Penyalahgunaan Kartu Prabayar Yang Sering Luput Dari Pantauan

Mungkin banyak yang mengira bahwa penyalahgunaan kartu prabayar hanya terjadi kepada individu saja. Padahal sejatinya perusahaan juga sering membutuhkannya. Jadi tetap ada kemungkinan sebuah perusahaan melakukan tindakan seperti ini. Terjadinya kasalahan seperti ini mungkin bisa disengaja atau memang sudah terrencana.

Tapi yang jelas setiap perusahaan ataupun perorangan yang menyalah gunakan pasti akan mendapatkan berbagai bentuk sangsi. Entah itu sangsi secara hukum maupun sosial. Beberapa tahun kebelakang pemerintah mulai mengetatkan perarturan terkait hal ini. Bahkan dengan mulai untuk mengajukan cara yang lebih sulit untuk seorang penggunan. Ini mungkin karena semakin maraknya tindak kejahatan yang menggunakan kartu prabayar.

Jadi penyalahgunaan kartu prabayar akan terus terjadi jika pemerintah tidak mengambil langkah keras dalam menekan pertumbuhan kasusnya. Maka munculah berbagai undang-undang ITE. Tapi apakah dengan munculnya peraturan-peraturan ini otomatis menghilangkan seluruh kemungkinan kejahatan yang akan dilakukan oleh tersangka?. Tentu saja tidak, peraturan ini hanya menekan sehingga tingkatnya tidak terlalu membludak.

Pada pasal 18 peraturan kementerian teknologi dan informasi nomor 12 tahun 2016 menjelaskan tentang pelaporan. Menjelaskan bahwa setiap pengguna kartu prabayar yang banyak harus melakukan pelaporan. Jika ia memang serius untuk melakukan sejumlah bisnis dengan kartu prabayar tersebut maka tidak akan menjadi masalah melaksanakan pelaporan.

Tapi apabila memang niatannya adalah melakukan penyalahgunaan kartu prabayar. Pasti tidak akan ada niatan untuk melakukan pelaporan. Padahal kejahatan dengan menggunakan kartu seperti ini sebenarnya sangat riskan karena pemerintah bisa langsung melacak lokasi pelaku. Seluruh kartu memiliki koneksi langsung ke statelit sehingga jika memang serius pemerintah bisa dengan mudah menangkap pelaku.

Bentuk Penyalahgunaan Kartu Prabayar Yang Sering Terjadi

penyalahgunaan kartu prabayarBanyak sekali bentuk penyalahgunaan kartu prabayar yang sudah sering membuat masyarakat resah. Mulai dari penipuan melalui sms, sampai kepada tehnik pencurian pin atm dan lain sebagainya. Hal ini bisa terjadi karena dahulu pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah memang masih lenggang sehingga pada akhirnya banyak tindak kejahatan terjadi.

Pernah santer beberapa tahun kebelakang tindak penipuan yang mengatas namakan keluarga. Kemudian meminta transfer ataupun pengiriman pulsa. Kemudian ada juga mamah minta pulsa yang sampai sekarang masih terus menjerat banyak korbannya. Hal-hal seperti ini mungkin bagi orang yang waspada mungkin bisa dihindari.

Berbeda dengan orang yang memang mudah panik. Maka pelaku penyalahgunaan kartu prabayar ini bisa dengan mudah menjerat dan mengambil keuntungannya. Memang hal ini tidak semua salah dari pengguna kartu prabayar. Tapi disana juga ada kesalahan pemerintah yang kurang waspada dalam mengontrol penyebaran kartu-kartu prabayar dengan identitas palsu.

Untung saja sekarang perkembangannya sudah semakin baik. Karena pemerintah mengeluarkan berbagai regulasi yang mempersulit gerak-gerik para kriminal ini. Tentu saja anda sendiri sebagai masyarakat umum tetap harus waspada. Karena dilihat dari faktanya sendiri memang sampai sekarang masih banyak jenis penipuan seperti ini.

Kasus-kasus Diluar Nalar Tentang Kartu Sim

penyalahgunaan kartu prabayarSebuah kasus yang paling membuat publik tercengang adalah dengan adanya registrasi lebih dari 50 ribu penyalahgunaan kartu prabayar. Hanya dengan satu nik dan kk, ini membuktikan seberapa fatalnya peraturan pemerintah dahulu. Sehingga seorang penipu bisa memiliki loop hole untuk melakukan berbagai tindak penipuan seperti ini.

Dahulu bahkan pada tahun 2011 silam kemkoinfo bisa mencatat dalam seharinya registrasi kartu sim ini bisa mencapai 1,7 juta. Memang sangat gila dan tidak masuk akal. Ini berarti jumlah yang mendaftarkan diri untuk menjadi seorang pengguna kartu sim sudah mencapai beberapa persen dari total penduduk Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena dahulu 1 kk dan nik bisa digunakan untuk mendaftarkan lebih dari 50 ribu kartu prabayar.

Maka tidak heran dalam seharinya pertumbuhannya bisa mencapai 1,7 juta jiwa. Sudah dapat dipastikan bahwa hampir 50% para pendaftar tersebut adalah para pelaku penyalahgunaan kartu prabayar. Karena rata-rata dari 1,7 jiwa yang mendaftarkan kartu sim tersebut menggunakan kartu kk dan nik sama. Tentu saja hal ini juga akan otomatis berdampak kepada perusahaan.

Perkembangan Regulasi Yang Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Angin segar mulai terasa setelah diberlakukannya pembatasan pendaftaran kartu sim menggunakan satu no kk dan nik. Karena sebenarnya perusahaan juga bisa ikut dirugikan jika hal seperti ini terus terjadi. Karena salah satu pemasaran yang dahulu cukup tenar adalah melalui sms. Jika tidak tersampaikan secara tepat perusahaan pasti akan merugi.

Akibat dari penyalahgunaan kartu prabayar tidak hanya dirasakan oleh masyarakat umum saja tapi juga akan berdampak kepada pengusaha. Jika dilihat dari modusnya memang sangat bisa ditebak beberapa bentuk penipuan yang menggunakan kartu sim ini. Yaitu dengan mencoba memerintahkan anda untuk mengirimkan informasi pribadi ataupun sejumlah uang maupun pulsa.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan selalu waspada ketika menerima informasi. Jika tidak berhati-hati memang anda akan lebih mudah terjebak kedalam modus penipuan yang dilakukan oleh para tersangka ini. Bahkan yang lebih fatal lagi ketika anda adalah seorang manajer kemudian tertipu oleh mereka dan mengirimkan informasi penting perusahaan.

Geliat mereka mungkin sekarang mampu untuk ditekan dengan sangat ketat. Karena beberapa peraturan terkait penyalahgunaan kartu prabayar semakin ramai dikeluarkan oleh pemerintah. Serta sudah dipublikasikan secara menyeluruh. Maka dari sinilah masyarakat juga mendapatkan edukasi betapa berbahayanya tindak penipuan seperti ini.

Sebagai manajemen perusahaan yang baik anda juga bisa menghindari berbagai bentuk penipuan yang menggunakan penyalahgunaan kartu prabayar. Dengan memanfaatkan aplikasi dari Jojonomic yaitu JojoExpense. Berikut ini akan kami rincikan apa saja keuntungan yang bisa didapatkan ketika perusahaan sudah fix menggunakan perangkat lunak ini.

JojoExpense Dengan Keuntungan Real Penggunanya

JojoExpense dikenal telah menginintegrasikan kecerdasan buatan didalam perangkat lunaknya. Sehingga ketika terjadi sebuah flow cash yang mencurigkan dalam perusahaan maka perangkat lunak akan langsung memberikan notifikasi untuk anda. Dapat dipastikan hal ini bisa mencegah anda untuk terkena berbagai bentuk penipuan.

Perangkat yang telah diluncurkan oleh Jojonomic ini akan menjadi asisten keuangan pribadi anda. Karena dengan JojoExpense seluruh pengajuan cash advance bisa terselsaikan dengan lebih cepat. Algoritma didalam perangkat lunak memungkinkan seluruh keperluan pengajuan cash advance dapat terselsaikan dengan presisi yang tinggi.

Hebatnya perangkat ini juga memanfaatkan fasilitas cloud yang bisa menyimpan data skala banyak. Jadi seluruh laporan cash advance anda akan bisa diamankan secara lebih tertata. JojoExpense memang sangat cocok untuk seluruh perusahaan. Apalagi berbagai perusahaan start up yang ingin mengembangkan usahanya lebih jauh lagi.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan demo JojoExpense sebab downloadnya saja gratis. Tapi manfaat yang bisa anda dapatkan setara dengan versi penuhnya. Manfaatkan keuntungan seperti ini untuk mendapatkan ekspansi dan akselerasi keuntungan perusahaan sekarang juga.