Pengertian OEM dan Perbedaannya dengan Ori dan KW

Pengertian OEM

Pernahkah Anda mendengar istilah OEM? Istilah ini mungkin sering Anda dapatkan saat berbelanja produk gadget atau otomotof secara online. Meski cukup familiar, namun banyak yang belum tahu pengertian OEM itu apa. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa itu OEM dan perbedaannya dengan barang ori dan KW.

Pengertian OEM

Pengertian OEM

OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah sebuah barang yang diproduksi oleh perusahaan yang kemudian dijual kembali oleh perusahaan lain dengan brand atau merek mereka sendiri. Umumnya, produk OEM merujuk pada perusahaan OEM, yakni perusahaan yang membangun sebuah komponen yang kemudian dijual kembali untuk pembuatan produk baru dengan nama atau brand berbeda.

Contoh paling populer tentang pengertian OEM yang paling mudag adalah software Microsoft. Dimana software ini diproduksi oleh perusahaan Microsoft yang kemudian dijual ke perusahaan lain seperti Acer, Toshiba, HP, Dell, Asus sebagai komponen sistem operasi pada perangkat gadget yang diproduksinya.

Kelebihan dan Kekurangan Produk OEM

Kelebihan dari produk OEM biasanya harganya lebih murah dibanding produk originalnya. Sebagai contoh, ketika Anda membeli laptop dengan merek Asus dengan sistem operasi Windows tentu harganya lebih murah dibanding Anda membeli Windows dalam bentuk softwarenya langsung. Hal ini dikarenakan produk OEM kebanyakan hanya dikemas dalam box atau pembungkus biasa. Tidak seperti ketika Anda membelinya secara original langsung ke perusahaan Microsoft.

Saat Anda membeli produk atau perangkat OEM, jangan heran bila produk tidak dilengkapi dengan kartu garansi atau petunjuk penginstalan. Anda hanya akan mendapat perangkat dengan bungkus biasa dan harus di install sendiri. Hal itu bertujuan untuk mengurangi cost atau biaya yang harus dikeluarkan perusahaan.

Produk OEM juga lebih diminati pembeli terutama untuk mereka yang memang mencari produk-produk dengan harga yang lebih terjangkau. Produk OEM biasanya justru jadi incaran pembeli dibanding produk originalnya.

Sedangkan untuk kekurangan produk OEM adalah tidak dilengkapi komponen pendukung seperti kabel penghubung, adapter, kartu garansi, kartu petunjuk penggunaan, dan lain-lain. Pembeli hanya mendapatkan produknya saja tanpa barang pendukung di dalamnya. Dan untuk kemasannya pun hanya menggunakan box atau kardus biasa tanpa logo asli perusahaan.

Perbedaan OEM, Ori, KW, dan KW Super

Setelah membahas pengertian OEM, kelebihan dan kekurangannya. Pasti Anda juga penasaran dengan perbedaan OEM dengan produk asli atau KW. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan produk OEM, original, KW, dan KW super:

Pengertian OEM

1.      Produk OEM

OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah sebuah barang yang diproduksi oleh perusahaan yang kemudian dijual kembali oleh perusahaan lain dengan brand atau merek mereka sendiri. Biasanya, produk OEM dijual atau didistribusikan ke perusahaan-perusahaan manufaktur berskala besar yang memproduksi barang dengan brand atau merek mereka sendiri.

Contoh yang paling mudah adalah perusahaan gadget seperti Acer, Asus, HP, Dell, Toshiba yang membeli software Microsoft sebagai sistem operasi pada produk yang mereka buat. Produk tetap dijual dengan nama Acer, Asus, HP, Dell, Toshiba dan bukan Microsoft.

Namun masalahnya, banyak orang awam yang salah mengartikan tentang produk OEM. Kebanyakan menganggap jika OEM adalah produk palsu atau bentuk replika dari produk asli. Dengan begitu, membeli produk OEM pun juga sangat beresiko dan biasanya tidak dijual secara bebas di toko-toko biasa.

2.      Produk Ori atau Original

Produk ori atau produk asli adalah barang yang diproduksi langsung oleh perusahaan pembuatnya. Barang dengan standar original memiliki kualitas tingkat tinggi dan harganya pun lebih mahal dibanding produk OEM dan produk KW.

Produk-produk original biasanya juga menjadi buruan pembeli. Selain alasan kualitas, produk original juga memiliki ketahanan yang lebih tinggi. Lebih awet dan tahan lama hingga jangka waktu tahunan. Perbedaan antara produk OEM dan produk original yang paling mencolok adalah harga jualnya. Dimana produk OEM bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah dibanding produk originalnya.

Contoh saja, misal Anda membeli laptop Asus dengan software Microsoft dengan harga 4 – 5 jutaan. Software dibeli perusahaan Asus dengan harga lebih murah dan digunakan untuk produk yang mereka produksi. Sementara, jika Anda membeli software Microsoft original, mungkin harganya setara dengan laptop tersebut.

3.      Produk KW

KW atau kepanjangan dari kata “kwalitas” merupakan barang atau produk yang dibuat semirip mungkin agar menyerupai produk aslinya. Untuk produk-produk KW, biasanya dibedakan berdasarkan tingkat kualitasnya, mulai dari KW 1, KW, 2, KW 3, dan seterusnya. Produk akan dibuat dengan tampilan sama persis seperti produk asli. Namun, soal kualitas tentu masih jauh dengan produk original atau asli.

Untuk yang sering membeli produk original, mungkin sangat mudah membedakan mana produk asli dan mana produk KW. Dari sisi body atau tampilan biasanya dapat dibandingkan. Bahan atau material yang digunakan juga akan berbeda dengan produk original. Mengenai harga, tentu juga akan berbeda. Produk KW akan dijual dengan harga yang lebih rendah di bawah produk original.

4.      Produk KW Super atau Kwalitas Premium

Produk KW super atau kwalitas premium merupakan bentuk imitasi dari barang atau produk asli. KW super biasanya menggunakan bahan atau material dengan kualitas di bawah barang asli. Contoh yang paling mudah adalah sepatu. Sepatu Nike original tentu menggunakan bahan dengan kualitas terbaik, tampilan jahitan rapi, dan lebih kuat. Berbeda dengan sepatu nike KW super, meski dari tampilan body sama, namun dari segi bahan dan kualitas masih di bawah produk ori.

Pengertian OEM

Manakah yang harus dibeli produk OEM, Ori, atau KW?

Mungkin Anda pernah bingung antara membeli produk OEM, ori, atau KW. Namun, tetap disarankan untuk membeli produk originalnya langsung. Mengapa? Meski dari harga lebih mahal, namun produk ori memiliki fitur dan komponen yang lebih lengkap dibanding produk OEM. Produk ori dilengkapi dengan kartu garasi resmi, fitur, dan juga komponen pendukung. Sedangkan untuk produk OEM tidak ada.

Membeli produk OEM memang lebih menguntungkan, terutama untuk perusahaan manufaktur. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah, nama atau brand yang digunakan pun tetap bisa milik sendiri.

Berbicara mengenai perusahaan manufaktur, tentu tidak lepas dari yang namanya anggaran belanja. Anggaran dapat berupa biaya pengeluaran dan pemasukan. Agar anggaran perusahaan dapat terkelola dengan baik. Penggunaan aplikasi digital Jojo Expense dapat menjadi solusi terbaik untuk perusahaan Anda.

Aplikasi digital ini membantu Anda mengelola pengeluaran perusahaan secara efisien dan hemat waktu. Hasilnya pun juga sangat akuran dengan 3 fitur utama yang tersedia:

  • Dapat digunakan untuk mengontrol anggaran perusahaan dimana saja
  • Mencegah resiko penipuan keuangan dalam perusahaan
  • Hemat waktu dengan proses otomatis yang lebih mudah

Mengatur anggaran terutama dalam hal pengeluaraan atau dana belanja memang harus dilakukan secara tepat. Jojo Expense menjadi solusi tepat untuk mempermudah Anda dalam pengelolaan pengeluaran perusahaan secara efisien dan hemat waktu.