4 Bentuk Peran Teknologi Dalam Krisis Di Masa Sekarang Ini

Peran teknologi dalam krisis mungkin belum sepenuhnya disadari. Namun sebenarnya suatu teknologi tentu memiliki fungsi yang tepat sehingga sudah seharusnya digunakan terutama di masa seperti sekarang ini. Termasuk pula di masa krisis yang cenderung memberikan ketidaknyamanan pada seluruh lapisan masyarakt. Krisis sendiri sebenarnya merupakan suatu peristiwa yang sedang terjadi dan mengarah pada suatu situasi yang bisa dikatakan tidak stabil. Kondisi ini juga cenderung mengarah pada situasi berbahaya dan berpengaruh pada seluruh lapisan masyarakat. Baik secara individu maupun berkelompok tentunya setiap orang akan merasakan apa yang disebut dengan kesusahan atau kesulitan di masa krisis.

Suatu krisis tentu saja dianggap dapat memberikan dampak yang bersifat negatif di seluruh aspek kehidupan manusia. Mulai dari aspek ekonomi hingga aspek sosial dan juga aspek keamanan. Bahkan krisis dapat juga memberikan dampak negatif terhadap aspek politik di suatu wilayah. Krisis yang bisa digambarkan sebagai suatu peristiwa darurat ini bisa saja terjadi secraa tiba-tiba. Lama waktu bagi terjadinya krisis juga bisa saja dalam waktu yang cukup singkat hingga lebih panjang. Di dalam masa krisis ini tentunya teknologi yang ada terus berjalan.

Kehadiran teknologi yang terus berkembang mungkin saja membawa sedikit pengaruh pada setiap orang pada masa krisis. Memang di masa yang identik dengan modernisasi ini rupanya teknologi berkembang semakin pesat. Perkembangan ini pada akhirnya memberikan beberapa dampak dalam kehidupan manusia baik dampak positif maupun dampak negatif. Namun pada masa krisis bisa saja teknologi memberikan peran yang cenderung bersifat positif kepada seluruh aspek kehidupan manusia. Adanya teknologi bahkan bisa membantu seseorang untuk bisa tetap bertahan dalam menghadapi masa krisis yang sedang terjadi. Maka bisa dibilang bahwa peran teknologi dalam krisis cukup penting terutama bagi pengembangan berbagai bidang yang berpengaruh terhadap kualitas kehidupan masyarakat.

Bentuk Peran Teknologi dalam Krisis

Berikut ini adalah salah satu bentuk peran teknologi dalam krisis yang bisa memberikan bantuan serta dukungan di berbagai bidang.

1. Pengembangan bisnis

Di dalam suatu bisnis tentu kehadiran teknologi sangat dibutuhkan. Pengembangan bisnis bahkan bisa dilakukan dan berjalan dengan lebih stabil sekalipun di masa krisis jika memang teknologi bisa diterapkan dengan baik. Memang pada dasarnya kehadiran teknologi sangat membantu jalannya bisnis. Baik pada saat kondisi negara sedang stabil maupun pada saat sedang tidak stabil. Ketidakstabilan yang terjadi dalam bisnis sebagai akibat dari adanya krisis sebenarnya bisa diatasi dengan bantuan dari teknologi yang ada.

Salah satu contoh penerapan teknologi dalam bidang bisnis adalah adanya perdagangan dengan sistem elektronik. Sistem ini mungkin lebih dikenal dengan nama E-commerce. Sistem ini menggunakan jaringan komunikasi yang ada di internet untuk dapat mempromosikan berbagai usaha atau bisnis yang ada. Promosi jadi lebih mudah untuk dilakukan dan bisa menjangkau sasaran secara lebih efektif. Sekalipun terjadi krisis namun adanya teknologi dapat membentuk jalannya bisnis misalnya melalui perdagangan dengan sistem elektronik. Seluruh pengguna internet dan jejaring sosial bisa tetap melakukan transaksi jual beli secara online sehingga bisnis bisa tetap berjalan pada masa krisis.

2. Pengembangan perusahaan

Bisnis pada dasarnya berkaitan pula dengan perusahaan. Peran teknologi dalam krisis bagi perusahaan juga tentunya cenderung bersifat positif. Dengan adanya teknologi maka bisnis bisa tetap berjalan sehingga eksistensi perusahaan tetap berjalan seperti pada masa sebelum krisis. Perusahaan bisa tetap menjalankan bisnisnya misalnya dengan bantuan dari adanya internet. Perusahaan tetap bisa melakukan kegiatan promosi dengan menggunakan perkembangan teknologi yang ada. Perusahaan juga bisa tetap mencari mitra kerja demi kepentingan eksistensinya.

Pencarian mitra kerja juga bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi yang berkaitan dengan internet. Pencarian mitra kerja dan proses menjangkau konsumen bisa dilakukan melalui media internet sekalipun pada saat krisis sedang melanda. Berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencapai pengembangan usaha bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan sedang berkembang sekalipun krisis sedang terjadi. Penggunaan teknologi yang tepat akan mendukung perkembangan jalannya bisnis pada suatu perusahaan.

3. Pelaksanaan pembelajaran atau pendidikan

Di masa krisis melanda tetap saja pendidikan diharapkan untuk terus berjalan. Bahkan bidang pendidikan ini diharapkan agar tidak sampai terpengaruh oleh adanya krisis. Sistem pembelajaran antara siswa atau pelajar dengan pembimbingnya diharapkan agar tetap berjalan sekalipun di masa krisis. Kini dengan hadirnya dan berkembangnya teknologi maka sistem pembelajaran bisa tetap berjalan sekalipun di masa krisis. Mungkin saja di masa krisis pendidikan tidak dapat berjalan secara normal. Oleh karena itu diperlukan kehadiran teknologi yang diharapkan dapat membantu sistem pembelajaran agar dapat berlangsung dengan lancar.

Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan misalnya dengan penerapan proses belajar jarak jauh atau E-learning. Aktivitas belajar bisa berlangsung secara lebih efektif dan efisien sekalipun dilakukan tanpa tatap muka langsung. Peran teknologi dalam krisis di bidang pendidikan tentu akan memberikan dampak yang bersifat positif sehingga baik pembelajar maupun pengajar bsia tetap melangsungkan aktivitasnya masing-masing melalui penggunaan teknologi yang ada.

4. Pengembangan kesehatan

Peran teknologi dalam krisis juga turut diperlukan oleh bidang kesehatan. Bagaimanapun juga kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Sekalipun terjadi krisis namun tetap saja kesehatan manusia lebih diutamakan. Oleh karena itu dibutuhkan peran penting dari teknologi terutama di bidang kesehatan agar setiap orang tetap dapat menjaga kesehatannya dan menyembuhkan penyakit yang dideritanya sekalipun di masa krisis. Penerapan teknologi di bidang kesehatan misalnya saja dengan adanya smart card atau sistem yang berbasis pada kartu cerdas. Melalui smart card ini maka juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien sehingga pasien bisa disembuhkan. Untuk lebih efisien bisa juga digunakan robot termasuk dalam hal pelayanan pasien di rumah sakit dan sejenisnya. Sedangkan pertemuan antara pasien dan dokter bisa dilakukan melalui video online.

Rupanya peran teknologi dalam krisis tetap cukup besar dan memberikan banyak manfaat. Sama halnya saat memutuskan menggunakan sistem payroll yang tepat untuk perusahaan. Salah satunya yaitu dengan jalan beralih pada JojoPayroll. Dengan sistem yang satu ini, maka perusahaan bisa memperoleh beberapa manfaat penting sebagai berikut:

  • Sistem payroll otomatis termasuk pendebetan otomatis dari bank.
  • Cetak slip gaji otomatis yang dapat dilakukan sewaktu-waktu.
  • Perhitungan pajak dan tunjangan otomatis yang mudah disesuaikan dengan status karyawan.

Semua manfaat penting ini berkat adanya fitur andalan pada JojoPayroll. Beberapa fitur tersebut termasuk sebagai berikut:

  • One-Click Generate Payroll Data
  • Progressive Tax Calculation
  • Adjustable Payday & Working Period
  • Adjustable Tax Configuration
  • Automatic Prorate for New Joiners

Serta masih banyak fitur menarik lainnya yang membantu sistem payroll berjalan lebih baik. Oleh sebab itu segera dapatkan coba gratis JojoPayroll pada perusahaan Anda dan dapatkan sistem payroll yang jauh lebih efektif dan efisien.