Pentingnya UI UX Pada Aplikasi Bisnis Dan Usaha

pentingnya UI UX

Dalam dunia bisnis dan pemasaran tentunya ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa penjualan. Pada dasarnya seluruh bisnis membutuhkan potensi keuntungan yang memadai untuk terus dapat bertahan dan meningkat. Oleh sebab itu langkah yang tepat banyak dilakukan sebagai terobosan oleh banyak perusahaan. Salah satunya melalui penggunaan aplikasi online yang mempermudah tatap muka dan penjualan melalui dunia maya. Dalam hal ini pentingnya UI UX merupakan komponen yang tidak dapat diabaikan begitu saja, bahkan memegang peranan penting yang menjadi bagian sebuah aplikasi bisnis.

Sayangnya tidak semua orang merasa familiar dengan keberadaan UI UX tersebut. Terutama yang tidak bergelut di dalam bidang tersebut, tentu mengalami kesusahan saat harus melakukan optimisasi pada dua hal yang penting ini. Oleh sebab itu untuk memberikan sedikit informasi mengenai UI UX dalam aplikasi online, termasuk bagaimana pentingnya UI UX secara penuh dalam sebuah bisnis online, berikut ini beberapa penjelasan umum tentang hal tersebut.

Tentang UI

Pertama-tama yang perlu untuk dipahami yaitu mengenai UI UX itu sendiri. Mulai dari komponen UI atau yang disingkat dari User Interface. Secara umum ini merupakan antarmuka pengguna dalam sebuah aplikasi online yang dijalankan oleh sebuah produk atau perusahaan. Misalnya saja bentuk-bentuk font yang ada di dalam aplikasi, serta tampilan menarik aplikasi itu sendiri. Mulai dari halaman depan, tombol yang dijadikan media, icon-icon atau visualisasi logo di dalamnya, hingga latar belakang maupun warna yang dipilih sebagai dasar dari aplikasi tersebut.

Umumnya pengguna memang akan tertarik dengan tampilan visual lebih dulu dalam melihat sebuah aplikasi. Aplikasi yang terlihat menarik dan unik tentu secara tidak langsung mengundang perhatian banyak konsumen daripada aplikasi yang terlihat datar dan membosankan. Oleh sebab itu sangat penting menentukan desain antar muka sebuah aplikasi online untuk memastikan pengguna merasa nyaman dan cocok untuk terus menggunakannya.

Tentang UX

Selanjutnya yaitu komponen UX yang merupakan kepanjangan dari User Experience. Hal ini merupakan gambaran dari pengalaman yang dirasakan para pengguna saat menggunakan sebuah aplikasi online tersebut. Dalam kata lain yaitu menangkap kenyamanan serta kepuasan pelanggan melalui review atau nilai yang diberikan pada sebuah aplikasi.

Tentunya poin ini juga sangat penting, terutama kenyamanan pelanggan dalam menjalankan sebuah aplikasi di dunia maya. Berbagai kendala yang dialami tentu menjadi tolok ukur kenyamanan tersebut. Dari sini maka pelanggan akan mengungkapkan ekspresinya melalui review dan nilai yang mereka berikan. Semakin baik review artinya aplikasi sudah cukup baik, namun jika review kurang memuaskan maka tentu ada banyak improvisasi yang dibutuhkan pada sebuah sistem aplikasi.

Pentingnya UI UX Pada Sebuah Aplikasi Bisnis

Memastikan UI UX yang berjalan dengan baik memiliki beberapa poin penting dan manfaat. Pentingnya UI UX ini seperti yang tertuang dalam beberapa hal berikut ini.

Branding Produk

Tampilan sebuah aplikasi secara tidak langsung merupakan representasi dari sebuah bisnis atau perusahaan. Sehingga melalui sistem UI UX yang menarik dan tepat, maka hal ini mampu menonjolkan kesan positif konsumen dan pengguna pada aplikasi maupun bisnis tersebut. Secara tidak langsung akan membantu memberikan branding produk secara positif pada para pengguna aplikasi.

Visualisasi Menarik

Pentingnya UI UX juga termasuk untuk membantu visualisasi yang menarik minat banyak konsumen. Tatkala sebuah aplikasi memutuskan untuk memberikan tampilan yang interaktif dan atraktif, tentu akan lebih banyak pelanggan yang ingin menggunakannya. Bahkan saat pelanggan merasa nyaman dengan visualisasi tersebut, maka tentunya mereka akan bertahan untuk menggunakannya. Oleh sebab itu melalui UI UX dapat tercipta visualisasi tampilan yang sesuai keinginan para pengguna.

Peningkat Minat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tampilan serta aplikasi yang menarik tentu dapat secara tidak langsung meningkatkan minat para penggunanya. Sehingga hal ini juga menuntun para pelanggan untuk tetap menggunakan aplikasi dan kemudian berdampak juga pada peningkatan bisnis serta keuntungan perusahaan. Kedua hal ini merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan. Kebutuhan sebuah bisnis tentu tergantung pada tingginya minat konsumen dan pelanggan. Dimana dalam hal ini maka peningkatan minat dapat tergantung pada visualisasi tampilan aplikasi serta kenyamanan pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut.

Kemudahan Aplikasi

Memilih sistem UI UX yang tepat juga membantu mempermudah jalannya aplikasi. Terutama untuk pada pengguna baru yang sering kali merasa kesulitan saat hendak menggunakan sebuah aplikasi yang belum pernah mereka coba. Dengan kemudahan aplikasi tentunya hal ini membuat para pelanggan merasa nyaman dan tidak merasa kecewa atas kinerja sebuah aplikasi tersebut.

Pengalaman Terbaik Untuk Pengguna

Dengan adanya visualisasi menarik maupun kemudahan dalam menjalankan aplikasinya, otomatis para pengguna akan merasakan pengalaman yang terbaik. Sehingga hal ini juga menuntun pada kepercayaan pelanggan untuk tetap bertahan pada aplikasi tersebut. Sehingga bisnis terus berkembang dan omzet penjualan yang diinginkan dapat tercapai secara optimal.

Langkah Optimisasi Pentingnya UI UX

Supaya UI UX dalam aplikasi berjalan dengan optimal, tentu saja ada beberapa langkah penting untuk melakukan optimisasinya. Umumnya langkah-langkah yang dilakukan dalam optimisasi aplikasi dan UI UX meliputi beberapa hal berikut ini:

  • Memastikan desain terbaik untuk menentukan tampilan yang menarik serta disukai oleh para pengguna.
  • Melakukan perawatan aplikasi secara rutin untuk menghindari adanya bug maupun spam yang dapat mengganggu para pemakainya.
  • Mengikuti perkembangan dengan melihat mana sistem aplikasi yang paling mudah untuk membantu pelanggan tetap menggunakan aplikasi tersebut.

Memilih penggunaan UI UX memang penting untuk dipertimbangkan sebuah perusahaan. Apalagi jika inti perusahaan berada pada bisnis dunia maya. Semisal bisnis yang mengandalkan aplikasi online untuk proses jual beli dan pemasaran. Sehingga ada baiknya untuk terus melakukan pemantauan kondisi UI UX tersebut setiap kalinya saat mencoba memantau progress pemasaran secara online tersebut.

Pentingnya UI UX ini sebenarnya tidak kalah penting dengan sistem absensi yang dipilih oleh perusahaan untuk karyawannya. Dengan penggunaan absensi yang memadai maka pengaturan karyawan tentu jauh lebih mudah dan lebih efektif. Salah satunya dengan memilih produk JojoTimes. Dimana produk yang satu ini dapat membantu kontrol absensi karyawan yang lebih optimal. Absen dapat dilakukan secara online, kapan saja dan dimana saja, serta dapat terintegrasi dengan baik pada sistem payroll perusahaan.

Tentu saja seluruh manfaat ini dapat diperoleh berkat beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh JojoTimes. Fitur-fitur tersebut antara lain meliputi:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Oleh sebab itu jangan ragu untuk memilih produk ini. Segera daftarkan perusahaan Anda untuk mendapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga. Dapatkan sistem absensi yang jauh lebih baik dan lebih optimal di perusahaan Anda sekarang juga. Yuk, tunggu apalagi?