Ketahui Peran CFO (Chief Financial Officer) dalam Perusahaan

chief financial officer

Salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan terletak pada pemimpinnya. Dalam struktur perusahaan terdapat beberapa leader yang bertugas memimpin divisinya masing-masing. Salah satunya ialah CFO atau Chief Financial Officer.

Bagi Anda yang sudah cukup lama bekerja di sebuah perusahaan besar pasti sudah tidak asing lagi dengan jabatan yang satu ini. Namun bagi Anda yang baru mulai masuk di perusahaan atau fresh graduate, mungkin belum mengetahui seluk belum mengenai profesi atau jabatan CFO.

Nah, pada artikel berikut ini, Jojonomic akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam mengenai peran CFO serta seluk belum dari jabatan yang satu ini.

Apa itu CFO?

Apa itu CFO?

CFO atau Chief Financial Officer merupakan salah satu pimpinan yang memiliki tanggung jawab dalam pegelolaan keuangan sebuah perusahaan. Mereka yang menyandang jabatan ini bertugas melacak arus kas dan membuat perencanaan keuangan perusahaan dengan seksama.

Tidak hanya itu, CFO juga bertugas menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan serta memberikan rekomendasi tindakan korektif pada perusahaan. Singkatnya, CFO merupakan jabatan yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam segala hal mengenai pengelolaan atau manajemen keuangan perusahaan.

Selain CFO, Anda mungkin juga pernah mendengar istilah CEO atau Chief Executive Officer. Apakah CEO sama dengan CFO? Jawabannya ialah BERBEDA!

Keduanya memang sama-sama pimpinan struktural dalam perusahaan namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. CFO bertanggungjawab penuh atas keuangan perusahaan, sedangkan CEO memiliki lingkup tanggung jawab yang lebih luas.

Mereka yang berjabatan sebagai CEO, memiliki tanggung jawab pada seluruh sistem manajemen dan finansial perusahaan. Bahkan pihak CFO sendiri nantinya bertanggung jawab untuk memberikan laporan kepada CEO.

Nah, setelah memahami mengenai pengertian CFO di atas, di bawah ini kami berikan juga informasi mengenai peran CFO atau Chief Financial Officer beserta tugasnya dalam perusahaan.

Peran CFO

1. Sebagai Administrator

Ilustrasi Administrator

Peran CFO yang pertama adalah melaksanakan fungsinya sebagai administrator. Peran ini terkait dengan tugas CFO di mana ia berkewajiban untuk untuk mengetahui, mencatat dan menjaga seluruh aset dalam perusahaan.

Menjaga yang dimaksud dalam hal ini adalah memastikan aset yang dimiliki perusahaan memberikan hasil positif pada perkembangannya. Oleh karena itu, seorang CFO juga dituntut untuk melakukan pengambilan keputusan yang tepat apabila terdapat aset yang dirasa kurang efektif atau tidak memberikan hasil pada operasional perusahaan.

CFO memiliki kewajiban mengetahui dan melaporkan keuangan perusahaan kepada CEO (Chief Executif Officer). Laporan tersebut juga berkaitan dengan struktur modal dan bagaimana perusahaan mengelola pendapatan serta pengeluarannya. CFO bersama dengan CEO memiliki peran penting dalam keberhasilan perusahaan karena saling berkaitan satu sama lain.

2. Sebagai Katalisator

human resource management

Peran CFO selanjutnya adalah sebagai katalisator yaitu mendorong nilai perusahaan agar terus bertambah. Seorang CFO dapat memberikan kebijakan keuangan agar pengeluaran perusahaan lebih efisien dan memberikan hasil yang maksimal.

Sebagai katalis bisnis, CFO harus memiliki kemampuan untuk mengelola fungsi keuangan dan memastikan sumber daya terbaik untuk mendukung operasi perusahaan yang ia kelola.

Kebijakan di luar perusahaan seperti kebijakan yang berasal dari rekan bisnis, ahli ekonomi dan pemerintah tentu akan turut mempengaruhi keberjalanan perusahaan. Oleh karena itu, seorang CFO diharuskan untuk tidak hanya berada dalam lingkup menganalisis sebuah kebijakan, tetapi juga ikut terlibat dalam pembuatan kebijakan.

Ia bertanggung jawab dalam membina hubungan baik dengan business partner agar dapat meberikan keputusan yang menguntungkan bagi perusahaan. Bahkan di Indonesia, para CFO dituntut untuk memiliki pendekatan yang baik dengan para ekonom dan pembuat kebijakan supaya dapat memahami kebijakan fiskal terhadap industri dan bisnis perusahaan. Para CFO harus memiliki kemampuan diplomatik yang baik.

3. Sebagai Operator

Operator Bisnis

CFO memiliki peran sebagai operator dimana ia menjalankan tugas operasional seperti membuat catatan keuangan,  forecasting, pengurusan perpajakan dan sebagainya. Kegiatan CFO sehari-hari  adalah bertanggung jawab atas akuntansi, perbendaharaan, keuangan, majemen resiko dan fungsi kontrol internal. Seorang CFO memiliki tugas untuk menjaga aset perusahaan dengn meminimalisir resiko, menjalakan operasi keuangan yang cermat, efisien dan efisien.

4. Pemberi Strategi

Pembuat Strategi

Selain kebeeradaannya sebagai salah satu pemimpin di perusahaan, peran CFO selanjutnya adalah memberikan saran strategi yang tepat bagi perusahaan.

Seorang CFO dituntut untuk mampu melakukan analisa mendalam dan tajam terhadap hal-hal strategis yang dapat menguntungkan perusahaan. Hal tersebut tidak melulu tentang keuangan perusahaan namun juga terhadap berbagai aspek secara general.

Sebagai contoh seorang CFO yang bekerja pada perusahaan produk fashion juga harus mampu menganalisa trend fashion seperti apa yang akan laku di pasaran dan akan menguntungkan perusahaan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, seorang CFO juga dituntut untuk mampu menganalisis produk, strategi pemasaran, profit dan lain sebagainya.

Aspek tugas CFO dalam hal ini mencakup peramalan dan strategi ekonomi yang akan diterapkan. Secara lebih singkatnya, tim CFO harus bisa memprediksi atau meramalkan keberhasilan penerapan sebuah strategi ekonomi sebuah proyek perusahaan. Oleh karena itu, menempati posisi sebagai CFO tentu bukan hal mudah. Seorang CFO harus memiliki track record yang baik dalam mengelola perusahaan untuk waktu yang cukup lama, atau paham betul tentang dunia bisnis yang dikelola.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa hal seputar pengertian serta peran CFO dalam perusahaan yang perlu Anda ketahui. Sama halnya pimpinan yang lain, peran CFO juga cukup vital dalam operasional sebuah perusahaan.

Namun seiring perkembangan era digital, muncul perangkat lunak untuk menganalisa data secara langsung, penelusuran interaksi sosial media dengan klien, dan komputasi cloud. Perkembangan tersebut memberikan sedikit pergeseran pada tugas seorang CFO.

Dewasa ini, fokus CFO sekarang ini adalah pada efisiensi dan penyesuaian kebutuhan bisnis selama berlangsungnya proses transformasi finansial secara digital. Peran CFO saat ini harus lebih dekat kepada bisnis dan menjadi partner strategis bagi CEO untuk menyusun strategi bagi keberhasilan perusahaan.

Untuk memudahkan kinerja Chief Financial Officer dalam operasionalnya, JojoExpense bisa dijadikan salah satu software andalan. Aplikasi ini memungkinkan Anda dapat mencatat setiap pengeluaran perusahaan, melakukan approval reimbursement yang diajukan oleh karyawan hingga mengontrol seluruh budget dalam perusahaan dengan optimal.

Lewat penggunaannya, JojoExpense dapat membuat kinerja CFO jauh lebih efektif dan efisien bahkan hingga 76%. Sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk menghitung anggaran perusahaan secara manual dapat dialihkan untuk menyelesaikan pekerjaan lain sehingga produktivitas bisnis pun terus meningkat.

Tak hanya itu, JojoExpense juga dilengkapi dengan teknologi modern seperti Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko terjadinya fraud finansial atau penipuan keuangan. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan JojoExpense dan hemat waktu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan.