Penggajian Online : Definisi, Alasan dan Manfaat menggunakannya

Penggajian Online

Menggunakan aplikasi Penggajian Online karyawan, merupakan cara yang efektif untuk penggajian karena memudahkan HRD dalam menghitung pajak dan metode pembayaran lainnya. Bagaimana bisa? Jojonomic akan mengulasnya di sini.

Penggajian dalam bahasa Indonesia penting bagi setiap perusahaan. Perusahaan perlu membayar karyawan secara akurat dan tepat waktu untuk menghindari kinerja yang buruk, reputasi perusahaan yang buruk dan bahkan denda yang harus dibayar perusahaan.

Sistem penggajian yang terkomputerisasi atau program aplikasi penggajian dapat membantu Anda membayar karyawan dengan cepat dan efisien, serta menghindari segala macam kesalahan. Perusahaan atau departemen pengembangan sumber daya manusia perusahaan memang akan membutuhkan software penggajian untuk memudahkan penghitungan gaji karyawan. Apalagi jika perusahaan memiliki ratusan karyawan.

Ada banyak aplikasi gaji di pasaran, dari yang gratis sampai yang berbayar. Ada juga berbagai macam bentuk, ada aplikasi penggajian berbasis web, dan sistem penggajian tradisional yang dibuat dengan bantuan rumus Microsoft Excel.

Apa itu aplikasi Penggajian Online?

Penggajian Online

Aplikasi penggajian adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola, mengatur, dan mengotomatiskan pembayaran karyawan. Menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda melacak semua pembayaran dengan lebih mudah dan mencatat semua pembayaran perusahaan.

Aplikasi penggajian karyawan ini bervariasi dalam harga dan fungsionalitas, dan dapat digunakan oleh bisnis kecil maupun perusahaan besar. Dengan akuntansi penggajian otomatis dan perangkat lunak HRIS, jaga agar bisnis Anda tetap efisien! Pelajari lebih lanjut tentang fungsi bakat di sini!

Kemudian, menggunakan aplikasi penggajian yang efektif akan memungkinkan manajemen atau pengembangan sumber daya manusia untuk memantau jam kerja dan kehadiran, informasi pajak, dan struktur pembayaran lainnya.

Aplikasi ini seringkali dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam program perusahaan yang ada. Perangkat lunak penggajian biasanya dibuat oleh perusahaan teknologi sumber daya manusia pihak ketiga dengan tujuan meningkatkan operasi bisnis perusahaan.

Mengapa menggunakan perangkat lunak penggajian online?

Penggajian Online

Karyawan bekerja keras untuk Anda dan pelanggan Anda. Mari kita sampai pada kesimpulan: karyawan Anda menjalankan bisnis Anda. Tentu saja, Anda ingin membayar gaji yang wajar kepada karyawan Anda, dan Anda ingin membayar mereka secara konsisten.

Tetapi mengelola kompensasi tenaga kerja Anda tidak selalu mudah. Faktanya, terkadang bisa sangat rumit. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan mengandalkan aplikasi penggajian karyawan online, sistem berbasis cloud untuk memastikan penanganan dan pembayaran masalah gaji perusahaan yang benar.

Jika Anda masih beranggapan bahwa kertas atau excel lebih murah, coba perhatikan berbagai human error yang terjadi dan justru menimbulkan biaya yang lebih tinggi. Berinvestasi dalam aplikasi dapat menghemat waktu, tekanan, dan tentu saja, anggaran perusahaan Anda.

Manfaat Penggajian Online karyawan

Bagian gaji

Pengembangan Sumber Daya Manusia dapat menyusun komponen gaji sesuai dengan kebutuhannya sendiri, seperti gaji pokok, tunjangan kerja, uang lembur, tunjangan keluarga, pemotongan terlambat, potongan awal, dll.

Bagian ini perlu diklasifikasikan, karena tentunya setiap karyawan memiliki bagian gaji yang berbeda-beda. Jika Anda harus mengelola setiap karyawan secara individual, bayangkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tidak hanya itu, perhitungannya mungkin tidak akurat.

Gaji berdasarkan posisi

Setelah Anda membuat komponen gaji, Anda dapat mengelompokkan karyawan menurut jabatan mereka. Misalnya:

  • Jabatan manajer produksi = gaji pokok, tunjangan kerja, tunjangan pendidikan dan tunjangan keluarga
  • Posisi staf produksi = gaji pokok, tunjangan kerja, dan masih banyak lagi

Dengan bantuan aplikasi penggajian pegawai, HRD dapat langsung mengklasifikasikan kelompok pegawai dengan komponen gaji yang sesuai.

Hitung gaji (gaji)

Tentu saja, menghitung gaji atau penggajian hanyalah nama aplikasi penggajian. Namun, metode kalkulasi tersebut harus dijalankan secara otomatis oleh sistem. Ini termasuk PPh 21 untuk setiap karyawan, jadi Anda tidak perlu lagi menghitung pajak karyawan pribadi. Biasanya, perusahaan mungkin melewatkan pembaruan pajak terbaru, tetapi perangkat lunak penggajian akan memberi tahu Anda ketika pembaruan pajak tersedia, sehingga membantu Anda.

Secara otomatis menghitung cuti

Berbagai perubahan cuti perusahaan pasti akan membingungkan HRD, seperti cuti tahunan, cuti nikah, cuti melahirkan dan lain sebagainya. Bisa jadi nilai nominal setiap karyawan berbeda dari setiap liburan yang dibayarkan perusahaan. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat membantu Anda menghitung besaran nominal dari setiap liburan.

Karenanya, Anda tidak perlu lagi menghitung sendiri-sendiri dan berapa nominal biaya yang harus dibayarkan. Prinsipnya valid, pengguna hanya perlu menetapkan besaran nominal untuk tiap jenis liburan dan berapa yang harus dibayar tiap harinya. Selain itu, penggajian akan disistematisasi secara otomatis.

Menyiapkan laporan gaji

Setiap proses penggajian harus ditutup menggunakan laporan penggajian. Oleh karena itu, aplikasi dapat membantu Anda menyelesaikannya sebulan sekali tanpa menghitung ulang.

Bagaimana memilih aplikasi Penggajian Online karyawan yang tepat

Penggajian Online

Miliki kehadiran online

Pilih aplikasi yang dapat mengaitkan gaji dengan kehadiran karyawan, yang dapat mencatat kehadiran atau jam kerja karyawan. Ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis memasukkan informasi tentang jam kerja ke dalam sistem penggajian dan membuat penghitungan gaji lebih mudah.

Memiliki pencatatan data pegawai

Sebagian besar perusahaan juga akan menyimpan data lain tentang karyawan, seperti catatan cuti tahunan, profil karyawan, dan kinerja karyawan. Dengan memiliki sistem penggajian yang mencatat informasi tambahan tersebut, Anda sebenarnya dapat menghemat waktu dan fokus pada satu aplikasi.

Menyediakan layanan mandiri karyawan (ESS)

Menurut studi yang dilakukan oleh Deloitte, banyak perusahaan di seluruh dunia mulai menggunakan aplikasi penggajian karyawan yang menyediakan kemampuan swalayan karyawan. Mengapa harus ESS? Karena 83% karyawan ingin melihat data gaji dan melihat dokumen pajak mereka.

Hal ini tentunya sangat menghemat waktu, sehingga tidak perlu mengirimkan laporan kepada setiap karyawan satu per satu. Dengan cara ini, perusahaan juga dapat menjadi lebih transparan dan memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada karyawan.

Menurunkan gaji karyawan

Umumnya, aplikasi gratis tidak akan memberikan keuntungan ini. Aplikasi ini tidak menyediakan penggajian karyawan. Dalam pandangan Anda, tentunya khususnya perusahaan yang menjadi HRD perusahaan, harus memberikan slip gaji atau slip gaji kepada karyawan setiap bulannya. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi dengan fitur ini.

Sediakan kalender

Aplikasi harus memberikan solusi lain untuk perusahaan, dan kalender karyawan dapat memberi Anda cara mudah untuk mengelola cuti sakit, absensi, dan lembur. Sekilas, Anda dapat melihat berapa lama karyawan tersebut pergi, apakah dia harus bekerja, dan jenis cuti apa yang tersedia saat ini. Kemudian Anda juga bisa mengetahui informasi seperti berapa banyak liburan yang berhak mereka dapatkan. Ini membuat perencanaan pengembangan sumber daya manusia lebih mudah.

Kesimpulan Penggajian Online

Penerapan gaji memang membawa banyak manfaat bagi pengembang sumber daya manusia dan perusahaan. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat memilih aplikasi. Jangan mudah tertarik dengan harga murah. Meskipun ada banyak aplikasi di pasaran dan sangat menarik, tetapi terutama software penggajian gratis.

Potensi masalah yang muncul antara lain keamanan data perusahaan yang mungkin hilang atau dicuri, penipuan online atau kehilangan informasi dan kendali oleh pihak ketiga, dan kualitas yang mengecewakan. Selain itu, ketidaklengkapan berbagai fitur itu sendiri menjadi masalah.

Beberapa sistem aplikasi hanya fokus pada fungsi inti, seperti penggajian dan manajemen kehadiran. Mereka meninggalkan fungsi lain yang penting untuk alur kerja Anda. Contoh aplikasi penggajian karyawan berbasis web yang bisa Anda gunakan adalah JojoPayroll.

JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!