Pengertian OEM dan Perbedaannya dengan Ori dan KW

Pengertian OEM

Pernahkah Anda mendengar istilah OEM? Istilah ini mungkin sering Anda dapatkan saat berbelanja produk gadget atau otomotof secara online. Meski cukup familiar, namun banyak yang belum tahu pengertian OEM itu apa. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa itu OEM dan perbedaannya dengan barang ori dan KW.

Pengertian OEM

Pengertian OEM

OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah sebuah barang yang diproduksi oleh perusahaan yang kemudian dijual kembali oleh perusahaan lain dengan brand atau merek mereka sendiri. Umumnya, produk OEM merujuk pada perusahaan OEM, yakni perusahaan yang membangun sebuah komponen yang kemudian dijual kembali untuk pembuatan produk baru dengan nama atau brand berbeda.

Contoh paling populer tentang pengertian OEM yang paling mudag adalah software Microsoft. Dimana software ini diproduksi oleh perusahaan Microsoft yang kemudian dijual ke perusahaan lain seperti Acer, Toshiba, HP, Dell, Asus sebagai komponen sistem operasi pada perangkat gadget yang diproduksinya.

POIN PENTING

  • Produsen peralatan asli (OEM) menyediakan komponen di produk perusahaan lain, bekerja sama dengan penjual produk jadi, yang dikenal sebagai reseller nilai tambah (VAR).
  • Dalam industri komputer, Pengertian OEM dapat merujuk ke perusahaan yang membeli produk dan kemudian menggabungkan atau mengubah mereknya menjadi produk baru dengan namanya sendiri.
  • Secara tradisional, Pengertian OEM berfokus pada penjualan bisnis-ke-bisnis, sementara VAR dipasarkan ke publik atau pengguna akhir lainnya.
  • Pengertian OEM berbeda dengan produk aftermarket, yang menawarkan suku cadang pengganti yang generik dan lebih murah daripada suku cadang OEM.

Memahami Original Equipment Manufacturer ( Pengertian OEM)

VAR dan OEM bekerja sama. OEM membuat suku cadang sub-perakitan untuk dijual ke VAR. Meskipun beberapa OEM membuat item lengkap untuk dipasarkan oleh VAR, mereka biasanya tidak memainkan banyak peran langsung dalam menentukan produk jadi.

Contoh umum mungkin adalah hubungan antara OEM komponen elektronik individu dan perusahaan seperti Sony atau Samsung yang merakit komponen tersebut dalam membuat HDTV mereka. Atau pembuat kancing yang menjual ke Ralph Lauren pengencang kecilnya yang disesuaikan dengan huruf RL yang dicap di atasnya. Biasanya, tidak ada satu pun bagian terintegrasi dari OEM yang diakui memainkan peran yang sangat penting dalam produk jadi, yang keluar di bawah nama merek perusahaan .

Secara tradisional, OEM berfokus pada penjualan bisnis-ke-bisnis , sementara VAR dipasarkan ke publik atau pengguna akhir lainnya. Pada awal 2019, semakin banyak OEM yang menjual suku cadang atau layanan mereka langsung ke konsumen (yang, dengan cara tertentu, menjadikannya VAR).

Misalnya, orang yang membuat komputer sendiri dapat membeli kartu grafis atau prosesor langsung dari Nvidia, Intel, atau pengecer yang menyediakan produk tersebut. Demikian pula, jika seseorang ingin melakukan perbaikan mobil sendiri, mereka sering kali dapat membeli suku cadang OEM langsung dari produsen atau pengecer yang menyimpan suku cadang tersebut.

Salah satu contoh OEM paling mendasar adalah hubungan antara produsen mobil dan pembuat suku cadang mobil. Suku cadang seperti sistem pembuangan atau silinder rem diproduksi oleh berbagai macam OEM. Suku cadang OEM kemudian dijual ke produsen mobil, yang kemudian dirakit menjadi mobil. Mobil yang sudah jadi kemudian dipasarkan ke dealer mobil untuk dijual ke konsumen perorangan.

Oem original equipment manufacturer concept Vector Image

Karakteristik Lain Pengertian OEM

1. OEM menjual lisensi

OEM biasanya menjual lisensi produk untuk menggunakan suku cadang mereka ke pengecer bernilai tambah yang mereka pasarkan.

2. OEM untuk perangkat keras

Perangkat keras dapat dengan mudah dibeli dari internet, baik dari produsen produk eceran atau melalui OEM. Namun, perangkat keras OEM biasanya dikirimkan dengan suku cadang yang tidak lengkap seperti kabel dan adaptor yang diperlukan untuk pemasangan dan pengoperasian perangkat keras.

3. OEM untuk perangkat lunak

Perangkat lunak OEM, seperti perangkat keras, biasanya tidak disertai dengan banyak hal, kecuali perangkat lunak dasar dan kunci lisensinya.

WHAT ARE OEMs Original Equipment Manufacturers | OEM industrial spare parts  - YouTube

Manfaat Membeli Produk Pengertian OEM

Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapat dari membeli OEM:

1. Kualitas bagus

Dan kenapa tidak? Bagaimanapun, produk OEM adalah produk yang sama yang diproduksi oleh pabrikan aslinya. Meskipun ada versi yang lebih murah, harga produk OEM mencerminkan kualitasnya.

2. Daya tahan

Produk semacam itu biasanya tidak hanya berkualitas baik tetapi juga tahan lama. Misalnya, saat membeli ban serep, ban OEM biasanya lebih baik daripada membeli ban aftermarket karena dapat dipastikan bahan yang digunakan untuk membuatnya.

3. Umur

Suku cadang OEM seringkali memiliki umur yang lebih lama daripada suku cadang.

OEM | What Does OEM (Original Equipment Manufacturer) Mean?

Pengertian OEM vs. Purna Jual

OEM adalah kebalikan dari aftermarket . OEM mengacu pada sesuatu yang dibuat khusus untuk produk asli, sedangkan aftermarket mengacu pada peralatan yang dibuat oleh perusahaan lain yang dapat digunakan konsumen sebagai penggantinya.

Misalnya, seseorang perlu mengganti termostat mobil mereka, yang dibuat khusus untuk Ford Taurus oleh Termostat ABC. Mereka dapat membeli suku cadang OEM, yang merupakan duplikat dari termostat ABC asli mereka yang digunakan dalam pembuatan kendaraan asli. Atau mereka mungkin membeli suku cadang aftermarket, alternatif yang dibuat oleh perusahaan lain. Dengan kata lain, jika pengganti juga berasal dari perusahaan ABC, maka itu adalah OEM; jika tidak, ini adalah produk purnajual.

Biasanya konsumen membeli produk aftermarket karena lebih murah (setara dengan obat generik ) atau lebih nyaman didapat. Tetapi terkadang produsen aftermarket melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam membuat bagian tertentu sehingga menjadi terkenal oleh konsumen, yang secara aktif mencarinya.

Contohnya adalah keberhasilan Hurst Performance of Warminster Township, Penn., Produsen pemindah gigi untuk mobil . Shifter Hurst menjadi sangat terkenal karena performa superiornya sehingga pembeli mobil akan bersikeras untuk memilikinya sebagai suku cadang pengganti, atau terkadang akan membeli dan memasangnya bahkan sebelum yang asli perlu diganti. Hurst juga membuat suku cadang OEM untuk mobil otot dari beberapa pembuat mobil.

Dräger OEM - Original Equipment Manufacturer

Pertimbangan Khusus Pengertian OEM

Evolusi yang agak kontradiktif ini dalam penggunaan istilah OEM (yang juga dapat digunakan sebagai kata sifat, seperti dalam “suku cadang OEM” atau bahkan kata kerja, karena pabrikan yang mengatakan rencananya untuk OEM alat baru) biasanya dikaitkan dengan komputer industri perangkat keras.

Beberapa perusahaan VAR seperti Dell, IBM, dan Hewlett Packard mulai menerima suku cadang bermerek dari sumber luar dalam produk mereka sendiri. Jadi seiring waktu, OEM merujuk pada perusahaan yang mengubah merek atau secara terbuka menggunakan produk pabrikan lain untuk dijual kembali.

Sebagian besar ini berkaitan dengan perusahaan mana yang bertanggung jawab atas jaminan , dukungan pelanggan, dan layanan lainnya, tetapi ini juga mencerminkan perubahan halus dalam dinamika manufaktur. Dalam satu contoh, Dell berhenti menggunakan chip dari pembuat anonim dan beralih ke Intel untuk prosesor komputer di komputernya.

Karena Intel adalah nama merek, ini membawa nilai tambah ke komputer Dell. Dell tidak hanya mengiklankan hal ini secara mencolok (menggunakan slogan “Intel Inside!”), Tetapi materi pemasarannya juga menunjukkan bahwa Intel dan Dell adalah mitra yang setara dalam prosesor dan desain komputer. Ini berbeda dengan Dell yang baru saja memberi tahu Intel cara membuat prosesor, seperti yang dilakukan dengan pemasok lamanya. Semua ini menjadikan Dell OEM, baik di benak perusahaan yang memasok suku cadang rakitan maupun di benak publik (bagaimanapun juga, orang menganggap paket perangkat keras dan perangkat lunak yang mereka beli sebagai “komputer Dell”).

Components - Integrators and OEM Partners – tec5

Potensi Konflik Dengan Pengertian OEM

Konflik antara OEM dan calon mitra bisnis juga dapat muncul.

Misalnya, tidak adanya definisi OEM yang jelas dan sederhana dapat menyebabkan masalah.

Untuk beberapa bisnis, OEM didefinisikan sebagai penyedia komponen yang ketat. Bagi orang lain, istilah itu berarti produsen produk primer. Terserah OEM dan VAR tertentu untuk membuat model kemitraan unik mereka sendiri, dan menyinkronkan bersama untuk membuatnya berfungsi. Hubungan OEM dan mitra utama juga dapat terganggu karena kedua budaya bisnis mereka kemungkinan besar berbeda, dan komunikasi antara keduanya

Produk Software Produk OEM

Beberapa contoh barang yang hadir dengan kualitas OEM adalah produk perangkat keras/ hardware. Produk ini bisa ditemukan dengan kualitas OEM. Hardware OEM memiliki kinerja yang sama dengan mitranya, dengan komponen hard drive, beberapa kartu ekspansi PCI, dan drive optic. Namun, produk ini biasanya tidak dilengkapi dengan komponen tambahan lainnya, contohnya adapter.

Hardware banyak ditemukan dipasaran dengan harga yang lebih murah dari produk retail. Selain komponen tambahan yang tidak disertakan, ketika membeli produk OEM juga sulit untuk mendapatkan garansi. Sehingga ketika membeli produk OEM, Anda harus merawat dan memakai produknya dengan baik agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selain hardware yang banyak dijual dengan kualitas OEM, terdapat pula perangkat lunak/ software OEM yang banyak dijual di pasaran. Salah satunya adalah produk Windows, produk ini biasanya akan dipasang di satu perangkat.

Ketika membeli produk software OEM, nantinya akan dibekali dengan license key dan tanpa dokumen-dokumen lain. Namun, software kualitas OEM memiliki kelemahan yaitu tidak adanya fitur support. Sehingga ketika Anda membeli software OEM ini, Anda harus selektif dalam membelinya. Keuntungannya adalah Anda bisa membeli software dengan harga yang murah, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Produk OEM

Kelebihan dari produk OEM biasanya harganya lebih murah dibanding produk originalnya. Sebagai contoh, ketika Anda membeli laptop dengan merek Asus dengan sistem operasi Windows tentu harganya lebih murah dibanding Anda membeli Windows dalam bentuk softwarenya langsung. Hal ini dikarenakan produk OEM kebanyakan hanya dikemas dalam box atau pembungkus biasa. Tidak seperti ketika Anda membelinya secara original langsung ke perusahaan Microsoft.

Keuntungan Membeli Produk OEM

·         Harga Produk OEM Lebih Murah

Masih banyak yang bertanya-tanya, jika kualitas produk OEM sama dengan produk original, lantas mengapa produk OEM harganya jauh lebih murah? Nah, perlu diketahui jika barang OEM dibanderol dengan harga yang murah karena jaminan produknya masih terbatas. Seperti contoh yang sudah dibahas seperti tidak adanya fitur support saat membeli software kualitas OEM. Berbeda dengan produk original yang dilengkapi dengan dukungan teknis yang langsung ditangani perusahaan langsung.

Harganya yang murah juga memungkinkan produk OEM diproduksi dalam jumlah yang besar sehingga waktu produksi dan harga juga bisa ditekan. Meski demikian, jangan berpikir bahwa produk OEM sama dengan produk KW ya. Produk KW adalah barang tiruan fisik dari produk original. Sedangkan produk OEM memiliki kualitas yang sama dengan produk original, hanya saja tidak memiliki dukungan teknis.

·         Produk OEM Legal dan Aman

Banyak masyarakat yang masih bingung mengenai perbedaan produk OEM dan KW, untuk itu banyak masyarakat yang masih bingung untuk membelinya. Jika produk KW dinilai ilegal dan kurang aman, lalu bagaimana dengan produk OEM, apakah illegal juga?

Jawabannya adalah, produk OEM legal dan aman. Meskipun begitu, Anda juga perlu paham risiko dari produk OEM ini, karena produk ini tidak memiliki dukungan teknis. Karena harganya yang lebih murah, akan sulit untuk melakukan klaim garansi produk berkualitas  OEM.

Saat Anda membeli produk atau perangkat OEM, jangan heran bila produk tidak dilengkapi dengan kartu garansi atau petunjuk penginstalan. Anda hanya akan mendapat perangkat dengan bungkus biasa dan harus di install sendiri. Hal itu bertujuan untuk mengurangi cost atau biaya yang harus dikeluarkan perusahaan.

Produk OEM juga lebih diminati pembeli terutama untuk mereka yang memang mencari produk-produk dengan harga yang lebih terjangkau. Produk OEM biasanya justru jadi incaran pembeli dibanding produk originalnya.

Sedangkan untuk kekurangan produk OEM adalah tidak dilengkapi komponen pendukung seperti kabel penghubung, adapter, kartu garansi, kartu petunjuk penggunaan, dan lain-lain. Pembeli hanya mendapatkan produknya saja tanpa barang pendukung di dalamnya. Dan untuk kemasannya pun hanya menggunakan box atau kardus biasa tanpa logo asli perusahaan.

Perbedaan OEM, Ori, KW, dan KW Super

Setelah membahas pengertian OEM, kelebihan dan kekurangannya. Pasti Anda juga penasaran dengan perbedaan OEM dengan produk asli atau KW. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan produk OEM, original, KW, dan KW super:

Pengertian OEM

1.      Produk OEM

OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah sebuah barang yang diproduksi oleh perusahaan yang kemudian dijual kembali oleh perusahaan lain dengan brand atau merek mereka sendiri. Biasanya, produk OEM dijual atau didistribusikan ke perusahaan-perusahaan manufaktur berskala besar yang memproduksi barang dengan brand atau merek mereka sendiri.

Contoh yang paling mudah adalah perusahaan gadget seperti Acer, Asus, HP, Dell, Toshiba yang membeli software Microsoft sebagai sistem operasi pada produk yang mereka buat. Produk tetap dijual dengan nama Acer, Asus, HP, Dell, Toshiba dan bukan Microsoft.

Namun masalahnya, banyak orang awam yang salah mengartikan tentang produk OEM. Kebanyakan menganggap jika OEM adalah produk palsu atau bentuk replika dari produk asli. Dengan begitu, membeli produk OEM pun juga sangat beresiko dan biasanya tidak dijual secara bebas di toko-toko biasa.

2.      Produk Ori atau Original

Produk ori atau produk asli adalah barang yang diproduksi langsung oleh perusahaan pembuatnya. Barang dengan standar original memiliki kualitas tingkat tinggi dan harganya pun lebih mahal dibanding produk OEM dan produk KW.

Produk-produk original biasanya juga menjadi buruan pembeli. Selain alasan kualitas, produk original juga memiliki ketahanan yang lebih tinggi. Lebih awet dan tahan lama hingga jangka waktu tahunan. Perbedaan antara produk OEM dan produk original yang paling mencolok adalah harga jualnya. Dimana produk OEM bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah dibanding produk originalnya.

Contoh saja, misal Anda membeli laptop Asus dengan software Microsoft dengan harga 4 – 5 jutaan. Software dibeli perusahaan Asus dengan harga lebih murah dan digunakan untuk produk yang mereka produksi. Sementara, jika Anda membeli software Microsoft original, mungkin harganya setara dengan laptop tersebut.

3.      Produk KW

KW atau kepanjangan dari kata “kwalitas” merupakan barang atau produk yang dibuat semirip mungkin agar menyerupai produk aslinya. Untuk produk-produk KW, biasanya dibedakan berdasarkan tingkat kualitasnya, mulai dari KW 1, KW, 2, KW 3, dan seterusnya. Produk akan dibuat dengan tampilan sama persis seperti produk asli. Namun, soal kualitas tentu masih jauh dengan produk original atau asli.

Untuk yang sering membeli produk original, mungkin sangat mudah membedakan mana produk asli dan mana produk KW. Dari sisi body atau tampilan biasanya dapat dibandingkan. Bahan atau material yang digunakan juga akan berbeda dengan produk original. Mengenai harga, tentu juga akan berbeda. Produk KW akan dijual dengan harga yang lebih rendah di bawah produk original.

4.      Produk KW Super atau Kwalitas Premium

Produk KW super atau kwalitas premium merupakan bentuk imitasi dari barang atau produk asli. KW super biasanya menggunakan bahan atau material dengan kualitas di bawah barang asli. Contoh yang paling mudah adalah sepatu. Sepatu Nike original tentu menggunakan bahan dengan kualitas terbaik, tampilan jahitan rapi, dan lebih kuat. Berbeda dengan sepatu nike KW super, meski dari tampilan body sama, namun dari segi bahan dan kualitas masih di bawah produk ori.

Pengertian OEM

Manakah yang harus dibeli produk OEM, Ori, atau KW?

Mungkin Anda pernah bingung antara membeli produk OEM, ori, atau KW. Namun, tetap disarankan untuk membeli produk originalnya langsung. Mengapa? Meski dari harga lebih mahal, namun produk ori memiliki fitur dan komponen yang lebih lengkap dibanding produk OEM. Produk ori dilengkapi dengan kartu garasi resmi, fitur, dan juga komponen pendukung. Sedangkan untuk produk OEM tidak ada.

Membeli produk OEM memang lebih menguntungkan, terutama untuk perusahaan manufaktur. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah, nama atau brand yang digunakan pun tetap bisa milik sendiri.

Berbicara mengenai perusahaan manufaktur, tentu tidak lepas dari yang namanya anggaran belanja. Anggaran dapat berupa biaya pengeluaran dan pemasukan. Agar anggaran perusahaan dapat terkelola dengan baik. Penggunaan aplikasi digital Jojo Expense dapat menjadi solusi terbaik untuk perusahaan Anda.

Aplikasi digital ini membantu Anda mengelola pengeluaran perusahaan secara efisien dan hemat waktu. Hasilnya pun juga sangat akuran dengan 3 fitur utama yang tersedia:

  • Dapat digunakan untuk mengontrol anggaran perusahaan dimana saja
  • Mencegah resiko penipuan keuangan dalam perusahaan
  • Hemat waktu dengan proses otomatis yang lebih mudah

Rekomendasi Produk OEM

1.      Diamond Strap Silicone Xiaomi Mi Band

Barang OEM yang pertama contohnya adalah Diamond Strap Silicone Xiaomi Mi Band 3 Gelang Silikon OEM. Produk ini merupakan strap yang berbahan karet, berkualitas bagus yang ideal untuk Xiaomi Mi Band 3. Produk ini di desain trendy dengan pilihan warna yang bisa Anda pilih. Strap ini lembut dan ringan ditangan serta ukurannya dapat disesuaikan dengan pergelangan tangan. Diamond Strap Silicone Xiaomi Mi Band 3 nyaman digunakan beraktivitas sehari-hari karena dapat digunakan dalam waktu lama dan awet digunakan. Harga Diamond Strap Silicone Xiaomi Mi Band 3 OEM Rp. 20.000-59.000

2.      Casing Magnetis dengan Dua Sisi Untuk Oppo

Menghindari handphone Anda tergores, penggunaan case sangat dianjurkan. Salah satu produk yang bisa Anda beli ini yaitu Casing Magnetis dengan Dua Sisi Untuk Oppo. Produk case dengan kualitas OEM ini dibuat dengan teknologi tinggi, berbahan tempered kaca dan logam bumper frame. Barang berkualitas OEM ini juga dilengkapi dengan aluminium, sehingga sinyal tidak akan mudah terblokir. Dengan menggunakan produk ini, handphone Anda akan terlindung dari goresan, benturan, dan kotoran. Harga Casing Magnetis dengan Dua Sisi Untuk Oppo OEM Rp. 69.000-159.030

3.      OEM Windows 10 Home Premium

Di era serba digital ini fitur windows memang sangat berguna untuk menunjang pekerjaan Anda. Maka dari itu, tidak heran jika banyak yang melakukan update windows untuk mendapatkan fitur terbaru agar pekerjaan lebih lancar karena windows terupdate. Jika Anda juga ingin mengupgrade windows, Anda bisa memilih OEM Windows 10 Home Premium.

Penggunaan OEM Windows 10 Home Premium ini dapar dipasang dengan menggunakan media seperti DVD. OEM Windows 10 Home Premium juga dilengkapi dengan lisensi, produk ini juga dapat membuat aplikasi pribadi yang memudahkan akses ke aplikasi perusahaan. Beberapa fitur yang terdapat dalam OEM Windows 10 Home Premium adalah Microsoft Edge, Gaming & Xbox, dan Cortana. Harga jual OEM Windows 10 Home Premium adalah Rp. 2.750.000-3.885.000

4.      Console Box Calya Sigra OEM

Console Box Calya Sigra OEM adalah barang OEM berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda apabila Anda membutuhkannya. Produk ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki mobil Calya Sigra untuk bepergian. Console Box Calya Sigra OEM terbuat dari bahan plastik yang mudah dipasang di mobil. Pemasangannya juga cukup mudah, letakkan di antara jok sopir dan sebelah sopir. Kegunaan lain produk ini bisa digunakan sebagai tempat meletakkan cup dan botol minum, gadget, koin, dan juga dompet. Harga Console Box Calya Sigra OEM Rp. 129.000-175.000

5.      Windows Lisensi Microsoft Office 2016 Pro OEM

Windows Lisensi Microsoft Office 2016 Pro OEM bisa Anda pilih terutama jika Anda tertarik menggunakan Office 2016 Pro Plus. Produk Windows Lisensi Microsoft Office 2016 Pro OEM ini dilengkapi dengan lisensi akun original dari Microsoft dan akun premium.

Dapat digunakan tanpa crack, produk ini juga dapat dipindah dengan deactive di Office. Windows Lisensi Microsoft Office 2016 Pro OEM memiliki lisensi untuk 5 PC/Mac, 5 tablet, dan 5 juga smartphone. Setiap pembelian produk ini juga dilengkapi dengan garansi lisensi 100%, sehingga pembelian produk OEM ini lebih aman dan tepercaya. Harga Windows Lisensi Microsoft Office 2016 Pro OEM Rp. 55.000-137.400

6.      Charger iPhone 11 Pro Max 18W Super Fast Charging Original OEM

Rekomendasi barang OEM terakhir ini adalah Charger iPhone 11 Pro Max 18W Super Fast Charging Original OEM. Pengisi daya ini kompatibel untuk berbagai produk Apple dengan port USB Type-C. Charger ini mampu mengisi daya dengan cepat dan efisien. Anda bisa menggunakannya saat di kantor, di rumah, hingga ketika di perjalanan. Dengan kinerja yang optimal, satu set produk charger ini hadir dengan kelengkapan produk 1 set fast charger, 1 adaptor USB Type-C, dan 2 USB C 1 meter. Harga Charger iPhone 11 Pro Max 18W Super Fast Charging Original OEM Rp. 119.900-165.000.

Mengatur anggaran terutama dalam hal pengeluaraan atau dana belanja memang harus dilakukan secara tepat. Jojo Expense menjadi solusi tepat untuk mempermudah Anda dalam pengelolaan pengeluaran perusahaan secara efisien dan hemat waktu.