Pengertian Manajemen Dan Fungsinya Bagi Masyarakat

Bagi banyak orang mungkin pengertian manajemen bukan lah yang cukup sulit, akan tetapi bagi sebagian besar masyarakat arti dari manajemen sendiri masih lah simpang siur. Secara umum manajemen adalah sebuah proses yang mengatur segala bentuk kegiatan ataupun sebuah perilaku yang akan menimbulkan efek bagi bagi hal yang dilakukan. Manajemen dilakukan secara terorganisasi dan kerja sama sehingga menimbulkan efek baik bagi para penggunanya. Secara umum kata manajemen diserap dari bahasa Perancis yaitu menegement yang berarti mengatur atau aturan. Secara singkatnya manajemen berarti adalah cara mengatur suatu hal yang berkaitan dengan banyak momen ataupun banyak kejadian agar apapun yang dilakukan berhasil. Tujuan utama dari manajemen adalah untuk mengorganisir setiap kegiatan agar mencapai kesuksesan. Terdapat banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahli. Berbagai definisi ini akan memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat yang ingin lebih dalam mengetahui tentang manajemen.

Definisi Manajemen Menurut Para Ahli

Berbagai definisi yang menjelaskan tentang pengertian manajemen dapat dilihat secara mudah dan di pelajari oleh orang-orang yang ingin menggunakannya untuk kepentingan bersama. Berikut beberapa definisi dari para ahli tentang arti manajemen:

  1. Oey Liang Lee

Menurut cendikiawan ini definisi dari manajemen adalah ilmu atau seni yang bergerak dalam bidang perencaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengendalian terhadap sumber daya berupa alam ataupun manusia yang ada pada kawasan atau kepemilikan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
  1. George R. Terry

George R. Terry ini mengemukakan bahwa manajemen merupakan sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan teratur yang berupa perencanaan, pengorganisasian hingga pada pengawasan. George memberikan definisi yang hampir serupa dengan beberapa ahli lainnya, akan tetapi george menekankan semua itu untuk mendapatkan keuntungan dan akhirnya tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai. Hal ini pula yang sering kali ditujukan oleh para ahli kenapa sangat penting menggunakan manajemen yang baik.

  1. Mary Parker Foleot

Definisi yang di kemukakan oleh mary ini sedikit berbeda dengan beberapa definisi yang ada. Mary menyatakan bahwa manajemen merupakan seni untuk melakukan atau menyelesaikan suatu pekerjaan dengan bantuan orang lain. Hal ini memang tidak bertolak belakang dengan arti umum manajemen yang berarti kerja sama. Akan tetapi definisi yang disampaikan oleh mary ini bisa saja disalah artikan oleh beberapa orang yang mencari-cari kesalahan. Secara mudahnya akan ada seseorang yang mengatur orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

  1. Henry Fayol

Hampir serupa dengan banyaknya definisi para ahli lain Henry fayol juga memiliki sebuah pemikiran tentang arti dari manajemen. Menurut Henry fayol, manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan atau kontrol terhadap sumber daya alam ataupun manusia yang saat itu digunakan agar tujuan bisa dicapai secara efektif dan efisien.

  1. Lawrence A. Aplley

Berbeda dengan beberapa definisi dari ahli-ahli di atas, Lawrence mengemukakan pendapatnya tentang teori manajemen. Lawrence berpendapat bahwa manajemen adalah kemampuan seseorang atau organisasi untuk mengatur orang laun agar mengerjakan pekerjan yang ada. Jadi lawrence berpendapat bahwa manajemen adalah kemampuan orang untuk mengatur orang lain dalam melakukan sebuah kegiatan ataupun menyelesaikan suatu hal. Karena hal ini sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memahami apa itu manajemen.

Fungsi Manajemen Bagi Masyarakat

Selain berbagai definisi tentang pengertian manajemen ternyata manajemen juga memiliki banyak fungsi bagi masyarakat. Tak hanya untuk kalangan bisnis saja tetapi sistem manajemen juga sangat berguna bagi masyarakat umum yang ingin memanfaatkan berbagai fungsi dari sistem manajemen yang ada. Terdapat lim fungsi utama manajemen dalam setiap kegiatan masyarakat. Berikut fungsi manajemen dalam setiap kegiatan masyarakat:

  1. Perencanaan

Ini adalah fungsi utama dari sebuah manajemen. Manajemen akan berfungsi sebagai salah satu pengelola perencanaan yang baik. Manajemen adalah sebuah sistem yang mana setiap hal akan melalui rangkaian-rangkaian tertentu yang nantinya bisa membawa dampak baik dan tercapainya tujuan. Hal ini pula yang ada pada fungsi manajemen. Manajemen memiliki salah satu fungsi perencanaan yang sangat baik sebab perencanaan yang baik pasti akan berpengatuh pada setiap proses kegiatan dan hal yang dilakukan. Perencanaan akan menjadi faktor utama pembenntu kemenangan terasebut.

  1. Pengorganisasian

Salah satu fungsi yang cukup banyak diminati oleh orang dalam menggunakan konsep managemen adalah pengorganisasian yang akan tertata. Ketika menggunkan prinsip manajemen maka pengorganisasian suatu kegiatan akan lebih tertata. Tujuan utama melakukan pengorganisasian adalah untuk mempermudah pemimpin dari suatu kegiatan mengawasi dan mengontrol anak buahnya agar hal yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
  1. Penempatan

Hal ini lebih jauh berhubungan dengan sumber daya manusia yang ada. Penempatan ini akan berhubungan dengan minat kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Pemimpin dari suatu kegiatan akan menentukan tempat-tempat terbaik untuk para pekerjanya agar dapat secara maksimal memanfaatkan bakat dan kemampuannya. Dalam. Hal ini seorang pemimpin harus bisa melihat dengan jelas bakat dan kemampuan masing-masing anggotanya agar bakat dan minat tiap anggota bisa tersalurkan.

  1. Pengarahan

Ini lah salah satu fungsi penting dari sebuah manajemen. Manajemen selalu menjadi pengawas yang penting dalam pelaksanaan setiap kegiatan yang berhubungan dengan hal-hal yang sedang dilakukan. Dengan memanfaatkan teknik manajemen maka pengawasan terhadap suatu hal menjadi lebih terjaga. Memanfaatkan pengarahan dan pengawasan ini berguna untuk memberi masukan pada sumber daya manusia yang digunakan agar melakukan hal yang sesuai dengan apa yang harus dilakukan. Pengarahan ini juga bermanfaat untuk memberi petunjuk bagi para pekerja atau sumber daya manusia yang digunakan tentang bagaimana cara untuk bekerja.

  1. Pengawasan

Ini adalah fungsi terakhir dan fungsi yang juga sama pentingnya seperti fungsi-fungsi sebelumnya. Dalam pengertian manajemen, manajemen akan bergerak sebagai pengawas karena pengawas merupakan salah satu komponen penting dalam menyelesaikan proyek atau kegiatan yang akan dilakukan. Sama seperti sebuah sekolah yang harus memiliki guru sebagai pengawas murid di kelas, hal ini pula yang harus dilakukan manajemen untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah dirumuskan. Pengawasan ini dalam bentuk melihat seberapa besar atau seberapa para pekerja telah mengerjakan pekerjaan mereka. Pengawasan ini juga berguna untuk melihat apakah para pekerja sudah bekerja sesuai standart atau malah bekerja dengan cara asal. Karena hal ini lah fungsi pengawasan sangat penting. Pengawasan juga bisa menjadi salah satu penjamin mutu pekerjaan setiap sumber daya manusia yang bekerja di bidang tersebut. Berbagai jenis fungsi yang terdapat pada manajemen adalah fungsi utama yang harus diterapkan ketika melakukan sesuatu. Dengan prinsip manajemen maka setiap kegiatan akan lebih dilakukan. Setiap kegiatan yang menggunakan prinsip ini akan menjadi lebih terkontrol dan lebih baik karena jaminan mutu standart akan terpenuhi.