Pentingnya data pelanggan untuk Kemajuan dan Keberhasilan Bisnis

pentingnya data pelanggan

Dalam dunia bisnis menyimpan data pelanggan sangat penting sekali, karena untuk memudahkan bisnis perusahaan Anda. Database pelanggan biasanya berisikan semua nama pelanggan, alamat, riwayat transaksi dan bahkan data demografis dan psikografis (seperti kegiatan, minat dan pendapat). Pentingnya data pelanggan jika dimanfaatkan secara maksimal, informasi tersebut dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. 

Pentingnya data pelanggan yang dimiliki setiap bisnis atau perusahaan dapat menganalisis untuk menggali informasi pelanggan. Contohnya mencari minat dan preferensi pelanggan. Kemudian untuk mengurangi jarak antara bisnis atau perusahaan dan konsumen, perusahaan dapat memberikan informasi-informasi terbaru seputar produk yang dijual, baik melalui email, telepon dan lain sebagainya.

Pentingnya Data Pelanggan & Fungsinya

Database pelanggan merupakan data pelanggan yang disimpan dalam sebuah bank data dan manfaatnya sangat banyak sekali terutama untuk promosi dan untuk bertransaksi serta membangun hubungan dengan para pelanggan. Hal itu bisa dikatakan bahwa data pelanggan adalah salah satu indikator yang cukup penting bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Selain itu data tersebut sangat penting, terutama ketika akan memulai sebuah bisnis atau usaha, seringkali para pebisnis merasa kebingungan harus mendistribusikan produknya kemana. Hal ini biasanya disebabkan karena ketidaksiapan mereka dalam menetapkan area atau pasar yang akan dituju. Kemungkinan lainnya adalah para pebisnis tersebut sudah memiliki database yang besar, tetapi tidak diolah secara maksimal karena mereka hanya fokus pada mencari konsumen baru dan melupakan pelanggan yang sudah ada atau pelanggan lama. 

pentingnya data pelanggan

Pentingnya data pelanggan serta Manfaatnya

Pentingnya data pelanggan yang akurat dan lengkap dapat diibaratkan sebagai senjata yang ampuh bagi para pebisnis karena database pelanggan memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Sebagai Petunjuk Arah Penjualan

Fungsi dari data pelanggan dapat digunakan sebagai salah satu penunjuk arah penjualan agar produk dapat memasuki pasar yang tepat. Aktivitas penjualan akan berjalan secara cepat dan efisien jika tenaga penjual telah dilengkapi dengan database pelanggan yang prospektif dan menjadi target pasar bisnis Anda.

2. Sarana Berkomunikasi

Pentingnya data pelanggan sebagai bagian dari komunikasi yang baik antara Anda dan pelanggan secara personal sehingga otomatis akan timbul kedekatan antara pelanggan dengan produk Anda. Inilah yang menjadi salah satu kunci agar para pelanggan lebih loyal terhadap produk yang Anda tawarkan.

3. Gambaran Potensi Pasar

Database lengkap dan akurat akan sangat membantu para pebisnis dalam menentukan potensi pasar berdasarkan area atau kelompok umur. Dengan demikian, para pebisnis dapat menganalisis produk yang tepat untuk pembeli yang tepat. Jika potensi penjualan di area yang dituju masih cukup rendah, maka strategi promosi yang dapat mendongkrak penjualan bisnis dapat segera ditentukan.

4. Mampu Merekam Customer Blacklist

Sebagai seorang pebisnis, jangan sampai membuang waktu Anda untuk menjual produk ke orang yang salah. Dengan database yang Anda miliki, maka Anda akan mengetahui pelanggan mana saja yang bermasalah dalam melakukan transaksi jual beli. Seorang pelanggan dapat Anda masukkan ke dalam kategori blacklist karena alasan tertentu, seperti fake customer atau pelanggan yang bermasalah pada saat melakukan pembayaran.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

5. Membantu Menganalisis Penjualan

Pentingnya data pelanggan adalah bisa membantu para pebisnis dalam menawarkan produk baru kepada pelanggan baru dan pelanggan lama. Tanpa susah-susah lagi mencari data baru dan survey konsumen. Selain itu, dengan menggunakan database pelanggan Anda juga dapat menganalisis penyebab penurunan atau peningkatan penjualan. Dengan demikian, maka Anda dapat segera menentukan strategi yang dibutuhkan saat penjualan mengalami penurunan.

pentingnya data pelanggan

Inilah contoh database pelanggan

  1. Nomor identitas
  2. Nama dan alamat pelanggan
  3. Nomor telepon
  4. Alamat email
  5. Nomor handphone
  6. Historical transaksi
  7. Frekuensi pembelian
  8. Produk yang dibeli
  9. Nilai Pembelian
  10. Metode pembayaran
  11. Jumlah Poin

Mengelola Database pelanggan

Sebagai seorang pebisnis, Anda dapat merekrut staf khusus untuk mengelola database pelanggan dan membuat event atau program untuk menjaga kedekatan dengan para pelanggan. Misalnya dengan memberikan ucapan selamat di hari ulang tahun konsumen, menyediakan produk limited edition untuk pelanggan VIP atau membentuk komunitas. Dengan memberikan personal touch dalam berkomunikasi, maka akan membuat pelanggan merasa dihargai dan menjadi bagian penting dari bisnis Anda.

Database menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk kemajuan bisnis, misalnya data pelanggan, data pemasaran, data transaksi, dsb. Itulah mengapa database merupakan bagian integral dari suatu bisnis mengingat berbagai informasi penting yang dikumpulkan dan disimpannya. Jika dimanfaatkan dengan maksimal, informasi yang terdapat dalam database akan memberikan keuntungan bagi bisnis kamu.

pentingnya data pelanggan

Pentingnya data pelanggan terhadap bisnis dan kinerja promosi

1. Mengetahui Performa

Adanya database pelanggan bisa dijadikan bahan analisa performa atau kinerja tim di perusahaan. Kamu bisa mengetahui apakah mereka mampu meningkatkan penjualan atau malah merugikan perusahaan berdasarkan dari data-data yang berhasil terkumpul. Bila database pelanggan semakin bertambah, maka performa tim memang sesuai target. Tetapi, bila database pelanggan tidak bertambah atau bahkan turun, maka kamu perlu mengevaluasi kerja tim sesegera mungkin agar kinerja yang menurun bisa segera diperbaiki.

2. Mengetahui Potensi Pasar

Memiliki database pelanggan yang akurat dan lengkap dapat membantu kamu dalam menentukan potensi pasar dilihat dari kelompok umur atau letak demografisnya. Dengan begitu kamu pun bisa lebih mudah menentukan produk mana yang cocok untuk ditawarkan pada target pasar tersebut. Sebaliknya, bila dari database pelanggan terlihat adanya penurunan penjualan di suatu daerah, maka kamu bisa dengan segera menentukan strategi pemasaran seperti apa yang kira-kira mampu mendongkrak penjualan di lokasi tersebut.

3. Petunjuk Arah Penjualan

Dengan pengelolaan database pelanggan yang tepat, kamu pun bisa dengan mudah mendapatkan petunjuk untuk memasuki pasar yang tepat sekaligus meningkatkan penjualan. Database pelanggan pun dapat membantu kamu melakukan berbagai kegiatan penjualan secara efektif dan efisien. Apalagi bila tim sales dilengkapi dengan database pelanggan yang akurat dan prospektif, maka kamu pun bisa lebih cepat menentukan arah penjualan yang tepat.

Kelola informasi pelanggan dengan aplikasi database pelanggan!

Banyak Perusahaan saat ini semakin melihat keuntungan dari memiliki aplikasi database pelanggan dalam sistem mereka. Aplikasi database pelanggan membantu perusahaan untuk mengelola data pelanggan dalam jumlah banyak, menyusun kontak klien, dan riwayat komunikasi dengan mereka. Memiliki penyimpanan data yang transparan serta akses yang mudah terhadap informasi tertentu yang dibutuhkan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan.

Salah satu manfaat utamanya yaitu mengubah interaksi dengan pelanggan menjadi hubungan yang bertahan lama. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan dan memberikan ROI (return on investment) bagi perusahaan, serta meningkatkan kepuasan klien. Aplikasi ini juga membuat bisnis berjalan lebih fleksibel, terukur, dan dapat diandalkan.

Pentingnya data pelanggan untuk aplikasi penjualan & Keuangan

Aplikasi database pelanggan memiliki peranan penting dalam mengembangkan sales dan customer service perusahaan. Memiliki database pelanggan adalah cara terbaik untuk menyimpan seluruh informasi pelanggan secara teratur dan up to date. Data yang jelas dan efisien dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya mendorong efisiensi perusahaan, memberikan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas mereka, serta meningkatkan penjualan.

Seperti halnya aplikasi JojoExpense yang menyediakan fitur database pelanggan untuk membantu meningkatkan performa bisnis perusahaan. Banyak bisnis di berbagai sektor merasa terbantu dengan adanya fitur database pelanggan di aplikasi tersebut.

pentingnya data pelanggan

JojoExpense hadir sebagai simple online accounting software yang sangat cocok untuk digunakan para pebisnis di Indonesia. Jojonomic menyediakan layanan software akuntansi online yang aman, andal dan memiliki fitur lengkap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan menggunakan JojoExpense, Anda akan lebih mudah dan leluasa dalam mengakses data laporan penjualan dan mengerjakan pembukuan kapan dan di mana saja.

Aplikasi JojoExpense solusi meningkatkan kinerja perusahaan

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

FITUR POPULER

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Coba Gratis Sekarang