Penyebab Karyawan Resign Cara menghentikannya

penyebab karyawan resign

Alasan mengapa seorang pegawai melakukan resign terkadnag bisa dilihat dengan jelas melalui mata kepala sendiri. beberapa contoh alasan resign yang sudah sering terjadi adalah ingin mengejar karir yang memiliki kesempatan lebih tinggi atau karna tidak dihargai di perusahaan sebelumnya. Namun, sebelum pekerja benar – benar mengambil Langkah untuk mengirim surat pengunduran diri atau resign ke meja kerja anda, perusahaan biasanya sudah hapal tentang tanda – tandanya.

Sekitar 85% pekerja di Asia meng – klaim bahwa mereka pasti dan akan memberitahu karyawan atau staff lain ketika akan meninggalkan suatu pekerjaan tertentu. Jadi, bukan hal sulit bagi perusahaan untuk menerka – nerka kapan pegawai tersebut akhirnya benar – benar memutuskan untuk keluar. Hal tersebut biasanya ditandai dengan pekerja yang ‘berubah’. Berubah menjadi mudah terdistraksi, berubah menjadi tidak aktif, berubah menjadi kurang efisien dan berubah hingga sering absen.

Keuntungan Mengidentifikasi Karyawan yang Akan Resign

Menjaga mata tetap terbuka tentang keadaaan atau tanda – tanda karyawan yang akan resing akan memberikan anda atau perusahaan tiga fungsi penting.

penyebab karyawan resign

Yang pertama adalah hal tersebut bisa membantu anda untuk mengidentifikasi permasalahan tahap awal dan berharap dengan cepat mengendalikan pemasalahan tersebut karyawan akan berubah pikiran.

Kedua, hal ini bisa memberikan anda kesempatan untuk meminimalisir efek negative yang ditinggalkan oleh karyawan ketika mereka akan berhenti bekerja.  Sudah diketahui bersama bahwa tidak sedikit karyawan yang menjelek – jelekkan kantor lamanya ketika mereka akan keluar. Menganggap bahwa kontraknya toh akan segera berakhir jadi boleh – boleh saja bicara seenaknya. Yang mana hal tersebut entah disadari atau tidak berdampak besar bagi karyawan lain hingga bisa menurunkan moral serta mengurasi produktifitas karyawan lainnya.

Yang ketiga dan terakhir adalah dengan cermat mengamati tanda – tanda resign dari karyawan akan memberikan anda waktu tambahan untuk menerapkan strategi perekrutan yang baru. Anda bisa dengan cepat membuat deskripsi yang cocok untuk mencari seorang karyawan serta skill apa saja yang akan anda butuhkan ada di diri kandidat.

Alasan atau Penyebab Karyawan Resign dari Perusahaan

Jadi apa saja alasan yang mendasari seornag pegawai untuk melakukan resign? Berikut adalah beberapa daftar alasan yang paling sering terjadi yang membuat seorang karyawan emmutuskan untuk resign, antara lain adalah :

Pertumbuhan yang Lambat di Perusahaan Lama

Seorang pekerja professional pasti menginginkan yang namanya peningkatan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Baik itu peningkatan gaji atau posisi, mereka pasti menginginkan yang namanya pertumbuhan – perubahan. Apalagi bagi mereka yang telah berjasa besar bagi perusahaan hingga sudah mengabdi untuk jangka waktu yang tidak sedikit pula.

Salah satu hal paling mendasar yang membuat seseorang melakukan resign adalah kurangnya pertumbuhan karir di suatu perusahaan. Atau kurang jelasnya jenjang karir yang ditetapkan oleh perusahaan.

Dimana biasanya perusahaan terlalu mengesampingkan kerja keras yang telah dilakukan oleh karyawan. Anda bisa mengatasi hal ini dengan memberikan kejelasan perkembangan karir yang bisa didapatkan oleh seorang pegawai sehingga mereka bisa betah untuk bergabung lama – lama di perusahaan anda. Serta memberikan upaya terbaiknya untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

penyebab karyawan resign

Merasa Digaji Lebih Sedikit dari yang Seharusnya

Alasan resign paling atas yang kedua adalah masalah bayaran. Seorang pegawai bisa dengan mudah mengetahui berapa besar gaji kawannya atau koleganya. Yang mana hal ini bisa menempatkan dirinya sendiri apakah gajinya berada di atas atau di bawah koleganya.

Apabila permasalahan gaji menjadi satu hal yang membuat seorang pegawai meninggalkan pekerjaannya, anda bisa membujuk mereka denagn menawarkan kenaikan gaji. Perlu di garis bawahi bahwa semua alasan resign yang dilakukan oleh pekerja tidak serta merta selalu tentang gaji dan uang semata. Persoalan di balik gaji tersebut bisa anda dalami lebih jauh untuk melihat sebenarnya apa yang dibutuhkan oleh karyawan anda.

Tidak Merasa Tertarik Lagi

Ada beberapa tipe pegawai yang tidak bekerja semata – mata untuk mendapatkan uang saja. Ada juga yang bekerja karna pekerjaan tersebut membuat mereka tertantang untuk selalu belajar hal – hal baru. Buatlah pekerjaan yang men – challenge pekerja anda namun tetap affordable atau bisa terpenuhi oleh pekerja itu sendiri.

Pekerja Merasa Tidak Dihargai

Semua jenis karyawan selalu ingin yang namanya dihargai. Mereka ingin apa yang mereka perbuat di suatu organisasi memiliki nilai yang bisa dilihat oleh banyak orang. Ketika perusahaan menutup mata dari pencapaian – pencapaian yang telah dilakukan oleh karyawansecara terus – menerus biasanya hal ini menyebabkan adanya surat pengunduran diri di meja kerja anda pagi ini.

Pekerja akan mencoba mencari penghargaan dari tempat lain – perusahaan atau organisasi lain. Mengimplementasikan sebuah sistem yang mampu melihat siapa pekerja yang baik akan membuat pekerja memiliki kepercayaan diri yang tinggi bahwa mereka memang telah memberikan kontribusi yang dihargai di perusahaan tersebut.

Lingkungan Kerja yang Tidak Tepat

Ini mungkin menjadi salah satu alasan resign yang paling susah untuk diperbaiki. Ketika semua jenis alasan – alasan resign yang telah dijelaskan sebelumnya selalu berpusat pada diri pegawai. Maka ulasan dalam bab ini lebih mengarah pada isu yang ada di perusahaan itu sendiri. Anda bisa menguranginya dengan membuat sebuah dialog terbuka atau meningkatkan keterbukaan komunikasi antara manager dan bawahannya. Diharapkan dengan adanya komunikasi yang terbuka antara pegawai dan atasan. Hal ini bisa menjadi satu Langkah kecil untuk membuat suatu lingkungan kerja yang lebih baik.

Kesimpulan

Biasanya, perusahaan akan lebih suka untuk mempertahankan pegawainya daripada harus mencari seorang karyawan baru. Kehilangan seseorang memang menyakitkan bahkan bagi seorang bos sekalipun. Banyak juga perusahaan yang mengira bahwa dengan keluarnya seorang professional dari suatu perusahaan membuat mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan bibit baru yang lebih baik. Sayangnya, hal ini terlihat seperti hit and miss. Karna tidak selamanya perusahaan akan mendapatkan pekerja yang lebih baik daripada mereka yang termasuk kedalam penyebab karyawan resign. Apalagi ketika mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk training dan sebagainya. Karna pegawai baru sangat jarang memiliki skill yang telah dikuasai oleh seorang professional.

Dengan kepergian seorang pegawai yang bertalenta. Hal ini bisa menjadi pelajaran penting bagi perusahaan. Untuk mengerti bagian apa saja yang perlu ditingkatkan agar karyawan tidak lari dari perusahaan.

Nah, ulasan diatas merupakan beberapa jawaban mengenai alasan atau penyebab karyawan resign kerja yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki sistem yang ada. Salah satu contohnya adalah apabila perusahaan ternyata belum memiliki sistem penggajian otomatis yang akurat. Kamu bisa menggunakan aplikasi JojoPayroll dari Jojonomic untuk mengatasi permasalahan tersebut. Aplikasi dari Jojonomic ini akan membantu anda dalam melakukan penggajian karyawan secara otomatis. Dan mudah untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dijamin tanpa Error! Anda bisa mencoba demo gratisnya sekarang!