilakukan pada satu waktu yang sama. Meskipun tetap dapat menghubungkan banyak pengguna, namun interaksi balik tidak akan didapatkan secara langsung. Diantaranya adalah :

  1. Asinkron Chat : Bentuknya tetap sama dengan sinkron chat. Namun, secara prinsip, jenis ini hanya akan memberikan balasan interaksi tidak langsung. Misalnya, ketika anda mengirimkan suatu email;
  2. Asinkron Video : Tidak seperti sistem sinkron video, pada media ini anda hanya bisa mengirimkan pesan berupa rekaman video. Sehingga antar pengguna tidak melakukan interaksi real time.

Jaringan Kerja

Jenis ini biasanya berwujud suatu platform khusus untuk perusahaan. Seperti misalnya platform untuk menyerahkan laporan keuangan, laporan kehadiran atau hasil pekerjaan lainnya yang membutuhkan persetujuan. Sifatnya hanya bisa dioperasikan dan diketahui oleh pihak internal sehingga terjaga data rahasia perusahaan.

Kelebihan Komunikasi Daring

Pengertian Komunikasi Daring

Dari pengertian komunikasi daring di atas, bisa dilihat terdapat beberapa komponen yang mendukung adanya aliran komunikasi. Komponen-komponen tersebutlah yang berperan besar memberikan kelebihan dalam berkomunikasi. Maka beberapa kelebihan yang bisa anda manfaatkan untuk persoalan apapun adalah :

Hemat waktu

Sistem komunikasi daring sangat menekankan kecepatan tibanya pesan. Nilai lebih inilah yang menjadi pertimbangan utama untuk digunakan pada urusan-urusan penting. Semacam data pekerjaan pemerintahan maupun perusahaan. Seluruh informasi mengalir lancar tanpa melalui banyak pihak yang akan memakan waktu.

Praktis dimanapun dan kapanpun

Cukup menggunakan sarana gadget serta koneksi internet, berbagai media komunikasi daring mudah diakses. Dengan demikian mengirimkan informasi hingga persetujuan tidak terbatas pada lingkungan kantor saja. Bahkan untuk dokumen yang bersifat segera akan jauh lebih efektif memanfaatkan fasilitas daring.

Sistem yang sudah terintegrasi

Berinteraksi sambil mengirimkan dokumen kini bukan masalah. Sistem daring sudah mengintegrasika semua layanan agar lebih efektif digunakan. Terlebih pada platform penunjang kinerja perusahaan, bukti integrasi fasilitas layanan akan sangat terlihat.

Kelemahan Komunikasi Daring

Pengertian Komunikasi Daring

Meskipun pengertian komunikasi daring sangat menonjolkan kelebihannya, namun tidak menutup adanya kekurangan dibaliknya. Seiring berjalannya waktu mungkin anda juga sudah semakin merasakan efek buruknya. Terutama dari segi keamanan dan kedamaian sosial.

Rawan peretasan data

Sistem yang terbangun dari susunan algoritma seperti ini hanya bisa dipahami bagi yang memiliki keahlian khusus. Sayangnya, tidak semua yang ahli memiliki itikad baik. Sistem yang rumit dibaliknya tidak mudah untuk dipahami orang awam, sehingga dengan mudah diretas oleh pihak tertentu. Untuk skala perusahaan tentu ini akan sangat merugikan. Oleh karenanya perusahaan perlu berafiliasi dengan information technology developer yang terjamin dan terpercaya.

Mudah memalsukan identitas

Memalsukan identitas saat berinteraksi secara daring sangat mudah dilakukan. Baik itu memalsukan nama, gambar, alamat, dan identitas lainnya. Umumnya cara ini dilakukan untuk melakukan penipuan. Inilah salah satu bahayanya, terlebih jika korban belum mengerti tanda-tanda penipuan dari pemalsuan ini.

Hanya mampu aktif dengan perangkat gadget

Faktanya tidak semua orang memiliki perangkat gadget yang memadai. Bahkan dapat terjadi dalam skala pekerja kantoran. Setidaknya terdapat satu dari sekian karyawan dengan perangkat yang kurang mendukung komunikasi daring. Atau dalam konteks pendidikan, angka siswa yang belum mampu memiliki perangkat justru lebih besar. Sedangkan proses pendidikan terlebih saat ini terus berjalan.

Penutup

Keadaan yang menyulitkan untuk berinteraksi langsung seperti sekarang memang terlihat memberikan imbas merugikan. Akibatnya seluruh sektor harus siap beralih menggunakan media daring agar tetap melanjutkan kegiatan. Nah, pengertian komunikasi daring di atas setidaknya cukup memberikan pemahaman lebih dalam bagi anda. Jadi tidak perlu lagi bingung dengan istilah ini. Manfaatkan seluruh platform yang tersedia, asalkan sesuai dengan kebutuhan usaha. Dan yang paling penting jaga selalu keamanan data perusahaan saat seluruh dokumen tersimpan dalam sistem digital.

Artinya di masa ini, tim IT anda harus bekerja lebih ekstra untuk mendigitalkan segala urusan perusahaan. Jangan sampai kinerja menurun karena kehilangan fokus. Lengah sedikit saja, keamanan perusahaan anda bisa menjadi ancamannya. Dengan sistem daring yang memudahkan akses setiap orang, memantau kinerja tim sebenarnya bukanlah masalah. Apalagi jika didukung dengan layanan dari Jojo Times.

Jojo Times

Meskipun bekerja jarak jauh, mengecek kehadiran dan aktivitas karyawan tetap bisa maksimal lewat fitur Fingerprint Feature dan Biometric Face Recognition. Dengan begini tidak ada celah bagi mereka untuk melakukan penipuan identitas dan menggunakan waktu untuk bersantai. Setelah itu, bukti kehadiran akan langsung terekam otomatis menggunakan Integrated Attendance System. Membuat pekerjaan menjadi lebih sederhana sehingga dapat menyelesaikan urusan yang lebih penting.

Menarik, bukan? Jojo Times tidak hanya akan membantu anda sebatas 3 fitur itu saja. Untuk layanan yang lebih lengkap dan tentunya akurat hanya bisa diapatkan dengan daftar sekarang. Yuk, nikmati layanan menyeluruh yang gratis selama 14 hari!