Penggajian Online Dalam Bisnis

penggajian online

Penggajian Online dapat diartikan sebagai proses akuntansi yang didalamnya berisi pembayaran kerja kepada staff atau karyawan yang sudah berkerja. Penggajian merupakan hal penting yang harus dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal dalam melakukannya. Salah satunya yaitu mengikuti persyaratan hukum yang sudah ditetapkan dengan tetap memperhatikan pajak.

Langkah – Langkah Dalam Penggajian Online

Perkembangan zaman memberikan pembaharuan lain dimana kita dimudahkan dalam banyak hal, salah satunya penggajian secara online. Sebelum anda memahami penggajian dan melakukannya dengan online secara lebih jauh. Anda perlu memperhatikan hal – hal berikut ini terlebih dahulu mengenai apa saja yang perlu dilakukan dalam penggajian. Berikut ini adalah langkah – langkah melakukan penggajian yang perlu anda lakukan.

penggajian online

Mendaftarkan Bisnis Terlebih Dahulu

Hal yang pertama kali anda lakukan yaitu dengan terlebih dahulu mendaftarkan bisnis anda. Pastikan bisnis anda sudah terdaftar dengan baik pada kantor perpajakan. Baik dari nomor bisnis dan semua formulir penggajian sudah anda kirimkan kepada kantor pajak.

Catat Data Karyawan Selengkap Mungkin

Pastikan anda sudah mencatat informasi karyawan anda terkait penggajian yang anda butuhkan. Baik data seperti gaji bulanan, banyak lembur dan berapa hari cuti yang dilakukan. Sertakan informasi penting lain seperti kontak penting karyawan nama, alamat dan potongan pajaknya. Jika anda masih belum berpengalaman untuk mengetahui data macam apa saja yang anda butuhkan untuk kebutuhan penggajian anda dapat meminta tolong kepada orang yang sudah berpengalaman dalam bidang ini.

Menindak Lanjuti Dokumen Yang Sudah Di Dapat

Setelah anda mendapatkan data – data yang anda butuhkan untuk kepentingan penggajian anda, selanjutnya anda dapat menindak lanjuti dokumen yang berisi data tersebut. Serahkan dokumen tersebut kepada kantor pajak. Dan tidak lupa untuk anda menyimpan data tersebut untuk keperluan anda sendiri juga.

penggajian online

Tetapkan Periode Penggajian

Langkah satu ini merupakan hal yang tidak kalah penting untuk ditentukan yaitu mentapkan periode atau jangka penggajian karyawan anda. Misalnya anda dapat memutuskan penggajian karyawan anda perminggu atau perbulan sesuai kesepakatan yang sebelumnya sudah di sepakati.

Lakukan Pembaharuan

Yang dimaksud pada langkah ini yaitu dengan melakukan pembaharuan terkait data atau informasi mengenai penggajian yang anda dapatkan. Pembaharuan informasi atau data tentu saja dibutuhkan karena hal ini mempengaruhi jumlah uang yang harus dibayarkan. Misalnya banyaknya karyawan tersebut melakukan lembur atau melakukan cuti dalam satu periode penggaian tersebut. Anda dapat melakukan ini sendiri atau meminta akuntan untuk melakukannya.

Pengarsipan

Pengarsipan tentu saja sangat dibutuhkan sebagai pembukuan atau dokumen yang nantinya sewaktu – waktu anda membutuhkannya. Saat ini banyak sekali aplikasi yang membantu dalam peggajian, namun anda juga perlu dokumen tertulis untuk ini.

penggajian online

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Software Penggajian Online

Penggajian bukan merupakan hal sepele yang dapat dilakukan seenaknya, terlebih untuk pekerjaan yang penting pula. Penggajian juga mengikuti bidang hukum yang sudah mengaturnya. Perkembangan zaman juga memberikan kemajuan dalam bidang penggajian yang sekarang dapat dipermudah dengan sistem online. Banyak sekali software yang saat ini dapat digunakan guna mempermudah kegiatan penggajian. Berikut adalah hal yang perlu anda perhatikan ketika anda memilih penggajian online yang akan anda gunakan.

Analisis Penggajian Yang Anda Lakukan

Sebelum anda sudah bingung ingin menggunakan aplikasi apa yang sekiranya paling cocok untuk bisnis anda. Bisa terlebih dahulu anda menganalisis apakah sebelumnya anda sudah menggunakan software untuk kegiatan penggajian anda. Jika sudah anda kemudian dapat menambahkan apakah sekiranya software yang anda gunakan sudah sesuai dan memiliki penggajian built-in. Jika sekiranya nada belum memiliki atau mendapatkannya anda dapat mulai berfikir untuk mengupgrade software yang anda gunakan.

Observasi Cara Penggunaan

Ingat tujuan utama anda menggunakan perangkat lunak penggajian yaitu untuk mempermudah pekerjaan ada dalam urusan penggajian. Namun apa jadinya jika pada akhirnya perangkat lunak yang anda gunakan justru sulit untuk dioperasikan atau digunakan. Pada akhirnya akan sama saja ketika anda justru memilih perangkat lunak yang salah. Karena itu akan lebih baik anda terlebih dahulu mencari tahu atau mengobservasi bagaimana cara penggunaannya.

Menyambungkannya Dengan Internet dan Cloud Dalam Penggajian Online

Penyambungan menggunakan internet dan cloud tentu saja sangat penting disini. Karena dengan menyambungkannya dengan internet dan cloud akan semakinmempermudah anda untuk menggunakan perangkat lunak penggajian tersebut. Dengan tersambung internet anda akan lebih mudah untuk membukanya kapan dan dimana saja.

Pastikan Dapat Menyesuaikan Dengan Anda

Dari sekian banyak perangkat lunak yang menyediakan layanan untuk mempermudah kegiatan penggajian, anda dapat memilihnya berdasarkan kemampuannya dalam menyesuaikan diri. Penyesuaian yang dimaksud disini yaitu kemampuan perangkat lunak tersebut untuk dapat tumbuh sejalan dengan anda. Misalnya jika saat ini bisnis anda masih berada pada taraf kecil yang tentu saja tidak terlalu banyak karyawan yang perlu diatur penggajiannya.

Apabila suatu saat nanti atau seiring berjalannya waktu dan bisnis anda berkembang yang otomatis jumlah karyawan juga meningkat. Maka perangkat lunak ini juga dapat menghandle-nya. Atau dalam artian lain anda disini dapat bierfikir untuk penggunaan dalam jangka panjang.

penggajian online

Saran Dari Yang Berpengalaman Dalam Penggajian Online

Memilih perangkat lunak yang akan digunakan, dari sekian banyak pilihan anda dapat memikirkan ulang dengan mempertimbangkan saran orang lain. Saran orang lain yang dimaksud bukan sekedar orang biasa, namun orang – orang yang sudah ahli dalam bidang keuangan atau akuntan. Orang – orang yang sudah memiliki pengalaman dengan perangkat lunak yang sekiranya cocok untuk digunakan dalam penggajian.

Periksa Kegunaan Perangkat Lunak

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan dan perhatikan dalam menggunakan perangkat lunak peggajian online yaitu memeriksa jenis pelaporan dari perangkat lunak tersebut. Apakah sekiranya pelaporan yang dihasilkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan akuntan anda atau tidak.

Dalam memilih perangkat lunak untuk digunakan dalam urusan akuntansi bisnis anda tentu perlu memikirkannya sebaik mungkin. Karena software yang digunakan tidak hanya digunakan dalam urusan penggajian, namun lebih dari itu. Banyak fitur yang sekiranya juga dapat anda dapatkan lewat perangkat lunak yang nada pilih sehingga perlu anda pehitungkan matang – matang. misalnya fitur penghitungan paak gaji, pengelolaan setoran dan absensi para karyawan.

Contoh Variasi Penggajian Online

Jenis karyawan atau pekerja adapula sistem penggajian pada bisnis anda nyatanya juga mempengaruhi perangkat lunak penggajian yang anda punya. Hal ini dikarenakan anda harus memasukkan data penggajian yang berbeda – beda. Berikut ini adalah contoh variasi penggajian yang ada.

Perkerja Bergaji

Yang dimaksudkan disini adalah karyawan anda yang menerima penggajian sesuai periode yang sudah anda tetapkan. Dengan tetap mencantumkan periode penggajian entah dalam am, minggu atau per bulan.

Bonus

Penggajian ini diberikan biasa ketika seorang karyawan atau pekerja anda melakukan kinerja yang sangat baik dan melebihi target. Sehingga karena hal itu alangkah baik nya and amemberikan penghargaan akibat kerja kerasnya dengan memberikan bonus. Kinerja yang dimaksud dapat berupa lembur, Penghargaan atas pekerajan yang baik, pesangon dan lain- lain.

Komisi

Adalah jenis penggajian  dimana diberikan kepada keryawan atau pekerja yang melakukan penjualan sehingga menaikkan persentase penjualan atau dalam kata lain melebihi terget penjualan.

Anda bisa segera beralih menggunakan JojoPayroll. Dan dijamin mendapatkan uji coba gratis selama 14 hari serta merasakan perbedaan pada sistem payroll yang lebih baik.