Pengertian Valuasi Adalah dan Faktor yang Memengaruhinya

Pengertian Valuasi Adalah dan Faktor yang Memengaruhinya

Sebagai seorang pebisnis, sudahkah Anda mengetahui apa itu valuasi? Secara sederhana, valuasi adalah nilai ekonomis sebuah bisnis. Jika perusahaan Anda memiliki nilai ekonomi yang tinggi, itu artinya perusahaan Anda telah mencapai standar kesuksesan yang bagus.

Dengan valuasi, suatu bisnis telah dianggap memiliki kapasitas terhadap suatu industri. Hal tersebut akan berpengaruh secara tidak langsung terhadap proses pendanaan oleh investor.

Ingin tahu lebih jelas tentang valuasi dan faktor yang memengaruhinya?

Yuk kita simak penjelasan lebih jauh tentang valuasi bisnis di bawah ini.

Valuasi Adalah

Di era perkembangan dunia industri saat ini, valuasi telah menjadi hal yang harus diketahui oleh seorang pengusaha. Valuasi sendiri merupakan hal utama yang dapat dijadikan patokan kesuksesan sebuah perusahaan.

Valuasi adalah nilai ekonomis dari sebuah bisnis di mana dapat ditetapkan dengan beberapa faktor yang dipertimbangkan.

Kini, terdapat banyak jenis perusahaan yang dapat dijumpai dalam dunia industri. Meskipun begitu, perusahaan-perusahaan tersebut belum tentu memiliki nilai valuasi yang sama. Perusahaan dengan reputasi bagus dalam masyarakat tentu akan memiliki nilai valuasi yang lebih tinggi.

Jadi, valuasi adalah salah satu cara dalam mengukur nilai ekonomis perusahaan agar dapat berkembang pesat. Hal ini berkaitan erat dengan nilai jual perusahaan. Ini-lah mengapa valuasi menjadi hal penting dalam penentuan harga jual perusahaan jika terjadi merger atau akuisisi oleh perusahaan lain.

Oleh karena itu, coba perhatikan nilai valuasi perusahaan Anda saat ini, jangan sampai Anda menderita kerugian besar atau merasa kecewa di kemudian hari hanya karena tidak paham dengan istilah satu ini.

Faktor yang Memengaruhi Valuasi Adalah

Setelah tahu valuasi adalah suatu nilai ekonomis yang melekat pada sebuah perusahaan, sekarang Anda juga harus tahu apa saja faktor yang memengaruhi nilai valuasi. Berikut penjelasan selengkapnya!

1. Faktor Pertama yang Memengaruhi Valuasi Adalah Stabilitas Penjualan

Faktor utama yang memengaruhi valuasi adalah stabilitas penjualan perusahaan. Dengan kondisi bisnis yang stabil, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan tersbut telah memiliki konsumen yang loyal.

Bahkan bisa jadi perusahaan telah dapat menjual produk yang berpeluang untung tinggi di masa sekarang dan yang akan datang. Hal itu akan memengaruhi penilaian investor kepada perusahaan tersebut bahwa perusahaan telah memiliki modal masa depan yang baik. Jadi, dari situ-lah perusahaan mengalami pertambahan nilai valuasi.

2. Brand

Semakin populer suatu brand maka akan semakin tinggi pula nilai valuasi perusahaan. Mengingat bahwa brand menjadi aset yang penting bagi perusahaan.

Brand yang memiliki daya pikat kuat dan sudah tetanam di benak masyarakat luas akan sulit disaingi oleh para kompetitor.

3. Faktor Berikutnya yang Memengaruhi Valuasi Adalah Urgency

Agar bisa terus menjalakan kegiatan operasional perusahaan, tentunya Anda membutuhkan dana segar untuk dapat menjalankannya dengan sempurna. Urgency atau tingkat kepentingan dana yang dibutuhkan menjadi faktor yang penentu valuasi.

Perusahaan dengan tingkat urgency rendah cenderung memiliki valuasi lebih tinggi. Ini berarti, perusahaan tersebut dapat menjalankan kegiatan operasionalnya tanpa bantuan investor baru.

Berbeda dengan perusahaan yang memiliki tingkat urgency tinggi. Ini berarti perusahaan sedang tidak dalam kondisi baik-baik saja. Dapat dipastikan perusahaan itu sedang membutuhkan dana besar untuk menjalakan kegiatan perusahaan. Pada akhirnya, perusahaan tidak memiliki nilai jual yang bagus alias valuasinya rendah.

4. Keunikan Bisnis

Faktor lainnya yang memengaruhi valuasi perusahaan adalah keunikan model bisnis yang dijalankan. Dengan model bisnis yang unik, perusahaan memiliki nilai tambah tersendiri untuk bisa bertahan dalam persaingan pasar.

valuasi adalah

Peluang untuk menguasai pasar pun menjadi semakin besar. Hal ini juga menjadi keunggulan tersendiri bagi suatu bisnis, dan secara tidak langsung menjadikan nilai valuasi bertambah.

5. Faktor Berikutnya yang Memengaruhi Valuasi AdalahKualitas Manajeman Perusahaan

Faktor lain yang memengaruhi valuasi adalah kualitas manajemen dari perusahaan. Human capital merupakan unsur penting dan tidak bisa dihiraukan begitu saja terhadap valuasi perusahaan.

Siapa pemimpinnya, bagaimana kualitas kepemimpinannya hingga seperti apa struktur manajemen perusahaan dapat dijadikan penilaian valuasi perusahaan.

Tips Meningkatkan Valuasi Adalah

Meningkatkan valuasi perusahaan bukanlah hal yang mudah. Namun dengan upaya optimal yang dilaukan oleh perusahaan, bukan tidak mungkin valuasi akan mengalami peningkatan dengan baik.

Nah, ada beberapa tips meningkatkan valuasi perusahaan yang bisa Anda lakukan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Buatlah Bukti Konsep dan Produk Bisnis Anda

Jika Anda berada pada tahap pengembangan, sebaiknya siapkan bukti konsep bisnis Anda untuk diberikan ke investor. Dengan menunjukkan bukti konsep dan produk bisnis kepada investor maka bisnis yang Anda bangun dapat dinilai memiliki arah dan tujuan yang jelas.

Tanpa bukti konsep yang jelas, bisa jadi investor akan ragu dan valuasi perusahaan Anda akan dinilai rendah. Anda dapat membuat bukti konsep bisnis dengan ruang lingkup terbatas. Investor akan memberikan penilaian baik terhadap satu variabel daripada beberapa variabel dari bukti konsep bisnis Anda.

Terus semangat membuat bukti konsep bisnis Anda ya! Valuasi dari investor akan terus meningkat seiring bukti dari konsep bisnis yang Anda tawarkan.

2. Tips Berikutnya untuk Meningkatkan Valuasi Adalah Letter of Intent

Tips selanjutnya untuk meningkatkan valuasi adalah dengan menawarkan perjanjian yang tidak mengikat kepada customer, perusahaan lain dan investor yang bergabung. Perjanjian ini dapat dibentuk dalam sebuah letter of intent atau surat kerja sama.

valuasi adalah

Valuasi akan meningkat dengan letter of intent. Hal ini terjadi karena value datang dari customer yang melakukan kerja sama dengan Anda. Kerja sama dengan perusahaan besar juga dapat meningkatkan valuasi perusahaan Anda.

3. Membentuk Partnership Bisnis

Buatlah partnership bersama dengan para investor, termasuk incubator dan accelerator. Ketika perusahaan Anda menjalin partnership dengan pemain besar di industri yang sama, maka orang akan mencari tahu partner kerja sama Anda tersebut.

Valuasi akan mengalami peningkatan berdasarkan keterlibatan antar pihak yang memutuskan untuk bekerja sama. Untuk melakukan kerja sama ini kedua pihak harus sama-sama diuntungkan. Dengan begitu, partnership akan terbangun kepercayaan bagi perusahaan.

Nah, kepercayaan ini dapat meningkatkan valuasi. Oleh karena itu, partnership bisnis menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan valuasi.

Itulah pembahasan tentang valuasi. Dari pembahasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa meningkatkan valuasi adalah sesuatu yang amat penting. Ini sama pentingnya perusahaan menggunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic.

Aplikasi JojoTimes dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan valuasi lho. Ini dikarenakan JojoTimes dapat meningkatkan kinerja tim, mengontrol kerja karyawan dan meningkatkan kinerja mereka di dalam perusahaan.

Aplikasi JojoTimes memiliki sejumlah fitur unggulan di antaranya mobile check in & check out, accurate GPS location via Geotagging, biometric face recognition, fingerprint feature dan lainnya. Tentunya, semua fitur unggulan yang tersemat di dalam aplikasi ini berguna untuk mencapai tujuan yang telah disebutkan di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.