Peran Pelaku Ekonomi : Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

peran pelaku ekonomi

Kegiatan ekonomi suatu negara dipromosikan oleh semua pihak. Mereka inilah yang disebut peran pelaku ekonomi. Karena perannya tersebut, perekonomian suatu negara bisa berputar. Partisipan ekonomi adalah orang atau kelompok yang ikut serta dalam proses kegiatan ekonomi baik itu produksi, distribusi, maupun konsumsi. Peserta ini bisa perorangan, pemerintah atau organisasi swasta.

Dalam kegiatan ekonomi, ada beberapa peran yang dibagi, dari yang kecil sampai yang besar. Semua pihak memainkan peran penting dalam mendukung perekonomian suatu negara. Yang terpenting adalah semua aktor saling mempengaruhi dalam menjalankan aktivitas ekonomi di suatu negara.

Definisi kegiatan ekonomi

peran pelaku ekonomi

Secara teori, kegiatan ekonomi adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti terlihat pada gambar di atas, saat membeli roti, Anda juga terlibat dalam kegiatan ekonomi yaitu konsumsi. Pada saat yang sama, pemilik toko yang menjual gorengan terlibat dalam kegiatan produksi ekonomi.

Booth yang digunakan sebagai tempat penjualan juga merupakan bagian dari kegiatan ekonomi distributor. Sejauh ini, bagaimana Anda memahami arti kegiatan ekonomi? Oleh karena itu, kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Setiap kegiatan (produksi, distribusi dan konsumsi) saling terkait dan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan ekonomi.

Tujuan Peran Pelaku ekonomi

peran pelaku ekonomi

Tujuan kegiatan ekonomi pada dasarnya adalah untuk memenuhi segala kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia dibagi menjadi kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, telah dilakukan kegiatan ekonomi yang kompleks, mulai dari produksi barang atau jasa, proses distribusi produk hingga penggunaan (konsumsi) produk tersebut. Setiap orang yang terlibat dalam pencapaian tujuan kegiatan ekonomi disebut pelaku ekonomi.

Apa Peran pelaku ekonomi?

Rumah tangga masyarakat asing termasuk dalam pelaku ekonomi penting. Peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi meliputi jenis peran pelaku ekonomi yang akan dijelaskan dibawah ini. Selain keluarga penghasil dan konsumsi, terdapat juga keluarga pemerintah dan keluarga masyarakat asing yang ikut serta dalam kegiatan ekonomi, yaitu sebagai berikut:

Jenis Peran Pelaku Ekonomi

peran pelaku ekonomi

Perekonomian suatu negara digerakkan oleh semua pihak, termasuk para pelaku ekonomi. Karena peran para pelaku ekonomi tersebut maka roda perekonomian dapat berputar secara tepat, karena kegiatan tersebut harus digunakan untuk mencapai kebutuhan produksi, konsumsi dan distribusi.

Setiap bentuk pelaku ekonomi memiliki perannya masing-masing, biasanya dalam perekonomian terbagi menjadi 4 jenis yaitu rumah tangga konsumen, rumah tangga korporasi, rumah tangga pemerintah dan rumah tangga asing.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Keluarga konsumen

Rumah tangga konsumen adalah kelompok yang mengkonsumsi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Peran dalam perekonomian meliputi:

  1. Konsumen atau pengguna barang atau jasa. Biasanya menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan individu atau kelompok. Membutuhkan uang untuk membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh pekerjaan.
  2. Faktor penyedia produksi. Rumah tangga konsumen memiliki peran lain, yaitu sebagai penyedia faktor produksi. Faktor produksi sendiri dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu sumber daya alam, modal, tenaga kerja, dan kewirausahaan.
  3. Bayar pajak kepada pemerintah. Setiap orang harus membayar pajak kepada pemerintah. Pajak yang diberikan kepada pemerintah digunakan untuk pembangunan negara untuk kemaslahatan rakyat. Pajak yang dibayarkan oleh rumah tangga konsumen meliputi pajak kendaraan bermotor, pajak penghasilan, dan pajak bumi dan bangunan (PBB).

Keluarga perusahaan atau keluarga produsen

Keluarga produsen memainkan peran penting dalam masyarakat. Rumah tangga produsen adalah pelaku ekonomi yang menyediakan barang atau jasa kepada rumah tangga konsumen. Keluarga produsen Indonesia dapat dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) dan Koperasi. Peran keluarga produser dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Sebagai penghasil barang atau jasa. Tugas keluarga atau perusahaan produsen adalah menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan bidangnya. Kemudian mendistribusikan barang atau jasa yang dihasilkan kepada konsumen agar konsumen dapat dengan mudah membeli atau mengonsumsi barang atau jasa tersebut.
  2. Faktor produksi pengguna. Rumah tangga konsumen dapat menyediakan faktor produksi. Pengguna faktor produksi ini adalah keluarga produksi. Kemudian, gunakan faktor produksi ini untuk menghasilkan barang atau jasa yang memenuhi kebutuhan hidup manusia. Keluarga produsen memberikan remunerasi dalam bentuk sewa, bunga, dll.
  3. Agen pembangunan. Keluarga produsen berperan dalam pembangunan Indonesia. Keberadaan keluarga produsen di bidang pembangunan memberikan manfaat bagi pemerintah, dan pemerintah merasa terbantu. Badan-badan pembangunan juga menyerap banyak tenaga kerja, memberikan upah kepada para pekerja, dan memastikan keselamatan kerja mereka.
  4. Sebagai distributor barang atau jasa (distributor). Mereka tidak hanya memproduksi barang, tetapi beberapa keluarga produsen langsung mendistribusikan barang atau jasanya kepada konsumen.
  5. Meningkatkan pendapatan nasional melalui perpajakan. Keluarga produsen wajib membayar pajak kepada pemerintah untuk kegiatan produksinya. Oleh karena itu, keluarga produsen membantu pemerintah meningkatkan pendapatan nasional melalui pajak.

Keluarga pemerintah

Keluarga pemerintah adalah sekelompok orang yang memiliki jabatan di pemerintahan. Tujuan pemerintah adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat, menjaga stabilitas ekonomi negara, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Selain itu, rumah tangga pemerintah berperan sebagai regulator, konsumen, distributor dan produsen di bidang ekonomi.

  1. Pengatur. Merupakan tanggung jawab untuk mengatur dan mengendalikan perekonomian suatu negara dengan merumuskan kebijakan dan peraturan. Kebijakan pengaturan perekonomian antara lain menjaga stabilitas harga barang dan jasa, penyediaan kebutuhan pokok, penyediaan sarana dan prasarana umum, penyusunan rencana ekonomi jangka pendek, menengah, dan panjang, penerbitan izin usaha, penetapan pajak, dan pemberian subsidi. .
  2. Konsumen. Rumah tangga pemerintah membutuhkan sarana dan prasarana pendukung, seperti seragam dinas dan sarana transportasi.
  3. Produsen. Rumah tangga pemerintah menghasilkan listrik, air dan energi untuk masyarakat.
  4. Penerbit. Hal ini terlihat dari penyebaran Raskin dan buku teks ke sekolah-sekolah di pelosok.

Keluarga di luar negeri

Tidak dapat dipungkiri bahwa negara lain juga memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, karena satu negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri sehingga membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya. Peran rumah tangga asing dalam perekonomian domestik adalah sebagai konsumen, produsen, investor, bursa tenaga kerja, dan pemberi pinjaman asing.

  1. Konsumen. Hal ini terlihat pada kegiatan impor produk dalam negeri oleh rumah tangga luar negeri.
  2. Produsen. Keluarga asing telah membantu memenuhi kebutuhan negara yang tidak dapat memproduksi barang dan jasa. Hal ini terlihat dari kegiatan ekspor.
  3. Investor. Pembangunan di suatu negara membutuhkan banyak dana untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Untuk menutupi kekurangan dana, Negara Bagian New York akan mengundang investor asing untuk berinvestasi di negara tersebut, dan negara tersebut dapat memberikan investasi dalam bentuk pinjaman.
  4. Pertukaran tenaga kerja. Perbedaan demografis mempengaruhi kesempatan kerja yang tersedia. Umumnya negara dengan populasi besar akan menghadapi tenaga kerja manusia yang berlebihan dan setengah pengangguran, sebaliknya negara dengan populasi kecil akan menghadapi kekurangan tenaga kerja dan pengangguran berlebihan.
  5. Pemberi pinjaman asing. Tujuan pinjaman luar negeri adalah membantu perekonomian negara-negara yang membutuhkan dana pinjaman. Pinjaman ini dapat diberikan melalui badan kerjasama bilateral seperti Lembaga Keuangan Dunia atau Bank Dunia.

Kesimpulan

ekspor

Di Indonesia, industri kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu penopang perekonomian negara. Laju pertumbuhan UKM meningkat 6% setiap tahunnya. Tentunya, pertumbuhan ini terus didorong oleh banyak aspek, termasuk pemerintah dan organisasi swasta yang sering memberikan bimbingan dan pendampingan bisnis. Meski begitu, perkembangannya tentu bukan tanpa kendala.

Masalah yang umum terjadi adalah banyak pelaku bisnis yang masih enggan belajar teknologi untuk mengembangkan bisnisnya. Faktanya, bahkan untuk orang awam sekalipun, teknologi, informasi dan penggunaan Internet menjadi semakin dapat diakses dan diakses.

Tidak hanya Internet, tetapi teknologi juga bisa dalam bentuk software, yang membuat pengoperasian bisnis menjadi sangat mudah. Contohnya adalah software akuntansi JojoExpense, yang dapat membantu usaha kecil dan menengah serta usaha kecil dan menengah untuk mencatat dan mengelola keuangan perusahaannya.

Dengan buku harian, Anda tidak hanya dapat mengedit dan memantau laporan laba rugi, tetapi juga membuat lebih dari puluhan laporan keuangan secara otomatis dan akurat. JojoExpense juga dapat mengedit berbagai jenis laporan keuangan lainnya, seperti laporan neraca, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal. Ada juga fungsi untuk mencatat penjualan, pembelian dan tagihan.

JojoExpense memiliki kemampuan untuk berintegrasi langsung dengan aplikasi pajak lainnya. Oleh karena itu, sebagai pelaku ekonomi, usaha kecil dan menengah membantu pembangunan ekonomi dengan membayar pajak kepada pemerintah secara tepat waktu. Dengan menggunakan sistem akuntansi yang baik, perekonomian suatu negara tidak hanya dapat berkembang secara normal, tetapi juga dapat membantu masyarakat luas. Daftarkan perusahaan anda dan nikmati uji coba gratis JojoExpense sekarang!