Pengertian Tabungan Mata Uang Asing dan Keuntungannya

Pengertian Tabungan Mata Uang Asing dan Keuntungannya

Memahami pengertian tabungan mata uang asing tentunya tidak jauh berbeda dengan istilah menabung biasanya. Tabungan sendiri bukanlah sesuatu yang asing, hampir semua orang tahu dan memiliki tabungan.

Tujuan orang menabung biasanya untuk menyisihkan sebagian pendapatannya agar bisa digunakan untuk kebutuhan lain dalam jangka pendek sampai menengah. Sedangkan untuk jangka panjang, seseorang akan lebih memilih menggunakan jenis investasi lain.

Nah, untuk tabungan mata uang asing sendiri dapat dijadikan sebagai alternatif menabung untuk rencana melancong ke luar negeri. Jika Anda suka berwisata ke luar negeri, menabung mata uang asing adalah pilihan yang tepat.

Dengan tabungan mata uang asing yang Anda miliki, Anda dapat membuat perencanaan perjalanan ke destinasi impian Anda. Agar lebih jelas, simak penjelasan lengkap tentang pengertian tabungan mata uang asing dan keuntungannya berikut ini!

Pengertian Tabungan Mata Uang Asing

Tabungan dapat diartikan sebagai simpanan uang yang bersumber dari pendapatan yang tidak dipakai. Uang tabungan yang sengaja kita sisihkan dapat dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan masa depan atau kebutuhan insidental.

Kini banyak orang yang menabung di bank. Bank dijadikan tempat paling baik untuk menyimpan uang karena prinsip praktis dan keamanannya. Dengan menabung di bank, Anda tidak perlu repot-repot merawat atau menyediakan tempat khusus untuk menyimpan uang lagi.

Dalam dunia tabung-menabung, ternyata kini telah berkembang berbagai jenis tabungan, salah satunya tabungan mata uang asing. Ya, tidak hanya menabung dalam bentuk uang rupiah, Anda pun bisa menabung dalam bentuk mata uang asing.

Ketika memilih menabung dalam bentuk mata uang asing, maka menabung di bank adalah pilihan yang tepat. Anda dapat membuka tabungan mata uang asing di bank dengan pilihan mata uang asing yang beragam, seperti dolar, euro, poundsterling dan mata uang asing lainnya.

Jika Anda tidak memiliki mata uang asing untuk ditabungkan, Anda tetap bisa menabung mata uang asing lho. Bagaimana caranya? Uang rupiah yang Anda miliki dapat diinvetasikan dengan dikonversikan ke dalam mata uang asing.

Saat di awal menabung, setoran pertama pada tabungan jenis ini cukup beragam. Namun, tabungan ini tentunya memberikan keuntungan lebih besar karena nilai konversi mata uang asing lebih tinggi dibandingkan dengan rupiah.

Jadi, pengertian tabungan mata uang asing mengacu pada jenis uang yang Anda sisihkan untuk disimpan d ibank. Dengan menabung mata uang asing, Anda sangat mungkin mendapatkan keuntungan lebih banyak dibandingkan hanya menabung dalam bentuk rupiah.

Keuntungan Punya Tabungan Mata Uang Asing

Hobi berinvestasi dan melancong ke luar negeri? Itu artinya Anda perlu membuat tabungan mata uang asing. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang pengertian tabungan mata uang asing bahwa jenis tabungan ini memiliki banyak keuntungan yang dapat Anda nikmati.

Dengan memiliki tabungan mata uang asing, rencana wisata ke luar negeri Anda pun akan semakin mudah. Selain itu masih ada keuntungan lainnya lho. Simak terus berbagai keuntungan punya tabungan mata uang asing berikut ini.

1. Memudahkan Traveling ke Luar Negeri

Memiliki tabungan mata uang asing seperti dolar Amerika pastinya akan membuat perjalanan wisata Anda semakin mudah. Pasalnya, sebagai salah satu mata uang asing, dolar Amerika merupakan mata uang yang paling banyak diterima untuk bertransaksi di berbagai negara.

pengertian tabungan mata uang asing

Dengan memiliki cukup mata uang asing, Anda akan dimudahkan saat akan menukarkannya dengan mata uang negara yang Anda tuju. Ketika Anda memiliki mata uang dolar Amerika, Anda akan merasakan keuntungan lebih banyak saat traveling ke luar negeri, terlebih ketika nilai tukar dolar Amerika menguat dibandingkan mata uang tujuan wisata Anda.

2. Lebih Mudah Berbelanja Barang Impor Tanpa Terpengaruh Kurs Rupiah

Suka berbelanja barang impor? Tabungan mata uang asing dapat memberikan keuntungan yang nyata untuk Anda. Naik turunnya harga akan sangat dipengaruhi oleh kurs rupiah. Saat nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar, barang impor yang dijual dengan rupiah pun akan mengalami kenaikan.

Jika Anda memiliki tabungan mata uang asing, naik turunnya nilai rupiah tidak akan berpengaruh banyak. Hal tersebut tentunya dapat memudahkan Anda dalam mewujudkan memiliki koleksi barang impor impian Anda.

3. Memudahkan dalam Pengiriman Dana Sekolah di Luar Negeri

Jika putra atau putri Anda adalah salah seorang pelajar di luar negeri, tabungan mata uang asing jelas sangat berguna dan bermanfaat untuk kemudahan transfer uang untuk memenuhi biaya hidup dan pendidikan mereka.

pengertian tabungan mata uang asing

Keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin terasa jika negara tempat anak Anda bersekolah menggunakan mata uang yang sama dengan tabungan mata uang asing yang Anda miliki. Apabila jenis mata uang yang digunakan berbeda, maka risiko perubahan nilai kurs akan sangat terasa. Cobalah untuk menggunakan jenis mata uang yang bernilai stabil atau memilih jenis mata uang yang sama dengan negara anak Anda mengenyam pendidikan.

Tips Meningkatkan Untung dari Tabungan Mata Uang Asing

Setalah memahami pengertian tabungan mata uang asing dan keuntungannya. Jangan lupa untuk mencari tahu cara meningkatkan keuntungan dari tabungan mata uang asing yang Anda miliki. Dengan mengetahui cara yang tepat, Anda akan lebih banyak menerima keuntungan yang menjanjikan. Nah, berikut tips meningkatkan untung dari tabungan mata uang asing:

1. Pilihlah Mata Uang Asing yang Tepat

Sebelum memulai membuka tabungan mata uang asing, Anda harus benar-benar tahu jenis mata uang asing yang akan gunakan dalam berinvestasi. Menabung mata uang asing memerlukan ketelitian dalam memberikan penilaian terhadap suatu mata uang asing yang dipilih.

Anda dapat menabung mata uang asing sesuai dengan jenis mata uang asing negara yang akan Anda tuju. Namun, ada baiknya dalam menggunakan tabungan mata uang asing, jenis mata uang yang dipilih harus bernilai stabil. Hingga saat ini, jenis mata uang asing yang tetap menjadi primadona untuk ditabung atau investasikan adalah dolar Amerika.

Selain dolar Amerika, sebenarnya Anda juga dapat memilih mata uang dolar Singapura atau dolar Australia. Jika melihat tren nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah, Euro juga merupakan salah satu mata uang asing yang tidak kalah menjanjikan.  Yang terpenting adalah pilihlah mata uang asing yang memiliki harga konversi yang tinggi bila dikonversikan dengan rupiah dan memiliki nilai yang stabil.

2. Gunakan Layanan Tabungan yang Mudah

Agar keinginan menabung mata uang asing Anda terwujud tanpa harus menguras tenaga dan waktu, maka sebaiknya Anda menggunkan layanan tabungan yang tepat. Pilihlah jasa penyedia tabungan mata uang asing terpercaya dengan layanan yang (juga) prima.

Pastikan Anda telah menggunakan layanan yang dapat diakses melalui aplikasi terpercaya, sehingga akan memudahkan Anda dalam memantau aktivitas tabungan mata uang asing Anda secara mobile.

Itulah pembahasan tentang pengertian tabungan mata uang asing berikut keuntungannya. Menabung dengan mata uang asing dan menggunakan aplikasi JojoExpense sama-sama memberikan keuntungan. Aplikasi JojoExpense adalah aplikasi dari Jojonomic yang dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola pengeluaran.

Dengan bekal fitur unggulan, seperti mobile approval, captures, expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cas advanced, aplikasi JojoExpense juga dapat mencegah tindakan penipuan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, seperti reimburshmen dan cash advance.

Yuk, gunakan aplikasi JojoExpense sekarang juga! Dapatkan demo gratis dengan cara klik di sini.