Pentingnya Arti Nama Perusahaan Menurut Science

arti nama perusahaan

Mengapa arti nama perusahaan bisa jadi penting sepenting fungsi dari perusahaan itu sendiri? Nama perusahaan anda memiliki peran yang mendasar bagi perkembangan brand dan persepsi pelanggan. Dimana secara tidak langsung, arti nama perusahaan bisa membuat perusahaan anda berkembang atau justru jatuh tersungkur ke belakang.

Sangat mengagumkan bagaimana sebuah ‘nama’ bisa menjadi krusial bagi perkembangan sebuah organisasi yang besar. Untuk setiap perusahaan yang namanya menjadi landasan entrepreneur seperti Apple – Uber – Google dan sebagainya, ada banyak sekali nama lain yang sejatinya tidak mencerminkan brand yang mereka keluarkan. Dan biasanya perusahaan ‘menderita’ karna kesalahan yang dianggap sepele tersebut.

Alasan Pentingnya Arti Nama Sebuah Perusahaan

Kita semua tahu bagaimana sebuah brand bisa sangat berkuasa, dan jika nama merupakan wajah dari brand itu sendiri ‘tidak benar’ maka hal ini bisa menjadi momok yang menyakitkan. Berikut adalah alasan mengapa penting sekali untuk mencari arti nama perusahaan yang benar, antara lain adalah :

Nama Perusahaan Anda Merupakan Hal Pertama yang Dilihat Pelanggan

Setiap relationship atau hubungan selalu diawali dengan yang namanya impresi pada pandangan pertama. Jadi membuat impact yang kuat tepat saat pertama kali anda mencoba mendapatkan pelanggan merupakan kunci penting dari branding yang sukses. Hal pertama yang menarik pembeli adalah nama, jadi pastikan nama tersebut benar – benar sesuai dengan pesan yang ingin anda sampaikan. Anggap saja seperti anda sedang melakukan jabat tangan pertama. Sebuah nama yang besar bisa menjadi jembatan bagi perusahaan untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan agar tetap berhubungan dalam jangka Panjang. Namun di sisi lain, mereka juga bisa menjadi kekuatan yang merusak hubungan yang telah tercipta dengan begitu mudahnya.

arti nama perusahaan

Nama Menjadi Cerminan Kesimpulan Sebuah Perusahaan

Ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan ketika membuat arti nama perusahaan, jadi jangan memikirkan nama perusahaan menurut kata hati anda sendiri. Sebuah nama harus penuh dengan perasaan si pembuatnya namun di sisi lain juga sesuai dengan bisnis yang ia lakukan. Secara garis besar, nama perusahaan merupakan jumlah keseluruhan dari apa yang dikerjakan oleh perusahaan tersebut. Coba anda pikirkan nama perusahaan besar yang sudah dikenal dimana – mana seperti Apple. Nilai dan kepercayaan spesifik pemilik melekat di nama ‘Apple’ itu sendiri. Bahkan merk mereka menjadi solid dengan nama tersebut. Ketika anda mendengar kata Apple, tentu saja yang terpikirkan tidak hanya buah apel, tetapi juga karakter – karakter lain seperti Steve Jobs, laptop, dan lain sebagainya.

Bisa Menjadi Keunggulan Unik Suatu Perusahaan

Percayalah bahwa bisnis dan perusahaan di dunia ini jumlahnya ribuan. Bahkan puluhan ribu lebih. Bahkan industri terbaru sekalipun bisa cepat mendapatkan traksi dari entrepreneur. Yang artinya, dalam satu jenis bisnis saja anda bisa menemukan lebih dari ratusan saingan. Jadi, apa yang membuat pelanggan memilih perusahaan anda dibandingkan dengan yang lain?

Kata Simon Sinek, pelanggan akan memilih brand dari suatu perusahaan dengan tiga landasan yaitu Karakter perusahaan, Kata “Mengapa?” dalam branding penjualan serta nama yang tertera di produk tersebut.

Dalam istilah lebih sederhananya, nama bukan hanya sekedar nama. Ia merupakan idestitas dari keseluruhan brand yang ada. Nama tersebut layak emndapatkan waktu serta perhatian. Dan ketika digunakan dengan tepat, arti nama perusahaan anda akan membawa perusahaan yang besar terhadap bisnis itu sendiri.

Nama perusahaan anda merupakan elemen pertama yang dilihat oleh pelanggan. Sangat penting untuk membuat arti nama perusahaan yang berbeda, autentik, mudah diingat serta ‘pantas’ yang artinya dapat merepresentasikan perusahaan terhadap target audience yang mereka incar. Sebuah nama harus mampu menempel erat di kepala seseorang agar mudah dikenal. Namun selain itu, nama perusahaan juga harus mampu sepadan dan berjalan seiringan dengan perkembangan perusahaan itu sendiri.

arti nama perusahaan

Dalam kata lain, sebuah nama brand atau merk yang kuat akan menciptakan kestabilan dalam reputasi brand perusahaan tersebut. Siapa yang tidak ingin memiliki nama perusahaan yang tepat?

Beberapa ahli lain mengatakan bahwa ‘nama’ tidak harus selalu mengatakan tentang apa yang anda atau perusahaan lakukan. Anda bisa menggunakan taglines dan lain hal untuk menyampaikan ‘cerita’ perusahaan anda. Berikut adalah ebberapa contoh nama perusahaan yang tidak mencatut sama sekali kategori keywords dalam nama mereka, antara lain adalah :

  • Google
  • Nike
  • Adidas
  • Canon
  • Amazon
  • Starbucks

Apakah anda paham? Para penguasaha brand terkenal tersebut telah menggunakan kata yang cerdas yang mampu mempresentasikan brand mereka. Sebagai contoh, Starbucks itu sendiri diambil dari karakter dalam Moby Dick yang bernama Starbuck.

Saran Mencari Nama Perusahaan yang Baik

Anda bisa memutuskan nama perusahaan yang merepresentasikan jenis suara brand anda. Jadilah cerdas dengan melakukan research sebelum benar – benar menulis nama perusahaan secara permanen. Anda juga bisa memikirkan tentang siapa yang ingin anda dapatkan untuk menjual produk anda?

Banyak sekali variabel yang perlu dibahas dalam mencari nama perusahaan. Jadi jangan menganggap masalah ini terlalu remeh. Pastikan bahwa nama yang ingin anda tulis tidak terlalu ribet, atau susah diucapkan atau bahkan sulit untuk dieja. Anda bisa mencoba menuliskan daftar calon nama yang pas terlebih dahulu. kemudian meminta orang lain untuk menilai mana yang menurut mereka paling baik. Perhatikan bagaimana mereka membacanya. Apakah mereka terbata – bata ketika mengucapkannya? Atau apakah mereka mengucapkan kata yang tidak sesuai dengan yang anda pikirkan?

Ada banyak pekerjaan lain yang menanti anda ketika pekerjaan pencarian nama itu berakhir. Nama tersebut nantinya juga harus sesuai dengan logo yang akan dibuat. Pertimbangkan mengenai warna, tone, bentuk hingga visual elemen – elemen lainnya. Anda bisa terlebih dahulu melihat logo – logo yang ada di internet atau perusahaan – perusahaan lain. Anda juga bisa meminta jasa pengeditan untuk membuatkan anda logo perusahaan yangunik serta menarik.

Kesimpulan

Intinya, setelah anda menemukan arti perusahaan yang tepat masih banyak pekerjaan lain yang harus dilakukan. Diharapkan perusahaan memiliki rencana yang solid terhadap jenis nama tersbeut hingga masuk ke dalam kategori modern, fungsional dalam website dan cocok untuk strategi marketing.

Semua bagian dalam perusahaan harus sama-sama bersinergi untuk demi menciptakan transformasi yang sukses termasuk arti nama Perusahaan. Mari terapkan cara efektif untuk melakukan transformasi bisnis dan jadikan JojoTimes sebagai partner perusahaan.

JojoTimes merupakan sebuah aplikasi dari Jojonomic yang dapat meningkatkan kinerja tim hingga 100%. Anda bisa memantau tiap pekerjaan karyawan dengan mudah atnpa perlu repot meninggalkan pekerjaan lainnya. JojoTimes telah dibentuk dengan sistem dengan canggih.

Dengan menggunakan sistem pengenalan wajah serta fitur GPS yang akurat, Anda dapat mengetahui siapa dan apa yang sedang dilakukan karyawan Anda di mana pun mereka berada. Apakah mereka benar – benar ada di kantor, atau pergi ke pertemuan atau bahkan bekerja dari jauh. Jangan khawatir, Anda bisa memantau aplikasi JojoTimes langsung lewat smartphone Anda. Dengan ini Anda bisa mengenal perilaku karyawan dalam organisasi di perusahaan Anda. Ayo Segera Dapatkan Free Trialnya!