4 Bentuk Peran Teknologi Dalam Krisis Di Masa Sekarang Ini

Peran teknologi dalam krisis mungkin belum sepenuhnya disadari. Namun sebenarnya suatu teknologi tentu memiliki fungsi yang tepat sehingga sudah seharusnya digunakan terutama di masa seperti sekarang ini. Termasuk pula di masa krisis yang cenderung memberikan ketidaknyamanan pada seluruh lapisan masyarakt. Krisis sendiri sebenarnya merupakan suatu peristiwa yang sedang terjadi dan mengarah pada suatu situasi yang bisa dikatakan tidak stabil. Kondisi ini juga cenderung mengarah pada situasi berbahaya dan berpengaruh pada seluruh lapisan masyarakat. Baik secara individu maupun berkelompok tentunya setiap orang akan merasakan apa yang disebut dengan kesusahan atau kesulitan di masa krisis.

Suatu krisis tentu saja dianggap dapat memberikan dampak yang bersifat negatif di seluruh aspek kehidupan manusia. Mulai dari aspek ekonomi hingga aspek sosial dan juga aspek keamanan. Bahkan krisis dapat juga memberikan dampak negatif terhadap aspek politik di suatu wilayah. Krisis yang bisa digambarkan sebagai suatu peristiwa darurat ini bisa saja terjadi secraa tiba-tiba. Lama waktu bagi terjadinya krisis juga bisa saja dalam waktu yang cukup singkat hingga lebih panjang. Di dalam masa krisis ini tentunya teknologi yang ada terus berjalan.

Perkembangan Teknologi

Kehadiran teknologi yang terus berkembang mungkin saja membawa sedikit pengaruh pada setiap orang pada masa krisis. Memang di masa yang identik dengan modernisasi ini rupanya teknologi berkembang semakin pesat. Perkembangan ini pada akhirnya memberikan beberapa dampak dalam kehidupan manusia baik dampak positif maupun dampak negatif. Namun pada masa krisis bisa saja teknologi memberikan peran yang cenderung bersifat positif kepada seluruh aspek kehidupan manusia. Adanya teknologi bahkan bisa membantu seseorang untuk bisa tetap bertahan dalam menghadapi masa krisis yang sedang terjadi. Maka bisa dibilang bahwa peran teknologi dalam krisis cukup penting terutama bagi pengembangan berbagai bidang yang berpengaruh terhadap kualitas kehidupan masyarakat.

Bentuk Peran Teknologi dalam Krisis

Berikut ini adalah salah satu bentuk peran teknologi dalam krisis yang bisa memberikan bantuan serta dukungan di berbagai bidang.

Pengembangan bisnis

Di dalam suatu bisnis tentu kehadiran teknologi sangat dibutuhkan. Pengembangan bisnis bahkan bisa dilakukan dan berjalan dengan lebih stabil sekalipun di masa krisis jika memang teknologi bisa diterapkan dengan baik. Memang pada dasarnya kehadiran teknologi sangat membantu jalannya bisnis. Baik pada saat kondisi negara sedang stabil maupun pada saat sedang tidak stabil. Ketidakstabilan yang terjadi dalam bisnis sebagai akibat dari adanya krisis sebenarnya bisa diatasi dengan bantuan dari teknologi yang ada.

Salah satu contoh penerapan teknologi dalam bidang bisnis adalah adanya perdagangan dengan sistem elektronik. Sistem ini mungkin lebih dikenal dengan nama E-commerce. Sistem ini menggunakan jaringan komunikasi yang ada di internet untuk dapat mempromosikan berbagai usaha atau bisnis yang ada. Promosi jadi lebih mudah untuk dilakukan dan bisa menjangkau sasaran secara lebih efektif. Sekalipun terjadi krisis namun adanya teknologi dapat membentuk jalannya bisnis misalnya melalui perdagangan dengan sistem elektronik. Seluruh pengguna internet dan jejaring sosial bisa tetap melakukan transaksi jual beli secara online sehingga bisnis bisa tetap berjalan pada masa krisis.

Pengembangan perusahaan

Bisnis pada dasarnya berkaitan pula dengan perusahaan. Peran teknologi dalam krisis bagi perusahaan juga tentunya cenderung bersifat positif. Dengan adanya teknologi maka bisnis bisa tetap berjalan sehingga eksistensi perusahaan tetap berjalan seperti pada masa sebelum krisis. Perusahaan bisa tetap menjalankan bisnisnya misalnya dengan bantuan dari adanya internet dan tetap bisa melakukan kegiatan promosi dengan menggunakan perkembangan teknologi yang ada. Perusahaan juga bisa tetap mencari mitra kerja demi kepentingan eksistensinya.

Pencarian mitra kerja juga bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi yang berkaitan dengan internet. Pencarian mitra kerja dan proses menjangkau konsumen bisa dilakukan melalui media internet sekalipun pada saat krisis sedang melanda. Berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencapai pengembangan usaha bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan sedang berkembang sekalipun krisis sedang terjadi. Penggunaan teknologi yang tepat akan mendukung perkembangan jalannya bisnis pada suatu perusahaan.

Pelaksanaan pembelajaran atau pendidikan

Di masa krisis melanda tetap saja pendidikan diharapkan untuk terus berjalan. Bahkan bidang pendidikan ini diharapkan agar tidak sampai terpengaruh oleh adanya krisis. Sistem pembelajaran antara siswa atau pelajar dengan pembimbingnya diharapkan agar tetap berjalan sekalipun di masa krisis. Kini dengan hadirnya dan berkembangnya teknologi maka sistem pembelajaran bisa tetap berjalan sekalipun di masa krisis. Mungkin saja di masa krisis pendidikan tidak dapat berjalan secara normal. Oleh karena itu diperlukan kehadiran teknologi yang diharapkan dapat membantu sistem pembelajaran agar dapat berlangsung dengan lancar.

Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan misalnya dengan penerapan proses belajar jarak jauh atau E-learning. Aktivitas belajar bisa berlangsung secara lebih efektif dan efisien sekalipun dilakukan tanpa tatap muka langsung. Peran teknologi dalam krisis di bidang pendidikan tentu akan memberikan dampak yang bersifat positif sehingga baik pembelajar maupun pengajar bsia tetap melangsungkan aktivitasnya masing-masing melalui penggunaan teknologi yang ada.

Pengembangan kesehatan

Peran teknologi dalam krisis juga turut diperlukan oleh bidang kesehatan. Bagaimanapun juga kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Sekalipun terjadi krisis namun tetap saja kesehatan manusia lebih diutamakan. Oleh karena itu dibutuhkan peran penting dari teknologi terutama di bidang kesehatan agar setiap orang tetap dapat menjaga kesehatannya dan menyembuhkan penyakit yang dideritanya sekalipun di masa krisis. Penerapan teknologi di bidang kesehatan misalnya saja dengan adanya smart card atau sistem yang berbasis pada kartu cerdas. Melalui smart card ini maka juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien sehingga pasien bisa disembuhkan. Untuk lebih efisien bisa juga digunakan robot termasuk dalam hal pelayanan pasien di rumah sakit dan sejenisnya. Sedangkan pertemuan antara pasien dan dokter bisa dilakukan melalui video online.

Peran teknologi dalam krisis tentu saja sangat besar. Pada dasarnya teknologi sendiri sendiri diciptakan dengan tujuan untuk membantu dan mempermudah manusia dalammenjalankan segala macam aktivitasnya. Maka pemanfaatan teknologi diharapkan agar bisa berjalan sesuai dengan harapan dan tujuan dari pengadaan teknologi itu sendiri. Terlebih lagi di masa krisis seperti sekarang ini. Kondisi krisis pada dasarnya mengacu pada situasi yang cenderung tidak stabil. Memang ada banyak hal yang menyebabkan dan menimbulkan masa krisis.

Tentunya kondisi ini sangat tidak diinginkan oleh semua orang karena cenderung memberikan dampak negatif dalam kehidupan manusia. Bahkan bisa saja kondisi krisis ini mengiring manusia ke suatu perihal yang berbahaya. Oleh karena itu krisis perlu dikendalikan dan diatasi. Misalnya dengan menggunakan bantuan dari  teknologi yang saat ini semakin berkembang pesat. Demikian peran teknologi terutama di masa krisis ini sangat dibutuhkan untuk memberikan dampak positif di berbagai aspek kehidupan. Maka perkembangan teknologi perlu ditingkatkan agar pemanfaataanya bisa lebih optimal.

Mendukung Peran Teknologi dalam Krisis

Hasil gambar untuk unsplash technoloy

Penggunaan teknologi dilakukan di waktu yang tepat

Sudah bukan merupakan suatu rahasia lagi bahwa perkembangan teknologi di egara ini semakin cepat dan pesat. Hal ini juga bisa dilihat dari adanya penggunaan peralatan canggih dimana saja. Bahkan di tiap bidang kehidupan manusia tak luput dari peran benda modern yang sangat canggih. Namun sebaikya penggunaan teknologi ini dilakukan di waktu yang tepat. Artinya penggunaannya sebaiknya dilakukan dengan disesuaikan pada kebutuhan. Jika memang suatu hal bisa dilakukan dengan baik tanpa adanya bantuan dari peralatan canggih maka Anda bisa tetap mengerjakannya secara manual. Jadi tidak semua hal harus dilakukan dengan menggunakan bantuan dari suatu benda yang dinilai lebih modern dan lebih canggih.

Teknologi diupayakan untuk memberikan dampak positif

Kehadiran suatu hal baru tentu tidak hanya memberikan dampak yang bersifat positif saja tetapi juga memberikan dampak negatif. Baik dampak positif maupun negatif sama-sama akan diterima oleh seseorang yang memilih untuk lebih menggunakan bantuan dari peralatan dan sarana yang canggih. Oleh karena itu sebaiknya Anda bisa dengan bijak melihat dampak dan perubahan apa saja yang terjadi melalui penggunaan suatu media berteknologi canggih. Jika memang dampak yang diberikannya bersifat negatif maka sebaiknya penggunaan medai canggih tersebut semakin dikurangi atau ditekan. Namun jika ternyata apa yang digunakan tersebut bisa memberikan dampak positif maka penggunaannya bisa dilanjutkan atau diteruskan. Jadi lakukan evaluasi terhadap penggunaan sarana baru dan canggih dalam menjalankan setiap hal atau aktivitas tertentu.

Batasi penggunaan teknologi

Pada dasarnya memang adanya teknologi canggih sangat membantu siapa saja dalam melakukan hal apa saja. Oleh karena itu pemanfaatannya selalu dilakukan secara maksimal. namun sebenarnya alangkah lebih baik lagi bila penggunaannya ini dibatasi. Artiya penggunaan sarana dan media berteknologi canggih bisa dilakukan jika memang diperlukan saja. Misalnya untuk menjalankan suatu sistem tertentu yang membutuhkan sistem komputasi dan jaringan internet. Jika memang tidak terlalu butuh maka sebaiknya Anda tidak menggunakan bantuan dari peralatan berteknologi. Sebab penggunaan yang dilakukan secara terus-menerus nantinya bisa membuat barang secanggih apapun menjadi rusak. Oleh akrena itu berikan batasan dalam menggunakannya.

Cek teknologi secara berkala

Tidak selamanya suatu media tau sarana atau peralatan canggih itu bisa terus berfungsi dengan baik. Setiap peralatan atau benda apa saja tentu akan mengalami kerusakan sehingga butuh perbaikan. Sebab bagaimanpaun juga suatu benda canggih diciptakan oleh manusia sehingga memiliki keterbatasan. Untuk mengetahui segala kendala yang mungkin terjadi dalam hal penggunaan teknologi maka sebaiknya dilakukan proses pengecekan peraltan canggih tersebut secara berkala. Dengan demikian maka segala kerusakan bisa diatasi sedini mungkin dan bahkan bisa dihindari. Harapannya adalah melalui pengecekan secara berkala ini nantinya bisa dilakukan pemanfaatan segala benda berteknologi secara maksimal. Oleh karena itu berikan perencanaan waktu untuk melakukan pengecekan agar bisa dilakukan persiapan secara matang.

Kelebihan Peran Teknologi dalam Krisis

Hasil gambar untuk unsplash technoloy

Pekerjaan cepat selesai

Kelebihan utama dari adanya teknologi modern dan canggih adalah dapat semakin mempercepat proses penyelesaian suatu pekerjaan. Sebab pada dasarnya suatu media dan sarana serta peralatan canggih dibuat dengan maksud agar dapat membantu manusia. Hingga setiap pekerjaan yang dilakukan oleh manusia bisa lebih praktis dan akhirnya selesai dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain pekerjaan bisa dilakukan secara lebih efektif dan efisien. Selain itu hasilpekerjaan juga bisa lebih baik dan bahkan lebih rapi serta sistematis.

Tak dibatasi waktu dan tempat

Kelebihan lain dari penggunaan teknologi adalah penggunaannya yang tak dibatasi oleh tempat dan waktu. Seperti smartphone yang saat ini menjadi suatu perangkat media dan bsia digunakan sewaktu-waktu. Kapan saja dan dimana saja perangkat tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Smartphone bahkan menjadi satu perangkat yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan dengan praktis dan cepat. Maka tak heran bila ketergantungan manusia terhadap benda tersebut semakin meningkat. Penggunaannya yang bisa dilakukan sewaktu-waktu membuatnya menjadi suatu benda yang sangat berperan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Akses mudah

Masih ada pula kelebihan lain dari peran teknologi bagi kehidupan manusia. Yaitu aksesnya yang cenderung lebih mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Teknologi yang cenderung identik dengan  internet di masa sekarang ini sangat mudah untuk dioperasikan. bahkan akses internet bisa dilakukan di tiap tempat. Hal inilah yang menjadi kelebihannya sehingga seringkali digunakan oleh manusia untuk mencapai tujuannya. Dengan adanya akses yang mudah maka Anda sekalian tentu lebih memilih untuk memanfaatkan peran dari peralatan berteknologi  modern.

Pemanfaatan Peran Teknologi dalam Krisis

Hasil gambar untuk unsplash technoloy

Peran teknologi dalam krisis yang tidak bisa disepelekan ini sangat besar pengaruhnya bagi seluruh aspek kehidupan manusia. termasuk bagi kehidupan di negara kita Indonesia yang saat ini semakin berkembang maju. maka tak heran bila sekarang ini semakin banyak orang yang mengerti arti penting dari peran teknologi dan semakin meningkatkan pemanfaatan teknologi. Di masa krisis rupanya pemanfaatan teknologi bisa semakin meningkat karena dipandang lebih efektif dan efisien. Seringkali penggunaan tekologi dinilai menyebabkan perusahaan mengalami penghematan dalam hal pengeluaran.

Maka tidak heran bila semakin banyak perusahaan yang lebih mengedepankan penggunaan teknologi di segala aspek dan divisi. Hal ini bertujuan untuk melakukan efisiensi pengeluaran dan juga menhindari terjadinya kesalahan dalam penyelenggaraan atau operasional perusahaan. Tidak hanya di dunia usaha atau bisnis dan pekerjaan saja tetapi pemanfaatan teknologi juga digunakan secara intensi di bidang lainnya seperti pendidikan serta kesehatan dan masih banyak lagi. Harapan dari pemanfaatan teknologi ini tidak lain untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Rupanya peran teknologi dalam krisis tetap cukup besar dan memberikan banyak manfaat. Sama halnya saat memutuskan menggunakan sistem payroll yang tepat untuk perusahaan. Salah satunya yaitu dengan jalan beralih pada JojoPayroll. Dengan sistem yang satu ini, maka perusahaan bisa memperoleh beberapa manfaat penting sebagai berikut:

  • Sistem payroll otomatis termasuk pendebetan otomatis dari bank.
  • Cetak slip gaji otomatis yang dapat dilakukan sewaktu-waktu.
  • Perhitungan pajak dan tunjangan otomatis yang mudah disesuaikan dengan status karyawan.

Semua manfaat penting ini berkat adanya fitur andalan pada JojoPayroll. Beberapa fitur tersebut termasuk sebagai berikut:

  • One-Click Generate Payroll Data
  • Progressive Tax Calculation
  • Adjustable Payday & Working Period
  • Adjustable Tax Configuration
  • Automatic Prorate for New Joiners

Serta masih banyak fitur menarik lainnya yang membantu sistem payroll berjalan lebih baik. Oleh sebab itu segera dapatkan coba gratis JojoPayroll pada perusahaan Anda dan dapatkan sistem payroll yang jauh lebih efektif dan efisien.