Pentingnya Evaluasi Kinerja dalam Sebuah Perusahaan

Pentingnya Evaluasi Kerja

Seiring perkembangan zaman, kondisi perekonomian suatu negara pun juga selalu mengalami perubahan yang terkadang tidak bisa diprediksi. Karenanya dibutuhkan persiapan dan ketelitian dari perusahaan dalam menghadapi kondisi-kondisi perekonomian yang tidak bisa diprediksi atau kondisi lain yang memaksa perusahaan untuk melakukan sebuah perubahan. Contohnya dalam  hal perkembangan informasi dan teknologi yang selalu mengalami perubahan. Hal tersebut bisa menjadi sebuah keuntungan atau kerugian yang akan ditanggung oleh perusahaan.

Perusahaan yang baik idealnya mampu bertahan di setiap kondisi. Perusahaan pun dituntut untuk selalu mempersiapkan dan mengembangkan SDA serta SDM dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Tanpa 2 hal tersebut perusahaan akan kehilangan pondasinya dan tidak akan bisa berkembang dengan baik.

Definisi evaluasi

Evaluasi Kinerja Karyawan

Evaluasi adalah penilaian dan perbaikan yang dilakukan dalam suatu kegiatan yang telah berlangsung atau dilaksanakan. Contoh kegiatan evaluasi adalah membandingkan hasil-hasil yang diperoleh dari sebuah kegiatan yang telah dilaksanakan.

Apa itu evaluasi kinerja?

Definisi Pentingnya Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja adalah sebuah penilaian yang dilakukan oleh perusahaan atau pelaku kerja untuk mengetahui hasil kerja dari pegawai dan juga dari organisasi atau perusahaan. Evaluasi kinerja juga digunakan untuk mengetahui apakah hasil kerja dari karyawan telah sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya serta standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Sebagai contoh evaluasi kinerja, perusahaan yang menjalankan aktivitas bisnisnya sehari-hari pasti akan diisi oleh banyak karyawan yang setiap harinya akan bekerja dan saling membantu menjalankan serta menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Karyawan yang baik diharapkan memiliki kinerja kerja yang optimal setiap harinya dan mampu mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Seberapa pentingnya evaluasi kinerja dalam perusahaan?

Pentingnya evaluasi kinerja dalam perusahaan

Sebagai perusahaan, sebaiknya pihak manajemen melakukan penilaian kerja untuk kinerja yang telah dilakukan oleh para pegawainya. Penilaian ini dilakukan untuk melihat kekurangan, kelebihan, kesalahan serta hal lain yang bisa mempengaruhi pekerjaan karyawan yang akan dikerjakan kedepannya. Selain itu evaluasi kerja juga bisa digunakan untuk memperbaiki kebijakan – kebijakan yang kurang atau tidak sesuai dengan kondisi pekerjaan maupun kondisi perusahaan saat itu. 

Dari evaluasi kerja akan didapat 2 hasil, yaitu hasil positif dan negatif. Hasil positif dari evaluasi kerja akan dipertahankan dan di-upgrade untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi kedepannya, sedangkan hasil negatif dari evaluasi kerja akan dibahas untuk kemudian dibuang atau diperbaiki. Melihat dari hal itu, maka evaluasi kerja karyawan menjadi satu hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan.

Cara melakukan evaluasi kinerja karyawan

Karyawan solid

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan evaluasi kerja :

1. Lakukan secara rutin dan konsisten

Sebuah perusahaan idealnya melakukan evaluasi kerja 1-2 kali dalam satu tahun. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan patokan. Pihak manajemen perusahaan pun dapat mengadakan evaluasi kerja karyawan lebih sering ataupun lebih jarang tergantung kebijakan masing masing perusahaan.

Sebagai catatan, rentang waktu adalah hal yang cukup penting dalam melakukan evaluasi kinerja karyawan. Perkembangan karyawan tidak akan cukup terlihat apabila evaluasi kerja karyawan dilakukan terlalu sering. Di sisi lain, evaluasi kerja karyawan yang terlalu jarang juga tidak baik karena masalah yang ada dalam pekerjaan akan menjadi lebih rumit dan sulit tersampaikan.

2. Pentingnya evaluasi dilakukan secara tatap muka (face to face)

Cara yang paling sesuai dan ideal untuk melakukan evaluasi kerja karyawan adalah dengan cara bertemu langsung (tatap muka). Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanggil satu persatu karyawan yang akan dievaluasi ataupun mengadakan rapat besar dengan para karyawan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pihak perusahaan bisa memberikan daftar evaluasi yang akan dilakukan kepada karyawan yang nantinya akan secara langsung dibahas. Dengan bertatap muka, interaksi antara karyawan yang sedang dievaluasi dengan pihak perusahaan akan lebih efektif. Kedua belah pihak dapat mengutarakan, menyampaikan masalah, mendengarkan bahkan memberi masukan untuk satu sama lain.

3. Perhatikan penggunaan kata dan bahasa dalam penyampaian

Penggunaan bahasa yang tepat harus digunakan agar masing-masing pihak dapat menangkap setiap pokok pembahasan yang disampaikan dalam kegiatan evaluasi kerja karyawan. Perusahaan atau pihak evaluator dapat memilih kata kata yang spesifik agar membantu karyawan atau pihak yang dievaluasi lebih memahami dan menyimak kegiatan tersebut dengan serius.

Pentingnya evaluasi kinerja dan tujuannya

Tujuan melakukan evaluasi

1. Mengetahui kesalahan atau masalah yang harus diperbaiki

Salah satu tujuan utama dari dilakukannya evaluasi kinerja adalah untuk mengetahui kesalahan atau kekurangan dari kebijakan atau langkah pekerjaan yang telah dilakukan oleh pihak perusahaan maupun dari pihak karyawan. Jadi diharapkan kedua belah pihak menemukan titik temu dan mendapatkan jalan keluar dari permasalahan yang ada.

2. Melakukan perbaikan pola kerja yang sesuai

Evaluasi kerja bisa digunakan untuk melakukan perbaikan pola kerja yang dirasa tidak sesuai dengan standar ketetapan dari perusahaan atau untuk mendapatkan pola kerja baru bagi karyawan yang lebih efektif dan efisien. Sebagai contoh, pekerjaan yang biasanya dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan ternyata setelah dievaluasi bisa diselesaikan dalam waktu 2 minggu dengan aturan dan pola kerja yang baru.

3. Memberikan penghargaan pada karyawan yang berprestasi

Evaluasi kinerja tidak hanya digunakan untuk memperbaiki cara kerja karyawan. Disisi lain, evaluasi kerja juga bisa digunakan untuk memberikan penghargaan kepada karyawan perusahaan yang berprestasi dan memberikan kinerja kerja yang baik. Dengan memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi, karyawan akan merasa lebih dihargai kinerjanya oleh perusahaan. Hal tersebut juga bisa menjadi pacuan untuk karyawan lain untuk bekerja lebih giat agar bisa merasakan penghargaan yang diberikan oleh perusahaan di kemudian hari.

4. Membantu Anda dalam mengembangkan perusahaan

Evaluasi kerja bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan dengan cara memperbaiki kinerja dari karyawan dari perusahaan. Dengan cara mengetahui poin poin mana sajakah yang harus diperbaiki dalam kegiatan evaluasi kinerja, perusahaan dapat membuat kebijakan baru ataupun rencana kerja baru yang bisa mengembangkan dan membuat perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan evaluasi kerja karyawan memang sangat penting untuk dilakukan demi keberlangsungan perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mencapai target yang telah ditentukan dalam perusahaan serta mendapatkan SDM yang berkualitas. Selain itu dengan adanya evaluasi kerja maka pihak perusahaan dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan perusahaan maupun karyawan dari perusahaannya yang kemudian bisa membantu perusahaan untuk memberikan reward ataupun punishment bagi karyawan.

Penutup

JojoTimes

Itulah tadi informasi mengenai betapa pentingnya evaluasi kinerja dalam perusahaan. Dengan melakukan evaluasi secara rutin dan berkala, Anda sebagai pemilik usaha akan merasakan manfaatnya. Selain membuat hubungan antar karyawan jauh lebih baik, evaluasi juga akan membuat mereka lebih berkembang di bidangnya dan produktif dalam menjalani hari-harinya di kantor.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menunjang produktivitas harian karyawan adalah dengan menggunakan JojoTimes. Sebuah software absensi online yang menawarkan berbagai fitur kemudahan untuk Anda memantau kehadiran karyawan dari manapun dan kapanpun. 

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur lain seperti pengatur jadwal shift karyawan, hari libur perusahaan, permintaan lembur hingga pengajuan cuti. Dengan aplikasi ini, semua keperluan mobile HR akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.